Beauty

Berikut 7 Lip Product Beserta Fungsinya

Merias bibir untuk harian tentu saja berbeda dengan riasan bibir untuk mendatangi pesta atau acara-acara penting lainya. Mulai dari memilih warna, tekstur dan jenis semua harus secara proporsional karena menentukan keindahan pada keseluruhan penampilan. Memang banyak sekali lip product beserta macam-macam  fungsinya yang berseliweran pada akun media sosial beauty influencer. Namun, sebelum berfikir untuk membeli lip product tersebut alangkah baiknya untuk mengetahui fungsi dan cara memakainya.

Banyak sekali lip product yang sekilas terlihat sama namun ternyata memiliki perbedaan sigifikan. Bagi pemula mungkin akan kesulitan untuk memilih lip product yang tepat. Tidak semua warna dan tekstur dapat digunakan untuk tampilan makeup yang sama.

Misalnya, saat ingin mengaplikasikan korean makeup look, baiknya memilih lip tint sebagai pewarna bibirnya. Dan, jika ingin mengaplikasikan western makeup look, gunakan lipstik untuk mempercantik bibirmu.

Apakah kalian sudah tahu gils macam-macam lip product tersebut? Nah, supaya tida salah memilih, yuk ketahui macam-macam lip product beserta fungsinya.

1. Lip Scrub

Urutan lip product yang pertama adalah lip scrub. Sebenarnya lips scrub ini masuk golongan skincare karena memiliki fungsi untuk mengangkan sel kulit mati pada bibir. Sehingga mampu mengambalikan kelembutan serta warna alami bibirmu.

Banyak sekali wanita menginginkan warna bibir pink alami namun sering kali lupa merawat kesehatan bibir dengan melakukan eksfoliasi. Produk lips scrub tentu berbeda, ya, dengan kebanyakan produk bibir lainnya yang memberikan bermacam-macam warna saat diaplikasikan.  Lip scrub cenderung bertekstur kasar karena mengandung butiran scrub berupa biji-bijian atau gula halus.

Lip scrub juga memiliki kandungan bermanfaat seperti vitamin C dan E untuk mencerahkan bibir. Serta ekstrak jojoba oil, shea butter atau olive oil untuk menjaga bibirmu senantiasa lembab. Ada banyak sekali brand lip srub yang terjual dipasaran dengan menawarkan berbagai macam kelebihan.

Namun ternyata kita dapat membuatnya sendiri loh. Caranya, dengan menggunakan salah satu bahan utama scrub seperti bubuk kopi, gula halus atau biji aprikot. Setelah itu, mencamurnya dengan zat amolien seperti madu, potralium jelly atau minyak esensial.

Sebelum menggunakan lip scrub, hapuslah makeup pada bibir terlebih dahulu. Setelah itu ambil sedikit lip scrub dan oleskan keseluruh permukaan bibir dengan ujung jari. Gosok lembut dengan cara memutar selama tiga menit kemudian bilas. Saat mengpalikasikan lip scrub harus berhati-hati ya karena kulit pada bibir cenderung  tipis dan sensitif.

2. Lip Butter

Bibirmu terasa kering dan pecah-pecah?  Saatnya mencoba lip butter untuk mengatasi permasalahan tersebut. Lip butter merupakan produk perawatan bibir dengan tekstur creamy yang mampu menghidrasi dan merawat kelembapan bibirmu.

Lip product satu ini juga memiliki fungsi sebagai lip base untuk mempersipkan bibir sebelum menggunakan lipstik atau lip matte. Terlebih lagi dengan fishishing dari lipstik atau lip matte yang kerap membuat bibir nampak kering. Biasanya lip butter dikemas dalam bentuk jar bulat kecil sehingga mudah untuk dibawa kemanapun.

Dengan formulasi yang lebih creamy, lip butter mengandung lebih banyak minyak esensial seperti almond oil dan olive oil sebegai pelembab. Selain itu kaya akan allantoin sebagai zat yang mampu menenangkan kulit bibir yang kering dan iritasi serta membuat bibir kembali lembut. Cocok sekali untukmu yang sering memiliki permasalahan bibir pecah pecah.

3. Lip Balm

Berikutnya adalah lip balm, sebenarnya fungsi dari lip balm ini tidak jauh berbeda dari lip butter. Hanya saja, lip balm bertekstur lebih padat dari pada lip butter karena mengandung bahan utama petroleum beeswax sebagai pelembabnya.

Selain mengandung beeswax, lip balm juga kaya akan olive oil, vitamin E dan SPF yang melindungi bibir dari paparan buruk sinar matahari. Intensitas kelembapan pada lip balm juga tergolong mampu bertahan lama. Ada berbagai macam varian lip balm yang dapat kita temui. Mulai dari berbentuk salep, berbentuk stik sampai dalam bentuk jar.

Lip balm juga memiliki bermacam-macam aroma loh salah satunya lip balm beraroma buah-buahan yang menjadi favorit banyak wanita. Umumnya lip balm berwarna putih susu dan tidak mengeluarkan warna saat mengaplikasikannya.

Tidak jarang pula beberapa produk lip balm mampu mengeluarkan semburat warna alami pada bibir.  Sehingga lip balm dapat menjadi pengganti lipstik saat membuat makeup natural. Untukmu yang sering berkegiatan di ruangan ber AC gunakan lip balm secara rutin agar bibir tetap lembab terawat.

4. Lip Gloss

Lip product satu ini fungsinya untuk membuat efek glossy dan kemilau pada bibir. Biasanya lips gloss dikemas dalam bentuk tube dengan aplikator untuk mengaplikasikan produk keseluruh permukaaan bibir.

Lips gloss sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lip balm karena sama-sama memberi efek melembabkan. Bedanya, lip gloss bertekstur liquid dan cenderung berwarna transparan. Meskipun, ada beberapa produk lip gloss yang memberikan semburat warna.

Jika lip balm digunakan sebagai lip base sebelum mengaplikasikan lipstik atau lip matte. Nah, lip gloss berfungsi sebagai lip topper

yang menciptakan kesan plumpy pada bibir. Bibir juga akan terkesan lebih penuh.

Lips gloss juga tidak mampu bertahan lama sepert lip product kebanyakan. Bahkan lip gloss akan hilang beberapa saat setelah dipalikasikan pada bibir saat terkena usapan atau saat membasuh bibir.  Sehingga dianjurkan untuk membawa lip gloss kemanapun supaya memudahkanmu saat ingin mengaplikasikan ulang.

Saat memilih lip gloss perhatikanlah brand dan komposisi didalamnya. Jangan mudah terkena iming-iming harga murah dari suatu produk tanpa tahu komposisinya ya girl.

Baca Juga:

5. Lipstik

Siapa coba yang tidak memiliki produk pewarna bibir satu ini? Kebanyakan wanita pasti memiliki lipstik untuk menunjang penampilan makeupnya. Lipstik merupakan pewarna bibir berbentuk stik padat yang terbuat dari minyak dan lilin dengan beragam warna menarik.

Warna-warna pada lipstik lebih pigmented dan lebih tahan lama dari pada lip product lainnya. Jadi, tak heran jika wanita menjadikan lipstik sebagai alat utama untuk merias bibirnya.

Wanita juga senang sekali mengkoleksi lipstik karena varian warnanya yang beragam sehingga mudah untuk menyesuaikan dengan berbagai tampilan. Misalnya seperti lipstik warna peach, coral atau nude sangat cocok untuk tampilan makeup natural. Atau, lipstik warna merah, pink, fuchia sangat cocok untuk tampilan makeup yang lebih bold.

Selain sebagai pewarna pada bibir, lipstik dapat digunakan sebagai pengganti blush on untuk memberikan rona pada wajah. Bisa juga sebagai pengganti eyeshadow untuk memberikan rona pada kelopak mata.

6. Lip Cream

Banyak wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan lip product ini. Lip cream merupakan pewarna bibir bertekstur creamy dengan kandungan minyak yang lebih banyak dari  pada lipstik biasa. Karena teksturnya yang creamy, lip cream memerlukan aplikator untuk mengaplikasikannya pada bibir.

Warna dari lip cream juga tergolong lebih awet dan tahan lama, jadi tidak perlu mengaplikasikannya berulang kali.

 Lip cream juga biasa dikemas dalam bentuk tube dengan wadah transparan agar mudah melihat warnanya. Seperti lipstik kebanyakan, lip cream juga memiliki beragam varian warna mulai dari warna natural sampai warna-warna bold untuk kesan elegan.

Kebanyakan lip cream akan memberikan finishing matte intens bahkan cenderung kering. Untuk itu, sebelum mengaplikasian lip cream sebaiknya aplikasikan lip butter atau lip balm terlebih dahulu supaya bibir tetap lembap. Opsi lain, dapat juga mengenakan lip gloss sebagai topper setelah menyapukan lip cream keseluruh bibir untuk memberikan efek plumpy.

7. Lip Tint

Untukmu yang lebih senang tampil dengan riasan natural pasti sudah tidak asing dengan penggunaan lip product ini. Lip tint merupakan pewarna bibir dengan tekstur cair seperti tinta.

Berbeda dari dua produk sebelumnya, lip tint tidak mengandung minyak atau lilin sehingga tidak membuat bibir menjadi kering.  Kandungan dari lip tint didominasi oleh air dan gel sehingga mudah meresap dan memberikan kesan warna lebih natural pada bibir.

Karena formulasinya ringan, lip tint sangat populer sebagai pelengkap untuk korean makeup look yang memberi kesan awet muda. Ada beragam cara untuk mengaplikasikan lip tint, salah satunya menggunakan teknik ombre lips.  Pertama aplikasikan lipstik terlebih dahulu pada layer pertama. Kemudian, pulaskan lip tint pada bagian tengah dalam bibir atas dan bawah saja.

Bisa juga mengaplikasika lip tint secara full coverage seperti menggunakan lipstik pada umumnya. Untuk tampilan bibir lebih segar tambahkan lip gloss setelah mengaplikasikan lip tint.

Ada berbagai macam lip product beserta fungsinya untuk melengkapi tampilan makeupmu. Dari banyaknya lip product tersebut pastikan kamu telah menyesuaikan berdasaran kebutuhanmu. Karena pemilihan lip product yang tepat dapat menentukan pancaran pesonamu pada dunia.

Share
Lobelia Vira

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal…

3 minggu ago

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini…

3 bulan ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago