Ladyboss

Tren Kuliner 2021 yang Akan Berkembang Sebagai Peluang Bisnis

Bagi yang memiliki bakat memasak, jangan hanya sekedar jadi hobi. Siapa tahu bakat tersebut bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk keluarga tercinta. Tapi sebelum memulai, perlu melakukan survei nih, apa aja tren kuliner di tahun 2021 yang akan terus berkembang dan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis.

Usaha kuliner merupakan salah satu bisnis yang tahan banting di segala musim. Dengan modal kecil, bisa mendapat keuntungan besar. Selain itu, perputaran uangnya juga cepat dan mudah menjalankannya baik itu di wilayah dengan penduduk padat maupun yang populasinya sedikit.

Kelebihan Bisnis Kuliner

Agar moms lebih yakin, berikut ada beberapa alasan kenapa bisnis kuliner begitu digandrungi di masa kini.

Makanan adalah Kebutuhan Pokok

Pangsa pasar makanan sangat luas karena setiap orang butuh makanan. Mulai dari yang targetnya bisa ditentukan. Misalnya membuat makanan khusus bayi usia MPASI, nasi bento untuk bekal anak sekolah, bisa juga salad bagi penggemar makanan sehat. Jika menarget semua kalangan, bisa membuat makanan cepat saji misalnya.

Untung Lebih Besar

Dibanding jenis usaha lain, bisnis kuliner bisa meraup keuntungan lebih besar. Bisa mencapai 50 persen dari modal bahan. Agar untung harus bisa menentukan harga jual yang tepat. Bukan sangat murah atau sangat mahal, tapi sesuai dengan target pasar.

Supaya hasilnya terus meningkat bahkan berlipat, beauty moms harus bisa meningkatkan branding produk. Misalnya membuat cake marmer 1 loyang seharga Rp 200 ribu, jika menambah dekorasi cake tersebut dengan kue lain, harganya bisa bertambah tiga kali lipat.

Perputaran Uang Cukup Cepat

Bisnis kuliner termasuk bisnis yang modalnya bisa kembali dengan cepat. Apalagi jika menu itu sedang tren di pasaran. Tentu akan datang penggemar-penggemar fanatik yang mengantri untuk membeli. Tapi, wajib diingat, untuk balik modal cepat juga butuh strategi. Harus pandai-pandai membuat strategi pemasaran agar pembeli tertarik. Mesti tahu kebutuhan konsumen.

Modal Kecil

Ini nih yang paling ibu-ibu sukai, modal kecil tapi untung gede. Bisnis kuliner dapat dimulai dengan modal kecil bahkan bisa dilakukan dari rumah. Memasarkannya pun bisa melalui media sosial sehingga menghemat sewa tempat. Beberapa jenis kuliner ringan seperti cireng, risol, sempol ayam, keripik juga tidak memerlukan bahan baku yang cukup besar tapi banyak peminatnya.

Tren Wisata Kuliner

Saat ini, setiap daerah seakan berlomba membangun kawasan wisata kuliner.Pemicunya jelas, wisatawan baik lokal maupun mancanegara senang berburu kuliner khas daerah tersebut.

Apalagi pengguna media sosial makin aktif. Selebgram, tiktokers, vloger, influencer bertebaran dimana-mana. Mereka selalu menyempatkan diri berswafoto dengan makanan yang sedang tren atau makanan daerah tertentu.

Mudah Membuat Cabang Baru

Memanfaatkan penggemar yang loyal menjadi ciri khas bisnis kuliner. Pelanggan setia merupakan marketing gratisan yang bisa memudahkan saat membuka cabang baru. Ibarat madu, sejauh apapun tempatnya tetap akan diburu oleh lebah. Begitu juga jika restoran yang kita dirikan sukses dan dicintai. Maka, akan sangat mudah berkembang.

Butuh Sedikit Pegawai Saat Memulai Usaha

Ketika memulai usaha kuliner, biasanya belum memerlukan pegawai. Kita masih bisa meminta bantuan keluarga dekat. Bisa suami maupun kerabat. Itupun tidak banyak cukup 1 atau 2 orang. Jika pelanggan sudah mulai banyak, kita baru melakukan penambahan pegawai sesuai dengan kebutuhan.

Mudah Menemukan Lokasi Usaha

Bisnis kuliner memiliki konsep yang fleksibel terkait tempat usaha. Apakah di garasi rumah, menyewa ruko, berkeliling, mangkal di depan sekolah dan sebagainya. Tidak harus langsung membuat restoran, bisa pula menggunakan tempat berukuran kecil untuk berjualan yang penting produknya diminati.

Kalau yang lagi tren saat ini adalah dengan menggunakan mobil modifikasi, sebagai contoh food truck. Moms bisa menjual makanan dengan memanfaatkan mobil berukuran besar. Di dalamnya terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Karena bentuknya mobil sehingga dapat berpindah-pindah lokasi.

Selain itu, bisnis online kian marak. Pesan layanan antar kini jadi tren. Sehingga tidak lagi memerlukan tempat strategis untuk jualan. Pelanggan cukup memesan menggunakan gadget, lalu diantar.

10 Ide Kuliner untuk Peluang Bisnis

Setelah mengetahui keuntungan menggeluti bisnis kuliner, kali ini beautymom akan memberikan beberapa ide kuliner yang bisa dijadikan peluang usaha di tahun 2021

1. Rice bowl

Kuliner dari negeri sakura, rice bowl tampaknya masih menjadi tren di tahun 2021. Makanan yang disebut donburi di negeri asalnya ini, memiliki ciri khas, yaitu dalam satu mangkok terdapat nasi putih hangat dan di atasnya diberi lauk, bisa ikan, daging maupun sayuran. Terlihat praktis bukan? Makanya, rice bowl sering dijadikan bekal makan siang orang kantoran dan pelajar.

Bila ingin merintis usaha kuliner rice bowl tidak perlu repot karena proses pembuatannya cukup mudah. Menu-menunya merupakan makanan sehari-hari yang tidak asing di lidah. Moms bisa membuat berbagai variasi seperti nasi daging, nasi telur, nasi ayam, nasi goreng, dan sebagainya. Untuk memberi ciri khas, bisa “bermain” pada bumbu, bisa lada hitam, teriyaki, salted egg, balado, dan lain-lain. Gerai rice bowl biasanya minimalis, karena makanan semacam ini lebih sering dipesan melalui aplikasi online.

2. Ayam Geprek

Siapa yang tidak suka ayam geprek? Saking populernya, sebuah produsen mie instan sampai membuat varian rasa ayam geprek pada produk mereka. Walapun hanya sekedar ayam berbalut tepung yang digeprek dengan sambal pedas, tapi kehadirannya sudah merebut hati banyak orang. Bagi yang ingin membuka usaha ayam geprek juga tak perlu khawatir soal tempat. Bisa mulai dari teras rumah. Cukup sediakan kursi untuk pengunjung. Agar praktis bisa mendaftarkan menu ayam geprek tersebut melalui aplikasi ojek online.

3. Pisang Nugget

Selama ini orang lebih familiar dengan pisang goreng, namun bisnis makanan selalu berinovasi sehingga melahirkan pisang nugget. Jajanan yang satu ini awalnya berasal dari makassar, tapi saat ini sudah menyebar ke seluruh nusantara. Pisang nugget memiliki tekstur yang renyah, berbalut tepung panir sebelum digoreng. Yang membuatnya menarik pisang bisa dipadukan dengan beragam topping di atasnya seperti keju, nutella, green tea, cokelat, oreo dan masih banyak lagi.

Baca : Sepuluh Olahan Lidah Buaya yang Nikmat dan Segar

4. Nasi Bento

Meski sama-sama berasal dari Jepang,

nasi bento berbeda dengan rice bowl. Isian nasi beto biasanya lebih lengkap dan banyak. Tempatnya tidak berupa bowl atau mangkuk, melainkan lebih besar dan bersekat-sekat. Usaha nasi bento sangat cocok dijalankan bagi kamu yang ingin membuat bekal praktis dengan tampilan menarik. Pasar nasi bento juga sangat luas mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Bahan baku nasi bento sendiri cukup mudah ditemukan. Seperti beras, lembaran nori, sosis, udang, telur, nugget, telur, timun, seladda, brokoli, wortel dan sebagainya. Lokasi berjualan nasi bento bisa beragam, kamu bisa membukai gerai di dekat sekolah atau kampus, pinggiran jalan, dekat rumah sakit, dan lain-lain. Agar laku terjual, kamu perlu membuat nasi bento dengan tampilan menarik dan promosikan melalui media sosial.

5. Makanan Sehat Bakal Makin Tren di 2021

Dalam situasi yang rentan virus penyakit seperti saat ini, kesadaran masyarakat tentang kesehatan tubuhnya semakin meningkat. Hal itu berpengaruh pada pola makan mereka. Masyarakat mulai memilih jenis makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang bisa menjaga imunitas tubuh. Jika pandai melihat peluang, bisnis makanan sehat bisa ditekuni.

Misalnya sandwich dengan sayuran segar dan saos yang tidak berlebihan. Sebagai negara yang kaya rempah-rempah berkhasiat, moms bisa menggunakan rempah tersebut sebagai campuran bumbu. Walaupun pangsa pasarnya masih sedikit, masih bisa memulai dan memasarkan dari orang terdekat.

6. Makanan Beku Tetap Jadi Bisnis Kuliner yang Tren di 2021

Makanan beku atau frozen food sudah lama jadi ladang bisnis. Tren bisnis yang satu ini terkesan tidak ada matinya. Kelebihan makanan beku cukup banyak, selain praktis dan cepat juga lebih tahan lama. Modal pembuatan frozen food juga lebih minim. Tak harus membeli freezer khusus, cukup menggunakan freezer di kulkas yang ada di rumah.

Jika hasilnya sudah lumayan besar, baru menambah modal freezer baru. Saat ini frozen food bisa dijual secara online di marketplace, sehingga bisa berjualan dari rumah saja. Layanan pengiriman juga mulai berbenah. Adanya pengiriman instan dengan jaminan barang bisa sampai dalam beberapa jam saja bisa kamu gunakan

7. Aneka Keripik

Masyarakat Indonesia merupakan penggemar keripik. Bahan baku yang melimpah seperti singkong, kentang, dan buah-buahan misalnya pisang, apel, mangga bisa dijadikan keripik. Keuntungan berjualan keripik adalah pembuatannya yang mudah dan bisa bertahan lama.

Terkait modal, kamu bisa menekannya agar tidak terlalu besar. Modal di bawah Rp 500 ribu pun sudah bisa berjualan keripik. Jika kamu bisa membuat brand yang unik dan kemasan yang menarik, pasti deh keripikmu bakal laris manis.

8. Pancake

Pancake sebenarnya hanyalah kue dadar yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan susu. Meski begitu, pancake memiliki kesan mahal karena bentuknya yang menarik. Tapi jika ingin menjangkau semua kalangan, kamu bisa mengurangi kualitas bahan dan porsinya agar harga jualnya lebih miring. Varian pancake yang bisa kamu jadikan bisnis kuliner misalnya berbahan dasar pisang dan durian.

Aneka topping yang menawan seperti whipped cream, buah-buahan, keju maupun coklat bisa menambah daya tarik pembeli. Kamu juga bisa menjualnya di tempat-tempat strategis seperti lingkungan kampus, sekolah, kawasan pekerja, tempat wisata dan lain sebagainya.

Baca : 10 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Tak Kalah dengan Wanita Karier

9. Roti Bakar

Kuliner ini identik sebagai kuliner di malam hari. Roti bakar nikmat disantap saat kongkow bersama teman dan keluarga sambil mengobrol santai. Memulai usaha roti bakar tidak lah sulit. Sebagai langkah awal kamu bisa menggunakan garasi maupun teras rumahmu untuk berjualan.

Tempat yang nyaman dan harga yang murah menjadi kunci kesuksesan penjualan roti bakar. Varian topping

kekinian bisa menjadi nilai tambah untuk jualan kamu. Misalnya membuat roti bakar asin berisi tuna pepper, sosis sapi dan sebagainya. kamu juga bisa membuat roti bakar manis isi nuttela, keju, pisang dan masih banyak lagi.

10. Dessert Box

Usaha kuliner dessert box bisa mendulang omzet semanis rasanya. Dessert box kerap disajikan sebagai makanan penutup. Penyajiannya dalam kotak makanan dengan tampilan menggoda. Makanan yang ditata cantik dalam kotak bening ini dibuat berlapis-lapis.

Biasanya dasar boxnya diberi kue sponge lalu lapisi krim lembut, di atasnya lagi bubuk coklat, kemudian beri topping biskuit namun bisa juga berupa potongan buah. Dessert box memiliki tekstur yang lembut dan creamy sehingga banyak orang suka. bisa menjadikannya peluang bisnis di tahun 2021 dengan menjajakannya secara online memakai jasa pesan antar.

Ide bisnis kuliner yang akan terus berkembang di tahun 2021 tersebut, semoga bisa sesegera mungkin memanfaatkan peluang. Saya doakan lancar dan sukses. (buna mirza)

Share
Buna Mirza

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal…

3 minggu ago

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini…

3 bulan ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago