10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan | Beauty Moms

Cover Image for 10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan | Beauty Moms
BM
Buna Mirza

10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan

Sahur! Sahur! Hayo, apa reaksimu saat mendengar suara warga membangunkan sahur? Ada yang bersemangat lantas masuk ke dapur, ada pula yang melek sebentar lalu memutuskan tidur lagi. Memang, menyiapkan makan sahur selama ramadan tantangannya berat banget. Di saat lagi enak tidur, harus bangun dan sibuk. Padahal asupan gizi dari makan sahur adalah hal penting supaya punya modal tenaga saat berpuasa. Nah biar nggak kerepotan, beautymom akan menyajikan menu sahur praktis dan sehat untuk 10 hari pertama ramadan.

Mengandung Keberkahan

Pokoknya, jangan sampai melewatkan waktu sahur ya? Karena makan sahur adalah salah satu amalan yang dianjurkan dan memiliki keutamaan sendiri dalam Islam. Salah satunya, sahur mengandung keberkahan. Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, “Sahurlah kalian, karena di dalam sahur ada keberkahan” (HR. Bukhari dan Muslim).

sahur mengandung keberkahan

Menurut Imam Ibnu Hajar al-Atsqalani dalam Fathul Baari, maksud dari keberkahan adalah balasan dan pahala. Sahur memiliki keberkahan karena bisa memperkuat dan membuat orang yang berpuasa bersemangat, juga mencegah kemudaratan yang disebabkan rasa lapar.

Tips Menjalankan Sahur

Sebelum masuk ke menu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya makan sahurmu lebih sehat. Apa aja sih?

Berdekatan Waktu Imsak

Agar tak ingin terlewat waktu sahur, biasanya orang bangun lebih awal. Tapi terlalu awal makan sahur sebenarnya tidak begitu dianjurkan. Ahli gizi RS Pondok Indah, Juawalita Surapsari mengatakan, makan sahur sebaiknya berdekatan dengan waktu imsak.

10-menu-sahur-sehat-dan-praktis-untuk-10-hari-pertama-ramadan

Menurut dia, tubuh memerlukan energi hingga menjelang buka puasa sehingga jika terlalu awal makan maka jedanya juga terlalu lama. Supaya pas, siapkan menu sahur sejak malam hingga tak buru-buru masak saat mepet imsak.

Karbohidrat Kompleks

Tubuh mendapatkan energi dari karbohidrat. Agar energi tidak cepat habis, pilih karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lebih banyak untuk dicerna. Beberapa sumber karbohidrat kompleks yang bisa ditambahkan ke dalam menu sahur adalah kentang, beras merah, roti gandum, dan oatmeal.

karbihidrat kompleks roti gandum menu sahur praktis

Karbohidrat komplek memiliki banyak manfaat antara lain tidak cepat menaikkan gula darah. Beda dengan karbohidrat sederhana seperti nasi yang cepat menaikkan gula darah sekaligus juga cepat menurunkannya. Karbohidrat sederhana membuat orang lebih cepat merasa lapar.

Protein

Biar puasanya lancar jaya, jangan lupa masukkan protein dalam menu sahur. Telur disarankan sebagai sumber protein yang baik agar perut merasa kenyang lebih lama. Yang nggak doyan telur, bisa menggantinya dengan yogurt Yunani sebagai sumber protein. Yogurt Yunani mengandung probiotik, sangat baik untuk pencernaan.

Asupan Cairan Sebagai Menu Sahur Praktis dan Sehat

Hati-hati kekurangan cairan saat menjalani puasa. Usahakan minum yang cukup saat sahur agar tubug tetap terhidrasi.

asupan cairan menu sahur praktis

Bagi tiga sesi untuk menggantikan cairan yang hilang yaitu sahur, berbuka, dan makan malam. Saat sahur minum sekitar 2 gelas air. Selain air, asupan cairan bisa diganti jus buah tanpa gula.

Buah

Mengonsumsi buah saat makan sahur sangat disarankan, jumlahnya pun tidak dibatasi. Namun, ada satu jenis buah yang penting untuk dicatat dalam list menu sahur, yaitu alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh serta serat yang baik untuk tubuh. Buatlah avocado toast yang dioleskan ke atas roti gandum sebagai menu sahurmu.

Baca : 10 Menu Berbuka Puasa untuk 10 Hari Pertama Ramadan

Menu Sahur Praktis dan Sehat

Nah, kali ini beautymom akan berbagi resep sahur praktis dan sehat. Resepnya dijamin nggak pakai ribet dan bisa dimasak walau waktunya mepet.

1. Telur Dadar Gulung Menu Sahur Gampang dan Praktis

Setuju kan ya, kalau telur merupakan bahan yang paling gampang diolah. Apalagi cuma bikin telur dadar.Biar lebih sehat, bisa menambahkan sayuran di dalamnya, misalnya wortel atau buncis.

Dadar Gulung Menu Sahur Praktis dan Sehat-beautymom.id

Photo by Eaters Collective on Unsplash

Bumbunya nggak macem-macam, cuma garam dan lada bubuk secukupnya. Dengan tambahan daun bawang, wah pasti makin nikmat. Jangan lupa nasi angetnya.

2. Ayam Kecap Mentega

Menu sahur praktis dan sehat lainnya dalah ayam kecap mentega. Enaknya sih pakai bawang bombay, tapi kalau harganya terlalu mahal, cukup dengan duo bawang merah dan putih.

ayam kecap mentega menu sahur praktis

Untuk menu sahur, ayam kecap mentega sangat pas karena porsinya bisa disesuaikan dengan keinginan. Sebagai penetralisir kandungan lemak dan mentega, imbangi menu ini dengan sayur seperti brokoli atau bayam.

3. Tahu Cabai Garam

Sebagai sumber protein yang tinggi, tahu harus masuk dalam daftar menu sahur yang praktis dan sehat. Tahu cabai garam ini memiliki rasa gurih dan pastinya bakal bikin kamu ketagihan.

Tahu

Photo by Devi Puspita Amartha Yahya on Unsplash

Sebelum diolah, tahu yang sudah dipotong dimasukkan dulu ke dalam campuran tepung maizena, garam dan penyedap rasa. Setelah digoreng hingga berwarna keemasan, tumis tahu bersama duo bawang, garam, lada dan penyedap rasa. Masukkan juga daun bawang kalau suka.

4. Sup Krim Ayam

Meski banyak yang dijual instan, membuat sup krim ayam sendiri tentu lebih hemat dan higienis. Caranya sangat mudah.

sup krim ayam menu sahur praktis

Tinggal menambahkan berbagai sayuran sesuai selera untuk meningkatkan level kelezatannya. Selain itu, bahan sup krim ayam juga mudah dicari. Cukup siapkan dada ayam, susu, sayuran, tepung terigu, maizena, dan bumbu sederhana seperti garam, gula, lada dan kaldu bubuk.

5. Nasi Goreng Ayam

nasi goreng ayam

Nasi goreng merupakan salah satu menu sahur praktis. Selain itu, rasanya cukup bersahabat dengan lidah orang Indonesia. Nggak perlu sering-sering, hidangkan di meja makan paling tidak satu kali dalam sebulan. Untuk menambah nilai gizinya, beri suwiran daging dada ayam serta sayur. Kamu akan lebih kuat berpuasa karena mendapat karbohidrat dari nasi, protein dari ayam, dan serat dari sayuran.

6. Tempe Orek

Sajian khas Indonesia yang satu ini memang sederhana, tapi sangat nikmat rasanya. Yup, tempe orek bisa dijadikan menu sahur praktis dan sehat selanjutnya. Agar lebih sehat bisa ditambahkan wortel maupun kobis saat menumisnya. Jika ingin disimpan lebih lama sebagai persediaan, bisa ditumis kering dan disimpan di wadah kedap udara.

Mau yang praktis, sehat dan bergizi? Ca sawi jawabannya. Sawi mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin, A, vitamin K, dan vitamin C. Untuk menambah rasa, cukup tambahkan kecap asin dan saus tiram. kalau ingin lebih bervariasi bisa ditambah protein hewani seperti udang atau ptpngan dada ayam.

Baca : OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan

7. Tumis Jamur Sebagai Menu Sahur Praktis

Menurut penelitian, jamur bisa membuat perut kita bisa menahan lapar lebih lama ketimbang saat kamu menyantap daging.

tumis jamur

Kamu bisa mengolah jamur dengan cara menumisnya sebagai menu sahur nanti. Jamur yang bisa diolah sangat beragam yaitu jamur tiram, jamur kuping, jamur merang, dan jamur shitake. Kalau bosan ditumis, kamu bisa menggorengnya atau sebagai campuran mi dan sayuran lain.

8. Udang Goreng Tepung Menu Sahur yang Sangat Praktis

udang goreng tepung menu sahur praktis sehat

Nggak apa-apa sesekali menyajikan hidangan laut sebagai menu sahur yang praktis dan sehat. Supaya tidak mepet saat menyiapkan menu sahur yang satu ini, sebaiknya sebelum tidur di malam hari, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Jadi, ketika bangun pagi tinggal menggoreng udang tepungnya saja.

9. Pecel Madiun

Penyuka sayuran atau vegetarian bisa mencoba pecel madiun jadi menu sahur. Ada dua pilihan, bikin sendiri atau membelinya. Sepincuk pecel madiun biasanya terdiri dari nasi putih, sayur mayur seperti bunga turi, daun kemangi, kecambah, daun kenikir dan lainnya lalu disiram sambal pecel yang kental. Tak lupa ada tambahan kerupuk puli atau rempeyek. Ketika membeli, pisahkan sayur dengan bumbu kacangnya agar makanan tidak lekas basi.

10. Rendang Sapi

buna mirza-rendang menu sahur praktis

dokumen pribadi buna mirza

Rasa rendang yang kaya rempah dan gurih bisa dijadikan sebagai menu sahur pertama yang praktis. Meski tak wajib, agar lebih nikmat rendang disajikan bersama sambal ijo, rebusan daun singkong dan nasi hangat. Rendang juga termasuk menu yang tahan lama. Simpan rendang di kulkas. Saat hendak menghidangkannya kamu cukup menghangatkannya saja.

Gimana? Baru baca menu dan membayangkan aja sudah ngiler ya? Yuk segera bikin daftar belanja dan persiapkan dirimu menyambut bulan puasa dengan penuh kegembiraan. (buna mirza)

More Stories

Cover Image for Bisakah Seorang Pemula Merintis Bisnis Tanpa Modal? Ini Lima Cara Mudahnya | Beauty Moms

Bisakah Seorang Pemula Merintis Bisnis Tanpa Modal? Ini Lima Cara Mudahnya | Beauty Moms

Memulai bisnis tanpa modal usaha di zaman digital bukan mustahil lagi. Yang penting memiliki keahlian yang mumpuni.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Jack dan Danil, Kisah Petualangan si Kembar yang Kocak | Beauty Moms

Jack dan Danil, Kisah Petualangan si Kembar yang Kocak | Beauty Moms

jangan lewatkan original series berjudul Jack dan Danil yang sedang ditayangkan layanan streaming Vision+ mulai 4 Februari 2022 pukul 17.00.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Anak-anak yang merasakan kehadiran ayah akan jadi anak yang bahagia. Apalagi saat ayahnya mau mengajak bermain dan bercerita.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Simple Wedding, Ini Ide Agar Perayaan Lebih Hangat dan Intim | Beauty Moms

Simple Wedding, Ini Ide Agar Perayaan Lebih Hangat dan Intim | Beauty Moms

Buat kamu yang tertarik mengenal lebih dekat konsep simple intimate wedding sebagai tema impian pernikahanmu

BM
Buna Mirza