14 Ide Micro Wedding Agar Makin Memorable | Beauty Moms

Cover Image for 14 Ide Micro Wedding Agar Makin Memorable | Beauty Moms
KR
Karidha Rani

14 Ide Micro Wedding Agar Makin Memorable

Pernikahan merupakan momentum istimewa. Sifatnya sakral dan sangat memorable. Bagi kebanyakan orang akan dikenang sepanjang hidup. Maka kebanyakan keluarga, merayakan hari pernikahan dengan pesta besar. Namun setahun terakhir, kerap muncul larangan menggelar kegiatan yang mendatangkan kerumunan banyak. Meski demikian tidak perlu risau. Pesta pernikahan tetap bisa digelar dengan skala kecil (micro wedding) namun tetap intim dan memorable.

Menyiapkan micro wedding justru memiliki banyak kelebihan dibandingkan pesta pernikahan skala besar. Dengan jumlah tamu tidak lebih dari 50 orang, biaya pernikahan bisa difokuskan untuk hal-hal detail saat menggelar resepsi.

Cukup Waktu untuk Menyusun Konsep Pernikahan

Selain itu pasangan suami istri bisa memikirkan banyak hal untuk menghasilkan ide perayaan pernikahan yang lebih detail. Mulai dari tempat, konsep, prosesi, kuliner, souvenir hingga fotografi.

Cukup Waktu Menyusun Konsep Pernikahan

foto unsplash

Ini berbeda jauh bila dibandingkan menyiapkan pernikahan dengan pesta besar, pastinya menguras energi dan biaya. Ada banyak pikiran yang membebani. Terbayang bagaimana harus melayani tamu ratusan atau bahkan ribuan orang.

Pesta juga tidak berlangsung cuma satu hari, tapi bisa tiga hari berturut-turut. Hari istimewa yang seharusnya bisa menyenangkan, hasilnya adalah kelelahan dan menyedot anggaran yang besar.

Bila menggelar micro wedding segala sesuatu dikemas menjadi lebih simpel, efisien, cepat, namun tetap memiliki makna. Ada keintiman yang lebih mendalam bagi kedua mempelai dengan keluarga dan tamu undangan yang jumlahnya terbatas. Lalu apa saja yang harus disiapkan agar micro wedding tetap bermakna, istimewa, mengesankan dan memorable. Berikut beautymom merangkum beberapa ide micro wedding agar makin memorable

1. Micro Wedding Tidak Butuh Hall

Dari segi kebutuhan tempat, micro wedding bisa dilaksanakan di tempat yang lebih sempit namun tetap nyaman. Jika pesta besar harus dilaksanakan di gedung atau Hall dengan harga mahal, sebaliknya Mikro Wedding bisa di tempat yang lebih kecil dengan budget yang lebih terjangkau.

Micro Wedding Tidak Butuh Hall

Ada banyak pertimbangan pilihan tempat seperti rumah, hotel, villa, bahkan taman. Karena kapasitas kecil dan terbatas maka jumlah kebutuhan pelengkap juga terbatas. Kursi sekitar 30 hingga 50 unit sesuai kebutuhan.

Demikian pula dengan meja tamu, posisi bisa diatur sedemikian rupa agar lebih nyaman. Kesempatan ini juga menjadi momen bagi kedua keluarga mempelai untuk lebih dekat, leluasa dan nyaman dalam berkomunikasi.

Suasana Lebih Intim

Pada micro wedding, mempelai tidak harus terbebani dengan menyapa ratusan tamu undangan. Tamu yang terbatas dan benar-benar orang terdekat. Seperti keluarga maupun rekan bisa membuat suasana bisa lebih meriah dan dekat secara emosional.

Suasana Lebih Intim

Suasana tetap meriah dengan musik yang disiapkan. Mempelai dan tamu undangan bisa ikut serta memberikan lagu kenangan atapun lagu cinta. Sesuai dengan momentumnya musik menjadikan suasana makin hidup dan lebih rileks.

Suguhan musik bisa dikemas dalam durasi yang lebih lama sehingga pesta lebih meriah. Bahkan dalam micro wedding, suguhan musik bisa lebih fokus untuk mempelai. Beda dengan pesta besar, suguhan musik biasanya fokus pada ratusan tamu undangan.

Dengan fokus pada mempelai dan keluarga, tentunya musik juga menambah suasana intim dalam pesta pernikahan.

Baca juga : Simple Wedding, Ini Ide Agar Perayaan Lebih Hangat dan Intim

Lalu bagaimana dengan pilihan kuliner. Ini adalah salah satu poin penting dalam setiap pesta. Setelah menyiapkan tempat nyaman, ruang tertata rapi dan indah, lalu ada musik dan suasana hangat, maka tidak lengkap jika tanpa menu kuliner istimewa.

2. Gunakan Fine Dining

Ada sesi dimana setiap tamu undangan dan keluarga makin akrab. Menyantap hidangan sembari bertukar cerita. Ya menyantap hidangan sembari bercerita memang bisa menjadikan suasana sangat akrab, bahkan bisa lebih bahagia.

jay wennington-N/unsplash

Jika pada pesta besar, tamu harus mengantri untuk mengambil hidangan secara berurutan. Maka dalam micro wedding para tamu hanya duduk manis dan pelayan yang akan menghantar makanan dan minuman.

Jika pada pesta besar, suguhan hidangan dengan konsep prasmanan, maka micro wedding bisa dengan konsep fine dining. Tamu akan diberi pelayanan terbaik. Mulai dari rasa masakan, kuliner yang disajikan, hingga detail kecil tampilan masakan bisa diberikan. Makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup, akan disuguhkan secara berurutan. Atmosfer restoran bisa dibawa ke pesta nikah dengan konsep micro wedding

Agar lebih santai, bisa disediakan mini bar, lengkap dengan pilihan minuman dan kudapan kue. Di sini tentu keluarga mempelai terkesan lebih murah hati, sebab tamu undangan dipastikan akan puas dengan suguhan menu yang istimewa.

Keberadaan mini bar akan memudahkan tamu untuk mengambil kue dan minuman sesuai kebutuhan. Bahkan suguhan pada mini bar tersebut bisa hadir sepanjang acara.

3. Persiapan Micro Wedding

Sebelum mewujudkan pesta micro wedding tersebut tentu mempelai harus melakukan berbagai persiapan. Mulai dari memilih tamu undangan, berkirim undangan hingga pemilihan tempat harus dipersiapkan

4. Pilihlah Tamu Undangan dari Orang Terdekat

Menyeleksi tamu undangan adalah langkah yang berat. Namun karena kebutuhan untuk menggelar Micro wedding tetap harus dilakukan untuk membatasi skala kegiatan pernikahan. Maka pilihlah keluarga terdekat dari kedua mempelai dan sahabat karib dari kedua mempelai

Pilih yang benar- benar mampu mendukungmu. Baik secara relasi maupun kekerabatan. Mereka adalah orang yang kamu anggap istimewa secara pertemanan.

Cara paling gampang menyeleksi orang yang paling dekat, adalah mereka yang selama ini aktif berkomunikasi, memberi dukungan dalam setiap kesempatan, hingga orang orang yang memiliki ikatan kerja dengan anda.

Memang biasanya agak mengalami kesulitan, sebab rekan yang tidak diundang biasanya akan menanyakan ulang, kenapa mereka tidak diundang di hari istimewa pernikahanmu. Tetapi yakinkan bahwa rekan tersebut bisa anda undang untuk makan malam di akhir pekan. Dan itu adalah cara efektif menjaga agar hubunganmu dengan rekan tetap dekat.

5. Kirimkan Undangan Sederhana Tapi Istimewa

Kamu bisa mengirimkan undangan yang ditulis langsung dengan konsep yang unik. Dengan sedikit undangan, maka tidak perlu mencetak ratusan lembar. Jika menulis sendiri tentunya lebih efisien. Namun pastikan, tulisan tersebut juga benar- benar berkarakter sehingga terlihat lebih istimewa. Jika tidak bisa sewalah orang yang mampu menulis dengan indah.

Kirimkan Undangan Sederhana Tapi Istimewa

Di sini kamu bisa meninggalkan model undangan yang dicetak terlalu formal. Meski ditulis sendiri tetapi pastikan tetap berkelas. Sebagai penguat undangan, kamu tetap bisa menghubungi secara langsung melalui telepon.

6. Buatlah Pengumuman Pernikahan

Karena orang yang diundang terbatas, dan masih banyak yang tidak hadir pada hari istimewamu. Maka ada baiknya pula membuat pengumuman pernikahan. Ini penting agar relasi kamu juga mengetahui bahwa kamu telah mengikat janji pernikahan dengan pasangan.

Pengumuman pernikahan tersebut, selain sebagai bentuk pemberitahuan, tentu bagian agar rekan dan relasi memberi dukungan moral hingga doa terbaik untuk kelanggengan keluarga bahagia.

7. Pilihan Tempat untuk Resepsi

Memilih tempat untuk micro wedding ini juga penting. Ada beberapa ide berikut yang bisa dipertimbangkan

Tempat Resepsi dengan Vanue Restoran

venue restauran untuk Ide Micro Wedding Agar Makin Memorable

Pesta pernikahan kecil istimewa bisa dilakukan di restoran. Pastikan restoran memiliki dekorasi yang sesuai, termasuk segala hal yang anda butuhkan untuk menyambut tamu. Di sini kamu bisa memastikan menu-menu yang benar- benar tepat.

Halaman Rumah Bisa Jadi Alternatif Tempat Resepsi

Halaman rumah, bisa menjadi pilihan yang baik untuk pelaksanaan micro wedding. Memang ada tantangan tersendiri agar membuat suasana yang tepat, hangat akrab dan nyaman. Namun micro wedding bukanlah sesuatu yang sangat memforsir energi, sehingga dengan kerja dan dukungan keluarga, semua bisa teratasi.

halaman rumah bisa jadi alternatif  Ide Micro Wedding Agar Makin Memorable

Konsep bisa disepakati oleh kedua mempelai, termasuk berbagai kebutuhan yang diperlukan. Bisa disiapkan sedini mungkin, agar perayaan bisa lebih sempurna.

Buat Vanue Kecil di Tempat Besar

Salah satu kelebihan micro wedding yaitu tidak harus menggunakan hall besar. Cukup dengan menciptakan vanue kecil, sudah bisa melaksanakan pesta tersebut.

venue kecil di tempat besar, Ide Micro Wedding Agar Makin Memorable

Lalu tempat apa saja yang bisa dijadikan pilihan? Galeri atau gedung teater bisa menajadi pilihan untuk mikro wedding. Bisa pula bagian dari gedung perpustakaan atau gedung bersejarah lain di kotamu. Ini akan memberi kesan istimewa.

Tempat Wisata Berlatar Belakang Hutan

Tempat wisata berlatar belakang hutan maupun panorama alam juga bisa dipertimbangkan sebagai tempat melangsungkan pernikahan skala kecil. Mengambil tempat di alam akan memberikan kesan yang indah. Bisa jadi ide micro wedding di alam ini karena ada kesan memorable selama pacaran. Mengambil tempat di alam juga akan menghasilkan fotografi yang bagus. Namun demikian konsep ini perlu mempertimbangkan musim.

tempat wisata berlatar belakang hutan

Seperti diketahui di Indonesia saat puncak penghujan bisa hujan sepanjang hari. Konsep ini bisa dipertimbangkan jika dilaksanakan saat awal musim kemarau hingga akhir musim kemarau.

8. Kreatif Menyusun Tempat Duduk

Konsep micro wedding memang menekankan pada simplisity . Menata susunan tempat duduk menjadi bagian penting agar suasana akrab tercipta. Kombinasikan dengan pilihan meja yang tepat pula. Misal meja bundar, agar interaksi antar tamu makin dekat.

kreatif menyusun tempat duduk

Bisa juga memilih meja bundar dengan kapasitas tempat duduk yang lebih banyak. Tujuannya menciptakan grup atau perkumpulan yang hangat. Pada masa kebiasaan adaptasi baru ini maka tetap perhatikan posisi jarak untuk menciptakan suasana aman.

9. Hadirkan Wedding Planer

Kesuksesan acara tidak terlepas dari konsep yang matang. Perangkat pendukung yang memadai, hingga aplikasi teknis setiap sesi. Di sini penting untuk menghadirkan wedding planner. Dia akan menjadi kordinator pelaksana acara, sekaligus mengontrol setiap sesi.

Jangan sampai tamu merasa terabaikan, misal suguhan menipis dan harus segera disiapkan. Selain itu penjadwalan jalannya acara juga sangat penting, agar acara bisa berjalan lancar sesuai rencana.

10. Buat meja Memanjang

Saat menikmati hidangan, atau makan besar bersama, wedding planner bisa membuat susunan meja memanjang. Penataan seperti ini membuat semua orang merasa setara. Mereka juga merasa lebih dekat dengan keluarga mempelai.

meja panjang untuk micro wedding agar memorable

Penataan meja memanjang membuat semua tamu undangan bisa saling menyapa. Di sini keintiman komunikasi bisa tercipta.

11. Menyusun Meja Berbentuk U

Salah satu cara jitu untuk menciptakan suasana akrab, yakni dengan menyusun meja dengan model U. Model tersebut membuat semua yang hadir bisa leluasa berkomunikasi. Makan malam bersama menjadi lebih terasa bersahabat.

12. Pernak-pernik dan Pencahayaan

pernak pernik nikah

Menciptakan suasana segar dan hangat, anda bisa menambahkan tata pencahayaan. Pencahayaan yang indah menciptakan suasana yang makin hangat. Taruhlah bunga di meja maupun gantungan agar semakin memperindah suasana.

13 Souvenir yang Memorable

Momen indah menjadi kenangan indah. Tak terkecuali dengan souvenir, ini melengkapi kesempurnaan acara. Souvenir menjadi penanda sekaligus ucapan terimakasih kepada rekan dan seluruh undangan.
Souvenir juga memberi kesan, jika anda peduli dengan tamu yang diundang. Bahkan Souvenir bisa terus disimpan sebagai kenangan dan simbol.

Baca juga : 10 Rekomendasi Souvenir Cantik untuk Pernikahan

Souvenir tidak harus mahal tetapi bisa juga barang antik. Souvenir tersebut juga bisa berasal dari barang barang fungsional. Souvenir ini bagian dari momentum untuk mengabadikan pernikahan yang istimewa

14. Fotografer Untuk Mengabadikan Momentum Istimewa

Setelah pernikahamu direncanakan sedemikian rupa, hingga konsep detail, tamu undangan, hidangan bahkan musik dan tarian. Maka momentum tersebut harus diabadikan. Maka menghadirkan fotografer profesional sangat diperlukan.

Fotografer Untuk Mengabadikan Momentum Istimewa

Setiap momentum, ekpresi, tawa, suasana harmonis, hangat, akrab, semua ditangkap melalui hasil foto yang berkualitas. Semua jepretan kamera ini akan bisa dibuka kembali suatu saat menjadi kenangan yang membuatmu dan istrimu tersenyum. Itu beberapa ide agar micro wedding bisa intim dan makin memorable. (karidha rani)

More Stories

Cover Image for Drama Korea Tayang Februari 2023 | Beauty Moms

Drama Korea Tayang Februari 2023 | Beauty Moms

Mengawali tahun 2023 ini ada sejumlah drama Korea baru yang akan menghibur layar kaca. Berikut daftar Krama Korea yang tayang Februari 2023

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Ingin Awet Muda, Minum Teh Hijau Secara Teratur | Beauty Moms

Ingin Awet Muda, Minum Teh Hijau Secara Teratur | Beauty Moms

salah satu cara terbaik untuk menghambat penuaan, yaitu minum green tea, atau teh hijau secara teratur. Tek hijau ini kaya nutrisi

KR
Karidha Rani
Cover Image for Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta | Beauty Moms

Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta | Beauty Moms

ide hiasan cupcake terus berkembang mengikuti tren dan jika dikemas menarik akan membuat penggemarnya jatuh cinta. Topingnya juga beragam

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ragam Kue Kering untuk Lebaran yang Mudah Dibuat Sendiri | Beauty Moms

Ragam Kue Kering untuk Lebaran yang Mudah Dibuat Sendiri | Beauty Moms

Kombinasi kue kering ini bisa dibuat sendiri dengan varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera kita dan cocok sebagai kue lebaran

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan | Beauty Moms

OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan | Beauty Moms

Banyak muslimah mencari oufit kerja untuk bulan ramadhan. Tren OOTD busana muslimah untuk kerja saat ramadhan berikut dapat menjadi referensi.

LV
Lobelia Vira