7 Cara Alami untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan | Beauty Moms

Cover Image for 7 Cara Alami untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan | Beauty Moms
ES
Elena Soraya

7 Cara Alami untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan setiap wanita. Namun karena pola hidup dan pola makan yang kurang terkontrol membuat berat badan bertambah. Penambahan berat badan juga kadang terjadi pada ibu usai melahirkan.

Penambahan berat badan pasca melahirkan sebenarnya tidak masalah, karena saat hamil membutuhkan banyak nutrisi. Tidak perlu khawatir tentang hal itu. Banyak cara bagi ibu pasca melahirkan agar tubuhnya kembali ideal. Berikut beautymom merangkumkan cara alami menurunkan berat badan pasca melahirkan dari beragam sumber;

1. Menyusui Bayi

Tahukan mom bahwa menyusui bayi secara sering dan teratur memiliki banyak manfaat. Selain bayinya kenyang dan sehat, menyusui sesering mungkin juga memiliki manfaat menurunkan berat badan.

Memberikan ASI ekslusif dapat mengurangi lemak di tubuh ibu. Sebagian lemak yang terdapat di tubuh dipergunakan untuk memproduksi ASI. Saat menyusui sekitar 6.000 kalori tubuh akan terbuang. Semakin sering menyusui, semakin banyak juga lemak yang berkurang. Maka jangan ragu-ragu saat bayi merengek minta minum susu, langsung dikasih ASI.

2. Memantau Asupan Makanan

Usai melahirkan tentu tetap harus makan makanan bergizi. Jangan diet ketat, kasihan ibu dan bayinya. Namun demikian ibu bisa memantau asupan makanan biar pas.

.Memantau Asupan Makanan

Buatlah jadwal tentang asupan makanan yang dikonsumsi. Tujuannya agar bisa tahu jumlah kalori yang masuk setiap harinya.

3. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan berserat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Memakan makanan yang berserat memiliki efek kenyang lebih lama. Jadi sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat terkandung pada sayur. Jadi tiap makan upayakan ada menu sayurannya. Makanan berserat juga terkandung pada buah-buahan. Seperti, pisang, pepaya ataupun buah naga.

Mengkonsumsi makanan berserat juga berfungsi untuk memperlancar buang air besar. Saat BAB lancar akan terhindar dari perut kembung sehingga badan terasa nyaman.

4. Mengkonsumsi Protein

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam America Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi protein dapat menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme dan mengurangi asupan kalori.

Contoh protein terdapat pada telur, biji-bijian dan susu. Susu memiliki kandungan seperti vitamin,mineral,protein, karbohidrat dan lemak.

5. Menghindari Makanan Olahan

Makanan olahan memiliki kandungan yang tidak sehat seperti tinggi lemak, garam dan kalori. Ganti makanan olahan dengan makanan buatan sendiri.

Memasak makanan sendiri akan jelas kandungan gizinya dan dijamin lebih sehat. Contoh makanan olahan seperti makanan siap saji dan makanan kemasan.

6. Beraktivitas dan Berolahraga

Olahraga memiliki manfaat yang banyak apalagi dalam proses menurunkan berat badan. Bagi ibu tidak perlu melakukan olahraga terlalu berat bermain dengan si anak pun bisa dikatakan olahraga. Tidak perlu keluar rumah, senam ringan di dalam rumah pun bisa dilakukan sambil menjaga buah hati.

Aktivitas sehari-hari juga mampu membakar kalori. Yang penting berkeringat dan durasinya lama. Aktivitas itu seperti i mencuci piring, mencuci baju, menyapu dan mengepel lantai, membersihkan taman, belanja ke pasar atau mall

7. Minum Cukup Air Putih

Minum cukup air juga membuat kita terhindar dari dehidrasi setelah memberikan asi untuk anak. Menurut sebuah studi 2016, mengonsumsi cukup air dapat membantu dalam penurunan berat badan , membuat lebih cepat kenyang dan menjaga metabolisme badan.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami pasca melahirkan. Sesuaikan dengan kemampuan dan jangan dipaksakan ketika setelah melahirkan. Program penuran berat badan bisa dilakukan saat sudah merasa lebih baik. Selamat mencoba momies. (elena soraya)

More Stories

Cover Image for Berkat Akting Antagonis, Followers Lee Yoo Mi Naik 175 Kali Lipat | Beauty Moms

Berkat Akting Antagonis, Followers Lee Yoo Mi Naik 175 Kali Lipat | Beauty Moms

Popularitas Lee Yoo Mi kini perlahan mulai menanjak. Apa yang diraih wanita cantik ini merupakan hal wajar karena aktingnya luar biasa.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Luna Maya Ditipu Oknum yang Mengaku Operator Seluler | Beauty Moms

Luna Maya Ditipu Oknum yang Mengaku Operator Seluler | Beauty Moms

Luna maya menjadi korban penipuan dengan modus layanan operator telepon seluler. Luna mendapat penawaran paket telepon

BM
Buna Mirza
Cover Image for Sebelum Mewarnai Rambut Perhatikan Tiga Hal Dasar Ini | Beauty Moms

Sebelum Mewarnai Rambut Perhatikan Tiga Hal Dasar Ini | Beauty Moms

sebelum mewarnai rambut perhatikan beberapa proses pewarnaan dasarnya. Tiga hal dasar sebelum mewarnai rambut bleaching, toning, cat rambut

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Ingin Putus Hubungan, Hindari 10 Cara Keji Ini | Beauty Moms

Ingin Putus Hubungan, Hindari 10 Cara Keji Ini | Beauty Moms

Banyak faktor yang membuat cinta berakhir, hingga pasangan pada akhirnya terpaksa putus hubungan. Tapi jangan pakai 10 cara keji ini.

BM
Buna Mirza
Cover Image for 10 Makanan Berprotein untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | Beauty Moms

10 Makanan Berprotein untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | Beauty Moms

Mengkonsumsi makanan berprotein dapat menjadi solusinya. Nah ini 10 makanan berprotein untuk mendukung menurunkan berat badan.

LV
Lobelia Vira