7 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi, Apakah Kamu Mengalaminya? | Beauty Moms

Cover Image for 7 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi, Apakah Kamu Mengalaminya? | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

7 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi, Apakah Kamu Mengalaminya?

Bagi wanita, kesehatan kulit menjadi sangat penting. Perawatan kulit pun kerap kali dilakukan agar kulit terlihat sehat, mulus dan tampil cantik. Namun tahukah, persoalan kulit terkadang hanya karena sebab sederhana. Tubuh kekurangan cairan sehingga kulit tidak terhidrasi dengan baik

Banyak wanita yang tidak mengetahui jika dehidrasi menjadi poin utama dalam munculnya permasalahan kulit. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh kehilangan atau kekurangan cairan.

Seperti diketahui bila tubuh kekurangan cairan akan berdampak pada kesehatan tubuh maupun kulit. Beberapa ciri-ciri kulit dehidrasi antara lain :

**1. Kulit Kusam**

Apabila memiliki kulit kusam, bisa jadi itu pertanda kulit mengalami dehidrasi. Kulit kusam ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada area wajah yang membuat terlihat semakin tua.

**2. Kulit Terlihat Kering**

Kulit kering pada umumnya karena faktor bawaan. Artinya memang orang tersebut memiliki jenis atau tipe kulit yang kering. Namun kulit kering juga bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi pada sebagian orang. Apabila kulit kering, maka akan terlihat bersisik pada permukaan kulit.

**3. Kulit Terlihat Kasar**

Jika memiliki kulit tubuh yang terlihat kasar, artinya tubuh kekurangan cairan. Kulit kasar bagi wanita menjadi hal yang sensitif. Beberapa orang merasa tidak percaya diri bila memiliki kulit kasar. Faktor lain yang bisa membuat kulit menjadi kasar karena sering membawa barang berat atau melakukan kegiatan yang berat.

**4. Kulit Terasa Gatal**

Apabila memiliki keluhan gatal pada kulit, maka itu bisa merupakan ciri kulit kamu membubutuhkan cairan. Apabila gatal pada kulit dibiarkan saja, tentunya itu membuat kulit menjadi tidak sehat. Terlebih lagi jika menggaruk area gatal tersebut, bisa menimbulkan luka dan iritasi. Luka pada kulit ini berpotensi menimbulkan bekas yang mempengaruhi tampilan kulit.

**5. Muncul Jerawat**

Jerawat muncul dikarenakan adanya peradangan pada kulit. Umumnya jerawat tidak hanya muncul pada wajah saja, namun juga pada punggung. Selain karena wajah yang berminyak, jerawat muncul juga bisa disebabkan karena kurangnya cairan pada tubuh.

Apa kaitannya jerawat dengan dehidrasi? kekurangan cairan akan menimbulkan sel-sel kulit mati. Bila menumpuk, sel kulit yang mati ini bisa menyumbat pori pori kulit. Ini bisa memunculkan jerawat.

**6. Kulit Pecah-Pecah**

Masalah kulit pecah-pecah ini biasanya terjadi pada tumit kaki. Banyak yang tidak mengetahui jika masalah kulit pecah-pecah pada tumit kaki disebabkan juga karena kulit mengalami dehidrasi.

Sebagian orang kadang mengabaikan masalah kulit pecah ini. Padahal bila dibiarkan tentunya akan mengganggu aktivitas, karena kulit yang pecah akan menyebabkan perih pada kaki.

**7. Kulit Terasa Nyeri**

Siapa sangka jika nyeri pada kulit bisa menjadi tanda bahwa kulit mengalami dehidrasi. Beberapa wanita mengabaikan tanda-tanda ini karena tidak tahu. Padahal jika dehidrasi sampai kulit terasa nyeri itu artinya cairan di tubuh sangat kurang. Hal ini tentunya sangat tidak sehat bagi kulit secara keseluruhan.

Penyebab Kulit Dehidrasi

Beberapa hal yang menjadi penyebab kulit dehidrasi antara lain terlalu lama di bawah terik matahari, kurang minum air putih, mandi di sauna atau kolam air panas cukup lama, merokok dan minum alkohol.

Kondisi udara yang dingin dan kering juga bisa menyebabkan dehidrasi. Semisal seharian di ruangan yang ber AC. Agar kulit tidak dehidrasi maka hindari faktor-faktor penyebab ini.

Ada beberapa cara untuk mengembalikan kesehatan kulit. Antara lain Rajin-rajinlah makan makanan yang bergizi. Selain itu juga konsumsilah buah dan sayur. Makanan berserat juga baik untuk kesehatan kulit

Selain makan makanan yang sehat, konsumsi air putih secukupnya, sesuai kebutuhan tubuh. Ada yang merekomendasikan sekitar 8 gelas setiap hari. Cukup meminum air putih juga akan membuat tubuh terhidrasi sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat, tidak kering dan kusam. Berolahraga juga akan membuat kulit lebih sehat dan kencang.

Rajin berolahraga, akan menjadi lebih awet muda dan kulit tidak mudah kendor. Sebagai pelengkap, bisa menggunakan body lotion agar kelembapan kulit lebih terjaga dan bernutrisi. (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Boy William Dituduh Merekayasa Kabar Terkena Covid-19 | Beauty Moms

Boy William Dituduh Merekayasa Kabar Terkena Covid-19 | Beauty Moms

- Aktor Boy William merasa kesal karena dituding merekayasa alias bikin setting terkait kabar dirinya positif terinfeksi covid-19.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Mayang Ingin Ajak Kolaborasi Isyana Sarasvati | Beauty Moms

Mayang Ingin Ajak Kolaborasi Isyana Sarasvati | Beauty Moms

Salah satu yang kagum dengan sosok Isyana sarasvati adalah adik almarhum Vanessa Angel, Mayang Lucyana Fitri, karena suaranya

BM
Buna Mirza
Cover Image for Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya | Beauty Moms

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya | Beauty Moms

Yuk, cari tahu manfaat luar biasa madu untuk kecantikan dan cara untuk mengaplikasikannya 1. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat...

LV
Lobelia Vira
Cover Image for 7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia | Beauty Moms

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia | Beauty Moms

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari berpotensi menyebabkan stres. Cara ampuh untuk mengatasi stres adalah dengan....

LV
Lobelia Vira
Cover Image for 10 Pilihan Makanan untuk Sahur Ala Korea | Beauty Moms

10 Pilihan Makanan untuk Sahur Ala Korea | Beauty Moms

Lagi bosan dengan menu sahur yang itu- itu saja. Bisa mencoba membuat makanan sahur ala korea. Menyiapkan makanan ini praktis

NA
Naraya Ayudia