Cari Jodoh di Medsos dan Situs Dating, Berikut Tipsnya | Beauty Moms

Cover Image for Cari Jodoh di Medsos dan Situs Dating, Berikut Tipsnya | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

Cari Jodoh di Medsos dan Situs Dating, Berikut Tipsnya

Mencari jodoh melalui media sosial memang berisiko. Karena, kita tidak mengetahui fisik maupun sifat orang tersebut. Selain itu juga tidak mengenal seperti apa kehidupannya secara nyata. Berita yang marak beredar tentang berbagai kasus akibat berkenalan dengan seseorang di media sosial juga menambah stigma negatif mencari jodok di medsos. Guna mengantisipasi hal itu, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tips cari jodoh di medsos dan situs dating supaya lebih aman.

Tentu banyak sekali alasan yang melatarbelakangi seseorang mencari peruntungan jodoh di dunia maya. Mulai dari terlalu sibuk bekerja sampai tidak ada waktu untuk dating real life. Ingin mencari jodoh selain pada circle pertemanan. Merasa lebih nyaman ngobrol melalui aplikasi chating. Bahkan untuk si pemalu, media sosial atau situs dating (situs cari jodoh) menjadi sarana kencan yang membantu meredakan kegugupan. Apakah kamu memiliki alasan yang sama?

Saat bertemu dan berkencan secara langsung, seseorang cenderung akan lebih gugup dengan first impresion lawan dating terhadap dirinya. Apakah penampilannya sudah oke atau belum. Atau bagaimana cara mencari topik yang pas. Semua hal tersebut tentu membutuhkan keberanian mental, sebelum melangkah lebih jauh.

Sedangkan melalui situs dating, seseorang dapat mengekspresikan dirinya dengan bebas karena tidak perlu overthinking dengan pendapat seseorang terhadap dirinya. Jika merasa tidak match, kita tinggal swipe dan mencari lawan dating lain.

Teknologi memberikan kenyamanan dalam bersosialisasi secara luas. Namun, dibalik kenyamanan tersebut, kita perlu mempertimbangkan banyak hal supaya tidak kecewa dengan apa yang kita dapatkan. Karena seseorang yang kita kenal melalui media sosial sering kali berbeda dengan aslinya.

Lakukan Hal Berikut pada Profil Medsos dan Situs Datingmu Supaya Menarik

Sebelum lanjut ke tips untuk mencari peruntungan jodoh melalu medsos dan situs dating. Lakukan hal berikut untuk membuat profil kamu terlihat menarik dan banyak yang memilihmu untuk dating.

Gunakan Foto Terbaik untuk Profil Medsos dan Situs Dating

Saat menggunakan aplikasi dating, pertama kali orang akan melihat foto profil terlebih dahulu. Maka gunakan foto terbaik sebagai foto profil, misal foto sedang tersenyum atau foto sedang melakukan aktivitas yang membahagiakan. Foto-foto tersebut membawa energi positif terhadap orang yang pertama melihatnya. Menggunakan makeup juga menjadi keharusan untuk memperkuat kesan pertama.

Memilih foto profil terbaik supaya menarik calon teman kencan

Selain itu menggunakan filter effect juga tak ada salahnya selagi masih pada batas wajar. Jangan sampai penampilan di dunia maya dan dunia nyata terlihat sangat jauh berbeda. Hindari juga menggunakan foto bersama orang banyak atau foto berdua dengan teman. Karena akan menyulitkan seseorang untuk mengenalimu. Foto berdua bersama teman juga menghambat untuk menemukan jodoh, bisa saja orang akan lebih tertarik dengan temanmu dari pada dirimu sendiri.

Deskripsi Bio yang Menarik

Kira-kira apa saja ya yang harus kita tulis pada bio profil? Biodata singkat atau bisa kita sebut dengan bio, penting sekali mengisinya untuk menunjukan ketertarikan kita pada suatu hal. Misal, untuk pencinta musik atau hobi mendengarkan musik. Bisa banget menuliskan penggalan lirik lagu kesukaan pada bio di profil situs dating. Siapa tahu kan, ada seseorang yang memiliki musik favorit yang sama dan ternyata match.

bio penting sekali mengisinya untuk menunjukan ketertarikan kita

Opsi lainnya, bisa juga mengisi bio dengan quotes, zodiak atau makanan kesukaian. Atau ingin menulis status pekerjaan? Tentu saja boleh untuk memperlihatkan kualitas diri. Jangan biarkan bio mu kosong ya.

Jangan Ragu untuk Menyapa Duluan

Jaman sudah maju seperti sekarang ini, bukan alasan bagi wanita untuk selalu menunggu di chating duluan. Cobalah sesekali untuk menyapa lawan dating yang kamu sukai, tanyakan perihal hobi dan makanan kesukaannya. Berikan perhatian melalui pertanyan-pertanyaan simpel namun hangat. Siapa tahu si dia nyaman dan kalian match.

bukan alasan bagi wanita untuk selalu menunggu di chating duluan cobalah menyapa duluan

Saat chating pertama kali, tanyakan hal umum terlebih dahulu. Seperti kegiatan akhir-akhir ini atau kesibukan. Hindari pertanyaan yang terlalu sensitif seperti perihal keluarga. Memberi pertanyaan yang terlalu over juga membuat tidak nyaman. Selain itu, cobalah untuk menceritakan tentang dirimu, untuk memancing topik obrolan.

Baca Juga: Jangan Salah, Inilah 5 Perbedaan Jatuh Cinta dan Mencintai

Inilah Tips cari Jodoh Melalui Medsos dan Situs Dating

Setelah mengetahui langkah-langkan untuk memulai situs dating. Berikut adalah tips cari jodoh di medsos dan situs dating supaya tidak kecewa dan mengantisipasi dibohongi sebelum bertemu.

1. Carilah aplikasi yang aman dan telah terverifikasi

Tips yang pertama, pilihlah situs dating yang aman dan sudah terverifikasi. Karena memang banyak situs dating illegal, salah memilih justru kamu dalam bahaya.

cari jodoh di medsos dan situs dating pilihlah situs dating yang aman

Selain itu pelajari juga kelebihan dan kekurangan situs dating melalui testimoni para pengguna terdahulu apakah benar-benar aman atau tidak. Perlu juga untuk mengetahui fasilitas dan fitur apa saja yang tersedia demi kemudahan serta kenyamanan mu.

2. Perhatikan profilnya

Profil pada media sosial atau situs dating menggambarkan wajah secara virtual. Untuk itu perhatikan baik-baik foto profil, bio akun dan kumpulan foto-foto pada berandanya. Pastikan bahwa foto yang tertera dalam bentuk HD dan merupakan foto asli.

Pastikan bahwa foto yang tertera dalam bentuk HD dan merupakan foto asli

Jika di dalam media sosial seperti Instagram, perhatikan instastory nya apakah calon teman kencan mu sering mengupload kegiatannya atau tidak. Biasanya jika calon teman kencan mu seorang penipu, ia akan cenderung mengupload foto yang sama berulang kali. Atau jika dalam situs dating seperti tinder dan aplikasi sejenis, cobalah mencari foto calon teman kencanmu gunakan melalui aplikasi Pinters.

Untuk bio akun, misal calon teman kencan menuliskan deskripsi pekerjaannya terlalu tinggi sebaiknya berhati-hati. Seperti CEO pada perusahaan bonafit A, pengaraca B, atau bos di perusahaan C karena hal seperti itu sulit dipercaya.

3. Jangan mudah termakan janji atau rayuan pada situs dating

Tips cari jodoh melalui medsos atau situs dating selanjutnya adalah jangan mudah termakan janji manis atau rayuan. Misal, saat awal memulai percakapan dan belum mengenal satu sama lain secara mendalam tetapi lawan kencan sudah mengeluarkan janji manis.

Tips cari jodoh melalui medsos dan situs dating adalah jangan mudah termakan janji manis

Baiknya kamu membatasi diri. Karena ya kita belom saling mengenal, tetapi dengan mudahnya ia berjanji macam-macam. Banyak oknum menggunakan trik ini untuk memperoleh dan memanfaatkan mangsa melalui situs dating.

Memang tidak menutup kemungkinan juga, jika lawan kencanmu mengeluarkan rayuan sekedar untuk dapat menarik hati mu saja. Tetapi tetap saja, kita harus melihat maksud di balik kata-katanya tersebut.

4. Over share itu tidak baik

Saling bercerita tentang kehidupan masing masing-masing merupakan langkah awal untuk PDKT. Biasa saja ternyata memiliki banyak kesamaan yang membuat hubungan makin klop dan dapat melanjutkan hubungan ke real life.

Jangan sampai terlalu over share tentang kehidupan berujung malah dimanfaatkan

Menceritakan kegiatan, musik kesukaan atau hobi mencerminkan kita memiliki sifat yang terbuka dan periang. Calon lawan kencan biasanya menjadi lebih nyaman jika kita terbuka.

Namun, sebaiknya kia juga dapat memilah-malah bagian mana dalam hidup kita yang ingin di ceritakan kepada orang lain. Jangan sampai terlalu over share tentang kehidupan berujung malah dimanfaatkan.

Contohnya seperti alamat tinggal, pekerjaanmu atau data-data pribadi mengenai dirimu dan keluargamu. Ceritakan seperlunya saja.

5. Mulai berbicara tentang materi? Hati-hati

Walau merasa sudah cukup dekat dan teman dating membahas soal materi, maka patut mencurigainya. Modus seperti ini marak terjadi, dimana pelaku sengaja menjalin hubungan dekat secara emosional dengan korban melalui situs dating. Kemudian menceritakan kesulitan materinya lalu memintamu untuk mengiriminya sejumlah uang.

Tips cari jodoh melalui medsos dan situ dating selanjutnya harus waspada jika membahas soal materi

Walau tindakannya tidak spontan meminta uang secara langsung. Biasanya Ia akan mengeluarkan jurus manipulatif supaya membuat dirimu kasihan dan akan mempermainkan perasaan.

Sebenarnya bukan tidak boleh untuk membatu sesama. Tetapi tetaplah waspada dengan modus seperti ini.

6. Tetap berpikir rasional

Di tengah kemudahan yang teknologi berikan, dalam menggunakannya tetap harus cermat. Melalui medsos atau situs dating yang beragam memudahkan kita berkenalan dengan siapa saja dari seluruh penjuru dunia. Tapi, dari kemudahan yang diberikan pasti ada kekurangannya juga.

tetap bijaksana dalam menggunakan situs dating

Kita tentu tidak mengetahui kebenaran yang ia katakan seseorang sebelum kita bertemu langsung. Dengan media sosial, seseorang dapat menjadi apa saja yang ia inginkan dengan mudah. Berbekal foto dan data diri palsu sudah dapat menjadi orang yang berbeda.

Untuk itu saat menggunakan layanan kencan, tetap harus berpikir rasional. Jangan mudah tertipu dengan perkataan orang yang baru saja dikenal.

Jika menemukan akun palsu dan mengajak berkenalan. Cukup menanggapi seperlunya saja atau jika akun palsu tersebut terus menggoda, tolak lah dengan harus.

7. Bertukar nomer telepon? Ya atau Tidak

Setelah mempelajari tips mencari jodoh melalui medsos atau situs dating dan merasa doi adalah orang baik-baik dan tidak memiliki maksud jahat. Coba untuk saling bertukar nomor telepon supaya mempermudah intensitas komunikasi. Siapa tahu kan doi benar-benar akan menjadi jodohmu. Memberanikan diri untuk mengajaknya bertemu langsung dan PDKT secara real life merupakan ide bagus.

Coba untuk saling bertukar nomor telepon

Walau sudah bertukar nomer telepon tetapi teman kencan malah membuat tidak nyaman dengan melakukan hal-hal seperti di atas. Jangan ragu untuk menyudahi hubungan secara baik-baik demi kenyamananmu.

Dan sebaliknya, jika merasa teman kencanmu adalah orang yang tepat. Kenapa tidak untuk melanjutkan langkah yang lebih serius.

Perlu diingat, walau medsos atau situs dating membawa keseruan tetaplah menggunakannya secara bijak.

Good luck girl !!

More Stories

Cover Image for Cinta Laura Dinyinyiri Warganet, Diduga Menyelak Antrian Tes Covid-19 | Beauty Moms

Cinta Laura Dinyinyiri Warganet, Diduga Menyelak Antrian Tes Covid-19 | Beauty Moms

Warganet menggeruduk akun instagram Cinta Laura Kiehl setelah kabar dia menyelak antrian tes Covid-19 tersebar luas.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Foto Amanda Manopo Bersama Cowok di Restoran Tersebar, Pacar Baru? | Beauty Moms

Foto Amanda Manopo Bersama Cowok di Restoran Tersebar, Pacar Baru? | Beauty Moms

Foto Amanda Manopo bersama seorang cowok di sebuah restoran tersebar di instagram. Dia dikabarkan sudah memiliki pacar baru

BM
Buna Mirza
Cover Image for Tips Merawat Baju Koko Agar Tahan Lama dan warnanya Tidak Pudar | Beauty Moms

Tips Merawat Baju Koko Agar Tahan Lama dan warnanya Tidak Pudar | Beauty Moms

Model dan warna baju koko makin beragam. Pamkaian baju koko pun lebih fleksibel. Ini cara merawat baju koko agar lebih awet

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Cara Merawat Rambut Ikal | Beauty Moms

Cara Merawat Rambut Ikal | Beauty Moms

Merawat rambut ikal tidak sulit, tergantung dari diri kita sendiri. Rambut jenis ini harus mempertahankan kelembapanagar tidak mudah kering.

ES
Elena Soraya
Cover Image for Golongan Darah O, Biasanya Romantis dan Penyayang dalam Percintaan | Beauty Moms

Golongan Darah O, Biasanya Romantis dan Penyayang dalam Percintaan | Beauty Moms

Menilai kepribadian seseorang biasanya dilakukan melalui astrologi. Namun belakangan berkembang penelitian yang menilai kepribadian seseorang dari golongan darah, termasuk dalam urusan percintaan.

ES
Elmeira Sabrina