Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Agar Lebih Aman dan Mudah Perhatikan 9 Langkah Berikut | Beauty Moms

Cover Image for Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Agar Lebih Aman dan Mudah Perhatikan 9 Langkah Berikut | Beauty Moms
TS
Tamara Suci

Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Agar Lebih Aman dan Mudah Perhatikan 9 Langkah Berikut

Mewarnai rambut adalah hal yang lumrah dilakukan pada saat ini. Untuk memperoleh hasil pewarnaan rambut secara maksimal harus melalui proses bleaching (pemutihan) rambut. Hanya saja yakinlah bahwa proses ini tidak semudah melakukan perawatan masker wajah secara mandiri di rumah. Sebagian besar wanita yang ingin melakukan bleaching rambut sendiri, pernah mengalami simalakama. Mengharapkan pewarnaan rambut secara maksimal namun takut bila rambut jadi rapuh dan rusak.

Dahulu proses bleaching dilakukan di salon spesialis rambut atau hairstylist profesional. Namun seiring waktu, banyak produk bleaching rambut beredar di pasaran yang memungkinkan setiap wanita melakukan proses bleaching rambut sendiri di rumah. Bila kamu sudah yakin melakukan proses bleaching rambut sendiri di rumah maka ada baiknya perhatikan hal berikut ini agar lebih mudah dan aman.

Bleaching merupakan proses menghilangkan pigmen pada rambut sebelum mewarnai. Tujuannya agar rambut mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan. Bak menyiapkan rambut seperti kain kanvas sebelum mewarnainya. Warna rambut akan menjadi lebih terang dibandingkan tidak dibleaching. Warna yang diinginkan juga lebih hidup.

Sebelum Bleaching Rambut di Rumah, Agar Mudah dan Aman Selalu Baca Petunjuk dalam Kemasan

Saat ini banyak salon di perkotaan yang membuka jasa bleaching. Tentu proses bleaching dilakukan oleh tenaga profesional dan sudah terjamin keberhasilannya. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bleaching sendiri di rumah mudah baca kemasan produk

Namun bila ingin melakukan bleaching rambut sendiri di rumah, supaya mudah dan aman selalu baca petunjuk yang tertera dalam kemasan produk yang dibeli. Kelihatannya sepele namun ini penting untuk menghindari kerusakan rambut.

Berbagai merk produk bleaching rambut terkenal sudah meramu komposisi bahan kimiawi. Tentu sudah melakukan konsultasi dengan tim yang melibatkan banyak profesional di bidang pewarnaan rambut. Seperti antisipasi alergi, jeda waktu bleaching untuk tahap selanjutnya, dan cara perawatan untuk menghindari kerusakan rambut.

Jangan Terburu-buru Mendapatkan Warna yang Lebih Terang

Untuk mendapatkan hasil bleaching yang maksimal biasanya membutuhkan dua hingga tiga kali proses yang diulang. Untuk itu perhatikan jeda waktu untuk proses selanjutnya yang tertera dalam kemasan produk. Biasanya butuh jeda waktu sekitar satu bulan. Tujuannya untuk mengistirahatkan rambut agar tidak rusak.

Sesuaikan dengan Panjang Rambutmu, Jangan Sampai Kehabisan di Tengah Proses Bleaching

Bagi yang pertama kali melakukan proses bleaching sendiri di rumah biasanya tidak mengetahui kuantitas bahan yang dibutuhkan. Tentu akan syok jika di tengah proses bleaching, bahannya sudah habis. Padahal baru setengah bagian rambut kepala yang terlumuri sempurna. Tidak mungkin kan tergopoh-gopoh ke supermarket untuk membeli produk tambahan, dengan krim bleaching berlumuran di rambut dengan bau yang menyengat di kepalamu.

Sesuaikan dengan Panjang Rambutmu agar bleaching sendiri di rumah mudah dan aman

Sebagai gambaran, dengan rambut sebahu setidaknya membutuhkan dua kotak ukuran medium untuk bleaching secara merata. Mencadangkan produk tentu lebih baik daripada kurang.

Bila sudah siap melakukan proses bleaching sendiri di rumah berikut langkah – langkah mudah versi beautymoms untukmu:

1. Rawat Rambut Sebelum Bleaching

Langkah paling awal sebelum memulai bleaching yaitu dengan merawat rambut. Rambut yang terawat akan menjadikan hasil bleaching lebih baik.

BACA JUGA : Jenis Rambut dan Perawatan yang Sesuai Untukmu

Rawat rambut dengan cara rutin berkeramas, memberikan serum, vitamin, dan perawatan lainnya. Vitamin E sangat bagus untuk perawatan rambut.

Rawat Rambut Sebelum Bleaching sendiri di rumah mudah dan aman

Selain itu bisa juga merawat rambut dengan bahan alami yang sering ada dalam campuran komposisi produk perawatan rambut. Seperti lidah buaya, minyak kemiri, minyak zaitun, dan lain – lain. Perawatan rambut dapat dilakukan secara rutin beberapa hari sebelum memulai bleaching. Menjelang bleaching hentikan dulu perawatan rambut itu. Tujuannya agar tidak terlalu lembab. Pada prinsipnya bleaching jangan dilakukan saat rambut terlalu lembab ataupun terlalu kering.

2. Persiapkan Alat

Membleaching rambut di rumah berarti harus menyiapkan alat – alat yang dibutuhkan dari dalam rumah juga. Berfikirlah sebagaimana penata rambut profesional. Namun tidak usah khawatir, karena peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana. Beberapa alat itu antara lain cermin, sarung tangan, masker, handuk, wadah, kuas, dan penutup rambut.

Peralatan tersebut harus ada saat akan melakukan bleaching di rumah. Jika tidak ada, gunakan alat lain yang nilai fungsinya sama. Sehingga proses bleaching dari rumah tetap bisa dilakukan dengan sempurna. Satu lagi, gunakan pakaian yang menurutmu sudah tidak layak jika dipakai di luar. Karena pada saat proses bleaching rambut akan ada kemungkinan bahan – bahan menempel pada baju.

3. Persiapkan Bahan

Ini merupakan langkah yang paling penting dalam proses bleaching rambut dari rumah. Karena jika tidak ada bahan, maka proses bleaching tidak akan berjalan. Siapkan bahan – bahan berupa produk bleaching yang mengandung persulfate, seperti anonim persulfat dan kalium persulfat. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk membantu reaksi kimia dan meningkatkan proses penghilangan pigmen pada rambut.

Di toko perawatan rambut tersedia beberapa pilihan merek produk bleaching dengan harga yang variatif. Harga juga menentukan kualitas dari produk yang ada. Pilihlah produk yang kamu rasa aman. Produk yang aman biasanya memiliki merek terkenal atau yang biasa terdengar di pasaran. Jangan sampai asal – asalan memilih produk yang nantinya dapat berbahaya untuk rambut dan kulit kepala.

4. Campurkan Bahan

Langkah selanjutnya yaitu mencampurkan bahan – bahan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Gunakan sarung tangan saat memulai membuka bahan agar tanganmu terhindar dari tetesan bahan kimia yang bisa menyebabkan tangan kotor.

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, kandungan kimia dalam bahan produk bleaching bisa menyebabkan kulit iritasi. Jika terjadi, cucilah tangan sampai bersih dan segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Gunakan juga masker untuk melindungi indera penciuman. Karena kandungan bahan kimia dalam produk bleaching memiliki aroma yang sangat menyengat. Aroma itu bisa menyebabkan pusing apabila tercium dalam waktu yang lama.

5. Aplikasikan pada Rambut

Setelah bahan – bahan tercampur, mulailah mengaplikasikan pada rambut. Gunakan kuas untuk memudahkan pengaplikasian pada rambut. Hati – hati terkena kulit kepala, karena bisa menyebabkan iritasi bagi sebagian orang.

Pastikan seluruh bagian rambut sudah teroles bahan bleaching. Lihatlah pada cermin barangkali masih ada bagian rambut yang belum teroles. Untuk rambut panjang, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengoleskan bahan bleaching. Begitu pun sebaliknya.

6. Tunggu Sekitar 20 hingga 30 Menit

Setelah semua rambut teroles bahan bleaching, tunggulah sampai bahan – bahan bleaching meresap dengan sempurna pada rambut. Gunakan penutup kepala supaya tidak berantakan dan tidak mengotori baju.

Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Atau sampai merasa semua bahan sudah meresap pada rambut. Yang terpenting perhatikan petunjuk dalam kemasan. Sebab kadar dan lama waktu yang dibutuhkan tiap merk berbeda. Sambil menunggu, beautiful moms bisa melakukan hal – hal santai seperti mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, makan cemilan, dan yang lainnya. Pastikan kegiatan yang moms lakukan tidak membuat kepala banyak bergerak.

7. Bilas

Setelah memastikan bahan – bahan bleaching meresap pada rambut, buka penutup rambut kemudian uraikan rambut dan mulai bilas. Membilas rambut harus dengan hati – hati supaya bahan bleaching tidak mengenai bagian tubuh lainnya. Apabila mengenai mata, bilaslah sesegera mungkin supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Gunakan air bersih yang mengalir untuk membilas. Jangan sampai ada sisa bahan bleaching yang tertinggal pada rambut dan kepala. Karena masih ada proses selanjutnya yang harus kamu lalui. Jangan berhenti hanya pada proses bilas saja.

8. Conditioner

Setelah membilas seluruh bagian rambut dan kepala dengan bersih, mulailah mengusapkan conditioner pada seluruh bagian rambut. Conditioner berfungsi untuk memberi nutrisi pada rambut. Sehingga rambut tidak mudah rusak, kusam, dan tetap lembut sehingga mudah untuk mengaturnya.

Biasanya conditioner sudah termasuk dalam satu paket produk bleaching. Sehingga tidak perlu lagi repot untuk mencarinya. Gunakan conditioner pada seluruh bagian rambut. Tunggu sampai conditioner meresap pada rambut, kemudian bilas kembali sampai bersih.

9. Ulangi

Setelah selesai melakukan semua langkah – langkah di atas, ulangi 2 sampai 3 kali untuk hasil yang lebih maksimal. Perhatikan jeda waktu yang dibutuhkan untuk proses pengulangan sebagaimana yang tertera di kemasan produk. Tidak perlu takut gagal untuk mencoba.

Itulah langkah – langkah yang harus dilakukan saat akan membleaching rambut di rumah. Jangan sampai ada yang terlewat. Biasanya pada label beberapa produk juga tersedia langkah – langkah yang dapat kamu ikuti petunjuknya.

Mintalah bantuan pada saudara atau teman jika merasa sulit untuk melakukan bleaching sendirian. Berikan pengetahuan padanya sebelum mulai diminta untuk membantu. Akan lebih baik jika temanmu sudah ahli pada proses membleaching rambut.

Untuk memudahkan proses bleaching, sebisa mungkin berada di dekat sumber air. Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan saat akan proses bilas. Pembilasan dapat kamu lakukan di wastafel, kamar mandi, langsung dari air keran, dan sebagainya.

Demi keamanan, jauhkan dari jangkauan anak – anak. Simpan dengan baik semua perlengkapan bleaching ketika telah selesai menggunakannya. Supaya saat akan menggunakan kembali tidak susah – susah untuk mencarinya. Bagaimana, mudah kan? (Tamara Suci)

More Stories

Cover Image for Bandana Atta Halilintar Akhirnya Terjual Rp 2 Miliar, Untuk Rumah Penghafal Alquran | Beauty Moms

Bandana Atta Halilintar Akhirnya Terjual Rp 2 Miliar, Untuk Rumah Penghafal Alquran | Beauty Moms

Beberapa waktu lalu, Atta Halilintar melelang bandananya melalui instagram pribadinya . Bandana itu ditawar dengan harga fantastis.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Peluang Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga | Beauty Moms

Peluang Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga | Beauty Moms

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga yaitu bisnis online. Usaha tersebut memang mudah dilakukan untuk ibu rumah tangga.

ES
Elena Soraya
Cover Image for Demam Lee Je Hoon? Inilah 6 Drama yang Sukses Dibintanginya | Beauty Moms

Demam Lee Je Hoon? Inilah 6 Drama yang Sukses Dibintanginya | Beauty Moms

Selain Taxi Driver, tahun ini Lee Je Hoon Juga membintangi drama Move To Heaven. Berikut drama sukses yang dibintangi Lee Je Hoon

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Tren Kuliner 2021 yang Akan Berkembang Sebagai Peluang Bisnis | Beauty Moms

Tren Kuliner 2021 yang Akan Berkembang Sebagai Peluang Bisnis | Beauty Moms

tren kuliner di tahun 2021 akan terus berkembang dan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Bisnis kuliner modalnya kecil tapi untung besar.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Sama seperti pakaian, musik, dan media, pola pengasuhan orang tua terhadap anak juga memiliki trennya sendiri. Bagaimana tren parenting 2021?

BM
Buna Mirza