Jenis Rambut Keriting dan Pilih Perawatan yang Sesuai | Beauty Moms

Cover Image for Jenis Rambut Keriting dan Pilih Perawatan yang Sesuai | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Jenis Rambut Keriting dan Pilih Perawatan yang Sesuai

Wanita yang memiliki jenis rambut keriting di Indonesia tidak sebanyak wanita yang berambut lurus, oleh sebab itu banyak wanita yang merasa minder dengan rambut keriting. Memiliki rambut keriting adalah sebuah keunikan bisa dibanggakan. Namun masih banyak orang yang mengeluh dan merasa malu memiliki rambut keriting.

Berbicara tentang rambut keriting, apakah beauty moms tahu ada banyak macam model rambut keriting berdasarkan level keikalannya? Rata-rata orang mengetahui rambut seseorang keriting karena bentuk rambutnya yang ikal, namun tidak banyak yang mengetahui jenis dan tipe dari rambut keriting. Berdasarkan dari level ikalnya rambut, maka rambut keriting dibagi menjadi beberapa tipe, diantara yaitu :

A. Rambut Keriting Tipe 2

Rambut keriting tipe ini adalah jenis rambut keriting ringan. Artinya pola keseluruhan rambut tidak semua ikal. Pada tipe ini, tidak begitu terlihat pola rambut keritingnya dan beberapa orang yang memiliki jenis rambut keriting tipe 2 ini, keikalannya terlihat pada bagian ujung rambut.

Ada yang mengatakan bahwa jenis rambut keriting ini adalah keriting gantung. Jenis rambut bergelombang juga masuk dalam kategori ini. Untuk rambut keriting tipe 2 ini dibagi menjadi tiga tipe, seperti :

1.Rambut Keriting Tipe 2A

Rambut keriting dengan tipe 2A ini merupakan rambut keriting yang paling mudah untuk diatur. Untuk pola keikalannya tidak lebih dari 10% karena tipe ini adalah tipe rambut dengan perpaduan lurus dan keriting.

Jenis Rambut Keriting Dan Pilih Perawatan Yang Sesuai

Jika kita lihat dari jauh, maka rambut tipe ini tidak terlihat keriting sama sekali dan justru terlihat seperti rambut lurus biasa. Untuk merawat tipe rambut ini sangat mudah, hanya dengan rajin keramas menggunakan shampo dan kondisioner agar tetap sehat.

2.Rambut Keriting Tipe 2B

Tipe rambut ini sudah menjadi tipe rambut yang cepat kusut dan sulit untuk dirapihkan. Namun tetap saja rambut keriting tipe 2B ini lebih mudah untuk diatur daripada tipe rambut keriting yang lainnya.

Jenis Rambut Keriting Dan Pilih Perawatan Yang Sesuai

Jika kamu memiliki tipe rambut ini, maka cara perawatannya, kamu cukup menjaga kelembabannya saja karena tipe rambut ini lebih mudah mengembang dan jika kelembabannya tidak terjaga akan menjadi kering dan kusut.

3.Rambut Keriting Tipe 2C

Untuk tipe yang satu ini sudah mulai terlihat jelas ikal pada rambut. Meskipun belum terlihat keritingnya, namun pola ikal pada tipe ini mencapai 40%.

Ciri khusus pada rambut tipe ini yaitu pola rambut yang tidak hanya ikal namun juga bergelombang. Kepadatan pada rambut juga membuat tipe rambut ini telihat agak rapat. Rambut keriting tipe 2C ini juga merupakan tipe rambut yang mudah mengembang. Karena sifatnya yang mudah mengembang, maka pemilik rambut ini bisa menjaganya dengan selalu memakai kondisioner.

Cara Perawatan Rambut Keriting Tipe 2

Pada umunya karakteristik dari jenis tipe rambut ini hampir sama karena memiliki level ikal yang tidak tinggi dan dikategorikan sebagai tipe rambut keriting yang mudah untuk diatur.

jenis rambut keriting

Maka dari itu untuk perawatan semua jenis tipe 2 ini sama, berikut cara merawatnya:

  • Lakukanlah keramas seminggu 2-3 kali. Gunakan juga shampo dan kondisoner yang memiliki kandungan rice water dan juga ekstrak pink lotus. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kilaunya rambut.
  • Jika ingin mengeringkan rambut, gunakanlah sesuatu yang berbahan katun seperti kaos. Karena apabila mengeringkan dengan menggunakan handuk dapat merusak pola dari rambut keriting.
  • Agar kesehatan rambut tetap sehat, maka bisa juga menggunakan serum atau vitamin rambut. Selain dapat menjaga rambut tetap sehat, menggunakan serum dan vitamin dapat membuat rambut menjadi lebih lembab.
  • Dalam menyisir hindarilah jenis sisir yang memiliki jarak gigi yang rapat karena itu dapat membuat rambut menjadi kusut. Gunakanlah sisir dengan gigi yang berjarak agar lebih mudah ketika menyisir.
  • Apabila ingin menggunakan styling tools seperti hairdryer atau catokan jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut agar melindungi rambut dari suhu yang panas. Karena jika tidak menggunakan vitamin, rambut yang terkena suhu panas akan lebih mudah kering dan rusak.

B. Rambut Keriting Tipe 3

Untuk rambut keriting dengan tipe 3, maka pola ikalnya sudah sangat terlihat. Mau dari jarak jauh atau pun dekat keikalan pada rambut tetap akan terlihat. Karakteristik dari rambut keriting tipe ini yaitu susah untuk diatur karena mudah kusut. Jenis rambut keriting ini memiliki beberapa tipe seperti :

1.Rambut Keriting Tipe 3A

Tipe ini menjadi jenis tipe rambut 3A yang paling mudah untuk diatur. Rambut ini merupakan kombinasi dari rambut gelombang dan juga rambut keriting.

rambut keriting tipe 3a

Keikalan yang ada pada rambut tipe 3 ini dari pangkal rambut hingga ujung rambut. Pola keriting rambut ini berukuran cukup besar termasuk bentuk lengkungannnya.

2.Rambut Keriting Tipe 3B

Pola ikal ada rambut jenis ini berbentuk seperti spiral dengan volume yang tebal. Meskipun rambut tipe ini memiliki volume yang tebal, namun tipe rambut ini masih bisa diatur karena tidak terlalu rapat.

Di zaman sekarang jenis rambut ini menjadi tren dan banyak orang yang mengikuti model rambut ini. Bagi pemilik rambut keriting tipe 3B bisa menggunakan vitamin untuk mencegah tekstur rambut yang mudah patah.

3.Rambut Keriting Tipe 3C

Pola ikal yang dimiliki tipe ini adalah bentuk spiral yang rapat dan bentuknya yang lebih kecil. Keikalannya pun berada di semua bagian rambut.

Sifatnya yang ringan membuat tipe rambut ini cepat kusut. Keluhan bagi pemilik rambut ini yaitu susahnya untuk menyisir karena mudah kusut.

Cara Perawatan Rambut Keriting Tipe 3

Dari penjelasn tersebut, semua jenis rambut keriting tipe 3 memiliki pola berbentuk spiral yang cukup tebal. Sifatnya yang cepat kering membuat rambut menjadi terlihat kusam dan kusut. Jika kamu memiliki jenis rambut seperti tipe 3 ini, maka wajib melakukan perawatan dengan baik seperti :

  • Keramaslah dengan rajin 2-3 seminggu dan gunakan shampo yang memiliki kandungan non-sulfat. Kandungan non-sulfat dapat menjaga minyak alami yang ada di kulit kepala.
  • Rutinlah menggunakan kondisioner dengan kandungan Weightless Nutri-Oils setelah keramas. Dengan begitu rambut akan menjadi lebih halus dan menjadi lebih lembut.
  • Karena sifat rambut yang mudah rusak, maka hindari pemakaian styling tools. Panas tinggi yang ada pada styling tools akan membuat rambut menjadi lebih kering dan menyebakan rambut rontok hingga bercabang
  • Hindari ikatan rambut yang terlalu kencang karena akan menyebabkan rontok yang parah. Jika ingin rambut diikat pilihlah juga kunciran dengan bahan yang halus seperti sutra.

C. Rambut Keriting Tipe 4

Rambut keritin tipe 4 ini adalah jenis rambut dengan keikalannya yang hampir 100%. Tekstur pada rambut tipe ini sudah cukup padat, rapat dan cukup bervolume. Pola dari rambut ini terlihat sangat jelas seperti huruf S. Dalam masyarakat rambut keriting tipe 4 ini lebih dikenal dengan sebutan kribo, karena pola ikalnya yang sudah sangat terihat. Rambut keriting tipe 4 ini memiliki beberapa tipe seperti :

1.Rambut Keriting Tipe 4A

Rambut keriting dengan tipe ini menjadi jenis rambut keriting yang volumenya tidak terlalu tebal. Meskipun sudah cukup terlihat cukup ikal, namun rambut keriting tipe ini masih bisa untuk dirapihkan.

Rambut Keriting Tipe 4A

Rambut keriting tipe ini memang cukup unik dan tidak sedikit orang-orang yang ingin memiliki tipe rambut ini. Yang menyebalkan dari tipe rambut ini adalah ketika rambut sedang kering, maka bentuk rambut akan menggumpal ke atas dan membuat rambut terlihat semakin lebih pendek.

2.Rambut Keriting Tipe 4B

Rambut keriting jenis ini sudah memiiki tekstur yang sangat padat dan bentuk spiral pun terlihat semakin kecil.

Rambut Keriting Tipe 4A

Jika rambut ini dibiarkan tumbuh agar bisa memanjang, maka yang akan terjadi adalah rambut akan semakin mengembang ke samping. Dan tipe ini sudah tergolong susah untuk disisir. Namun jika pandai dalam hal menata rambut, maka rambut dengan tipe ini akan terlihat unik.

3.Rambut Keriting Tipe 4C

Tipe rambut ini biasanya orang sebut kribo. Tekstur yang dimiliki tipe rambut ini sangat padat dan juga rapat.

Jika dilihat dari dekat maka tekstur dari tipe rambut ini berbentuk zigzag spiral yang sangat padat. Rambut tipe ini juga sangat mudah menyusut jika tidak mendapatkan perawatan dan kurangnya mendapat vitamin rambut.

Cara Perawatan Rambut Keriting Tipe 4

Tekstur rambut yang padat, memiliki volume yang tebal dan rapat membuat tipe rambut ini harus sering melakukan perawatan agar rambut tidak cepat rusak dan juga tetap sehat. Jika kamu memiliki rambut keriting tipe 4, maka perawatan yang harus kamu lakukan yaitu :

  • Rajinlah keramas dan gunakan shampo dan kondisioner dengan kandungan Weightless Nutri-oils. Kandungan tersebut dapat membuat rambut menjadi halus dan lebih bernutrisi.
  • Karena rambut ini adalah tipe rambut yang mudah kering, maka penting bagi pemiliknya menggunakan masker rambut ataupun vitamin rambut agar rambut tetap lembab.
  • Gunakan jenis sisir dengan gigi yang berjarak, dan ketika menyisir lakukan dengan pelan.
  • Jangan pernah menggunakan styling tools karena panas yang diberikan akan membuat rambut menjadi rusak parah

Nah itu lah tipe-tipe dari rambut keriting, sekarang tentunya sudah menjadi lebih paham ya beautiful moms apa tipe rambut keritingmu. Tetap jagalah jenis rambut keritingmu karena itu adalah sebuah keunikan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jenis perawatan yang sesuai dengan tipe rambutmu agar rambut tetap sehat dan tidak rusak. (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Single Lupa Nama Ingat Rasa Ceritakan Kisah Cinta di Kehidupan Malam Jakarta | Beauty Moms

Single Lupa Nama Ingat Rasa Ceritakan Kisah Cinta di Kehidupan Malam Jakarta | Beauty Moms

Musikus musikus Okin dan sahabatnya, untuk menuangkannya dalam lagu yang merupakan single debut mereka berjudul Lupa Nama Ungat Rasa.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Rachel Vennya Menyesal Kabur dari Karantina | Beauty Moms

Rachel Vennya Menyesal Kabur dari Karantina | Beauty Moms

Rachel Vennya imengaku bahwa dia menyesal telah melakukan hal bodoh di dalam hidupnya, yakni sengaja kabur dari karantina

BM
Buna Mirza
Cover Image for Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Agar Lebih Aman dan Mudah Perhatikan 9 Langkah Berikut | Beauty Moms

Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Agar Lebih Aman dan Mudah Perhatikan 9 Langkah Berikut | Beauty Moms

Bleaching merupakan proses menghilangkan pigmen rambut. Bila sudah yakin melakukan proses bleaching rambut sendiri di rumah maka ada baiknya perhatikan hal berikut ini agar mudah dan aman.

TS
Tamara Suci
Cover Image for 8 Inspirasi Tema Dekorasi untuk Membuat Pernikahanmu Berkesan | Beauty Moms

8 Inspirasi Tema Dekorasi untuk Membuat Pernikahanmu Berkesan | Beauty Moms

Untuk memanjakan mata para tamu yang hadir, pesta harus mempertimbangkan tema dekorasi yang akan ditampilkan agar berkesan di hati.

BM
Buna Mirza
Cover Image for 9 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kerajaan yang Populer | Beauty Moms

9 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kerajaan yang Populer | Beauty Moms

Drama Korea tak selalu berkisah tetang dunia modern. Drama korea bertema kerajaanpun banyak di produksi oleh stasiun telivisi Korea

NA
Naraya Ayudia