Kapan Terakhir Lap Piring Dicuci? Awas Bikin Mules Jika Kotor | Beauty Moms

Cover Image for Kapan Terakhir Lap Piring Dicuci? Awas Bikin Mules Jika Kotor | Beauty Moms
KR
Karidha Rani

Kapan Terakhir Lap Piring Dicuci? Awas Bikin Mules Jika Kotor

BEAUTYMOM.ID-Maksud hati ingin membersihkan piring dengan lap. Bukanya tambah bersih, namun kadang malah bikin sakit perut, karena lap piringnya kotor.

Tanpa kita sadari, aktivitas yang seolah biasa, tapi justru mendatangkan bahaya. Bahkan bisa menimbulkan penyakit.

Benda yang kotor dan rawan membawa bakteri. Itu bisa jadi pada lap piring . Meskipun kelihatan sepele namun jika sering digunakan dan tidak dicuci secara berkala adalah sumber pembawa bakteri.

Apalagi jika lap tersebut ditaruh secara sembarangan. Bahkan jika sudah menimbulkan bau tapi masih saja digunakan. Kondisi terakhir ini yang perlu waspada.

Nah makanya saat di rumah atau di tempat lain, menemukan lap, pastikan lap tersebut benar benar bersih. Sehingga aman digunakan.

Hasil studi American Society of Microbiology menunjukkan, setengah dari lap piring yang diuji mengandung E. coli atau staph.

E. coli biasanya hidup di usus manusia dan hewan. Sebagian besar jenis E. coli tidak berbahaya tapi bisa menyebabkan diare.

Sedangkan E. coli pada jenis tertentu dapat menyebabkan kram perut parah, hingga diare berdarah, dan muntah-muntah.

Sedangkan, staph disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Bakteri itu merupakan sejenis kuman yang biasa ditemukan di kulit atau di hidung orang sehat sekalipun. Jika masuk ke dalam tubuh maka dapat menyebabkan infeksi kulit, meskipun ringan.

BACA JUGA : Ini Cara Meredam Suara Bising di Rumah

Namun Staphylococcus juga dapat berdampak fatal, jika masuk kedalam tubuh, seperti sel darah, tulang, paru paru dan jantung.

Lap piring biasanya bersifat menyerap air, maka ini menjadi tempat yang nyaman bagi jamur dan bakteri. Apalagi jika berada di tempat yang lembab. Pada kasus lap piring menimbulkan bau, itu pertanda lap tersebut tercemar jamur dan lumut.

Jangan biarkan lap menjadi bau. Segera cuci secara berkala, jika tidak ingin jamur dan bakteri menempel pada piring dan gelas anda.

The Duster Dollies, Julie Finch-Scally, menyarankan agar lap digunakan selama 3 hari. Lebih baik, pisahkan lap untuk meja dan kompor serta khusus lap piring. Tujuannya agar kebersihan lebih terjaga. Selain itu, untuk mengelap tumpahan di meja, gunakan lap berbeda dan segera cuci setelah memakainya. (karidha)

More Stories

Cover Image for 10 Makanan Tradisional Khas Daerah di Indonesia yang Bisa Dibuat Sendiri Saat Lebaran | Beauty Moms

10 Makanan Tradisional Khas Daerah di Indonesia yang Bisa Dibuat Sendiri Saat Lebaran | Beauty Moms

Agar hidangan khas lebaran tidak hanya itu-itu saja, bagaimana bila mencoba makanan tradisional khas daerah lain yang ada di Indonesia

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Kombinasi Jilbab Untuk Baju Berwarna Pink | Beauty Moms

Kombinasi Jilbab Untuk Baju Berwarna Pink | Beauty Moms

tips memilih kombinasi jilbab untuk warna pakaian yang berwarna pink agar terlihat lebih fashionabel dan membuat fashion terlihat serasi

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for 17 Film Terbaik Korea dengan Rating yang Bagus | Beauty Moms

17 Film Terbaik Korea dengan Rating yang Bagus | Beauty Moms

Film Korea juga banyak yang bagus dan layak untuk ditonton. Diolah dari berbagai sumber, ini 17 film terbaik Korea dengan rating yang bagus

NA
Naraya Ayudia