8 Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih | Beauty Moms

Cover Image for 8 Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih | Beauty Moms
ES
Elena Soraya

8 Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Tanaman hias sedang tren saat ini, apalagi di kalangan ibu-ibu. Tidak hanya bentuknya yang cantik tetapi, ada juga tanaman hias yang memiliki manfaat untuk menyegarkan udara.

Untuk merawatnya terbilang mudah dan tidak memerlukan tempat yang luas. Hanya mengandalkan pot sudah dapat mempercantik sudut-sudut rumah. Berikut adalah tanaman hias indoor yang bikin udara rumah lebih bersih

1. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Sansevieria trifasciata, atau orang Indonesia lebih mengenalnya dengan nama lidah mertua. Tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Memiliki bentuk memanjang ke atas.

Lidah mertua tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Lidah mertua memiliki manfaat mampu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari. Tanaman hias ini cocok untuk ditempatkan di dalam kamar tidur karena dapat membuat udara kamar menjadi lebih sehat. Lidah mertua termasuk tanaman yang dapar bertahan hidup dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Cara perawatannya juga mudah. Cukup siram tanaman dengan air sedikit jangan sampai ada genangan di dalam pot. Karena ketika terdapat genangan dalam pot akan menyebabkan pembusukan akar. Siram tanaman jika tanah memang sudah kering.

2. Lidah Buaya (Aloevera)

Lidah buaya termasuk bagian dari keluarga sekulen. Manfaatnya hampir sama dengan tanaman lidah mertua mampu mengikat karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Cocok ditempatkan di kamar tidur karena membuat tidur lebih nyenyak berkat oksigen yang dikeluarkan tanaman lidah buaya.

Lidah buaya Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Selain itu buahnya juga memiliki manfaat sebagai obat untuk meredakan luka bakar dan peradangan pada kulit, karena mengandung vitamin c dan e.

Cara merawatnya hampir sama dengan tanaman lidah mertua jangan terlalu banyak memberikan air karena dapat menyebabkan pembusukan pada akar.

3. Peace Lily

Tanaman yang satu ini memiliki tampilan yang menawan, memiliki bunga berwarna putih dan daun yang mengkilap. Peace lily terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida.

Peace lily Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Cara perawatannya terbilang mudah hanya perlu memperhatikan penempatan tanaman. Peace lily memerlukan kelembapan yang tinggi agar tumbuh subur. Tanaman hias ini dapat tumbuh hanya dengan cahaya lampu neon. Tetapi tanaman ini berbahaya bagi kucing,anjing dan anak-anak. Maka dari itu letakan pada tempat yang jauh agar tidak terjangkau.

4. Sirih Gading

Pothos atau Sirih gading adalah termasuk jenis tanaman merambat. Terkadang sirih gading juga sring digunakan untuk mendekorasi rumah.

Sirih Gading Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Tanaman ini mudah merawatnya dan cara menanamnya digantung di dalam keranjang. Beri air secara normal dan jaga agar tanah tidak kering.

5. Karet Hias

Karet hias Ficus elastica merupakan tanaman hias yang memiliki kegunaan untuk menyerap formaldehid dan menghasilkan oksigen. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau muda dan saat dipegang teksturnya kenyal.

Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Karet hias jangan di tempatkan di tempat terlalu terang , atau di bawah sinar matahari langsung. Sebab daunnya akan rusak terbakar. Tetapi ditempatkan di dalam ruangan dengan intensitas cahaya matahari rendah.

6. Spider Plant

Spider plant memiliki daun yang menjuntai ke bawah maka dari itu disebut dengan tanaman laba-laba. Tanaman spider plant memiliki fungsi untuk menghilangkan polutan seperti formaldehida dan xilena yang dihasilkan dari asap bakaran, knalpot kendaraan, dan asap tembakau atau rokok.

Spider plant Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Tanaman tersebut mudah untuk beradaptasi dan cepat tumbuh. Dapat tumbuh diberbagai kondisi. Cukup mudah dalam merawat tanaman ini, siram tanaman sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

7. Anggrek Bulan

Anggrek bulan memiliki tampilan yang cantik dan indah. Tanaman tersebut memiliki berbagai varian warna, seperti ungu, merah, kuning, putih, pink dan ada juga yang merah kecoklatan.

Anggrek bulan Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Selain dapat mempercantik bagian rumah anggrek bulan memiliki fungsi untuk membersihkan udara kotor dan mengeluarkan oksigen. Anggrek bulan mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

8. Aglaonema

Aglaonema atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan sri rejeki. Tanaman ini sangat populer dikalangan penyuka tanaman hias dan memiliki banyak varietas. Tanaman hias ini bisa diletakkan di dalam rumah.

Aglaonema Tanaman Hias Indoor yang Bikin Udara Rumah Lebih Bersih

Sri rejeki termasuk tanaman yang mudah perawatannya dan memiliki daya tahan yang bagus. Tanaman hias ini dapat tumbuh dalam kondisi pencahayaan kurang dan lembab. Cukup siram tanaman sekali setiap minggu.

Itulah beberapa tanaman hias yang dapat mengisi bagian dalam rumah agar terlihat cantik. Selain itu juga sangat bermanfaat membersihkan udara. Semoga berhasil dalam merawat tanamannya. (Elena Soraya)

More Stories

Cover Image for Film Avatar 2 : The Way of Water Rilis 16 Desember di Bioskop | Beauty Moms

Film Avatar 2 : The Way of Water Rilis 16 Desember di Bioskop | Beauty Moms

Film Avatar 2 The Way of Water akan tayang di bioskop Indonesia pada 16 Desember 2022 mendatang. Ini kabar menggembirakan bagi pecinta film

KA
Kusnia Argana
Cover Image for Permainan Edukatif Anak untuk Mengisi Waktu Liburan | Beauty Moms

Permainan Edukatif Anak untuk Mengisi Waktu Liburan | Beauty Moms

Agar liburan tidak berlalu tanpa kesan, sebaiknya orang tua mulai memikirkan permainan edukatif anak untuk mengisi waktu senggangnya

BM
Buna Mirza
Cover Image for Drama Korea yang Tayang Bulan April 2021 ini Bikin Hari-harimu Lebih Berwarna | Beauty Moms

Drama Korea yang Tayang Bulan April 2021 ini Bikin Hari-harimu Lebih Berwarna | Beauty Moms

Drama Korea sudah siap tayang di bulan April 2021 ini. Genrenya pun beragam, mulai dari genre romantis, misteri hingga aksi.

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Tips Menjaga Rambut Sehat Alami | Beauty Moms

Tips Menjaga Rambut Sehat Alami | Beauty Moms

Mengetahui ciri rambut sehat dan cara merawatnya akan menghindari kerusakan rambut. Apa ciri rambut sehat itu, yuk simak tips berikut :

ES
Elena Soraya
Cover Image for Kisah Perjalanan Cinta Hyun Bin dan Son Ye Jin yang Bikin Baper | Beauty Moms

Kisah Perjalanan Cinta Hyun Bin dan Son Ye Jin yang Bikin Baper | Beauty Moms

Sebelum Hyun Bin menjalin hubungan asmara dengan Son Ye Jin, dia sempat berpacaran dengan Song Hye Kyo dan Kang Sora.

NA
Naraya Ayudia