Categories: Ladyboss

Tabungan Jangka Panjang Terbaik Bagi Ibu Muda

Pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga menjadi pekerjaan yang tidak bisa dianggap sepele. Sebagai ibu rumah tangga harus memiliki rasa tanggung jawab untuk keluarganya. Tidak hanya memiliki tugas mengurus rumah dan anak, sebagai ibu juga dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Karena sehat atau tidaknya finansial keluarga, terantung dari cara seseorang ibu mengelola keuangan. Maka dari itu, sebagai ibu muda harus pandai mengalokasikan uang dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan pandai mengelola untuk tabungan jangka panjang. Cerdas mengelola keuangan saat ini, siapa tahu jadi ladyboss di masa datang.

Apabila penghasilan suami sedang tidak baik, maka sebagai istri harus bisa tanggap dengan situasi tersebut dan langsung merancang strategi dalam pengelolaan uang. Dari mulai biaya listrik, makan hingga untuk kebutuhan sekolah anak.

Terkadang uang yang diberikan suami belum bisa menutupi biaya kebutuhan. Mengatasi hal ini seorang istri bisa memiliki pekerjaan sampingan yang dapat membantu ekonomi keluarga.

Bisnis Sampingan dari Rumah

Bisnis sampingan bisa dilakukan dari rumah bisa menjadi pilihan. Tentukan produknya lalu promosikan secara online. Gunakan media sosial untuk promosi.

Uang dari bisnis online tersebut, bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Tabungan jangka panjang ataupun investasi bisa menjadi pilihan bagi ibu muda mengalokasikan uang untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan menanam modal dengan upaya untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Kegiatan berinvestasi ini sangat cocok dilakukan untuk jangka panjang.

Tentunya dalam keluarga ada kebutuhan yang mengeluarkan banyak

uang seperti biaya pendidikan anak, biaya pernikahan anak dan bahkan biaya di hari tua. Hal-hal tersebut merupakan kebutuhan jangka panjang dan kegiatan berinvestasi sangat cocok untuk menopang modal kebutuhan tersebut.

Analogi berinvestasi adalah seperti menabung yang mendapat bunga. Jika menabung dengan investasi maka uang yang ditabung akan bertambah atau meningkat menjadi 2x lipat bahkan lebih.

Mungkin beberapa orang berfikir jika ingin berinvestasi harus dengan modal yang besar, namun pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang salah. Bagi ibu-ibu muda yang ingin berinvestasi namun hanya bisa mengandalakan uang sisa dari gaji suami, berikut merupakan investasi terbaik untuk ibu-ibu muda yang bisa dilakukan.

1.Investasi Reksadana

Investasi Reksadana merupakan investasi kekinian yang cocok untuk ibu muda karena cukup mudah untuk dilakukan. Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari pemodal yang kemudian akan diinvestasikan oleh manager investasi dengan menggunakan portofolio efek.

Portofolio efek adalah kumpulan dari surat-surat berharga seperti pasar uang, obligasi, saham, deposito dan lain sebagainya. Dengan portofolio efek ini maknanya investor reksadana harus melakukan investasi dari beberapa instrumen, dan instrumen tersebut nantinya akan dikelola oleh manajer investasi.

Jika dianalogikan, investasi reksadana seperti kita pergi ke suatu tempat menggunakan mobil dan supir. Supir tersebut dapat mengantarkan kita sampai ke tempat tujuan, tanpa harus tersesat.

Singkatnya, kita hanya setor uang untuk investasi dan uang tersebut akan dikelola oleh ahlinya, yaitu manager investasi.

Dalam reksadana ada portofolio yang memudahkan kita untuk melihat profit atau keuntungan investasi kita. Ada banyak rekomendasi reksadana yang bisa dipilih oleh ibu-ibu muda seperti reksadana Bibit atau reksadana Bareksa.

Modal untuk investasi reksadana juga tidak banyak. Hanya dengan dengan modal 100.000 maka sudah bisa investasi reksadana. Sangat terjangkau ya bunda

2. Investasi Emas

Kalangan ibu pasti suka dengan emas. Dan ternyata emas bisa menjadi tabungan jangka panjang loh beautymom.

Seperti yang kita ketahui jika harga emas dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Dari faktor tersebut, maka diharuskan ibu-ibu muda untuk investasi emas.

Investasi emas dikatakan juga sebagai ivestasi yang mudah untuk dilakukan dan juga tidak harus memiliki modal yang banyak. Hanya dengan uang 10 ribu, maka ibu rumah tangga sudah bisa mulai investasi emas. Investasi ini juga bisa menjadi investasi masa depan juga loh.

Baca Juga :

Cara berinvestasi emas juga mudah. Ada banyak media yang bisa dipilih untuk menabung emas. Market Place seperti Shopee dan Toko Pedia juga menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk investasi emas. Aplikasi seperti Gojek juga memfasilitasi penggunanya untuk berinvestasi emas.

Tidak hanya melalui aplikasi saja, menabung emas juga bisa dilakukan di Pegadaian. Karena di pegadaian menerima customernya yang ingin menabung emas. Meskipun itu adalah nabung emas, namun bukan berarti bisa ambil dalam bentuk emas saja. Jika investor ingin jual dalam bentuk uang, juga bisa dilakukan.

3.Tabungan Berjangka

Bunda memiliki kesulitan menabung, tapi ingin mencoba menabung? Kesulitan menabung bukan hanya karena jumlah uang yang harus dikelola sedikit. Terkadang karena tidak bisa menahan keinginan untuk mengambilnya lalu berbelanja.

Tabungan berjangka bisa menjadi solusinya. Untuk bunda yang belum tau apa itu tabungan berjangka, maka bunda tepat sekali membaca artikel ini. Tabungan berjangka adalah tabungan yang bisa dilakukan dengan jangka waktu tertentu dari mulai 6 bulan hingga 20 tahun.

Fitur ini adalah fitur otomatis pada debet rekening bank. Artinya jika kita menggunakan tabungan berjangka ini, kita dipaksa harus menabung rutin setiap bulannya. Karena pihak bank akan memberikan denda kepada nasabah yang telat menabung. Namun biasanya bank akan memberikan toleransi tunggakan sampai 3 kali.

Untuk nasabah yang menggunakan tabungan berjangka ini juga harus sepakat, uang yang ditabungkan tidak bisa diambil sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Apabila melanggar kesepakatan tersebut, nasabah akan membayar denda sesuai dengan kebijakan bank.

4.Saham

Sebenarnya untuk investasi saham tidak jauh berbeda dengan investasi reksadana. Yang membedakan adalah jika investasi reksadana maka modal investasi akan dikelola oleh manager investasi, jika berinvestasi saham maka kita sendiri yang harus mengelola modal tersebut.

Namun untuk investasi yang satu ini memang cukup berisiko. Apabila belum memiliki ilmunya, harus berhati-hati. Memang sekalinya berinvestasi bisa mendapat banyak keuntungan, namun investor juga bisa mendapat kerugian yang besar dalam satu waktu. Tetapi apabila bunda sudah paham dengan ilmu investasi saham, maka tidak ada salahnya mencoba berinvestasi saham.

Nah itu lah beberapa jenis investasi yang bisa dipilih untuk ibu-ibu muda. Tidak ada salahnya mencoba berinvestasi karena memiliki banyak

manfaat seperti persiapan dana pendidiakn anak, persiapan dana pernikahan, untuk dana membangun rumah, membeli apartemen dan masih banyak manfaat lainnya. Dengan berinvestasi setidaknya pengalokasian uang akan lebih terkonsep dan sebagai persiapan dana di masa depan.

Ada banyak media juga yang memiliki fitur investasi sehingga bunda tidak harus keluar rumah, hanya dengan handphone sudah bisa berinvestasi. Tidak harus dengan modal yang banyak, berinvestasi bisa dimulai dengan modal 100.000 saja. Dengan modal yang cukup terjangkau tersebut ibu-ibu bisa mulai berinvestasi. Tidak perlu takut untuk berinvestasi dan jika belum merasa yakin bisa memilih tabungan berjangka sebagai awal berinvestasi. Selamat mencoba investasi beutiful moms ! (Elmeira Sabrina)

Share
Elmeira Sabrina

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal…

3 minggu ago

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini…

3 bulan ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago