Cara Merawat Kulit Agar Glass Skin ala Wanita Korea | Beauty Moms

Cover Image for Cara Merawat Kulit Agar Glass Skin ala Wanita Korea | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

Cara Merawat Kulit Agar Glass Skin ala Wanita Korea

Memiliki kulit bersih saja sebenarnya belum cukup untuk menunjang kecantikan. Alangkah baiknya jika mengiringi kulit bersih dengan kulit yang sehat, lembab dan halus. Seperti sebelumnya, jika membahas tren kecantikan tentu tidak lepas dari glass skin look yang menjadi model perawatan wanita Korea Selatan. Glass skin menampilkan kulit wajah yang tidak hanya bersih, tetapi juga halus mulus sebening pantulan kaca. Saking mulusnya, kulit terlihat seperti tidak memiliki pori-pori.

Glass skin awalnya sangat populer menjadi suatu tren kecantikan wanita di Korea. Di mana keadaan kulit wajah berada pada tingkat kelembapan optimal, sehingga kulit menjadi lebih kencang ternutrisi. Tampilan glass skin hampir sama dengan dewy skin, hanya saja glass skin menampakan finishing kulit wajah lebih glowing sehat alami. Jika dalam teknik makeup, dewy skin menggunakan foundation atau bb cream sebagai base makeup. Tetapi glass skin hanya menggunakan moisturizer atau cc cream saja.

Pasti sobat Beautymom pernah melihat aktris atau idol korea memiliki kulit cantik glass skin bukan? Untuk mendapatkan kulit seperti itu, banyak wanita melakukan berbagai cara. Seperti mempelajari teknik makeup, memburu produk perawatan kulit bahkan sampai mendatangi klinik kecantikan.

Kali ini Beautymom akan mengupas tuntas langkah untuk mendapatkan glass skin look pada kulit wajah ala wanita korea.

Baca Juga : Tampil Lebih Muda Dengan Makeup Natural ala Wanita Korea

Jangan Lewatkan Perawatan Kulit Secara Rutin!

Kunci utama untuk memiliki glass skin look adalah rutin mengaplikasikan skincare. Sebenarnya banyak sekali cara untuk mendapatkan glass skin ini, hanya saja lebih baik jika kulitmu nampak lebih sehat alami dengan skincare bukan? Nah, ini dia beberapa langkah skincare untuk memperoleh glass skin idaman.

1. Lakukan Double Cleansing

Saat melakukan kegiatan sehari-hari, debu dan kotoran akan menempel pada wajah. Untuk itu penting sekali untuk melakukan dua tahap pembersihan yaitu dengan oil based dan water based. Wanita Korea mempercayai dengan double cleansing kulit tak hanya lebih bersih dan sehat maksimal, tetapi juga menjadi kenyal berkilau.

double cleansing untuk membersihkan sisa maje up

Langkan pertama, membersihkan wajah dengan cleansing balm. Produk tersebut terbukti ampuh mengangkat debu dan kotoran serta makeup waterproof yang menempel pada wajah. Selain cleansing balm, memilih micellar water atau cleansing milk sebagai pembersih pertama juga dapat menjadi solusi. Setelah itu, bilaslah wajah dengan face wash yang ringan dan anti irritant.

2. Eksfoliasi Kulit

Untuk mendapatkan glass skin look lakukanlah eksfoliasi kulit secara rutin dua minggu sekali. Eksfoliasi mampu mengangkat sel kulit yang menumpuk, membatu meregenerasi kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Oleh karena itu tekstur wajah akan lebih halus, mulus dan jauh dari

Scrub dapat mengangkat sel kulit mati

Terdapat dua jenis eksfoliasi kulit, yaitu physical exfoliate dan chemical exfoliate tergantung dari jenis kulit masing-masing. Physical exfoliate yaitu mengeksfoliasi kulit dengan menggunakan butiran scrub baik scrub sintetis atau berasal dari butiran biji-bijian. Sedangkan chemical exfoliate yaitu mengeksfoliasi kulit menggunakan zat kimia seperti AHA, BHA, PHA.

3. Toner

Tahap selanjutnya yaitu menghidrasi kulit dengan mengaplikasikan toner wajah. Kulit lembap dan kencang memberikan efek glossy pada wajah. Selain melembabkan, toner juga mengembalikan PH kulit wajah sehingga kulit siap untuk menerima tahapan skincare selanjutnya.

toner merupakan kunci kulit lembab

Komposisi yang biasanya terdapat pada rangkaian hydrating toner antara lain hyaluronic acid, ceramide, aloevera, vitamin E dan ekstrak buah-buahan atau bunga. Patikan toner mu tidak mengandung astringent didalamnya.

4. Essence dan Serum

Bahan aktif pada essence atau serum ternyata juga dapat memberikan efek glassy pada kulitmu jika menggunakannya secara rutin. Banyak sekali jenis essence atau serum yang dapat dicoba, namun alangkah lebih baik jika menyesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulit. Karena essece dan serum bekerja menuntaskan permasalahan kulit secara lebih spesifik.

serum membatu mengenyalkan kulit

Selain dengan penggunaan rutin, garis halus dan pori-pori akan tersamarkan sehingga kulit akan terlihat lebih mulus seperti kulit bayi. Kandungan skincare yang dapat membantu memberikan efek glass skin antara lain vitamin C, tea tree, centella asiatica, niacinamide, mineral.

5. Sheet Mask

Rangkaian skincare untuk mendapatkan glass skin ala wanita korea selanjutnya dengan menggunakan sheet mask. Bahan aktif yang terkandung dalam sheet mask bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit, menenangkan kulit lelah dan juga melembapkan kulit.

untuk mendapatkan glass skin ala wanita korea gunakanlah sheet mask secara rutin

Sebenarnya sheet mask tak perlu dipakai setiap hari. Cukup satu minggu sekali atau ketika kulit membutuhkan nutrisi ekstra. Karena essence yang terkandung dalam satu lembar sheet mask sudah mampu menutrisi kulit kurang lebih satu minggu.

Dalam memakai sheet mask yang benar, sobat Beautymom cukup menunggu hingga 15-20 menit saja. Jangan biarkan sheet mask mu mengering di wajah ya, setelah itu tepuk-tepuk kulit wajahmu supaya essence dari sheet mask menyerap sempurna.

6. Moisturizer

Merupakan dasar perawatn kulit yang tidak boleh terlewat, moisturizer menjadi kunci untuk mendapatan glass skin sehat terawat. Moisturizer mampu menghidrasi kulit secara optimal dan juga mengunci kelembapan alami kulit. Gunakan pelembab sesuai kondisi kulitmu dan pelembab yang memberi klaim mampu menghidrasi sehingga akan menimbulkan efek glass skin.

moisturizer menghidrasi dan mengunci kelembapan kulit

Moisturizer juga dapat digunakan sebagai base makeup agar nampak lebih natural. Untuk itu pilihlah moisturizer ringan dan bersifat tone up untuk hasil riasan lebih lembut dan tahan lama.

7. Tabir Surya

Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Tabir surya melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radiasi yang mengakibatkan flek hitam dan penuaan dini. Tak perduli seberapa banyak produk skincare yang telah diaplikasikan. Namun, jika tidak mengenakan tabir surya rasanya seperti sia-sia karena skincare tidak bekerja dan memberi manfaat secara optimal.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen saat berkegiatan di luar rumah

Maka dari itu gunakanlah tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 dan PA +++ supaya kulit dapat terlindungi maksimal. FYI, baiknya melakukan reapply tabir surya setiap 3 – 4 jam sekali ya, dear. Namun tak perlu khawatir jika sobat Beautymom sedang menggunakan makeup dan ingin reapply tabir surya. Saat ini telah tersedia tabir surya dalam bentuk spray, jadi tak perlu untuk menghapus makeup ya.

Baca Juga: 7 Kesalahan Menggunakan Sunblock

Trend Makeup Glass Skin Look

Setelah mengaplikasikan skincare secara merata, langkah selanjutnya makeup ala glass skin look. Wanita Korea banyak menggandrungi trend makeup glass skin karena menjadikan kulit terlihat lebih muda. Pilihlah produk makeup dengan klaim memberikan hasil dewy, glowing, hydrating atau sejenisnya. Kira-kira seperti apa caranya ya?

1. Gunakan Cushion atau CC Cream

Untuk menghasilkan makeup glass skin alami ala wanita Korea, hindari menggunakan foundation matte atau foundation high coverage sebagai base makeup. Jenis foundation seperti ini akan terasa heavy di kulit dan tidak menghasilkan finishing glow. Sebaliknya, pilihlah base makeup seringan mungkin seperti cushion atau cc cream untuk hasil lebih natural.

CC cream berperan sebagai base makeup

Tambahkan sedikit concealer untuk menutupi noda hitam atau bekas jerawat pada wajah. Seperti pada sekitar bibir, bawah mata dan sekitar noda gelap lainnya.

2. Pulaskan Sedikit Blush On

Walau terkenal dengan makeup natural, tak ada salahnya memulaskan sedikir blush on krim pada area tulang pipi. Pilihlah blush on dengan tekstur krim atau cair karena lebih mudah menyatu dengan kulit wajah. Tampilan kulit akan terlihat lebih segar, merona dan bercahaya apabila terkena cahaya matahari.

pilihlah blush on liquid karena mudah untuk di baurkan

Kunci utama membaurkan blush on krim adalah mengaplikasikannya sedikit mungkin pada area tulang pipi lalu merapikannya dengan sponge. Agar lebih natural, warna blush on seperti peach atau coral menjadi rekomendasi sempurna.

3. Mengaplikasikan Loose Powder Pada Bagian T- Z seeone

Mungkin ada beberapa yang mengira bahwa tampilan makeup glass skin tidak memerlukan bedak tabur. Ternyata, makeup glass skin pun memerlukan bedak tabur tetapi hanya pada area T-zone saja yaitu mulai dari dahi, hidung dan sekitar dagu. Gunanya untuk mengontrol minyak berlebih khususnya pada wanita pemilik jenis kulit berminyak. Namun jika memiliki jenis kulit kering disarankan untuk tidak mengaplikasikan bedak tabur, karena akan memberikan hasil riasan matte.

loos powder mampumenahan minyak di area T-zone

Sobat Beautymom dapat memilih loose powder atau translucent powder untuk setting riasan karena memiliki butiran yang lebih halus dan hasil akhir sheer.

4. Highlighter

Makeup glass skin ala wanita korea pasti identik dengan kemilau pada sekitar wajah. Kunci untuk mendapatkan efek glass skin terletak pada pemakaian highlighter.

highlighter memberikan efek glass skin ala wanita korea

Pilihlah highlighter berbentuk liquid atau creamy untuk memberikan hasil glow lebih alami. Untuk makeup glass skin cukup pulaskan highlighter pada sekitar tulang pipi, hidung dan alis setelah menggunakan blush on.

Melakukan Pola Hidup Sehat

Banyak beauty influencer mangatakan bahwa merawat kecantikan tak cukup dari luar saja atau tergantung pada produk kecantikan yang kita gunakan. Sejatinya, kecantikan yang telah kita miliki harus kita rawat dari dalam agar terhindar dari penuaan dan terjaga kesehatannya. Oleh karena itu penerapan pola hidup yang baik menjadi langkah awal untuk menjaga kecantikan kulit.

1. Pilihlah Makan-Makanan Bergizi

Banyak orang ingin memiliki glass skin agar terlihat awet muda, hingga mendatangi berbagai klinik kecantikan. Padahal untuk mendapat kulit cantik dapat memulainya dengan mengubah pola makan. Dari hobi mengkonsumsi junk food sampai mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Memberikan asupan makanan bernutrisi adalah bentuk mencintai tubuh dan diri sendiri

buah dan sayur memberi nutrisi yang cukup

Makanan tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama kulit wajah. Untuk itu jika mendambakan tampilan glass skin yang sehat, baiknya mengontrol apa yang kita konsumsi. Mulailah beralih mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung anti oksidan untuk menjaga kesehatan kulit.

Makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan wajah antara lain tomat. Sayuran satu ini mengandung zat likopenin yang melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Brokoli, mengandung banyak vitamin C, lutetin dan zinc yang mampu menangkal radikal bebas. Ikan, mengandung omega-3 yang menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Dan alpukat, yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan lemak sehat yang mampu melawan tanda penuaan dini.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Untuk yang sering malas minum air putih, yuk mulailah untuk minum air putih cukup. Karena air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan loh. Dengan minum air putih yang cukup setiap hari kulit akan terhindar dari dehidrasi. Jika sudah dehidrasi kulit akan terasa sangat kering, terutama pada bagian wajah. Pasti tidak ingin kan kulit wajah terasa kering, cenderung kasar dan tidak terhidrasi dengan baik?

dengan banyak minum air putih, kulit akan menjadi lebih segar

Beberapa manfaat minum air putih untuk kecantikan antara lain menjaga kelembapan dan kelembutan kulit, membuat kulit bercahaya dan menghambat penuaan dini.

Wajah glass skin, mulus, sehat , berseri menjadi dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit yang cantik tentu memerlukan perjuangan. Dengan cara-cara yang telah Beautymom rangkum, semoga dapat membantumu mewujudkan kulit cantik impian. Yuk rawat dan sayangi kulitmu mulai sekarang.

More Stories

Cover Image for Mengaku Bosan Jadi Artis, Sibuk Produseri Film | Beauty Moms

Mengaku Bosan Jadi Artis, Sibuk Produseri Film | Beauty Moms

Nikita mengaku bikin film. Nikita tak lagi beradu akting, dalam film itu dia menjabat sebagai eksekutif produser.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ganindra Bimo Ceritakan Pesan Moral Film Kamu Tidak Sendiri | Beauty Moms

Ganindra Bimo Ceritakan Pesan Moral Film Kamu Tidak Sendiri | Beauty Moms

Film garapan sutradara Arwin Wardhana, Kamu Tak Sendiri bakal segera tayang di bioskop 17 Februari 2022.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta | Beauty Moms

Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta | Beauty Moms

ide hiasan cupcake terus berkembang mengikuti tren dan jika dikemas menarik akan membuat penggemarnya jatuh cinta. Topingnya juga beragam

BM
Buna Mirza
Cover Image for Cari Jodoh di Medsos dan Situs Dating, Berikut Tipsnya | Beauty Moms

Cari Jodoh di Medsos dan Situs Dating, Berikut Tipsnya | Beauty Moms

Cari jodoh melalui medsos atau situs dating sebenarnya cukup berisiko. Untuk itu, pelajari tips cari jodoh berikut supaya kamu tidak kecewa.

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Sama seperti pakaian, musik, dan media, pola pengasuhan orang tua terhadap anak juga memiliki trennya sendiri. Bagaimana tren parenting 2021?

BM
Buna Mirza