Kenali Macam-macam Ramen Jepang | Beauty Moms

Cover Image for Kenali Macam-macam Ramen Jepang | Beauty Moms
BM
Buna Mirza

Negara Jepang banyak memberikan pesona untuk para pendatang yang berkunjung, seperti daerah wisata ataupun makanan. Jangan lupa untuk mengekplorasi makanan Jepang terkenal seperti Sushi Roll (vinyl fish club), Yakitori, Donburi, Udon, dan masih banyak lagi yang dapat memikat hati kamu.

Salah satu sajian khas negeri Sakura yang mendunia adalah ramen. Selain enak ternyata ramen di Jepang disajikan dengan macam-macam rasa. Ada sekitar 26 jenis ramen, namun tidak perlu diburu semua. Cukup tujuh saja yang paling populer.

Ngomong-ngomong soal ramen, tahu nggak sih apa sebenarnya ramen itu? Mungkin selama ini, yang kamu tahu adalah sajian mi dengan rasa kuahnya yang lezat. Padahal ada sejarah panjang sebelum mi tersebut bisa terhidang di meja. Kata ramen sebenarnya berasal dari Cina. Orang Cina menyebutnya lamian, lalu oleh Jepang kata tersebut “dipinjam” dengan nama ramen. Sekitar tahun 1500-an, ramen disebut shina soba (shina berarti cina) tapi saat ini, umumnya lebih terkenal dengan shuka soba atau ramen saja.

Dulu, tahun 1900, Jepang kedatangan perantau Cina. Mereka membuka kios semacam angkringan dan gerobak warung tenda. Perantau tersebut banyak yang menjual kue ramen dan gyōza untuk para pekerja. Di sana terhidang pula sajian masakan Cina dari Kanton dan Shanghai, salah satunya mi ramen yang diberi beberapa topping dan kaldu dari tulang babi dengan bumbu garam. Hidangan murah meriah itu akhirnya menjadi populer di Jepang.

Ramen umumnya memiliki empat bahan dasar, yaitu tepung terigu, garam, air, dan kansui (air garam/air mineral alkali). Hiroshi Osaki, seorang ahli ramen mengatakan, toko khusus ramen yang pertama kali dibuka adalah di Yokohama tahun 1910. Kansui akhirnya menjadi bahan pembeda dalam ramen, dan berasal dari Mongolia Dalam. Beberapa danau di daerah tersebut memang mengandung sejumlah besar mineral ini. Bahkan ramen akan sempurna jika menggunakan air tersebut.

Baca Juga : Bertabur Genre dan Bintang, Inilah Drama Korea yang Tayang Mei 2021

Macam-macam Ramen yang Ada di Jepang, Tujuh Terpopuler

Sajian ramen biasanya identik dengan paduan kuah gurih, daging dan sayuran. Meski berasal dari Cina, namun restauran ramen bisa ditemukan di hampir setiap sudut negara Jepang. Jumlah variasinya sudah tak terhitung hingga saat ini.

Dari banyaknya macam-macam ramen di Jepang, berikut 7 jenis ramen yang paling umum serta populer dan banyak digemari :

1. Shio Ramen

Buat yang suka rasa asin, coba saja shio ramen. Shio yang bermakna garam ini, merupakan ramen yang pertama dan tertua di jepang. Kira-kira sejak jaman Edo. Itu lho jaman di saat Jepang dipimpin oleh seorang shogun, yakni seorang pimpinan tertinggi dalam militer dan samurai Jepang, sekira tahun 1600-an.

ramen-1.png

Rasa shio ramen terkenal lebih asin dari ramen yang lain. Warna kuahnya bening dan jernih disertai potongan ayam, daun bawang dan potongan rumput laut. Mi yang dipakai dalam penyajian shio ramen umumnya adalah mi tebal dengan bentuk lurus memanjang.

Kaldu shio ramen biasanya berasal dari kaldu ayam. Tetapi tidak menutup kemungkinan berkaldu daging lainnya seperti daging babi. Shio ramen menggunakan topping potongan daging ayam, daun bawang, beberapa sayuran dan juga nori. Tapi kalau kamu memiliki masalah kesehatan terkait asupan sodium, sebaiknya menghindari menyantap jenis ramen ini.

2. Shoyu Ramen

Dalam bahasa Jepang, shoyu artinya kecap. Sesuai dengan artinya, kuah soyu ramen memang terbuat dari kecap. Warna kuah tersebut hitam kecoklatan dengan rasa sominan asin gurih.

ramen-2.png

Kamu yang suka sajian ramen yang klasik dan rasanya ringan di lidah, bisa mencicipi shoyu ramen. Kuah kaldu shoyu ramen biasanya menggunakan daging ayam tetapi bisa juga tergantung tradisi masing-masing daerah. Ada juga yang mengandung unsur daging lainnya seperti daging babi, daging sapi atau ikan.

Mi yang digunakan untuk shoyu ramen adalah jenis mi yang lebih keriting, tapi tidak setebal mi dalam shio ramen. Toppingnya lebih kaya, yaitu rebung, nori, ikan kue, telur rebus, daun bawang dan juga taoge. Jika kamu sedang mengunjungi Tokyo, Shoyu ramen paling banyak ditemukan.

3. Tonkotsu

Selanjutnya adalah ramen tonkotsu yang memiliki ciri khas kuah berwarna putih serta kental.Kuah tersebut terbuat dari tulang babi yang direbus selama berjam-jam sehingga menghasilkan kaldu berlemak warna putih. Rasanya terkenal sangat gurih.

ramen-3.png

Tonkotsu termasuk memiliki banyak penggemar. Tentu karena rasanya yang gurih dan lezat. Mi yang digunakan dalam tonkotsu ramen sama dengan mie pada shio ramen. Tonkotsu biasanya juga disajikan bersama acar jahe.

4. Miso

Usia miso ramen memang tidak setua shio ramen dan shoyu ramen. Bisa dibilang miso ramen merupakan varian baru. Tapi penggemar ramen di Indonesia banyak yang cocok dengan rasa kuah miso yang gurih dan manis.

ramen-4.png

Miso memiliki ciri khas kuah yang lebih kental dan warnanya kuning kecoklatan. Kekentalan miso ramen didapat dari pasta miso yang bercampur kaldu ayam atau ikan. Terkadang juga menggunakan kaldu daging babi. Mi yang digunakan dalam miso ramen lebih tebal, keriting dan tidak terlalu kenyal. Sajian yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai dan beras dengan tambahan sedikit garam tersebut sudah menyebar ke seluruh Jepang. Pasti mudah menemukanya dimana saja.

5. Ramen Kobe

Seperti namanya, ramen kobe merupakan ramen yang berasal dari kota Kobe.

ramen-5.png

Ramen tersebut memiliki ciri khas disajikan dengan berlembar lembar irisan daging. Selain itu sebagai toppingnya, dilengkapi asinan lobak dan sayuran kucai.

6. Ramen Hakodate

Hakodate, kota pelabuhan yang indah di Hokkaido juga memiliki ramen yang khas. Ramen Hakodate cenderung memiliki rasa shio atau asin tapi khas Hakodate.

ramen-6.png

Yang menarik, ramen ini mengunakan bubuk keju sebagai penyedap ramen tersebut. Ramen ini menempati daftar makanan Jepang teratas, yang paling direkomendasikan untuk dicoba.

7. Ramen Kyoto

ramen-7.png

Sebagai pungkasan, ada ramen dari daerah Kyoto. Cita rasa ramen kyoto cukup beragam. Beberapa ada yang memakai rasa kecap asin, tapi ada pula yang kuahnya berminyak dan sangat kental. Biasanya, ramen kyoto akan diberi pelengkap tauge serta irisan daging ayam.

Baca Juga : Tren Kuliner 2021 yang Akan Berkembang Sebagai Peluang Bisnis

Makanan dan Minuman Pendamping Ramen

Tak sekedar sebagai pelepas lapar, bagi orang Jepang menikmati ramen biasanya memerlukan sajian pendamping. Menurut mereka, rasa ramen akan terkesan lebih sempurna jika dilengkapi beberapa makanan dan minuman berikut :

1. Gyoza

gyoza.png

Sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap ramen, biasanya diawali dengan makan gyoza. Gyoza adalah pangsit berisi irisan kubis, bawang putih, daun bawang dan daging. Variannya beragam, mulai dari digoreng, dibakar dan direbus hingga dipadu dengan keju.

2. Ocha

ocha.png

Menyantap ramen biasanya ditemani minuman khas Jepang, Ocha. Kedai ramen biasanya memberi dua pilihan minuman ocha yaitu panas dan dingin. Orang Jepang memang biasa memadukan ramen dengan bir. Tapi bagi yang nggak minum alkohol, nggak usah ikutan ya. Ini sekedar mengenali tradisi mereka aja.

3. Es Krim

Karena ramen sudah gurih dan kaya rasa, sebagai pencuci mulut paling tepat adalah es krim. Es krim dengan rasa teh hijau dan wijen hitam kerap dijadikan pilihan.

ice-cream.png

Nah, dengan informasi tersebut, sekarang kamu lebih mengenal macam-macam ramen yang ada di Jepang. Setiap daerah di Jepang mempunyai jenis ramen yang berbeda-beda, jadi jangan sampai salah pilih. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera kamu.

Yuk Share Artikel Ini !

13 Rekomendasi Glamping untuk Liburan Bersama Keluarga

10 Film Netflix Terbaik untuk Tontonan Bulan Juni 2021

More Stories

Cover Image for BTS Lim Young Woong, dan IVE Bawa Daesang Ini Daftar Lengkap Peraih Melon Music Awards 2022 | Beauty Moms

BTS Lim Young Woong, dan IVE Bawa Daesang Ini Daftar Lengkap Peraih Melon Music Awards 2022 | Beauty Moms

Setelah 3 tahun tanpa penonton karena pandemi global, MMA digelar dengan penonton. Ingin tahu daftar lengkap peraih Melon Music Awards 2022

KA
Kusnia Argana
Cover Image for Berkat Akting Antagonis, Followers Lee Yoo Mi Naik 175 Kali Lipat | Beauty Moms

Berkat Akting Antagonis, Followers Lee Yoo Mi Naik 175 Kali Lipat | Beauty Moms

Popularitas Lee Yoo Mi kini perlahan mulai menanjak. Apa yang diraih wanita cantik ini merupakan hal wajar karena aktingnya luar biasa.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Rachel Vennya Menyesal Kabur dari Karantina | Beauty Moms

Rachel Vennya Menyesal Kabur dari Karantina | Beauty Moms

Rachel Vennya imengaku bahwa dia menyesal telah melakukan hal bodoh di dalam hidupnya, yakni sengaja kabur dari karantina

BM
Buna Mirza
Cover Image for Body Shaming Sangat Melukai Wanita, Ini Beberapa Kategorinya | Beauty Moms

Body Shaming Sangat Melukai Wanita, Ini Beberapa Kategorinya | Beauty Moms

Menyinggung kondisi fisik dan bentuk tubuh alias body shaming akan sangat melukai wanita. Sekalipun dilontarkan dalam bentuk canda

BM
Buna Mirza
Cover Image for 10 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kamu Lho | Beauty Moms

10 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kamu Lho | Beauty Moms

Sudah mencoba berbagai produk kecantikan, tapi hasilnya nihil. Eits, jangan menyerah dulu ya. Jangan-jangan itu disebabkan kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit.

LV
Lobelia Vira