Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu | Beauty Moms

Cover Image for Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu

Rambut adalah mahkota bagi perempuan dan sebagai perempuan harus selalu menjaga mahkotanya agar selalu terlihat menarik. Rambut juga menjadi faktor penampilan seseorang menjadi terlihat lebih berkesan. Tidak heran jika banyak perempuan yang rajin merawat rambutnya dengan mengikuti tips memilih sampo, agar rambut selalu lebih sehat, bersih dan berkilau. Perawatan rambut yang mudah dan biasa perempuan lakukan yaitu keramas

Keramas merupakan kegiatan membersihkan rambut dari kotoran yang bermanfaat untuk melembutkan rambut dan mencegah rambut dari kerusakan. Tidak sedikit juga wanita yang menggunakan kondisioner setelah keramas agar rambut menjadi lebih lembut. Perawatan rambut dengan keramas memang menjadi perawatan umum yang sering wanita lakukan tanpa memperhatikan tipe dan kondisi rambut mereka. Padahal mengetahui tipe dan kondisi rambut menjadi hal penting agar dapat memilih jenis sampo yang tepat.

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Jenis Kulit Kepala dan Tipe Rambut

Jenis kulit kepala dan tipe rambut setiap orang berbeda-beda, sehingga jenis samponya juga berbeda. Penggunaan sampo harus disesuaikan juga dengan tipe rambut dan jenis kulit kepala, karena terkadang kandungan dari sampo justru dapat membuat rambut menjadi rusak. Jika ingin rambut tetap sehat meskipun hanya dengan keramas, kenali jenis sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu, berikut tips memilih sampo yang benar

1.Sampo Untuk Tipe Rambut Keriting

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu

Sampo dengan kandungan non-sulfate atau anti detergen sangat cocok untuk tipe rambut keriting. Rata-rata sampo memiliki kandungan sulfate yang dapat menghasilkan busa yang banyak dan menyebabkan rambut menjadi kering. Pada dasarnya tipe rambut keriting sudah memiliki tekstur rambut yang kering. Dari itu jika menggunakan sampo yang memiliki kandungan sulfate akan membuat rambut menjadi lebih kering dan menjadi mudah patah. Sampo dengan kandungan non-sulfate juga baik untuk menjaga kelembaban pada kulit kepala.

2.Sampo Untuk Tipe Rambut Lurus dan Kering

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu

Kelmahan rambut lurus yaitu cepat kusam apabila terlalu lama terpapar sinar matahari dan polusi. Jenis sampo yang cocok untuk tipe rambut ini adalah sampo yang memiliki kandungan vitamin E.

Sampo dengan kandungan vitamin E dapat membuat rambut kusam menjadi lebih lembut dan berkilau. Dan tipe rambut lurus dan lepek ini jangan terlalu sering menggunakan hair styling karena pemakaian benda dengan suhu panas dapat membuat rambut lebih cepat kering. Selain itu keramas terlalu sering juga membuat minyak alami pada kulit kepala hilang dan rambut menjadi cepat rusak.

3.Sampo Untuk Tipe Rambut Halus dan Tipis

Permasalahan yang terjadi pada tipe rambut ini adalah cepat lepek. Solusi untuk tipe rambut ini yaitu rajin keramas dengan menggunakan sampo yang memiliki kandungan untuk memberi volume. Pada setiap kemasan sampo, akan tertulis manfaat dari sampo tersebut. Maka dari itu pilihlah sampo yang memberikan manfaat kesan rambut bervolume. Karena biasanya selain untuk memberi kesan tebal, kandungan yang dimiliki bisa membuat rambut lebih lembut.

4.Sampo Untuk Tipe Rambu Tebal dan Kasar

Rambut tebal adalah idaman semua wanita, namun bagaimana jika memiliki rambut tebal dan kasar? Tentunya banyak wanita yang tidak menginginkannya. Rambut yang kasar sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Selain terlihat mengembang, kesan yang terlihat pada rambut kasar juga sangat berantakan. Untuk pemilik tipe rambut ini, rajinlah keramas dengan menggunakan sampo yang memiliki kandungan Vitamin E yang melembutkan.

Jangan menggunakan jenis sampo yang memiliki kandungan gliserin dan sulfat, karena kandungan tersebut dapat membuat rambut menjadi kering. Hindari juga pemakaian sisir ketika rambut sedang dalam keadaan basah ya.

5.Sampo Untuk Tipe Rambut Rusak Akibat Semir

Wanita suka sekali mengubah warna rambut, namun sayangnya pewarnaan terhadap rambut terkadang membuat warna rambut menjadi tidak merata. Selain itu pewarnaan rambut dengan menggunakan cat juga dapat membuat rambut lebih mudah rusak.

Solusi pertama untuk mengatasi warna rambut setelah semir agar warnyanya merata yaitu keramas dengan menggunakan calrifying shampoo. Agar warna rambut awet dan rambut tetap sehat setelah semir, gunakan juga sampo dengan kandungan vitamin E.

Dengan begitu rambut akan tetap lembut meski sudah disemir. Hindari juga pemakaian alat-alat yang dapat menghasilkan suhu panas, karena suhu panas tersebut benar-benar akan membuat rambut semakin rusak parah, kering dan menjadi patah.

6.Shampo Untuk Kulit Kepala Kering
Bukan hanya rambut saja yang bisa kering, rambut kepala pun juga bisa kering. Jika memiliki tipe kuit kepala yang kering seperti ini, maka gunakan sampo, kondisioner dan perawatan lainnya yang tidak mengandung alkohol. Alkohol dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan gatal, maka dari itu periksalah terlebih dahulu kandungan pada kemasan.

7.Sampo Untuk Kulit Kepala Berminyak
Jika kulit kepala kamu tipe kulit kepala yang berminyak, maka hindari sampo dan kondisioner yang mengandung minyak dan moisturizer, karena kandungan tersebut membuat jenis kulit kepala lebih berminyak. Dan pada saat keramas pastikan juga sudah bilas sampai bersih. Karena apabila masih ada busa yang tersisa dapat membuat kulit kepala berminyak.

8. Tips Memilih Sampo Kulit Kepala Normal

Tipe kulit kepala seperti ini tentunya tidak mengeluhkan apapun karena semuanya normal. Maka dari itu sampo yang cocok untuk tipe ini adalah sampo yang tidak memiliki kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS ini artinya sampo memiliki kandungan detergen yang menghasilkan banyak busa. Karena banyaknya busa dapat membuat rambut menjadi lebih kering, mengembang dan rambut pun lebih mudah patah. Penggunaan sampo tanpa kandungan SLS ini dapat membuat rambut menjadi lebih indah, sehat dan berkilau.

9.Shampo Untuk Kulit Kepala Sensitif
Memiliki tipe kulit kepala sensitif seperti ini akan membuat rambut sering mengalami masalah. Ketombe dan gatal adalah dampak dari tipe ini. Rambut yang gatal dan berketombe tentunya sangat tidak nyaman bagi para wanita. Jika rambut berketombe, maka rambut terlihat kotor sebab ketombe sering kali mengelupas akibat digaruk dan ketombe pun terlihat mengambang pada bagian rambut. Tentunya itu sangat mengganggu penampilan kita.

Solusi agi pemilik jenis kulit kepala yang sensitif ini adalah sampo yang tidak mengandung SLS dan pewangi. Kandungan seperti ini akan membuat rambut lebih sensitif dan menyebabkan rambut semakin gatal. Pilihlah sampo dengan kandungan vitamin E yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut.

Itulah beberapa jenis sampo yang harus wanita pilih dalam menjaga kesehatan rambut. Karena setiap sampo memiliki kandungan yang berbeda-beda sesuai dengan tipe rambut dan kulit kepalanya. Jika ingin terhindar dari kerusakan rambut, pahamilah terlebih dahulu tipe rambut dan tipe kuli kepalamu. Setelah itu pehatikan kandungan yang ada pada sampo. Bacalah dengan teliti pada bagian kemasan sampo. Setelah penggunaaan sampo jangan lupa untuk selalu memakai kondisioner setelah keramas. Hindari juga pemakaian hair styling ya.. (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Rayakan Imlek dengan Menonton 5 Film Recomended Bersama Pasangan | Beauty Moms

Rayakan Imlek dengan Menonton 5 Film Recomended Bersama Pasangan | Beauty Moms

Merayakan Imlek akan lebih seru sambil menonton 5 film recomended dan memiliki tema Imlek. Beutymom sudah merangkum 5 daftar film yang bagus

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ini Cara Meredam Suara Bising di Rumah | Beauty Moms

Ini Cara Meredam Suara Bising di Rumah | Beauty Moms

Meskipun tidak bisa setenang hidup di desa kita bisa membuat lingkungan lebih asri. Beberapa langkah ini bisa meredam suara bising di rumah

KA
Kusnia Argana
Cover Image for 10 Model Rambut Pendek Wanita yang Hit di Sepanjang Tahun 2021 | Beauty Moms

10 Model Rambut Pendek Wanita yang Hit di Sepanjang Tahun 2021 | Beauty Moms

Model rambut pendek masih menjadi tren di kalangan wanita, termasuk di 2021. Itu karena model rambut pendek terlihat lebih fresh dan simple

RD
Riza Dwi Aningtyas
Cover Image for Mempertahankan Badan Tetap Energik Saat Puasa | Beauty Moms

Mempertahankan Badan Tetap Energik Saat Puasa | Beauty Moms

Jika lewat 10 hari pertama badan masih lemas ada pola makan yang perlu diperhatikan. Tips ini menjaga agar badan tetap energik saat puasa

ES
Elena Soraya
Cover Image for Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Anak-anak yang merasakan kehadiran ayah akan jadi anak yang bahagia. Apalagi saat ayahnya mau mengajak bermain dan bercerita.

BM
Buna Mirza