Tampil Trendi dengan OOTD Batik Kombinasi | Beauty Moms

Cover Image for Tampil Trendi dengan OOTD Batik Kombinasi | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

Tampil Trendi dengan OOTD Batik Kombinasi

Batik merupakan seni melukis dengan menerakkan malam di atas kain yang kemudian diproses dengan menghadirkan corak dan warna. Batik sudah menjadi warisan turun-temurun budaya Indonesia. Kain batik memiliki daya tarik tersendiri karena terdapat berbagai macam pola, motif unik serti ciri khas masing-masing pada setiap daerah. Dulu, batik identik sekali dengan pakaian dari keluarga kerajaan. Kemudian menyebar dan banyak masyarakat memakai kain batik sebagai pakaian sehari-hari. Eksistensi kain batik terus berkembang hingga kini. Banyak orang memilih tampil trendi dengan busana harian atau Outfit of The Day (OOTD) kain batik kombinasi karena lebih kekinian.

Zaman dulu untuk memproduksi kain batik hanya menggunakan kain putih hasil tenun tradisional. Namun seiring perkembangan jaman, proses pembuatan kain batik beralih dengan teknik yang lebih modern.

Kain batik terkenal sebagai pakaian tradisional yang cukup formal dan memakainya hanya pada acara tertentu saja. Namun, kini sudah banyak fashion designer yang membuat kain batik nampak lebih modern dan stylish loh girls. Jadi mengenakannya tidak cuma pada acara formal saja. Tetapi juga saat hangout atau sekadar bersantai tetap dapat tampil trendi dengan OOTD batik yang kita kombinasikan dengan beragam fashion item lainnya.

perempuan-dan-kain-batik-tampil-trendi-dengan-OOTD-Batik-kombinasi-beautymom.id_

Photo by Abby AR on Unsplash

Beberapa bulan lalu fashion menggenakan kain batik menjadi viral di aplikasi Tik-Tok. Para kreator Tik-Tok seolah tak kehabisan ide dalam memunculkan berbagai tren, salah satunya tren batik challange. Masyarakat menyambut baik dengan viralnya batik challenge tersebut. Banyak orang berlomba-lomba memodifikasi outfit terbaiknya dengan mengenakan kain batik.

Dari fenomena ini kita dapat melihat bahwa batik merupakan fashion item yang tidak ada matinya. Untuk yang penasaran seperti apa mengkreasikan dan mengkombinasikan pakaian batik, simak terus yaa.

Jenis-jenis Kain Batik

Sebelum melanjutkan ke arah styling kain batik. Baiknya, mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis motif batik yang sering kita temui. Dengan begitu kita akan mudah melakukan mix and match kain batik menggunakan aksesoris yang menarik.

1. Batik Parang

Motif batik parang memiliki bentuk seperti huruf “S” saling menjalin dan merupakan batik tertua di Indonesia. Bentuk uniknya ini terinspirasi dari ombak di lautan, mencerminkan semangat yang tidak pernah luntur dari seorang ksatria.

Motif batik parang memiliki bentuk seperti huruf “S” saling menjalin dan merupakan batik tertua di Indonesia.

Sumber: Pinters

Awalnya motif parang muncul pada zaman Keraton Mataram di Solo. Kemudian terus berkembang dan mendapat banyak inovasi dari para disigner pakaian sehingga memiliki lebih banyak jenis.

2. Batik Lasem

Siapa yang tidak mengenal Batik Lasem? Batik yang memiliki motif bunga, naga dan ornamen-ornamen ini merupakan kombinasi dari budaya Tionghoa dan Indonesia. Nama Lasem berasal dari daerah di Kabupaten Rembang, Jawa tengah.

tampil trendi dengan ootd batik kombinasi motif batik lasem

Sumber: Pinters

Selain karena motifnya, kita dapat mengenali batik lasem dari dominasi warna-warna cerahnya seperti warna merah khas Tiongkok. Batik lasem memiliki sebutan batik tiga negeri karena memiliki tiga kali proses pewarnaan pada awal membuatnya. Proses pewarnaan merah di Lasem, warna Coklat di Solo dan warna biru di Pekalongan.

3. Batik Kawung

Tidak sulit untuk mengenali motif Batik Kawung. Biasanya batik ini memiliki bentuk yang seragam satu sama lain.

Biasanya batik ini memiliki bentuk yang seragam satu sama lain

Motif batik ini juga terinspirasi dari bentuk tubuh serangga dan buah kolang-kaling. Walau bentuknya seragam, Batik Kawung sudah banyak mendapat inovasi sehingga lebih modern.

4. Batik Megamendung

Motif batik yang berasal dari Cirebon  memiliki bentuk seperti awan.

Motif batik yang berasal dari Cirebon ini merupakan salah satu batik cukup populer karena bentuknya seperti awan. Selain itu motif batik megamendung memiliki beberapa warna khas seperti merah, putih atau biru. Warna-warna ini melambangkan masyarakat Cirebon yang lugas dan memiliki keterbukuan. Cukup mudah bukan untuk mengenali motif batik satu ini.

5. Batik Bali

Salah satu macam batik bali adalah batik barong.

Sumber: Pinters

Tidak hanya daerah Jawa yang kaya akan batik. Di Pulau Bali pun memiliki ciri khas batik tersendiri. Biasanya batik Bali tersinpirasi dari hewan-hewan seperti bangau, kura-kura atau rusa. Batik Bali juga memiliki berbagai variasi yaitu batik Bali Ulamsari Mas, Batik Pisan Bali, Batik Bali Buketan sampai batik Bali Barong.

Baca Juga: OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan

Style OOTD Batik Kombinasi yang Harus Kamu Coba

Nah, ini dia beberapa style untuk dapat tampil trendi dengan OOTD batik kombinasi. Kamu dapat mengkreasikan kain batik sesuai dengan seleramu. Jadi tampilan mu tidak flat dan semakin kekinian.

1. Tampil kasual dengan bawahan batik

Batik tidak melulu soal pakaian, kita dapat memilih bawahan motif batik untuk tampil kasual pada acara tertentu. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah, celana kulot batik. Kata siapa memakai celana batik terlihat kuno? Memadankan celana batik dengan atasan yang sesuai membuat penampilanmu lebih chic.

Salah satu contoh, mengkombinasikan celana kulot motif batik parang dengan kemaja putih polos ala Najwa Shihab ini dapat menjadi referensi. Memilih sepatu sneakers sebagai pemanis juga dapat menjadi pilihan karena terlihat lebih santai. Kamu dapat mengenakan look seperti ini saat ingin pergi ke kantor atau sekedar hangout bersama rekan kerja.

tampil casul dengan celana aksen batik

Instagram: @najwashihab

Ingin mengkombinasikan rok batik sebagai bawah dengan kaus polos juga bisa. Look santai dari Dian Sastro berikut jangan sampai dilewatkan.

batik denga kaus ala dian sastro

Instagram: @therealdisastro

Tampil kasual saat kondangan ke rumah mantan dengan bawahan batik juga tidak kalah elegan. Pemilihan blouse dengan nuansa brukat dapat mempercantik look mu. Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan aksesoris seperti kalung, gelang dan sepatu high heels.

batik untuk ketemu mantan saat kondangan

2. Batik untuk ke kantor

Saat hari batik tiba, sudah seharusnya kita ikut meramaikan dengan memakai baju batik sebagai bentuk kebanggan. Beberapa kantor memang sudah menjadikan batik sebagai seragam harian kerja. Namun, untuk kantor yang membebaskan style pakaian batik wajar jika kita merasa bingung harus mengenakan style seperti apa.

Mencoba salah satu model pakaian batik mega mendung dengan kombinasi ruffel pada bagian lengan dan dada membuatmu lebih menawan. Kamu juga bisa melengkapi tampilan tersebut dengan setelan celana hitam dengan model mekar pada bagian bawah.

tampil trendi saat kerja dengan ootd batik kombinasi

Instagram: @hennikalista

Saat ini sedang tren banget baju lengan balon loh. Nah, memilih batik croop top dengan lengan balon menjadi pilihan tepat. Kombinasi celana bahan jenis high waist membuatmu terlihat lebih tinggi.

Batik lengan balon yang lagi hits

3. Tetap elegan dan syar’i dengan gamis batik

Mangenakan batik namun tetap syar’i? Kombinasi gamis batik berikut dapat menjadi refensimu loh girls. Gamis yang merupakan pakaian model salur panjang ini memiliki motif batik pada bagian tengah dan sedikit motif pada ujung lengan. Akses sekat pada bagian pinggang membuat tubuhmu lebih rampang. Serta kombinasi ruffel pada bagian ujung pakaian dapat mempercantik gamismu.

tampil elegan dan syar'i dengan gamis batik

Instagram: @nabilabellai_

Jika tidak suka dengan aksen sekat pada bagian pinggang. Dapat juga memilih tunik panjang menyerupai gamis dengan kombinasi rok plisket dengan warna senada. Untuk wanita berhijab, kenakan hijab syar’i panjang menutup dada atau bisa juga pasmina. Dengan begitu kamu juga bisa tampil trendi dengan OOTD batik kombinasi.

terlihat manis dengan gamis batik

4. Yuk coba outer batik supaya makin cantik

Ingin pakaian santai tapi tetapi ada unsur batiknya? Tentu bisa dong. Cobalah sesekali untuk memakai outer dengan motif batik saat bepergian dengan keluarga atau teman. Kamu dapat mengkombinasikan outer batik dengan inner polos dengan warna netral supaya motif dari kain batik lebih terlihat.

untuk hangout sama teman atau jalan-jalan

Instagram: @dwihandaanda

Untuk bawahan, cobalah untuk menambakan celana atau rok sesuai dengan stylemu sendiri. Jika dapat undangan menghadiri acara formal, celana bahan dapat menajadi solusi. Atau untuk sekedar hangout, dapat memilih jeans berbagai model supaya tampilan lebih playfull.

tampil trendi dengan ootd batik kombinasi outer batik

Kamu juga dapat mengenakan outer motif batik untuk kerja. Baiknya, pilihlah outer dengan bentuk seperti blazer atau jas.

5. Kombinasi kebaya batik modern

Kebaya merupakan pakaian tradisional wanita Indonesia dan biasa mengenakannya pada acara-acara sakral. Sejak dulu kebaya identik dengan bawahan batik atau songket dengan berbagai corak yang unik. Hingga sekarang banyak orang tetap mempertahankan konsep kebaya sepert itu namun sedikit memodifikasinya sehingga terlihat lebih modern.

Salah satu yang menjadi inspirasi adalah kebaya brukat dengan cuttingan asimetris pada bagian ujungnya lengkap dengan bawahan batik warna senada. Cuttingan asimetris dan sekat pada bagian dada tersebut membuat tubuhmu kelihatan lebih tinggi.

Gamis batik asimetris untuk tampil beda

Tak hanya itu, jika tidak ingin ribet mengenakannya. Kamu dapat memilih kebaya dengan potongan pada bagian depan yang terdapat renda di pinggirannya. kebaya seperti ini dapat memberikan kesan ramping pada tubuh.

kebaya batik modern bikin makin rampig

Untuk melengkapi tampilan kebaya batik ini, pilihlah aksesoris seperti selendang dengan warna senada serta sepatu high heels.

6. Kencan dengan dress batik

Untuk para pecinta dress-dress cantik, mungkin dress batik model choengsam ini dapat menjadi favoritemu. Choengsam sendiri merupakan pakaian tradisional khas wanita Tionghoa dan terkenal dengan bentuk kerah serta warna cerahnya. Batik choengsam mendapat banyak sambutan baik karena memadukan dua unsur budaya, yaitu budaya Tionghoa dan budaya Indonesia.

Memilih batik choengsam dengan akses v neck rendah cocok untuk pemilik tubuh berisi atau orang berleher pendek untuk memberikan kesan anggun. Aksen payet yang terdapat pada ujung kerah juga mempermanis tampilan dressmu. Untuk motif batik bali pada dress choengsam ini kamu dapat mengenakannya pada cara-acara keluarga.

batik cheongsam merupakan padua dua budaya bikin tampil trendi dengan ootd batik kombinasi

Selain itu, jika memiliki leher panjang baiknya kenakan dress batik choengsam berleher turtleneck. Jika bingung memilih motif batik yang tepat, mengenakan motif bunga-bunga adalah pilihan untuk kencan dengan pasangan atau menghadiri acara formal.

dress cantik batik cheongsam

7. Tren rok lilit kain batik yang dapat kamu buat sendiri

Challege berkain bersama yang sempat viral di aplikasi Tik-Tok membawa dampak positif bagi pekermbangan kain batik saat ini. Tren ini dapat menjadi referensi kekinian, jadi tidak perlu bingung lagi memikirkan bagaimana menstyling kain batik.

Biasannya wanita memilih kain batik untuk menjadikannya bawahan seperti rok dan meilitkanya pada bagian pinggang. Cara memakai rok lilit ini sangat mudah. Pertama, bentangkan kain batik pada tubuh bagian belakang. Setelah itu, pastikan bagian dalam kain menghadap tubuh. Kemudian, tarik kedua ujungnya dana kencangkan.

rok lilit untuk kondangan cantik

Instagram: @nbintadytama

Kombinasikan pula dengan atasan polos atau vest sesuka hatimu. Untuk memberikan kesan feminin kamu dapat menambahkan high hells. Dan, untuk tampilan lebih kasual pilihkan sneakers.

tampil swag dengan vest dan rok batik lilit bukin tampil makin trendi dengan ootd batik kombinasi

Instagram: @clarayaaa_

Gimana girls, keren-keren banget kan style batik kombinasinya? Dengan mix and match yang baik, ternyata kita dapat tampil trendi dengan ootd batik kombinasi.

Yuk, kita lestarikan batik kita sama-sama !!

More Stories

Cover Image for Song Jong Ki Mengumumkan Pernikahan dengan Katy Louise Saunders dan Akan Segera Menggelar Resepsi | Beauty Moms

Song Jong Ki Mengumumkan Pernikahan dengan Katy Louise Saunders dan Akan Segera Menggelar Resepsi | Beauty Moms

Song Jong Ki melalui fancafe resminya berbagi kebahagiaan dengan mengumumkan berita pernikahan dirinya dengan Katy Louise Saunders

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Menikah Hari Ini, Agensi Merilis Foto-fotonya | Beauty Moms

Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Menikah Hari Ini, Agensi Merilis Foto-fotonya | Beauty Moms

Hari ini Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Menikah. Foto mereka menikah sudah dirilis agensi salt's. adakah yang patah hati?

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for 15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

Beragan aplikasi filter wajah terkini untuk editing wajah dan vidio menjadi lebih cantik seketika. 1.Snow 2.FaceApp 3.SnapChat...

LV
Lobelia Vira
Cover Image for 10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan | Beauty Moms

10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan | Beauty Moms

asupan gizi dari makan sahur adalah hal penting saat berpuasa. beautymom akan menyajikan menu sahur praktis dan sehat untuk 10 hari pertama

BM
Buna Mirza
Cover Image for Sebelum Mewarnai Rambut Perhatikan Tiga Hal Dasar Ini | Beauty Moms

Sebelum Mewarnai Rambut Perhatikan Tiga Hal Dasar Ini | Beauty Moms

sebelum mewarnai rambut perhatikan beberapa proses pewarnaan dasarnya. Tiga hal dasar sebelum mewarnai rambut bleaching, toning, cat rambut

LV
Lobelia Vira