Lifestyle

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini tidak muncul secara langsung saat seseorang sedang mengalami beberapa masalah. Biasanya stres hadir karena tumpukan emosi yang dibiarkan berlarut-larut tanpa adanya penyelesaian. Bila menganggapnya terlalu sepele akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu kita harus mengetahui cara ampuh mengatasi stres agar hidup lebih tenang dan bahagia.

Setiap orang berbeda-beda dalam mengatasi masalah yang hadir dalam hidupnya. Mulai dari masalah kantor, rumah tangga, tagihan yang membludak bahkan masalah pertemanan. Ada orang yang dapat dengan mudah mengatasi masalahnya dan menemukan jalan keluar. Tetapi, ada juga yang justru terlalu memendam masalahnya tanpa menemukan jalan keluar hingga menimbulkan stres dan depresi. Hal ini tentu saja menimbulkan tekanan dalam hidup.

Namun tak perlu khawatir, sebenarnya setiap orang dapat mengatasi stres dengan memerlukan time healing-nya masing-masing. Lalu bagaimana cara ampuh untuk mengatasi stres dan terbebas darinya? Nah, kali ini Beautymom telah merangkum cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres sebagai berikut.

Dampak Stres Bagi Kehidupan

Seseorang dalam kondisi stres tubuhnya akan mengeluarkan hormon adrenalin yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jantung juga akan bekerja lebih cepat dari biasanya. Jadi tak perlu heran, mengapa orang dalam kondisi stres menjadi cepat sekali lelah bahkan saat sedang tidak melakukan apapun. Dalam waktu lama, kondisi ini akan meningkatkan hormon stres yaitu kortisol. Hormon ini bersifat oksidatif dan dapat merusak tubuh. Sampai pada titik ini, imun tubuh akan menurun sehingga menyebakan mudah terinfeksi virus penyebab penyakit.

Reaksi tubuh seseorang berbeda-beda saat sedang dalam fase stres. Apabila stresnya sementara, maka reaksi tubuh terhadap penyakit juga sementara. Namun, bila stres terjadi berkepanjangan, maka reaksi tubuh juga akan lama. Saat tubuh terbiasa dengan kondisi stres, tubuh akan merespon hal apapun menjadi bagain dari stres sendiri.

Stres yang tidak teratasi dengan baik membawa dampak buruk pada kesehatan jiwa dan raga. Dampak dari stres seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, permasalahan kulit, disfungsi seksual, stoke hingga gangguan mental.

Baca Juga:

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensistif

Cara Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Cara untuk mengatasi stres adalah dengan mengetahui terlebih dulu sumber atau penyebab dari stres tersebut. Setelah itu coba lakukanlah beberapa hal berikut supaya stres dapat teratasi dengan baik.

1. Rutin Melakukan Olahraga

Rutin berolahraga terbukti dapat menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi rileks. Saat berolahraga hormon kimia pada otak seperti dopamin, endorphin dan serotonin akan meningkat. Hormon tersebut mampu memberikan perasaan senang dan bahagia. Selain itu, tubuh juga akan menjadi lebih kuat untuk merespon stres dan menghadapi tekanan.

Saat stres denyut jantung menjadi lebih cepat dan tekanan darah meningkat. Dengan rutin berolahraga dapat menormalkan kerja jantung dan tekanan darah.

Olahraga tidak selalu dengan latihan fisik berat. Sobat Beautymom juga dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai atau berjalan cepat selama 10 menit. Berjalan kaki juga terbukti dapat melemaskan otot, menenangkan syaraf juga melatih pernafasan. Selain berjalan kaki, sobat Beautymom juga dapat melakukan yoga, bersepeda atau senam sehat.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Banyak sekali cara untuk mengatasi stres, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makanan menjadi sumber utama untuk mengisi energi tubuh. Saat sedang stres, energi dalam tubuh banyak terkuras. Tubuh akan cenderung membutuhkan nutrisi seperti selenium, magnesium, vitamin C serta vitamin B. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan untuk mengontrol emosi dan suasana hati seseorang.

Alpukat menjadi salah satu makanan sehat yang mampu membantu mengatasi stres. Buah ini memiliki zat bermanfaat seperti omega 3, vitamin A dan nutrisi penting lainnya yang membatu meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Jangan lupa juga  untuk mengkonsumsi sayuran hijau karena kaya akan magnesium dan mineral . Kandungan yang terdapat  didalamnya mampu meregulasi hormon kortisol yang bersifat merusak tubuh akibat stres berkepanjangan.

Untukmu pencinta makanan manis, bisa banget nih memilih coklat yang kaya akan antioksidan sebagai makanan pereda stres.

3. Melakukan Meditasi

Meditasi menjadi kegiatan yang dapat dilakukan kala stres menyerang. Dengan melakukan meditasi syaraf tubuh yang tegang akibat terlalu cemas menjadi rileks. Detak jantung dan aliran darah yang meningkat kembali bekerja dengan stabil. Meditasi juga membuat pikiran menjadi lebih tenang dan positif.

Sobat Beautymom dapat melakukan meditasi dimana saja baik di kamar, taman atau bahkan saat didalam mobil sekalipun. Tetapi lebih baik mencari tempat tenang dan jauh dari keramaian agar pikiran dapat berkonsentrasi.

Pada dasarnya ada dua jenis meditasi

yaitu meditasi kesadaran dan meditasi konsentrasi. Meditasi kesadaran adalah saat kita mengelola pikiran dan perasaan yang melintas pada masa sekarang. Contoh dari meditasi kesadaran yaitu meditasi pernafasan, yoga, meditasi T’ai Chi atau meditasi Qi Gong. Sedangkan meditasi konsentrasi adalah ketika kita memfokuskan pikiran pada satu suara, nafas dan kata-kata yang diucapkan.

4. Melatih Pernapasan

Salah satu cara paling mudah untuk mengontrol emosi saat sedang stres adalah dengan melatih pernapasan. Saat menarik napas dalam kita akan menghirup oksigen dan menyalurkannya keseluruh tubuh. Ketika hal ini terjadi, kerja jantung yang meningkat akan kembali normal dan lebih teratur. Terutama bagi pengidap gangguan kecemasan, asma atau hipertensi, melatih pernapasan merupakan langkah untuk menenangkan tubuh.

Paling tidak ada dua jenis latihan pernapasan yang dapat dicoba . Namun sebelum melakukannya, usahakan mencari tempat yang tenang supaya pikiran lebih rileks  dan nyaman. Latihan pernapasan yang pertama adalah pernapasan perut. Tariklah napas dalam-dalam hingga paru-paru terasa penuh dan perut mengempis. Lalu buanglah napas secara perlahan.

Kemudian pernapasan hidung, mulailah dengan menutup hidung bagian kananmu dengan ibu jari. Setelah itu tariklah oksigen sebanyak-banyakya dengan hidung sebelah kiri dan tutup hidung sebelah kiri dengan jari manismu. Lalu angkat ibu jarimu pada hidung sebelah kanan dan hembuskan perlahan.

5. Berbicara Dengan Orang Terdekat

Seperti hal nya gelas yang terus di isi oleh air, jika dibiarkan begitu saja air itu akan meluap dan tumpah. Begitu juga dengan masalah, tuntutan pekerjaan dan tekanan dalam hidup. Jika membiarkan situasi tersebut berlarut-larut maka akan membuat seseorang menjadi mudah stres karena tidak mendapat tempat untuk menyalurkan masalahnya.

Cara untuk mengatasi stres adalah berbicara dengan orang terdekat seperti kepada orang tua, saudara atau sahabat. Saat menceritakan masalah pada orang terdekat perasaan kita akan lebih tenang dari sebelumnnya. Bahkan mungkin kita akan mendapat jalan keluar dari persoalan yang sedang kita hadapi.

6. Menghindari Pemicu Stres

Cobalah untuk mengidentifikasi diri sebenarnya masalah atau peristiwa apa yang mengganjal sehingga menyebabkan stres. Dengan mengidentifikasi, sobat Beautymom dapat menguraikan masalah tersebut dan mencari jalan keluarnya. Jangan berlarut-larut dalam keadaan yang membuat tertekan. Jalani kehidupan sebaik-baiknya tanpa mengkhawatirkan suatu hal yang belum terjadi.

Tak ada salahnya sesekali berlibur ke suatu tempat untuk melepas stres dan melakukan aktifitas menyenangkan. Kegiatan-kegiatan menyenangkan dapat membuat pikiran jauh slebih fresh. Sebenarnya kita tidak dapat benar-benar menghindari pemicu stres. Hanya saja, kita dapat merubah cara pandang kita terhadap sesuatu menjadi lebih positif.

Dengan berpikir positif kita dapat menjalani hari dengan lebih optimis. Mulailah untuk berdamai dengan diri sendiri dan menerima keadaan. Afirmasikan motivasi postif kedalam diri sebagai bentuk untuk menguatkan.

7. Berkonsultasi Dengan Profesional

Ketika merasa stres sudah tidak dapat teratasi hingga

menyebabkan depresi, segera hubungi profesional bidang kesehatan. Dengan berkonsultasi pada profesional seperti psikolog atau psikiater sobat Beautymom akan mendapat perawatan dan terapi untuk mengatasi keluhan tersebut. Saat berkonsultasi, akan berlangsung sesi komunikasi dua arah antara psikolog dan pasien untuk mencari solusi dan jalan keluar.

Dengan berkonsultasi, psikolog akan membantu untuk merubah sudut pandang kita saat menghadapi persoalan. Selain itu, membimbing untuk meluruskan permalahan dengan lingkungan sekitar. Dan juga membatu mengatasi rasa cemas, takut, khawatir yang berlebihan. Setelah itu baru akan mendiagnosa dan memberikan tindakan medis yang tepat.

Setiap permasalahan dalam hidup pasti ada jalan keluarnya asalkan kita mau berusaha dan tetap berpikir optimis. Jangan biarkan pikiran negatif yang mengontrol diri kita, tetapi kitalah yang memiliki kendali penuh atas diri kita. Itulah beberapa tips dari Beautymom tentang cara ampuh mengatasi stres supaya hidup lebih bahagia. Semoga bermanfaat ya.

See you!!  

Share
Lobelia Vira

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal…

3 minggu ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago

Tidak Hanya Bermodal Tampang, Ini Deretan Aktor Korea Multitalenta

Drama Korea memang selalu saja menarik untuk diikuti. Selain ceritanya yang menarik, setiap drama juga…

4 bulan ago