Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami | Beauty Moms

Cover Image for Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Merawat rambut tidak kalah pentingnya dari merawat badan dan wajah. Rambut yang sehat tentunya membuat kepala menjadi lebih nyaman. Selain itu merawat rambut juga dapat membuat rambut menjadi lebih indah dan berkilau. Sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga dan merawat rambut, namun tidak sedikit juga orang yang acuh-tak acuh bahkan tidak peduli terhadap perawatan rambut dengan alasan sibuk ataupun mahal.

Melakukan perawatan rambut memang lebih enak dan nyaman jika langsung datang ke salon. Namun jika punya waktu bisa melakukan perawatan di rumah. Baklah jika melakukan perawatan rambut dari rumah bisa menggunakan bahan alami.

Macam-Macam Bahan Alami

Selain membeli produk di pasaran, merawat rambut bisa menggunakan bahan alami. Tentunya dengan menggunakan bahan alami, rambut bisa tetap sehat dan menekan kerusakan karena tidak mengandung bahan kimia. Berikut bahan alami yang bisa dipakai untuk merawat rambut

1.Madu

Selain untuk kesehatan dan masker wajah, banyak juga wanita yang menggunakan madu untuk merawat rambut. Madu memiliki manfaat melembabkan rambut dan membuatnya lebih lembut. Jika rajin merawat rambut dengan menggunakan madu, maka rambut akan lebih sehat karena kelembabannya yang terjaga.

madu

Madu bisa dipakai untuk merawat rambut

Cara menggunakan madu untuk perawatan juga mudah. Setelah keramas, bisa langsung oleskan madu ke bagian rambut. Tunggu lah 3-5 menit, lalu setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

2.Pisang

Banyak orang yang menggunakan buah pisang untuk diet karena memiliki banyak serat. Selain untuk diet, pisang juga bisa untuk merawat rambut. Kandungan vitamin yang ada pada buah pisang dapat membuat rambut menjadi lebih lembab dan bisa menghilangkan ketombe.

Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama siapkan 2 buah pisang dan kupas kulitnya. Haluskan buah pisang lalu oleskan ke seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

3.Alpukat

Siapa sih yang tidak suka alpukat? Hampir semua orang suka dengan buah yang satu ini terlebih lagi jika dibuat minuman jus. Selain bisa jadi minuman yang menyegarkan, siapa sangka jika alpukat juga bisa untuk melembutkan rambut. Kandungan dalam buah alpukat ini juga bisa mencegah masalah rambut yang kering dan membuat rambut lebih berkilau.

alpukat

Caranya pisahkan alpukat dengan kulit dan bijinya. Setelah itu haluskan daging alpukat dan campukan air dengan menggunakan blender. Setelah itu, oleskan adonan pada bagian rambut dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah secara teratur.

4.Minyak Jarak

Jika mencari pencari perawatan rambut alami dengan kandungan yang bagus, minyak jarak adalah jawabannya. Minyak jarak memiliki kandungan seperti asam risinolat, omega 3 dan juga asam lemak yang sangat baik untuk perawatan rambut.

Kandungan asam risinolat berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan jamur yang ada pada rambut. Kandungan lain seperti omega 3 dan asam lemak memiliki fungsi untuk sumber nutrisi dalam mencegah rambut rontok.

Langkah pertama untuk menggunakan minyak jarak yaitu hangatkan terlebih dahulu minyak jarak. Setelah itu usap minyak semua bagian rambut. Lakukan pijatan pada kulit kepala secara perlahan. Setelah itu tutup rambut dengan menggunakan handuk dan diamkan sampai 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

5.Minyak Zaitun

Seperti yang kita ketahui jika minyak zaitun memiliki manfaat yang banyak terutama untuk perawatan dan kecantikan. Kandungan dalam minyak zaitun seperti vitamin E dan mineral juga berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih lembut dan menjaga rambut agar tetap sehat.

minyak zaitun

Cara memakai minyak zaitun juga mudah. Oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut dan diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas sampai bersih dengan menggunakan sampo. Lakukan perawatan setiap satu minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

6.Kemiri

Tidak hanya untuk memasak saja, kemiri juga bisa digunakan untuk perwatan rambut. Kandungan minyak yang ada pada kemiri bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih indah dan lebih sehat.

Manfaat lain yang ada pada kandungan minyaknya juga berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih hitam, lebih lembut dan juga bisa membuat rambut menjadi lebih tebal.Cara mengaplikasikannya yaitu hanya oleskan saja minyak kemiri ke semua bagian rambut secara merata. Setelah itu pijat kulit kepala secara perlahan dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

7.Lidah Buaya

Kandungan lidah buaya memang sudah terkenal dapat membuat rambut menjadi lebih subur. Nutrisi pada daging lidah buaya juga bisa menjaga rambut menjadi lebih lembab dan lembut.

Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Yang pertama siapkan lidah buaya lalu pisahkan antara daging lidah buaya dan kulitnya. Tumbuk daging lidah buaya dan kemudian oleskan hasil tumbukan ke bagian rambut. Diamkan kurang lebih 30 menit dan cuci rambut dengan menggunakan sampo agar bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk rambut yang lebih tebal, lembut, indah dan juga sehat.

8.Seledri

Selain untuk masakan, kemiri juga bisa untuk menjaga rambut menjadi lebih sehat. Daun seledri memiliki kandungan seperti vitamin, protein, mineral, antioksidan dan zat anti mikroba yang dapat membuat menjadi lebih lembut. Daun seledri juga bisa untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu daun ini juga cocok bagi yang memiliki masalah ketombe pada rambut.

Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Cara menggunakannya mudah, pertama siapkan 100 gram daun seledri dan cuci bersih. Rebus daun seledri hingga mendidih. Saring air rebusan dan tunggu hingga air rebusan dingin. Setelah air rebusan dingin, tambahkan cuka sebanya satu sendok makan. Siramkan air rebusan daun seledri ke seluruh permukaan rambut dan biarkan hingga kering. Setelah kering, bilas rambut sampai bersih.

9. Telur

Kombinasi antara yoghurt dan telur adalah kombinasi yang baik untuk perawatan rambut karena dapat membuat rambut menjadi kuat dan dapat juga mengatasi rambut yang bercabang.

telur

Untuk perawatan bisa langsung siapkan 6 sendok makan yoghut dan 1 butir telur. Campur dan aduk hingga merata. Setelah itu oleskan seluruh bagian rambut dan tutup dengan handuk, diamkan 10 menit. Setelah itu bilas dengan bersih menggunakan air yang hangat.

10. Pepaya

Buah pepaya terkenal dengan kandungannya yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A dan C yang ada pada buah pepaya juga bagus untuk rambut. Kandungan tersebut membuat rambut menjadi lebih lembut. Namun untuk perawatan rambut, buah pepaya akan bekerja lebih maksimal dengan menambahkan sedikit yoghurt.

pepaya

Langkah pertama untuk membuat adonannya yaitu siapkan 1/2 pepaya yang sudah matang dan 1/4 yoghurt rasa plain. Kupas pepaya dari kulitnya dan haluskan. Setelah daging pepaya halus campurkan dengan yoghurt. Oleskan kombinasi tersebut ke semua bagian rambut secara merata dan tutup dengan handuk. Diamkan kurang lebih selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Tips Dalam Perawatan Rambut

Itulah 10 bahan alami yang bisa kita gunakan untuk merawat rambut agar lebih sehat dan lembut. Selain menggunakan bahan alami yang telah disebutkan, ada beberapa hal lain yang harus kita perhatikan dalam merawatan rambut, seperti :

1.Rajin Keramas

Rajin keramas adalah salah satu upaya untuk merawat rambut. Namun bukan berarti harus keramas setiap hari. Anjuran keramas yang benar adalah 2 hari sekali, karena jika keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada batang rambut dan membuat rambut menjadi lebih kering.

2.Keramas Menggunakan Air Dingin

Keramas dengan menggunakan air hangat memang tidak salah, namun akan sangat lebih baik jika keramas dengan menggunakan air dingin. Karena jika keramas terlalu sering menggunakan air hangat dapat membuat rambut menjadi kasar.

3.Selalu Menggunakan Kondisioner

Jika ingin merawat rambut tetap sehat dan lembut, rajinlah memakai kondisioner setelah keramas. Karena pemakaian kondisioner sangat mempengaruhi kesehatan rambut.

4.Menggunakan Masker Rambut

Selain kondisioner, masker rambut juga bisa berfungsi untuk membuat rambut menjadi lembut. Gunakan jenis masker rambut yang sesuai dengan keadaan rambutmu. Bisa gunakan bahan alami yang sudah dijelaskan sebagai masker rambut.

5.Hindari Pemakaian Alat Dengan Suhu Panas

Jika ingin rambut tetap sehat, kurangi pemakaian alat dengan suhu panas seperti haidryer dan catokan. Karena suhu panas yang berasal dari alat-alat ini dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan rusak.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan agar rambut tetap sehat dan berkilau. Dari artikel ini tentunya menambah ilmu baru ya beauty moms. Jangan lupa menggunakan bahan alami sebagai masker rambut agar rambut menjadi lebih sehat. Selamat mencoba ! (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Akan Ada Kate McKinnon dalam Film Live Action Barbie | Beauty Moms

Akan Ada Kate McKinnon dalam Film Live Action Barbie | Beauty Moms

Setelah Margot Robbie dan Ryan Gosling jadi pemeran utama dalam film live action Barbie, kabarnya Kate Mckinnon gabung dalam film tersebut.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Joni Mitchell akan Cabut Lagu-lagunya di Spotify | Beauty Moms

Joni Mitchell akan Cabut Lagu-lagunya di Spotify | Beauty Moms

Joni Mitchell sepertinya akan membuat penggemar kecewa. Penyanyi tersebut memutuskan mencabut lagu-lagunya di daftar Spotify

BM
Buna Mirza
Cover Image for Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Menikah Hari Ini, Agensi Merilis Foto-fotonya | Beauty Moms

Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Menikah Hari Ini, Agensi Merilis Foto-fotonya | Beauty Moms

Hari ini Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Menikah. Foto mereka menikah sudah dirilis agensi salt's. adakah yang patah hati?

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Ingin Putus Hubungan, Hindari 10 Cara Keji Ini | Beauty Moms

Ingin Putus Hubungan, Hindari 10 Cara Keji Ini | Beauty Moms

Banyak faktor yang membuat cinta berakhir, hingga pasangan pada akhirnya terpaksa putus hubungan. Tapi jangan pakai 10 cara keji ini.

BM
Buna Mirza