Ladyboss

Yuk Coba !! 10 Rekomendasi Franchise Makanan Murah di bawah 10 Jutaan

Membangun sebuah usaha terbilang cukup tricky, terutama bagi pemula yang baru pertama kali menapaki dunia bisnis. Segala macam persiapan seperti marketing, branding produk, operasional kita harus memikirkan secara matang. Salah-salah bukannya untung malah buntung di tengah jalan bahkan tidak balik modal. Franchise dapat menjadi solusi untuk awal memulai bisnis dengan risiko minim dan mendapatkan untung. Banyak sekali rekomendasi franchise murah di bawah 10 jutaan yang dapat menjadi referensi mu seperti franchise makanan, fashion, kecantikan dan sebagainya.

Sebelum membahas lebih lanjut. Kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa itu franchise? Bisnis franchise atau biasa kita kenal dengan waralaba merupakan sistem kerja sama antara pemilik brand dengan partner bisnis. Singkatnya, partner bisnis membeli suatu produk atau jasa sekaligus sistemnya dari pemilik brand sehingga dapat membuka usaha yang sama dengan nama brand tersebut.

Franchaisee atau pihak yang membeli franchise dapat menggunakan brand dagang, simbol dagang dan iklan yang sudah disepakati dengan pemilik franchise. Sistem waralaba ini juga sudah memiliki ikatan hukum yang disetujui bersama.

Berbeda dengan memulai usaha sendiri yang mengeluarkan modal besar. Melalui bisnis franchise, setelah kita membayar franchise fee akan mendapatkan supply bahan baku, alat operational, pelatihan bisnis sampai marketing. Jadi, tak perlu pusing lagi memikirkan teknik marketing untuk memasarkan produk dagang kita.

Perhatikan Hal Penting Berikut Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Walau memiliki banyak keuntungan, dalam memulai bisnis franchise juga harus memiliki banyak persiapan yang matang. Untuk itu yuk simak beberapa hal berikut sebelum memulai bisnis franchise mu.

Sesuaikan dengan Budged

Banyak sekali jenis franchise. Namun, kembali lagi dalam berbisnis harus menyesuaikan budged dengan produk franchise yang ingin kita beli. Modal untuk memperoleh satu set lengkap alat dagang pun bervariasi sesuai kebutuhan. Selain itu mengeluarkan modal investasi berbeda-beda tergantung brand franchise itu sendiri. Semakin besar dan terkenal brand nya, semakin tinggi penawaran harganya.

Walaupun begitu, besar kecilnya modal yang kita keluarkan belum tentu menjamin kesuksesan yang akan kita peroleh. Karena faktor utama yang menentukan kesuksesan bisnis adalah kreativitas, inovasi dan mind set optimis untuk bekerja keras.

Sesuaikan dengan Passion

Dalam industri franchise memang banyak sekali jenis produknya. Seperti makanan, minuman, jasa, fashion dan sebagainya. Namun alangkah lebih baik jika menjalankan bisnis sesuai dengan passion. Bila sesuai dengan minat tentu bersemangat menjalani usaha tersebut dan bisa mengeluarkan inovasi baru.

Memilih bisnis franchise sesuai dengan passion atau keahlian juga meningkatkan keberhasilan. Karena bisa menikmati apa yang kita lakukan dan tetap fokus, saat merugi maupun sedang untung. Namun sebenarnya tidak ada masalah jika kita hanya ingin membeli produk franchise yang sedang trend saja. Sebab tentu produk tersebut memiliki lebih banyak peminatnya di pasaran.

Pelajari Secara Mendalam Brand Pilihanmu

Tak kenal, maka tak sayang. Pepatah tersebut sepertinya cocok sekali untuk mu sebelum memutuskan membeli produk franchise. Pertama, pelajari dulu latar belakang dari perusahaan franchise tersebut seperti kapan berdirinya, menjual produk apa saja dan bagaimana strategi pemasarannya.

Business people in a meeting shaking hands

Mempelajari latar belakang perusahaan dapat melalui laman website atau bertanya kepada franchisee lainnya. Jika, perusahaan tersebut mendapat reputasi negatif dari franchisee sebelumnya, lebih baik untuk memilih produk franchise dari perusahaan lain.

Setelah itu, memastikan sistem franchise seperti ketentuan fee serta sistem kerjasama antara franchisor dengan franchisee. Sebenarnya banyak sekali penipuan bisnis yang berkedok franchise, maka dari itu baiknya memilih perusahaan franchise yang sudah memiliki reputasi baik untuk keamanan bisnis mu.

Rekomendasi Franchise Makanan Murah

Siapa bilang memulai bisnis franchise itu mahal? Ada yang memulai sebuah bisnis franchise dengan modal 10 jutaan saja. Seperti franchise makanan murah 10 jutaan berikut ini

Baca Juga : Ini Loh, 8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

1. Chick Ichick

Usaha franchise ayam shilin khas taiwan ini ternyata banyak penggemarnya. Chick Ichick sendiri menjual makanan berupa ayam fillet yang dibaluri dengan tepung shilin dan memiliki aneka rasa yang unik.

Franchise makanan ini menawarkan paket usaha dengan modal Rp 4.8 juta dengan no royalty fee dan admin fee jadi seluruh keuntungan dari penjualan akan menjadi milik mitra. Selain itu juga akan mendapatkan booth portable, kompo gas, selang dan regulaor, nampan, tepung bumbu, tepung shilin, macam-macam saus, apron, buku panduan, banner dan masih banyak lagi.

2. Donat Bakar

Bisnis franchise satu ini dapat menjadi peluang besar. Donat bakar merupakan suatu usaha kreatif yang tak boleh untuk terlewatkan. Awal mula berdirinya pada tahun 2008, donat bakar mengusung konsep menyajikan donat yang selalu hangat. Sehingga pelanggan dapat merasakan kelembutan donat hangat serta lumeran coklat.

Untuk mendapatkan produk franchise donat bakar satu ini. Cukup mengeluarkan modal sekitar Rp 7,5 jutaan saja kita sudah mendapatkan satu paket usaha lengkap. Yaitu berupa booth DOKAR, lampu penerang, banner menu, alat grill, seragam, kemasan DOKAR, saringan, kompor gas sampai bahan-bahan training.

3. Kuch2HOTahu

Siapa bilang bisnis kuliner tahu tidak menguntungkan? Berarti kamu belum pernah mencoba waralaba satu ini. Kuch2hotahu merupakan produk olahan tahu krispi dengan 25 varian rasa yang terkenal pada kalangan pencinta kuliner tahan air.

Kuch2HOTahu membuka peluang usaha dengan modal Rp 8,5 juta saja kita dapat memilih dua paket usaha yaitu paket reguler dan paket sugeh. Perbedaan kedua yaitu, untuk paket usaha reguler akan mendapatkan gerobak dorong dan paket sugeh mendapatkan mini booth. Kedua paket usaha ini sudah include dengan peralatan dan bahan bakunya. Sampai saat ini Kuch2hotahu memiliki 500 outlet yang tersebar di Indonesia.

4. Candy Crepes

Makanan yang memiliki cita rasa manis ini sudah berdiri sejak tahun 2013 lalu. Candy Crepes merupakan snack panekuk tipis yang memiliki beragam toping manis dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Jika ingin bergabung menjadi mitra Candy Crepes paling tidak menyiapkan modal Rp 8,5 juta untuk paket usaha indoor. Dari pembelian ini, mitra akan mendapatkan booth pallet, premium roll banner serta perlengkapan penunjang lainnya.

5. Bakso Benhil

Menjadi makanan favorit bagi banyak orang, bakso memiliki cita rasa yang menggugah selera. Bakso Benhil merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak penggemar dan sempat mendapat penghargaan Top Kuliner Indonesia Award tahun 2015. Selain itu juga sempat menerima penghargaan dama kelas Franchise and Business Opportunity tahun 2020.

Modal franchise Bakso Benhil sekitar Rp 4 jutaan saja dan sudah memperoleh bahan baku untuk 500-600 porsi. Keuntungan lainnya, seluruh royalty hasil penjualan akan menjadi milik mitra sepenuhnya.

6. Long Potato

Makanan kentang goreng mungkin sudah cukup biasa. Tetapi pernahkah kamu melihat franchise makanan yang menjual kentang goreng ekstra panjang dan memiliki beragam rasa? Long Potato merupakan bisnis franchise makanan dengan bahan dasar paduan kentang dan keju yang memiliki bentuk panjang seperti stik. Sebenarnya jajan seperti ini tidak tergolong baru namun tetap memiliki banyak peminat.

Dengan modal Rp. 3,8 juta saja sudah dapat membawa pulang satu set paket usaha. Yaitu berupa booth display alumunium, X banner display, wajan, tepung kentang, cetakan Long Potato, kemasan Long Potato, bumbu enam rasa dan masih banyak lagi.

Dengan estimasi penjualan sebanyak 100 cup per hari, dalam sebulan mitra Long Potato sudah sudah mendapat profit bersih sekitar Rp. 13 jutaan selama sebulan. Selain itu mitra juga tidak perlu membayar royalty fee.

7. Tahu Walik Om Brata

Peluang usaha olahan tahu lainnya jatuh kepada franchise Tahu walik om brata. Kudapan tahu satu ini terbilang cukup unik. Karena seperti namanya, tahu walik merupakan tahu yang dibalik dan memiliki isian adonan aci dengan variasi bakso, sosis atau keju.

Tahu Walik Om Brata membuka kemitraan mulai dari Rp 10 jutaan saja sudah mendapat satu set paket usaha premium. Kamu akan mendapatkan peralatan berupa booth atau gerobak, paid promote, training usaha, perlengkapan masak dan 500 tahu.

8. Pisang Nana

Untuk para pencinta kudapan dengan bahan dasar pisang. Mungkin kudapat satu ini dapat menjadi favorit mu juga. Berdiri pada tahun 2017, Pisang Nana merupakan kudapan pisang yang berbentuk seperti nugget dan memiliki beragam rasa dengan ektra toping.

Pisang Nana menjadi produk franchise makanan murah di bawah 10 jutaan yang menguntungkan, karena cukup unik dan belum banyak franchise dengan produk sejenis. Untuk bergabung menjadi mitra, Pisang Nana menyediakan tiga paket usaha. Yang pertama paket usaha Rp 3 Juta tanpa booth. Paket usaha Rp 4.5 Juta dengan mini booth dan Rp 7 Juta dengan booth yang lebih besar. Seluruh paket usaha sudah include perlengkapan masak, toples, botol toping serta seragam. Produk franchise Pisang Nana juga memberikan bahan baku gratis senilai 30 porsi loh.

9. Martabak Mini Rainbow

Mungkin sudah terlalu mainstream ya martabak dengan toping kacang atau coklat biasa. Nah, martabak mini rainbow ini menghadirkan produk martabak berbentuk mini dengan berbagai macam variasi. Ada martabak toping coco crunch, toping marsmellow, choco chips dan masih banyak lagi. Keunikan martabak mini ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dan mitra.

Franchisor Martabak Mini Rainbow menawarkan kemitraan dengan harga cukup terjangkau. Dengan modal mulai dari Rp 7,8 jutaan sudah mendapat satu paket booth indoor dan Rp 8,8 Juta untung paket booth outdoor. Satu paket tersebut sudah termasuk seragam, CD SOP pembuatan, toples wadah toping, mixer dan masih banyak perlengkapan lainnya.
Keuntungan saat menjadi mitra antara lain no franchise fee, service 24 hour, bahan baku murah, serta franchise seumur hidup.

10. Mr. John Singapore (Roti John)

Sepertinya sebagian besar pencinta kuliner pasti sudah mengenal roti satu ini. Mr John Singapore sebenarnya menjual roti panjang dengan isian seperti sosis, telur dadar, sayuran bahkan ham.

Produk franchise Roti John ini cukup terkenal dan memiliki banyak mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika tertarik dan ingin bergabung, cukup siapkan modal Rp 8 Juta saja dengan satu paket usaha lengkap siap jual dan free 50 pcs bahan baku. Keunggulan franchise satu ini antara lain bisnis yang mudah menjalaninya, sudah mendapat sertifikat MUI, hak franchise seumur hidup.

Bagaimana? Bisnis franchise tidak serumit yang kelihatannya kan? Franchise dapat menjadi langkah awal mu untuk membuka usaha dengan mudah. Rekomendasi franchise makanan murah di bawah 10 jutaan tersebut dapat menjadi referensi menarik.

Kunci dari keberhasilan usaha berawal dari keyakinan, semangat dan terus mengevaluasi diri. Untuk itu, jangan berhenti untuk tetaplah berusahan, bekerja keras dan bekerja cerdas.


See you!!

Share
Lobelia Vira

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal…

3 minggu ago

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini…

3 bulan ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago