Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami | Beauty Moms

Cover Image for Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Setiap wanita menginginkan rambut sehat. Perawatan rambut secara berkala menjadi salah satu cara untuk mendapatkan rambu sehat alami. Selain untuk menjaga kesehatan rambut, perawatan yang tepat juga dapat mencegah rambut rontok.

Rambut rontok merupakan persoalan yang hampir semua wanita pernah rasakan. Memiliki rambut yang mudah rontok dan patah tentunya bukan hal yang wanita suka. Rambut yang sering rontok dapat menganggu keseharian dan berdampak pada penampilan juga. Jika tidak segera diatasi akan membuat rambut terlihat tipis dan kering.

Pola Hidup Mencegah Rambut Rontok

Ada beberapa faktor yang membuat rambut menjadi lebih mudah patah dan rontok. Antara lain pengaruh hormon, efek samping konsumsi obat, stres, kehamilan serta pola makan yang tidak sehat dan teratur. Jika rambut rontok dalam jumlah yang sedikit dan dalam jangka waktu yang tidak sering, mungkin bukan menjadi masalah. Namun bagaimana jika rambut rontok dengan cukup banyak dan hampir setiap hari? Tentunya rambut harus cepat mendapat perawatan yang sesuai.

BACA JUGA : Cara Merawat Rambut Lurus

Merawat rambut rontok yang biasa kita lakukan yaitu keramas dengan menggunakan sampo anti rontok, namun tentunya perawatan tersebut tidak cukup. Ada beberapa hal yang harus para wanita lakukan agar rambut terhindar dari kerontokan yaitu :

1.Memijat Kepala Secara Rutin Dapat Membuat Rileks

Siapa sangka ternyata rajin melakukan pijatan pada kulit kepala dapat menghindari rambut rontok. Rutinlah memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak almond, minyak kelapa atau bisa juga menggunakan minyak wijen.

Memijat Kepala Secara Rutin Dapat Membuat Rileks

Gerakan memijat kulit kepala ini dapat memperlancar sirkulasi darah yang dapat membantu menstimulasi folikel pada rambut. Selain menjadi salah satu cara untuk mencegah rambut rontok, rutin memijat kulit kepala juga dapat membuat kita menjadi lebih rileks dan mengurangi stres.

2.Menghindari Stres Mampu Mencegah Rambut Rontok

Stres tidak sehat bagi wanita. Ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, penyakit diabetes, penurunan atau kenaikan berat badan bahkan dapat membuat rambut seseorang menjadi rontok. Bagi kamu yang selalu mengalami masalah rambut rontok, bisa jadi karena stres.

Menghindari Stres Mampu Mencegah Rambut Rontok

Salah satu tips untuk mencegah rambut rontok yaitu dengan menghindari stres lakukanlah berbagai macam kegiatan yang positif seperti meditasi, berolahraga dan segala kegiatan yang membuat hati merasa senang dan bahagia.

3.Hindari Menyisir Rambut Basah

Setelah kamu keramas dan rambut masih dalam keadaan basah, maka jangan langsung menyisir rambut. Menyisir rambut ketika keadaan rambut masih basah dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Karena pada saat menyisir rambut yang masih basah akan menyebabkan folikel pada rambut menjadi lemah. Maka lebih baik biarkan rambut kering alami tanpa hairdryer baru kemudian sisir rambut.

4.Mengkonsumsi Makanan Sehat

Jika rambut rontok dengan lebat maka bisa mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Makanlah makanan yang dapat memperkuat akar rambut seperti kacang-kacangan yang mengandung asam lemak omega 3, karena kandungannya dapat mengatasi masalah rontok pada rambut.

makanan sehat merupakan tips mencegah rambut rontok

Bisa juga banyak mengkonsumsi ikan salmon dan telur karena memiliki kandungan protein yang dapat membuat struktur rambut menjadi lebih kuat, sehingga tidak membuat rambut menjadi mudah rontok.

5.Waktu Tidur yang Cukup Dapat Mencegah Rambut Rontok

Jika kamu kurang tidur maka dapat berdampak pada rambut kamu. Kurangnya waktu tidur dapat membuat rambut menjadi lebih mudah rontok.

Waktu Tidur yang Cukup

Waktu tidaur yang baik yaitu 7 hingga 8 jam perhari. Selain dapat menghindari rambut rontok, istirahat yang cukup juga dapat membuat stres berkurang.

6.Gunakan Produk Untuk Rambut Rontok

Ada berbagai macam sampo, kondisioner dan masker rambut namun memiliki kandungan yang berbeda-beda untuk tipe rambut rontok, maka pilihlah produk yang memiliki kandungan yang cocok bagi perawatan rambut rontok. Rutinlah memakai berbagai macam produk perawatan agar rambut terhindar dari kerontokn atau pun untuk mengatasi rambut yang sudah rontok.

sampo sebagai tips mencegah rambut rontok

Itulah 6 tips menghindari rontok pada rambut. Jika kamu sudah mengalami rambut rontok, tips diatas tetap bisa diterapkan. Yang paling penting agar rambut tidak selalu rontok, yaitu kurangi stres dan jaga waktu tidur. Karena selain membuat rambut terhindar dari kerontokan, menjaga waktu tidur dan menghindari stres baik untuk kesahatan tubuh ya beauty moms. (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Miss USA 2019 Tewas, Melompat dari Gedung Apartemen | Beauty Moms

Miss USA 2019 Tewas, Melompat dari Gedung Apartemen | Beauty Moms

Miss USA 209, Cheslie Kryst dinyatakan meninggal dunia dalam usia 30 tahun. Kryst meninggal dunia setelah melompat dari lantai 60

BM
Buna Mirza
Cover Image for Warna Lipstik Cantik Untuk Bibirmu | Beauty Moms

Warna Lipstik Cantik Untuk Bibirmu | Beauty Moms

Banyaknya pilihan warna lipstik sesungguhnya memberi ruang untuk mencoba dan berkreasi agar tampilan cantik tidak monoton.

ES
Elena Soraya
Cover Image for 13 Rekomendasi Glamping untuk Liburan Bersama Keluarga | Beauty Moms

13 Rekomendasi Glamping untuk Liburan Bersama Keluarga | Beauty Moms

Glamping dapat menjadi pilihan menginap keluarga yang mengasikan. Berikut 13 rekomendasi glamping untuk mengisi waktu liburan dengan keluarga

LV
Lobelia Vira
Cover Image for 5 Makanan yang Dihindari Saat Buka Puasa | Beauty Moms

5 Makanan yang Dihindari Saat Buka Puasa | Beauty Moms

Banyak makanan yang harus dihindaAda beberapa makanan yang dihindari saat buka puasa agar tubuh tetap fit dan

ES
Elena Soraya
Cover Image for Cara Merawat Rambut Ikal | Beauty Moms

Cara Merawat Rambut Ikal | Beauty Moms

Merawat rambut ikal tidak sulit, tergantung dari diri kita sendiri. Rambut jenis ini harus mempertahankan kelembapanagar tidak mudah kering.

ES
Elena Soraya