Tampil Lebih Muda dengan Makeup Natural ala Wanita Korea | Beauty Moms

Cover Image for Tampil Lebih Muda dengan Makeup Natural ala Wanita Korea | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

Tampil Lebih Muda dengan Makeup Natural ala Wanita Korea

Tren makeup ala wanita Korea dari dulu tak pernah padam dan selalu mendapat perhatian karena memberikan look yang fresh dan natural. Terlebih lagi, banyak selebriti Korea yang selalu tampil menawan dan awet muda dengan makeup yang terlihat seperti no makeup makeup look. Pecinta drama dan musik Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan trend makeup seperti ini. Tampilannya yang sederhana dengan kulit glowing seperti kaca menjadi idaman bagi setiap wanita.

Pasti banyak dari kamu yang mengenal Yoona Girls Generation. Artis sekaligus personil idol legendaris debutan SM Entertainment ini tidak hanya terkenal karena bakatnya namun juga kecantikan paripurnanya bak dewi. Dalam beberapa acara Yoona sering menggunakan makeup natural dan membuat orang terkagum-kagum. Karena, meski mengenakan makeup kecantikan alami Yoona tetap tepancar dan terlihat seperti tidak menggenakan makeup.

Oleh karena itu, Yoona mendapat julukan dari Top Beauty World sebagai wanita paling cantik di dunia karena wajahnya yang memukau dan awet muda walau usianya sudah menginjak 30 tahun.

Kira-kira apa ya rahasia makeup Yoona hingga terhilat sangat natural?

Perbedan Make up Korea dan Makeup Barat

Saat memasuki dunia kecantikan lebih dalam, kita akan menemukan dua trand make up hits yang berbeda. Yaitu gaya makeup Korea dan makeup Eropa. Gaya makeup Korea biasanya lebih soft dan menonjolkan sisi natural di wajah sehinggal terlihat lebih muda. Sedangkan gaya makeup barat tampil lebih bold dan menonjolkan sisi tegas pada wajah.

Make up ala wanita Korea berbeda dengan makeup perempuan barat

Make up ala wanita Eropa menekankan bold dengan menonjolkan sisi tegas

Kebanyakan wanita Korea menyukai bentuk alis yang lurus dan warna dan sesuai dengan warna rambutnya. Selain itu untuk riasan mata, mereka lebih senang jika matanya terlihat lebih besar. Solusi bagi yang memiliki mata kecil dapat menggunakan eyelid tape kemudian menempelkannya pada kelopak mata sehingga terlihat lebih besar. Selain itu dapat juga menggunakan eyeliner dengan membuat ujung garis yang lebih kebawah untuk hasil mata lebih bulat.

Pada gaya makeup Barat, biasanya alis dibuat lebih tegas dengan bentuk melengkung dan sedikit tajam pada ujungnya agar terlihat lebih dewasa. Makeup Barat juga lebih memfokuskan pada bentuk fitur wajah dengan melakukan counturing pada bagian yang ingin ditonjolkan.

Perbedaan lain antara keduanya adalah, finishing gaya makeup wanita Korea lebih dewy dengan kulit yang terlihat lembab dan glowing. Sedangkan makeup barat memiliki finishing yang matte dan flawles.

Untuk kamu yang terarik dengan makeup natural ala wanita Korea, simak terus ya!.

Kunci utama dari kulit glowing ala wanita Korea adalah mengaplikasikan moisturizer terlebih dahulu sebelum mengenakan makeup. Biasanya wanita korea mengenakan hydrating toner, serum, pelembab wajah dan sun screen sebagai langkah untuk menjaga kelembaban kulitnya.

1. Moisturizer First

Moisturizer dapat membuat makeup mu stay lebih lama dan kulit mu senantiasa lebih kenyal glowing natural. Menggunakan sunscreen sebelum makeup juga penting loh girls, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selian itu menggunakan sun screen dapat mencegah munculnya kerutan-kerutan pada wajah dan membuat wajah lebih awet muda. Pasti gak mau dong sudah mengenakan makeup secara maksimal, tapi kulit terlihat kering dan nampak gak sehat.

Kunci utama dari kulit glowing ala wanita korea adalah mengaplikasikan moisturizer terlebih dahulu sebelum mengenakan makeup

Untuk memilih moisturizer yang tepat pastikan produk tersebut memiliki komposisi melembabkan dan sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu juga dapat memilih produk dengan claim tone up untuk mengcover noda hitam pada wajah dan mencerahkan.

2. Tampil Natural dengan BB Cushion

Setelah moisturizer langkah selanjutnya adalah mengapliasikan BB Coushion keseluruh wajah. Pasti sering dong kamu melihat wanita Korea pada drama favoritmu menggunakan BB Cushion untuk touch up.

Setelah moisturizer langkah selanjutnya adalah mengapliasikan BB Coushion keseluruh wajah. Pasti sering dong kamu melihat wanita korea pada drama favoritmu menggunakan BB Cushion untuk touch up.

BB Cushion merupakan base makeup berbentuk compact dengan tekstur cair dan sedikit creamy. Wanita Korea lebih sering menggunakan BB Cushion dari pada foundation, karena lebih ringan di wajah dan memberikan finishing makeup lebih dewy dan glowing sehingga kulit terlihat lebih awet muda.

Sedangkan, foundation memiliki bentuk tube dengan tingkat coverage yang tinggi dan termasuk heavy makeup. Sehingga lebih cocok menggunakannya pada acara-acara formal. Tidak seperti BB Coshion, kamu dapat menggunakannya untuk daily makeup.

Untuk mendapatkan tampilan kulit lebih awet muda, kamu cukup mengambil BB Cushion dengan sponge yang telah tersedia. Kemudian, mengaplikasikannya pada wajah dengan cara menepuk-nepuk perlahan. Kamu cukup menggunakan BB Cushion tipis-tipis dan tak perlu berlebihan. Cara ini dapat memberikan hasil yang natural seperti kulit asli.

3. Menggunakan Concealer sebagai Andalan

Makeup ala wanita Korea selanjutnya adalah mengaplikasikan concealer untuk menyamarkan kantung mata dan noda hitam pada wajah. Concealer, foundation dan BB Cushion memiliki perbedaan dari segi kandungan dan kegunaan. Biasanya foundation dan BB Cushion mengandung SPF dan moisturizer, sehingga kamu tidak hanya menggunakannya sebagai makeup tetapi juga sebagai perawatan kulit. Kamu juga dapat mengaplikasikan produk tersebut keseluruh wajah.

Makeup ala wanita korea selanjutnya adalah mengaplikasikan concealer untuk menyamarkan kantung mata dan noda hitam pada wajah

Sedangkan pada concealer, kita hanya dapat mengaplikasikannya pada bagian tertentu saja. Selain dapat menutupi noda pada wajah, menggunakan concealor juga dapat memberikan tampilan yang segar pada makeup. Dalam memilih warna concealer pun tak boleh sembarangannya ya, pilihlah warna yang senada dengan kulitmu atau satu tingkat diatasnya supaya terlihat natural.

Baca juga: 10 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kamu Lho

4. Pilihlah Loose Powder

Setelah mengcover wajahmu dengan base makeup, langkah selanjutnya membaurkan loose powder supaya makeup mu tahan lama. Mengapa loose powder? Karena loose powder memiliki partikel yang lebih kecil, halus dan ringan dikulit serta mampu mengontrol minyak berlebih di banding compact powder.

Setelah mengcover wajahmu dengan base makeup, langkah selanjutnya membaurkan loose powder supaya makeup mu tahan lama.

Mengaplikasikan loose powder sangat mudah. Cukup balurkan pada bagian wajah yang sering berminyak seperti t-zone dan sebaiknya kecualikan bagian pipi supaya mendapatkan hasil akhir dewy.

Dalam memilih loose powder yang tepat sesuaikan dengan warna kulitmu. Kamu juga dapat menggunakan translucent powder jika ingin hasil makeup lebih natural. Kemudian, dapat menyemprotkan setting spray supaya kulit terlihat lebih fresh dan menimbulkan efek “basah”.

Untuk tampil lebih muda dengan makeup ala wanita Korea sebaiknya hindari countoring dan shading tebal. Teknik seperti ini biasa digunakan pada makeup Barat untuk mempertegas fitur wajah. Sedangkan makeup Korea mengutamakan kulit terlihat halus dan mulus alami. Biasanya, makeup Korea hanya menggunakan highlighter untuk mendapat tampilan glowing.

5. Fake Eyegyo-sal

Memiliki kantung mata kecil merupakan dambaan bagi wanita Korea. Kantung mata disini berbeda dengan kantung mata akibat kurang tidur ya girls. Eyegyo sal berbentuk lipatan mata yang muncul ketika tersenyum. Tampilan mata eyegyo-sal seperti ini membuat seseorang terlihat lebih awet muda. Maka tak sedikit orang yang melakukan operasi untuk mendapatkan eyegyo-sal.

Sebenarnya untuk membuat eyegyosal pada makeup natural ala wanita korea itu mudah kok. Pertama kamu dapat mencoba tersenyum untuk menampakan kantung mata alamimu. Setelah itu, membuat outline dibawah kantung mata menggunakan eyeshadow atau eye pencil yang sesuai dengan warna kulitmu ya. kemudian, mengaplikasikan eye shadow putih dibawah mata dan bland perlahan. Kamu juga dapat mengaplikasikan highlighter untuk membuat eyegyo-sal lebih menonjol.

6. Riasan Mata yang Peachy

Makeup mata favorit untuk tampilan lebih muda ala wanita korea adalah bernuansa peach. Warna keoren-orenan seperti buah peach ini banyak disukai karna memberikan look yang fresh dan natural pada wajah

Makeup mata favorit untuk tampilan lebih muda ala wanita Korea adalah bernuansa peach. Warna seperti buah peach ini banyak disukai karena memberikan look yang fresh dan natural pada wajah. Selain itu, warna pink soft, nude dan coral juga menjadi andalan untuk look yang lebih girly dan menggemasakan.

Untuk mendapatkan makeup mata yang natural ala wanita korea sangat mudah. Kamu dapat memilih eyeshadow dari warna-warna tersebut. Kemudian mengaplikasikan warna netral terlebih dahulu keseluruh eyelid sampai ke crease dan bagian bawah mata sebagai base. Setelah itu pilih warna yang kamu suka dan membaurkannya pada sekitar eyelid saja, blend perlahan.

Buatlah gradasi dengan warna yang sama namun lebih sedikit lebih gelap dan mengaplikasiknnya disekitar crease. Hal terakhir yang sangat penting adalah menggunakan shimmer pada eyelid untuk mempertegas makeup.

7. Half Moon Eyeliner

Gaya makeup half moon eyeliner atau bulan sabit ini dapat membuat ilusi tampilan mata lebih besar. Salah satu selebriti Korea yang sering menggunakan tampilan mata seperti ini adalah IU. Artis sekaligus penyanyi asal negeri ginseng ini memiliki bentuk mata seperti terangkat keatas dan membuatnya terlihat lebih muda.

Gaya makeup half moon eyeliner atau bulan sabit ini dapat membuat ilusi tampilan mata lebih besar. Salah satu selebriti korea yang sering menggunakan tampilan mata seperti ini adalah IU

Kunci untuk membuat look eyeliner seperti IU adalah meyamakan titik dari ujung mata sampai ujung dalam mata secara sejajar. Setelah itu membuat tightline mata menggunakan eye pencil dan tarik garis lurus dari ujung dalam mata keluar. Setelah itu kamu dapat mengaplikasikan eyeliner di atas bulu mata dengan acara yang sama. Pada bagian ujung mata, kamu dapat menariknya lebih ke bawah tanpa membuat wing untuk hasil mata lebih besar natural.

8. Bulu Mata Lentik Natural

Supaya terlihat lebih cantik perhatikan juga bentuk bulu mata mu. Untuk mendapatkan makeup  mata yang lentik natural

Supaya terlihat lebih cantik perhatikan juga bentuk bulu mata mu. Untuk mendapatkan makeup mata yang lentik natural, sebaiknya kamu lebih memilih menggunakan maskara dari pada bulu mata palsu.

Hal utama untuk mendapatkan bulu mata lentik alami kamu harus menjepit bulu mata mu dengan eyelash curler. Pastikan semua bulu mata mu sudah terjepit sempurna dan terangkat keatas. Setelah itu sisir bulu dengan menggunakan spoolie untuk memastikan bahwa bulu mata sudah terangkat keatas secara rapih. Kemudian aplikasikan maskara secara perlahan secara zig-zag dari bulu mata bagian dalam keluar.

Tips apabila produk maskaramu kering, kamu dapat merendamnya dengan air hangat. Kamu juga dapat memilih jenis sikat rubber wand mascara untuk mencegah penggumpalan saat mengaplikasinnya pada bulu mata.

9. Blush untuk Hasil Merona

Langkah selanjutnya, untuk membuat tampilan lebih muda dengan make up ala wanita Korea kamu dapat membuat gaya fruit juice look yang sedang trand. Fruit juice look adalah tampilan makeup wajah seperti buah baru matang yang terlihat segar. Tampilan seperti in banyak disukai wanita Asia karena membua wajah terlihat lebih manis dan merona

Langkah selanjutnya, untuk membuat tampilan lebih muda dengan make up ala wanita korea kamu dapat membuat gaya fruit juice look yang sedang trand.

Untuk mendapatkan look seperti ini kamu dapat menggunakan blush dengan dominasi warna peach, soft pink atau coral. Warna blush yang digunakan biasanya senada dengan warna eyeshadow hingga lipstik.

Sebaiknya saat mengaplikasikan, cukup sapukan blush melebar kesamping wajah supaya terlihat lebih natural dan tidak menarikya kearah atas tulang pipi. Karena, jika kamu menyapukan blush kearah atas tulang pipi akan memberikan kesan tegas pada fitur wajah dan menjadikanmu terlihat dewasa.

Jika kamu ingin tampil lebih stunning, cukup tambahkan highlighter ya girls.

10. Ombre Lips ala Wanita Korea

Makeup natural ala wanita Korea selanjutanya yaitu menggunakan produk pewarna bibir dengan teknik ombre. Tren ini merupakan gaya membuat gradasi pada bibir yang banyak disukai wanita karena bibir terlihat lebih cantik.

Makeup natural ala wanita korea selanjutanya yaitu menggunakan produk pewarna bibir dengan teknik ombre

Yang sebaik kamu lakukan adalah menggunakan pelembab bibir terlebih dahulu supaya bibir mu terlihat lebih lembab dan sehat. Langkah selanjutanya menyapukan bedak atau concealor, teknik ini dapat memberikan kesan pop up pada warna bibirmu. Kemudian, aplikasikan lipstik dengan warna yang lebih soft terlebih dahulu ke seluluh bibir mu.

Selanjutnya, mengaplikasikan warna yang lebih terang pada sepertiga bagian dalam bibirmu dan blend perlahan supaya menghasilkan gradasi yang indah. Jika menyukai tampilan glossy, kamu dapat menambahkan lip gloss transparan pada teknik akhir.

Nah, dengan cara-cara tersebut kamu dapat tampil lebih muda dengan makeup natural ala wanita korea. Tertarik untuk mencobanya? Share ceritamu di kolom komentar ya!.

More Stories

Cover Image for Ganindra Bimo Ceritakan Pesan Moral Film Kamu Tidak Sendiri | Beauty Moms

Ganindra Bimo Ceritakan Pesan Moral Film Kamu Tidak Sendiri | Beauty Moms

Film garapan sutradara Arwin Wardhana, Kamu Tak Sendiri bakal segera tayang di bioskop 17 Februari 2022.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ingin Prediksi Wajah Bayi Berikut 4 Aplikasi yang Populer | Beauty Moms

Ingin Prediksi Wajah Bayi Berikut 4 Aplikasi yang Populer | Beauty Moms

Media sosial belakangan ini ramai dengan aplikasi prediksi wajah bayi. Apalagi setelah sejumlah selebriti mengunggahnya dalam media sosial

KA
Kusnia Argana
Cover Image for 10 Artis Korea Awet Muda, Makin Bertambah Usia Kian Mempesona | Beauty Moms

10 Artis Korea Awet Muda, Makin Bertambah Usia Kian Mempesona | Beauty Moms

Artis Korea ini usianya sudah tidak muda lagi. Namun wajah artis korea ini tetap awet muda, bak gadis lajang kadang berperan sebagai pelajar

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for 10 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Tak Kalah dengan Wanita Karier | Beauty Moms

10 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Tak Kalah dengan Wanita Karier | Beauty Moms

Bahkan tidak sedikit usaha rumahan yang penghasilannya tidak kalah dengan wanita karier.

TS
Tamara Suci