Tips Memilih Pakaian Wawancara Untuk Wanita | Beauty Moms

Cover Image for Tips Memilih Pakaian Wawancara Untuk Wanita | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Tips Memilih Pakaian Wawancara Untuk Wanita

Wawancara merupakan momentum penting yang akan menentukan masa depan. Wawancara merupakan cara perusahaan mengenal pribadi seseorang secara langsung. Maka jalani proses wawancara dengan cara yang baik dan benar. Selain menilai dari hasil wawancara, pihak perusahaan juga akan menilai calon pegawainya dari penampilan dan sikap. Maka dari itu penting untuk para calon pekerja dalam memilih dan memperhatikan pakaian yang sesuai untuk sesi wawancara. Inilah tips memilih pakaian untuk wawancara

Hal yang Perlu Dihindari Saat Wawancara

Bagi sebagian besar orang proses wawancara menjadi sesi yang menegangkan, karena akan berhadapan langsung dengan pimpinan perusahaan. Pada sesi wawancara akan ada banyak hal yang akan dinilai. Mulai dari cara berbicara, menjawab pertanyaan, cara duduk bahkan cara bagaimana seseorang berpakaian. Hal-hal tersebut akan menunjukkan pribadi dari orang itu.

Sebagai calon pegawai tentu mengharapkan sesi wawancara berjalan dengan lancar. Agar wawancara dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan, maka ada beberapa hal yang seharusnya para calon pegawai hindari agar tidak mendapat nilai jelek dari HRD Perusahaan.

Penampilan adalah hal pertama yang akan mendapatkan nilai dari HRD Perusahaan, maka dari itu harus memperhatikan cara berpakaian agar terlihat menarik. Sebelumnya itu, ada beberapa hal yang harus calon pegawai hindari ketika sesi wawancara. Pertama hindari menggunkan rok yang sangat pendek. Untuk para perempuan jika wawancara menggunakan rok pendek, maka terlihat tidak sopan bagi HRD. Hal kedua tidak menggunakan make up berlebihan. Jika ingin menggunakan make up, gunakanlah make up yang sederhana dan tidak terlalu mencolok.

Tips Memilih Pakaian Untuk Sesi Wawancara

Menyesuaikan gaya pakaian merupakan langkah yang bijak saat proses wawancara. Bila akan menjalani wawancara pada pekerjaan model, public relation, kecantikan, desain, periklanan dan juga retail maka gunakan pakaian yang bertema Fashion Forward Casual.

Tampilan dengan tema Fashion Forward Casual ini cocok untuk sesi wawancara pada perusahaan kreatif. Bila dilihat, gaya pakaian ini casual namun versi formal. Kamu bisa menggunakan kemeja polos ataupun motif namun dengan warna netral yaitu hitam putih. Gunakanlah kemeja yang berlengan panjang dan bagi perempuan bisa juga gunakan rok selutut agar tetap terlihat sopan.

Tips Memilih Pakaian Untuk Sesi Wawancara

Jika wawancara pada perusahaan keuangan, bisnis, konsultan, firma hukum, akuntansi dan pemasaran, maka tema pakaian yang cocok adalah Business Profesional. Bagi pria bisa berupa jas klasik berwarna biru tua ataupun hitam yang dikombinasikan dengan kaos polos yang ada di dalamnya. Jika menggunakan rok, maka gunakanlah rok yang panjangnya selutut atau bahkan lebih panjang dari lutut. Agar terkesan lebih menarik gunakan juga sepatu berwarna hitam atau nude. Dan yang perlu kamu ingat untuk wawancara pada bidang ini yaitu tidak menggunakan setelan dan aksesoris yang terlihat mencolok.

Selain tema pakaian diatas, ada banyak ide fashion untuk wawancara terutama untuk para wanita. Berikut ini adalah macam-macam inspirasi busana untuk pergi wawancara yang bisa digunakan agar terlihat stylish namun tetap formal dan sopan.

Ide Busana Wawancara Kerja

1.Setelan Blazer Dengan Warna Yang Senada

Setelan blazer kini menjadi fashion yang banyak kaum wanita gunakan. Meskipun terlihat formal, namun tetap terlihat keren apabila untuk sehari-hari. Gabungan dari setelan blazer dan bawahan celanan kain juga akan terlihat menarik dan cocok untuk sesi wawancara.

Tips Memilih Pakaian Wawancara  dengan blazer senada dengan celana

Bisa pula menggunakan balazer yang berwarna netral lainnya selain hitam dan putih, seperti abu-abu, cream dan coklat. Karena setelan blazer sudah terlihat formal, maka memakai blazer dengan warna lain pun tetap akan terlihat sopan. Agar telihat lebih fashionable bisa mengkombinasikan beberapa aksesoris

2.Setelan Tunik dan Celana

Wawancara dengan menggunakan setelan tunik dan celana adalah pilihan yang tepat. Meskipun penampilan seperti ini adalah tampilan untuk sehari-hari, namun akan tetap terlihat sopan apabila kamu gunakan untuk sesi wawancara.

tunik dan celana untuk busana wawancara

Jika kamu menggunakan fashion seperti ini maka akan tidak hanya terlihat sopan namun juga fashionable. Untuk para hijabers juga bisa mennggunakan jilbab dengan warna yang berbeda namun tetap senada. Agar tampilan lebih menarik bisa tambahkan aksesoris seperti tas atau heels.

3.Atasan Motif

Mungkin banyak yang menganggap jika pada saat melakukan sesi wawancara harus menggunakan pakaian yang polos, namun pernyataan ini salah. Menggunakan atasan bermotif juga sangat cocok jika untuk sesi wawancara.

Tips Memilih Pakaian Wawancara dengan baju atasan bermotif

Namun jika ingin menggunakan atas bermotif, gunakanlah motif yang tidak rame dan warna yang mencolok. Pilihlah motif baju yang sederhana dengan warna kalem, netral atau pastel. Untuk hijabers bisa gunakan jilbab yang memiliki warna yang sama dengan baju.

4.Atasan Detail Ikat

Ada banyak sekali jenis pakaian yang memiliki detail tali. Ada tali yang bisa diikat pada bagian depan dan juga belakang.

pakaian dengan detail ikatan untuk sesi wawancara

Model baju degan detail ikat seperti ini bisa untuk rekomendasi kamu ketika akan pergi wawancara. Karena dengan menggunakan jenis atasan ikat akan memberikan kesan profesional. Agar tampilan lebih menarik lagi, bisa gunakan celana kulot atau rok.

5.Blazer Bermotif

blazer bermotif sebagai busana yang tepat untuk wawancara

Ada dua jenis blazer yang biasa wanita gunakan yaitu polos dan motif. Selain blazer polos bisa pula memakai blazer dengan motif saat wawancara.

Gunakanlah blazer dengan motif berani namun dengan warna yang gelap, juga tidka masalah. Kombinasikan juga dengan celana plazo yang berwarna netral, maka akan membuat tampilan menjadi fashionable namun tetap sopan.

6.Dress

Wawancara tidak harus selalu menggunakan setelan yang formal. Menggunakan dress saat wawancara juga menjadi pilihan terbaik. Namun jika ingin menggunakan dress pada saat wawancara, perhatikan telebih dahulu dress yang akan kamu gunakan.

wawancara menggunakan dres

Pastikan dress tersebut memiliki model lengan panjang. Karena dengan menggunakan dress akan memberikan kesan santai namun tetap formal.

7.Kemeja Panjang

Wawancara dengan menggunakan kemeja yang panjang menjadi pilihan terbaik. Karena kemeja panjang akan memberikan kesan formal. Agar lebih menarik, kombinasikan bawahan dengan celana panjang.

Tips Memilih Pakaian Wawancara dengan baju kemeja panjang

Fashion yang satu ini memang sangat simple, namun tetap membuat kamu menjadi lebih mempesona. Menggunakan kemeja panjang juga bisa sebagai tips memilih pakaian wawancara.

8.Kemeja dan Vest

wawancara dengan mengkombinasikan kemeja dengan vest

Memadupadankan kemeja dengan vest kini menjadi fashion yang banyak wanita suka. Fashion ini menjadi trending di kalangan wanita dan menjadikannya sebagai busana sehari-hari. Selain bisa sebagai busana harian, penampilan seperti ini juga sangat cocok digunakan untuk pakaian wawancara. Meskipun terlihat santai, namun tidak menghilangkan kesan formalnya dan akan tetap sopan jika untuk wawancara.

Bagaimana? Sudah menemukan banyak referensi pakaian untuk wawancara kan? Untuk kamu yang akan wawancara tidak perlu bingung lagi memilih baju yang mana, bisa ikuti model busaha yang sudah dijelaskan. Namun yang terpenting dari sebuah berpakaian adalah kenyamanan. Maka dari itu tetap harus memilih jenis pakaian yang nyaman untuk kamu gunakan namun tetap harus terlihat sopan ya beauty moms! (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Apink Bakal Comeback 14 Februari Mendatang dengan Album Bertajuk "Horn" | Beauty Moms

Apink Bakal Comeback 14 Februari Mendatang dengan Album Bertajuk "Horn" | Beauty Moms

Apink bakal segera comeback dengan album teranyar mereka, bertajuk "Horn". Hal itu terkonfirmasi dari pernyataan anggota Apink, Yoon Bomi

BM
Buna Mirza
Cover Image for Remake Lagu Menghapus Jejakmu Trending, Video klipnya Libatkan Angga-Vanesha | Beauty Moms

Remake Lagu Menghapus Jejakmu Trending, Video klipnya Libatkan Angga-Vanesha | Beauty Moms

Grup Band NOAH meremake lagu Menghapus Jejakmu ini. Pada versi remake ini video klipnya diperankan Angga Yunanda dan Vanesha Prescilla.

KA
Kusnia Argana
Cover Image for Seniman Rias Pengantin Papan Atas Jazirah Arab Ini Bisa Jadi Referensi Ide Make Up Pernikahmu | Beauty Moms

Seniman Rias Pengantin Papan Atas Jazirah Arab Ini Bisa Jadi Referensi Ide Make Up Pernikahmu | Beauty Moms

Berikut adalah karya-karya make up memukau besutan beberapa penata rias Arab ternama yang dapat dijadikan inspirasi riasan pengantin

FK
Fairy Kent
Cover Image for 31 Ide Kencan Sederhana yang Menyenangkan | Beauty Moms

31 Ide Kencan Sederhana yang Menyenangkan | Beauty Moms

Jika tertarik pada kencan sederhana yang mudah dan menyenangkan cobalah salah satu ide sederhana berikut ini, mulai nonton hingga piknik,

KR
Karidha Rani
Cover Image for Rekomendasi Film Terbaru Asia di Viu | Beauty Moms

Rekomendasi Film Terbaru Asia di Viu | Beauty Moms

macam-macam Rekomendasi Film Terbaru Asia seperti Jepang, China, Thailand dan Korea di Viu yang asik ditonton sendiri ataupun bersama teman

ES
Elmeira Sabrina