Beauty

Cara Merawat Rambut Berminyak Berdasarkan Jenis Rambut

Saat permasalahan rambut muncul seperti lepek, ketombe dan berminyak tentu rasanya sangat tidak nyaman. Sering kali gatal dan mengganggu penampilan. Namun tak perlu risau, karena segala permasalah tersebut dapat teratasi dengan mudah. Kali ini Beautymom akan membahas cara merawat rambut tipe berminyak. So, stay tune terus ya

Cara kerja kulit kepala kita sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kulit wajah. Keduanya memiliki minyak alami atau sebum kulit yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Kita tidak bisa begitu saja menghilangkan minyak alami tersebut. Karena jika kita berusaha menghempaskannya begitu saja, kulit kepala akan memproduksi sebum lebih banyak lagi. Alhasil akan menyebabkan kulit kepala dan rambut semakin terasa berminyak.

Umumnya kulit kepala menghasilkan sebum sebanyak 2-4 gram sehari melalui kelenjar sebaceous. Saat beraktivitas terutama di luar ruangan, kulit kepala akan memproduksi sebum dua kali lebih banyak. Belum lagi dengan keringat, kotoran dan polusi yang menempel.

Faktor yang Menyebabkan Rambut Berminyak

Sebelum mengetahui cara merawat rambut berminyak, ada baiknya kita mengetahui dulu faktor penyebab rambut berminyak. Hal ini guna memudahkan kita untuk mengambil langkah-langkah tepat menangai permasalan rambut berminyak.

1. Hormon

Perubahan hormon androgen menjadi salah satu faktor penyebab rambut berminyak. Sebenarnya hormon androgen secara umum mengatur organ reproduksi pada pria. Namun tak menutup kemungkinan juga terjadi pada wanita hanya saja jumlahnya lebih sedikit dari pria.

Sad girl looking at her damaged hair

Fungis hormon androgen pada tubuh berperan untuk menunjung pertumbuhan dan kesehatan reproduksi. Kadar hormon yang tinggi memicu produksi minyak berlebih pada tubuh. Biasanya terjadi pada wanita hamil, menstruasi dan pada masa pertumbuhan.

2. Genetik

Kondisi rambut berminyak dapat menurun dari orang tua ke anak. Misalnya ibu atau ayahmu memiliki rambut berminyak, kemungkinan besar akan menurunkan kepada anaknya.

Lahir dengan gen rambut berminyak bukanlah akhir dari hidup. Saat ini sudah banyak perawatan yang mampu mengatasi permasalahan rambut berminyak.

3. Tidak Memilih Produk Perawatan Rambut Dengan Baik

Untuk mendapatkan rambut sehat pilihlah produk perawatan rambut yang tepat pula. Pilihlah sampo, kondisioner atau vitamin sesuai dengan permasalahan rambut.

Kebanyakan orang tidak cukup peduli tentang hal ini dan mengakibatkan rambutnya mudah berketombe dan tidak bervolume.

 Jika memiliki rambut berminyak, pilihlah produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya atau tea tree. Karena terbukti ampuh mengurangi minyak serta kotoran pada rambut. Pilihlah juga kondisioner yang bersifat menghidrasi kulit kepala dengan kandungan coconut oil atau almond oil.

4. Sering Mengikat Rambut

Banyak orang memilih mengikat rambutnya supaya tidak mengganggu aktivitas. Saat cuaca sedang panas-panasnya, mengikat rambut menjadi solusi agar tidak merasa gerah. Namun ternyata terlalu sering mengikat rambut juga tidak baik untuk kesehatan rambut  sendiri loh.

Terutama jika mengikat rambut terlalu kuat, rambut menjadi rusak dan mudah patah. Rambut yang sering terikat juga akan kesulitan mendapat sirkulasi udara. Akibatnya kulit kepala memproduksi sebum lebih banyak. Debu serta polusi yang menempel menyatu dengan miyak rambut akan menimbulkan ketombe dan rasa gatal. Rambut juga menjadi lepek.

5. Keramas Setiap Hari

Setelah seharian berkegiatan di luar rumah, hal yang paling dinantikan adalah segera mencuci rambut atau keramas. Tapi ternyata keramas setiap hari kurang baik untuk kesehatan rambut, karena rambut akan kehilangan minyak alaminya.

Seberapa sering seseorang harus keramas sebenarnya tergantung kondisi rambut dan aktivitas masing-masing. Kita tidak bisa menangangi rambut berminyak sama dengan menangani rambut kering, begitu juga sebaliknya. Kenali terlebih dahulu jenis rambutmu dan buatlah jadwal keramas rutin.

Sebaiknya saat keramas jangan menggosok kulit kepala terlalu kuat, folikel rambut akan terbuka dan membuat rambut kembali berminyak setelahnya. Setelah keramas, bilas sisa sampo dan kondisioner secara tuntas.  

Baca Juga:

Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Cara Merawat Rambut Berminyak Berdasarkan Jenis Rambut

Setelah mengetahui faktor apa saja penyebab rambut berminyak. Saatnya kita mengetahui cara merawat rambut berminyak berdasarkan jenis rambut. Supaya kita dapat mengambil langkah perawatan yang sesuai, karena berbeda jenis rambut berbeda pula cara merawatnya.

1. Rambut Lurus dan Berminyak

Memiliki rambut juga lurus memiliki banyak sekali keuntungan. Selain mudah untuk menatanya, rambut lurus baik panjang maupun pendek tidak memerlukan banyak produk perawatan rambut.

Tetapi bukan berarti tidak merawatnya sama sekali ya, hanya saja cara merawat rambut lurus dan berminyak itu lebih mudah.

Rambut lurus pun ternyata memiliki banyak permasalahan, terlebih saat kulit kepala terasa berminyak. Rambut akan menjadi terlihat kusam, lepek dan kehilangan volumenya. Rasanya sangat tidak nyaman dan menjadi kurang percaya diri. Cara untuk mengatisi dan merawat rambut tipe seperti ini adalah dengan:

Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Gunakan sampo untuk rambut lurus yang mampu menjaga kelembapan rambut sekaligus mengontrol sebum.  

Ada berbagai macam produk yang dapat menjadi pilihan. Namun pastikan produk perawatan rambutmu mengandung zinc pyrithione, sulfida, asam amino atau ketoconazole. Cuci rambutmu menggunakan sampo 2 hari sekali dan bilas hingga bersih.

Penggunaan kondisioner juga memerlukan perhatian. Supaya rambut lurusmu tetap terjaga keindahannya pilihkan kondisioner yang mampu merevitalisasi rambutmu. Kandungan bermanfaat dalam kondisioner yang mampu mengatasi rambut berminyak seperti argan oil, zinc, tea tree dan mint.

Rambut akan terasa lebih sehat dan terhidrasi dengan baik. Untuk mempertahankan kilau dan volume rambut lurus dan berminyak, kandungan formula pro-V mampu menutrisi dengan baik. Cara mengaplikasikan kondisioner yang benar adalah dengan mengusapkan kondisioner hanya pada setengah bagian rambutmu kebawah.

Hair Mask

Supaya rabut lurusmu tetap indah, gunakan hair mask secara rutin satu minggu sekali. Bahan alami seperti lidah buaya, pisang, pepaya atau yugurt dapat menjadi solusi.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan pisang atau pepaya kemudian campurkan yugurt dan sedikit madu. Setalah itu aplikasikan pada rambut.

Perasan Air Lemon dan Cuka Apel

Tak ada salahnya mencoba perasan air lemon dan cuka apel sebagai tonik untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit kepala.

Air lemon bermanfaat untuk membersihkan sisa kotoran dan kulit mati yang menempel pada rambut penyebab rambut berminyak. Selain itu, cuka apel juga mampu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Keratin Treatment

Manfaat keratin treatment untuk menguatkan rambut lurus dan menjaganya senantiasa  halus tidak mudah kusut. Proses perawatan  dengan keratin treatment yaitu  berupa serum yang dioleskan keseluruh bagian rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut.

Serum ini bekerja menghaluskan kutikula rambut yang tumpang tindih. Perawatan dengan keratin membuat rambut yang lepek berminyak serta kusam menjadi rambut lurus berkilau.

2. Rambut Keriting dan Berminyak

Rambut keriting merupakan jenis rambut yang tak kalah mempesona. Sayangnya masih banyak orang yang belum menyadari betapa indahya rambut ini. Karena rambut keriting memiliki bentuk bergelombang atau bahkan spiral, pemilik rambut sering kali mengeluh karena kesulitan untuk mengatur rambutnya. Jika salah dalam merawatnya, rambut keriting akan terlihat berantakan, kusut dan mengembang seperti rambut singa.

Biasanya permasalah rambut keriting adalah kasar dan mudah patah karena helaiannya lebih pipih dari pada rambut lurus. Bentuknya yang bergelombang juga membuat minyak alami rambut tidak terdistribusi merata keseluruh rambut. Alhasil rentan sekali mengalami rambut berminyak.

Produk Perawatan Rambut Yang Tepat

Saat memilih produk perawatan rambut, fokuslah pada ingredient bukan pada brand. Untuk menjaga rambut keritingmu tetap lembut bebas minyak pilihlah sampo berbahan dasar argan oil, asam amino atau vitamin E.

Formula tersebut mampu menutrisi rambut keritingmu dan memberinya kelembapan. Sehingga masalah rambut mengembang dan berminyak dapat teratasi.

Penggunaan kondisioner untuk rambut keriting sendiri sama seperti pada rambut lurus yaitu dengan mengaplikasikan hanya pada setengah bagian rambut kebawah. Kurangi produk perawatan rambut yang mengandung sulfat, karena zat ini menghasilkan busa yang mampu menghilangkan kelembapan kulit kepala.

Dry Shampoo

Rambut keriting juga dapat menggunakan dry shampoo untuk menghilangkan sebum berlebih. Namun penggunaannya memerlukan perhatian.

Sebelum menggunakan dry shampoo, sisir rambut keritingmu terlebih dahulu. Kemudian baru mengaplikasikan dry shampoo ke seluruh rambut. Hal ini dilakukan untuk menghindari rambut kusut dan kering.

Tips Keramas Rambut Keriting

Cara keramas untuk rambut keriting yaitu dengan membagi rambut menjadi empat bagian. Gunanya supaya dapat membersihkan rambut dengan lebih efektif dan menyeluruh.

Pijat rambut secara perlahan dengan tidak menggosok kulit kepala terlalu keras. Karena gosokan yang terlalu keras, mampu membuka folikel kulit kepala dan menghasilkan sebum. Intensitas keramas yang baik yaitu sekitar 2 -3 hari sekali.

Menyisir Rambut

Salah satu kunci supaya rambut keritingmu tidak kusut adalah dengan mengenakan kondisioner setelah itu menyisirnya. Ya pertama,mengaplikasikan kondisioner keseluruh rambut kemudian menyisirnya, setelah itu baru membilasnya hingga bersih. Sisir perlahan rambutmu menggunakan jari atau gunakan sisir khusus tangle teezer untuk hasil maksimal.

Jangan sekali-kali menyisir rambut keritingmu dalam keadaan kering ya. Karena dapat menyebabkan kerontokan.

Keringkan Rambut Dengan Diffuser Hair

Diffuser hair merupakan corong berbentuk bulat khusus untuk mengeringkan rambut keriting. Selain untuk meminimalisir kekusutan, diffuser membantu meningkatkan volume rambut dan memberikan definisi pada rambut keritingmu.

Itu dia cara merawat rambut berminyak berdasarkan jenis rambut baik lurus maupun keriting. Sejatinya semua jenis rambut itu indah, tergantung bagaimana kita merawatnya ya gilrs.

Suka dengan tips-tips merawat rambut? Nantikan artikel selanjutnya ya.

Share
Lobelia Vira

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal…

3 minggu ago

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini…

3 bulan ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago