15 Ide Ngabuburit Spesial Meskipun di Rumah Saja | Beauty Moms

Cover Image for 15 Ide Ngabuburit Spesial Meskipun di Rumah Saja | Beauty Moms
BM
Buna Mirza

15 Ide Ngabuburit Spesial Meskipun di Rumah Saja

Banyak tradisi di bulan suci Ramadan yang sangat khas di Indonesia. Salah satunya adalah ngabuburit. Kegiatan ngabuburit begitu populer di kalangan anak muda. Mereka biasanya pergi ke luar rumah untuk berburu takjil sembari menunggu waktu berbuka. Padahal, merancang ngabuburit di rumah juga nggak kalah seru lho. Beautymom sudah punya 15 ide ngabuburit spesial meskipun di rumah saja.

Tapi sebelum membedah lebih jauh kegiatan ngabuburit di rumah, kenali dulu yuk, apa itu tradisi ngabuburit? Biar kamu mengerti sejarah dan asal usulnya.

Asal-Usul Kata Ngabuburit

Asal kata ngabuburit sendiri adalah dari bahasa Sunda. Berdasarkan Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit berasal dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit”. Artinya, bersantai sambil menunggu waktu sore tiba.

ide ngabuburit spesial meskipun dri rumah saja

Banyak yang berpendapat jika morfologi ngabuburit berasal dari “burit”, yang memiliki arti sore hari. Sehingga bisa disimpulkan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu sore. Jika dikaitkan dengan puasa, maka artinya menjadi menunggu jam berbuka puasa.

Istilah ngabuburit akhirnya semakin populer dan digunakan secara meluas di daerah lain. Namanya pun disesuaikan dengan istilah di daerah masing-masing. Misalnya di daerah Minang ada istilah “malengah puaso”, artinya kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar ketika berpuasa. Seiring perkembangan jaman, ngabuburit mulai digunakan secara umum tak hanya saat bulan puasa, namun untuk kegiatan sehari-hari sembari menunggu azan magrib.

Tradisi Ngabuburit di Indonesia

Pada awalnya, tradisi ngabuburit berisi kegiatan-kegiatan yang cenderung religius misalnya mengikuti pesantren kilat, tadarus di masjid, wisata religi atau melakukan kegiatan sosial. Namun, dalam perkembangannya, tradisi ngabuburit sangat bervariasi. Mulai dari berbelanja takjil di pasar-pasar, sampai kegiatan modern seperti dengan pertunjukkan musik, hingga acara kumpul-kumpul bersama kerabat dan para sahabat di rumah makan.

15 Ide Ngabuburit yang Seru di Rumah Saja

Ramadan tahun ini tantangan menahan godaan bakal semakin berat. Jika biasanya bisa dialihkan dengan jalan-jalan atau bekerja hingga sore, kini kamu harus melewatinya dengan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah. Tidak banyak kegiatan seringkali membuat kamu ingin ngemil atau minum sesuatu, padahal kamu sedang ibadah puasa. Hayo, jangan sampai tergoda buka kulkas yaa?

Supaya kamu nggak mager dan teteap aktif bergerak selama bulan puasa, beautymom sudah merangkum 10 ide ngabuburit spesial yang pasti seru abis meskipun dilakukan di rumah aja.

1. Lakukan Kegiatan Virtual Photoshot

Pecinta fotografi yang kangen keluar rumah untuk mengambil gambar pemandangan atau orang, coba saja tren fotografi terbaru, yaitu pemotretan virtual (virtual photoshoot). Ini merupakan kreativitas dalam metode dan teknik momotret yang bisa kamu lakukan dalam rangka ngabuburit. Metode virtual photoshot memang tidak bertemu langsung namun melalui video call.

lakukan kegiatan virtual photoshot

Segera telpon kenalanmu dengan menggunakan aplikasi video call, jadikan dia objek yang akan diambil fotonya. Kamu dapat mengambil foto objek melalui layar smartphone atau laptop, bisa juga dengan screenshot lalu menambahkan efek-efek agar kesannya lebih artistik.

2. Ikut Kelas Melukis Online

Ngabuburit spesial meskipun di rumah aja bisa kamu lakukan dengan mengikuti kelas melukis online di rumah. Kelas-kelas melukis online saat ini makin mudah dan sudah banyak ditemui.

ikuti kelas melukis online

Kelas tutorial melukis secara virtual biasanya dibuka dalam bentuk pertunjukan live. Tak hanya menyenangkan, kreativitasmu juga makin terasah. Jadi, nggak ada alasan lagi buat kamu untuk bermalas-malasan saat menunggu waktu berbuka.

3. Memasak Menu Buka Puasa

Agenda buka puasa bersama teman-teman yang sudah menjadi tradisi sepertinya masih harus ditiadakan pada Ramadan tahun ini. Eits, nggak perlu galau. Kamu bisa memanfaatkan waktu senggang untuk memasak menu buka puasa bersama keluarga.

memasak menu buka puasa

Cari resep-resep masakan kekinian untuk dicoba. Bisa juga ditambah dengan kreasimu sendiri. Karena bulan ramadan berdekatan dengan lebaran, membuat kue kering untuk persediaan lebaran nanti bisa dijadikan kegiatan ngabuburit. Selain menghemat pengeluaran, memasak sendiri bisa menambah keseruan di rumah jika dilakukan bersama anggota keluarga.

Baca : Sepuluh Olahan Lidah Buaya yang Nikmat dan Segar

4. Membaca Buku

Ide ngabuburit spesial lain yang bisa dilakukan meskipun di rumah saja adalah membaca buku. Membaca buku memiliki segudang manfaat, salah satunya mendapatkan banyak ilmu. Ngabuburit nggak akan terasa membosankan dengan membaca komik, novel, atau buku pengetahuan agama Islam.

membaca  buku

Jangan biarkan, buku-buku Islami di rak mejamu berdebu dan menganggur begitu saja. Karena bukan cuma aplikasi di handphone saja yang perlu di upgrade, tapi ilmu agamamu juga. Membaca buku juga tidak memerlukan tempat khusus, karena bisa dilakukan di setiap sudut rumahmu.

5. Belajar Hal Baru

Berada di rumah saja, justru memberi kesempatan untuk belajar banyak hal baru. Dengan adanya kelas-kelas online, program belajar yang kamu inginkan bisa dilakukan.

belajar hal baru

Misalnya ingin memperdalam bahasa asing atau menjadi bagian dari komunitas penulis dan sebagainya. Siapa tahu karena ngabuburitnya belajar menulis, kamu bisa menerbitkan buku setelah ramadan usai.

6. Menonton Film Bernuansa Islami

Daripada bengong menunggu bedug ditabuh, nggak ada salahnya mengisi waktu ngabuburit dengan menonton film. Menonton film serial favorit bersama keluarga, baik bergenre action, drama, komedi atau lainnya akan membuat hari terasa seru dan cepat berlalu.

menonton film bernuansa islami

Tapi kalau ingin nuansa religiusnya lebih terasa, pilih tontonan film Islami. Ada beberapa film bertema Islam seperti Hanum dan Rangga, Ketika Cinta Bertasbih, My Name is Khan, 99 Cahaya di Langit Eropa, Ayat-ayat Cinta, Kisah-kisah nabi, sejarah islam, dan masih banyak lagi. Kalau malas menonton film, bisa diganti dengan menonton acara cerama agama yang biasanya diputar stasiun televisi jelang berbuka puasa.

7. Tadarusan

Nah, ini ide ngabuburit yang paling spesial meski di rumah saja, yaitu mengaji atau tadarusan. Selain menjalankan puasa penuh 30 hari, umat Islam juga harus meningkatkan ibadahnya dengan mengkhatamkan Alquran.

tadarusan

Mengisi waktu ngabuburit dengan tadarusan bersama keluarga akan membuat kamu lebih bersemangat. Kalau dilakukan rutin setiap hari, kamu akan khatam 30 juz. Puasamu jauh lebih bermakna bukan?

8. Olahraga

Tidak makan dan minum selama puasa, bukan berarti harus bermalas-malasan. Rasa lemas bukan alasan untuk tidak berolah raga. Justru dengan berolah raga di bulan puasa, kondisi badan akan tetap fit dan bugar.

olahraga

Pilih olahraga ringan yang bisa dilakukan bersama keluarga, misalnya jogging atau jalan santai di sekitar halaman rumah. Olahraga lain yang bisa dilakukan adalah yoga, aerobik dan lainnya.

Baca : Bugar dan Langsing dengan Senam Zumba

9. Mendekorasi Ruangan

Ide ngabuburit spesial yang bisa dilakukan di rumah saja selanjutnya adalah mendekorasi ruangan. Tak perlu seluruh rumah, cukup tempat-tempat favorit, seperti kamar, ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga. Selain akan lebih rapi saat menyambut lebaran nanti, mendekorasi ruangan bisa membuat tempat pribadimu lebih nyaman dan sesuai dengan keinginan.

mendekorasi ruangan

Dinding ruangan yang masih kosong bisa ditambah aksesoris baru. Kalau mau sedikit repot, bisa mengubah total desain ruangan. Inspirasi mendekorasi ruangan banyak terdapat di media sosial seperti instagram dan twitter. Sudah saatnya, menunggu waktu berbuka puasa dengan cara yang nggak sia-sia. Bahkan, kamu akan merasa hepi karena ruang privasimu terlihat lebih fresh.

10. Berkebun

Punya halaman kosong di rumah? Ide membuat kebun sangat cocok sebagai kegiatan ngabuburit. Asyik menanam pohon seperti sayur mayur, buah dan bunga akan membuat waktu terasa sangat cepat hingga tiba waktunya berbuka.

berkebun

Rumah yang tadinya tampak gersang, dengan disulap menjadi mini kebun akan membuatnya asri. Selain itu, hasil kebun tersebut bisa dipanen dan dimasak. Jadi lebih hemat dan sehat.

11.Buat Kerajinan Tangan

Buat target-target tertentu selama ramadan. Contohnya, bisa menghasilkan kerajinan tangan untuk dijual. Selain dijual, hasil kerajinan tangan tersebut, bisa menghiasi dinding rumah atau ruangan lainnya. Dengan kreativitasmu, tentu akan lebih menghemat budget. Saat lebaran nanti, penampilan rumah bisa jadi lebih indah tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

buat kerajinan tangan

Sebagai bahan dasar kerajinan, tak harus beli yang mahal. Cukup menggunakan bahan-bahan bekas. Koran bekas yang menumpuk, bisa diberi cat dengan warna yang cantik. Stik es krim yang kamu kumpulkan bisa menjadi bingkai foto. Lalu, botol bekas bisa disulap menjadi pot bunga dan masih banyak lagi.

12. Bermain Game

Ide ngabuburit seru lainnya adalah main game. Anak-anak hingga orang dewasa, sangat menyukai kegiatan yang satu ini. Karena di rumah saja, kamu bisa mengajak satu keluarga untuk bermain game online maupun offline.

bermain game

Game online yang bisa dimainkan bersama seperti mobile lagend, ludo, dan ular tangga. Sedangkan game keluarga offline antara lain Uno Stacko, tebak teka-teki, congklak, puzzle dan lain-lain.

13. Belanja Online

Jika selama ini ngabuburit identik dengan belanja takjil ke beberapa tempat di luar rumah, kali ini kamu bisa melakukan ngabuburit virtual. Meski dari rumah saja, kamu bisa belanja online. Bukan belanja dalam artian membeli benda-benda mahal sehingga terkesan boros, tapi membeli makanan secara online menggunakan aplikasi ojek.

belanja online

Bagi kamu yang punya budget lebih, bisa sekalian belanja keperluan selama ramadan dan jelang lebaran. Beli kue kering, baju, sepatu tinggal klik di marketplace yang sesuai.

14. Melakukan Live Instagram

melakukan live instagram

Aktif di media sosial seperti instagram akan membuat harimu lebih seru disaat menunggu berbuka puasa. Coba saja fitur-fitur live terbaru di Instagram. Kamu bisa membuat tutorial hijab, memasak, yang akan membuat banyak orang tertarik dan berinteraksi denganmu.

15. Melakukan Video Call

Tahun ini, aktivitas keluar rumah memang dibatasi. Bahkan sulit sekali bertemu sahabat dan keluarga. Namun, dengan hadirnya teknologi komunikasi, saat ini panggilan video call atau meeting lewat zoom bersama keluarga dan teman-teman bisa dilakukan. Aktivitas ngabuburit virtual yang satu ini pasti akan menghiburmu saat merasa sepi. Sekalipun terpisah jarak ribuan kilometer, kamu tetap bisa berbincang-bincang dengan mereka.

melakukan video call

Bagaimana ide ngabuburit spesial meskipun di rumah saja yang sudah dikemas beautymom? Pasti salah satunya bisa memantik kreativitasmu. Mudah-mudahan puasa kali ini tetap semangat walaupun tak bisa bebas beraktivitas seperti dulu. Ngabuburit bisa dengan segala cara, yang penting puasanya, jangan sampai jebol ya. Fighting! (buna mirza)

More Stories

Cover Image for Bandana Atta Halilintar Akhirnya Terjual Rp 2 Miliar, Untuk Rumah Penghafal Alquran | Beauty Moms

Bandana Atta Halilintar Akhirnya Terjual Rp 2 Miliar, Untuk Rumah Penghafal Alquran | Beauty Moms

Beberapa waktu lalu, Atta Halilintar melelang bandananya melalui instagram pribadinya . Bandana itu ditawar dengan harga fantastis.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Cara Merawat Rambut Berminyak Berdasarkan Jenis Rambut | Beauty Moms

Cara Merawat Rambut Berminyak Berdasarkan Jenis Rambut | Beauty Moms

Merawat rambut berminyak ternyata ada caranya sendiri loh. Jangan sampai rambut tipe berminyakmu tidak ditangani dengan baik. Berikut caranya

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Tips Mendaki Gunung Aman dan Nyaman Bagi Wanita | Beauty Moms

Tips Mendaki Gunung Aman dan Nyaman Bagi Wanita | Beauty Moms

Saat ini sudah banyak wanita yang berani untuk mendaki gunung. Meski begitu, tetap harus memperhatikan rasa aman dan nyaman saat mendaki.

TS
Tamara Suci
Cover Image for Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu | Beauty Moms

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Tipe Rambutmu | Beauty Moms

tips memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut agar perawatan rambut menjadi benar dan sesuai dengan keadaan kulit kepala

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for 10 Makeup Lokal Indonesia dengan Kualitas Terbaik | Beauty Moms

10 Makeup Lokal Indonesia dengan Kualitas Terbaik | Beauty Moms

Makeup lokal Indonesia memiliki kualitas yang bagus, dibanding makeup dari luar. Makeup lokal dengan kualitas terbaik tantara lain ...

LV
Lobelia Vira