Ini Etika Orang Korea Saat Makan, Ada yang Sama Ngga sih dengan Orang Indonesia | Beauty Moms

Cover Image for Ini Etika Orang Korea Saat Makan, Ada yang Sama Ngga sih dengan Orang Indonesia | Beauty Moms
KZ
Keisha Zain

Ini Etika Orang Korea Saat Makan, Ada yang Sama Ngga sih dengan Orang Indonesia

Setiap bangsa memiliki budayanya masing-masing. Ada etika yang semestinya dipatuhi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bertutur kata dengan orang tua, teman maupun kolega. Etika ini juga menyangkut dalam urusan menyantap makanan yang disebut dengan etika makan. Soal etika makan, kali ini beautymom akan membahas etika orang Korea saat makan.

Sesama budaya timur tentu ada sopan santun saat menyantap makanan. Siapa tahu kamu berwisata ataupun tinggal di Korea. Ada baiknya belajar tentang etika makan ala Korea, ada nggak yang sama dengan orang Indonesia.

1. Dahulukan Orang yang Lebih Tua

Sebagai orang Asia, perilaku sopan santun juga ada dalam budaya orang Korea. Pada urusan bahasa misalnya, mereka mempunyai sistem horofonik. Yaitu mengucapkan kata yang lebih sopan dan halus saat berbicara dengan orang tua ataupun orang yang dihormati. Sopan santun ini juga ada dalam urusan menyantap makanan.

korean-eating-1.png

Saat makan orang Korea akan mendahulukan orang yang lebih tua. Mulai dari posisi duduk hingga saat menyantap makanan

– Posisi Duduk Orang yang Lebih Tua Jauh dari Pintu

Bila berkunjung ke Korea lalu diajak makan oleh teman ataupun kolega sangat penting untuk memperhatikan posisi duduk berdasarkan struktur sosial. Saat makan di Korea posisi yang terjauh dari pintu adalah untuk orang yang paling tua. Sehingga semakin mudia usia seseorang akan mengambil posisi duduk semakin dekat dengan pintu.

Nah ini juga berlaku di lingkungan kerja. Untuk orang yang paling dihormati dalam lingkungan kerja akan dipersilahkan mengambil tempat paling jauh dari pintu.

– Menunggu Orang yang Lebih Tua Duduk Terlebih Dahulu

Setelah itu, jangan duduk terlebih dulu sebelum orang yang lebih tua. Jika kamu duduk terlebih dulu akan dinilai orang yang kurang sopan.

2.Sebelum Makan Ucapkan Jal meokgessseumnida

Sebelum memulai makan, kesopanan menjadi hal terpenting apalagi saat kita berada di rumah orang lain untuk menghargai makanan yang telah di sajikan di hadapanmu. Maka sebelum gigitan pertama hendaknya mengucap “Jal meokgessseumnida” yang artinya aku akan makan dengan baik.

korean-eating-2.png

Ucapan ini merupakan ungkapan rasa terima kasih. Selain itu juga merupakan penghormatan bagi koki atau tuan rumah yang menyediakan makanan

3. Menunggu Orang yang Lebih Tua Makan Terlebih Dahulu

Di Korea nilai kesopanan sangat di jujung tinggi sebelum makan orang yang lebih muda harus menunggu orang yang lebih tua untuk terlebih dulu mengangkat sendok, garpu, atau sumpit.

Setelah itu barulah dilanjut dengan orang yang lebih muda. Bagaimana jika kamu yang paling tua? jangan biarkan temanmu terlalu lama menunggu untuk makan.

4. Jangan Menimbun Makanan

Berbagi makanan di meja makan bukan ungkapan klise saat makan bareng orang Korea. Maka jangan menimbun makanan di mangkukmu. Cukup ambil secukupnya setiap saat, agar semua orang bisa menikmati makanan di meja itu.

5. Saat Makan Dilarang Mengeluarklan Sesuatu dari Hidung

Banyak sekali makanan Korea yang berasa pedas. Kadang ini membuat hidung berair. Namun bila saat makan apalagi bersama orang tua dilarang keras mengeluarkan air dari hidung.

BACA JUGA : Kenali Macam-macam Ramen Jepang

Walaupun bisa diusap menggunakan tisu tetap saja akan menganggu selera makan. Jika benar-benar sudah tidak tahan hendaknya mencari tempat lain untuk mengeluarkannya.

6.Tidak Terburu-buru Saat Makan

korean-eating-3.png

Bagi yang suka makan cepat jangan lakukan hal ini di Korea. Hal ini tidak sopan apalagi sedang makan dengan orang tua. Kamu diharuskan makan mengikuti tempo orang yang sedang makan bersama sehingga bisa mengakhirinya di waktu yang sama juga.

7.Memperhatikan Posisi Mangkuk dan Sup di Atas Meja

korean-eating-4.png

Berbeda dari Negara Jepang dan Cina, di Korea pada saat makan mangkuk tidak boleh di angkat harus berada di atas meja dan harus di letakan di sebelah kiri.

8.Saat Menuangkan Air ke Dalam Gelas

korean-eating-5.png

Pada saat menuang minum hendaknya kepada yang lebih tua dahulu, dan apabia melihat gelas temanmu sudah setengah kososng maka harus segera diisi air minum kembali.

9.Saat Menerima Makanan atau Minuman dari Rekan

Pada saat menerima air minum dari orang yang lebih tua hal yang harus di lakukan yakni memegang dengan kedua tangan. Selain itu menerimanya dengan duduk sambil melipat kaki ke belakang hal yang sama yang harus di lakukan ketika di beri makanan.

10. Memperhatikan Posisi Sumpit Logam dengan Badan Meja

Makan dengan menggunakan sumpit memang satu hal yang wajib dilakukan di Korea. Namun pada saat makan jangan pernah memasukan sumpit ke dalam mangkuk dan membiarkan tegak lurus dengan meja hal itu dinilai konyol, tidak sopan dan dipercaya dapat mendatangkan nasib buruk.

Setelah selesai makan letakanlah kembali sumpit logam di atas meja. Meskipun sumpit di Korea tidak dibungkus kertas, namun biasanya ada keramik kecil untuk meletakkan sumpit.

11. Setelah Selesai Makan harus Mengucapkan Terimakasih

Ucapan terimakasih wajib di ucapkan. Apalagi kalau bila ditraktir makan di rumah temah atau kolega. Dan jangan lupa mengcap “masigaemeokgoseoyo” yang artinya saya menikmati makananya.

Itulah 11 etika orang Korea saat makan. Menurutmu ada tidak yang sama dengan orang Indonesia.

BACA : Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

Coba: Kalkulator Hitung Tanggal Jadian

More Stories

Cover Image for Makna dan Sejarah Cincin Tunangan | Beauty Moms

Makna dan Sejarah Cincin Tunangan | Beauty Moms

Cincin tunangan menjadi ungkapan keseriusan cinta, cincin emas dan berlian saat ini menjadi pilihan sebagai persembahan terbaik

KR
Karidha Rani
Cover Image for Tahun Macan Air, Fashion Corak Loreng Bakal Jadi Pilihan Busana Tahun Ini | Beauty Moms

Tahun Macan Air, Fashion Corak Loreng Bakal Jadi Pilihan Busana Tahun Ini | Beauty Moms

Di tahun Macan Air ini akan banyak fashion dengan motif loreng yang akan banyak muncul dalam pemilihan motif busana

KR
Karidha Rani
Cover Image for Lee Jung Jae pemain Drama ‘Squid Game’ Batal menghadiri Golden Globe Awards 2022 | Beauty Moms

Lee Jung Jae pemain Drama ‘Squid Game’ Batal menghadiri Golden Globe Awards 2022 | Beauty Moms

Aktor Lee Jung Jae, pemain dari drama ‘Squid Game’ dipastikan tidak akan hadir dalam acara Golden Globe Awards 2022.

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for 10 Tradisi Idul Fitri yang Tetap Dilestarikan | Beauty Moms

10 Tradisi Idul Fitri yang Tetap Dilestarikan | Beauty Moms

Idul Fitri juga dikenal dengan istilah Lebaran. Perayaan Idul Fitri menjadi sebuah tradisi menarik dan unik karena kekayaan budaya Indonesia.

BM
Buna Mirza