Mengatur Keuangan Saat Ramadan, Agar Belanja Lebih Tepat | Beauty Moms

Cover Image for Mengatur Keuangan Saat Ramadan, Agar Belanja Lebih Tepat | Beauty Moms
NA
Naraya Ayudia

Mengatur Keuangan Saat Ramadan, Agar Belanja Lebih Tepat

Bagi umat muslim, bulan Ramadan merupakan momen yang sangat ditunggu setiap tahunnya. Bulan penuh rahmat yang disambut dengan suka cita. Selain beribadah puasa, umat muslim lebih banyak berbagi pada sesama di bulan ini. Bagi ibu rumah tangga, selama Ramadan biasanya juga menyiapkan menu berbuka puasa terbaik buat anggota keluarganya. Untuk itu perlu mengatur keuangan saat Ramadan agar belanja lebih tepat sesuai kebutuhan, bukan semata sesuai keinginan.

Mengatur Keuangan Saat Ramadan-Agar Belanja Lebih Tepat

Pada dasarnya setiap memasuki bulan Ramadan kebutuhan akan meningkat. Karena di bulan ini sebagian orang biasanya menghabiskan uang lebih untuk memenuhi kebutuhan. Seperti untuk membeli kebutuhan makanan untuk menu berbuka puasa dan sahur, menyajikan takjil di masjid atau mushala serta berbagi sesama. Pada akhir Ramadan biasanya juga belanja untuk hidangan dan pakaian untuk merayakan Idul Fitri. Itu hal yang wajar dan sudah semestinya. Maka dari itu perlu mengatur keuangan untuk belanja saat bulan Ramadan agar pengeluaran tepat sasaran. Berikut caranya:

Buatlah Rencana Keuangan

Buatlah Rencana Keuangan

Saat Bulan Ramadan telah tiba, buatlah rencana keuangan. Pisahkan anggaran untuk berbelanja menu sahur dan buku puasa, membeli pakaian idul Fitri, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Pastikan anggaran tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Anggarkan semua kebutuhan secara detail dan rinci. Ini memudahkan untuk mengalokasikan dana ke semua kebutuhan.

Susun Prioritas Kebutuhan

Setelah membuat daftar rencana keuangan di langkah awal, mulailah menyusun sesuai skala prioritas. Mulai dari pengeluaran tertinggi misalnya bayar cicilan, dan juga kebutuhan yang biasa kamu keluarkan di hari biasa setiap bulannya. Kemudian pengeluaran sehari-hari seperti makanan, dan pengeluaran kusus seperti bayar zakat fitrah, sedekah ataupun pakaian Idul Fitri. Pastikan
semua kebutuhan terpenuhi dengan baik.

Stok Belanja Selama Sebulan

Biasanya kebutuhan pokok selama bulan Ramadan mengalami kenaikan. Kenaikan harga ini pasti akan berdampak besar pada pengeluaran bulanan. Padahal kita pasti membutuhkan bahan pokok untuk membuat makanan saat ramadan, dan kebutuhannya pun biasanya lebih besar.

Stok Belanja Selama Sebulan

Untuk berhemat, berbelanjalah bahan makanan yang bisa tahan untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga tidak perlu membeli barang ketika terjadi kenaikan harga. Selain lebih hemat juga tidak perlu berkali kali belanja dan menyita banyak waktu.

Buat Daftar Menu Selama Ramadan

Saat bulan Ramadan bisa membuat daftar menu makanan setiap harinya di saat sahur maupun buka puasa. Selain mencatat berapa orang yang menikmati hidangan, catat juga bahan pangan apa saja yang dibutuhkan dan menghitung berapa banyak yang dibutuhkan.

Buat Daftar Menu Selama Ramadan

Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menghitung berapa banyak pengeluaran selama sebulan. Selain itu, membuat kamu tidak mempunyai sisa makanan berlebih dan terbuang sehingga lebih berhemat.

Catat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian menjadi cara mengatur anggaran bulanan kamu. Dengan mencatat pengeluaran tiap harinya, bisa mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan dalam satu hari tersebut. Sehinggga jika terjadi pengeluaran berlebihan dapat lebih cepat mengetahuinya dan cepat memperbaikinya.

Memasak Sendiri Bila Lebih dari Dua Orang

Untuk satu keluarga besar memasak sendiri jauh lebih hemat. Karena dengan lonjakan harga kebutuhan makanan jika memasak sendiri pengeluran pun akan sedikit lebih murah. Walaupun di luar banyak penjual makanan, jangan sampai selalu tergiur untuk membelinya tiap hari. Tetapi untuk sesekali tidak masalah jika kamu sedang ingin tidak memasak.

Memasak Sendiri Bila Lebih dari Dua Orang mengatur keuangan Ramadan

Dengan memasak sendiri bisa menyiapkan menu berbuka atau sahur sesuai keinginan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Berbeda bila untuk satu atau dua orang, lebih baik beli makanan yang sudah jadi. Karena pengeluaran untuk proses memasaknya tidaklah sedikit. Malah jadi boros bila mememasak sendiri.

Batasi Buka Puasa di Luar

Saat bulan Ramadan pasti akan sering menerima ajakan buka bersama di luar. Ini hal yang wajar tentunya, karena merupakan bagian dari menyambung silaturahmi dengan orang lain. Tapi usahakan jangan terlalu sering buka puasa di luar. Karena biasanya untuk makan di restoran biayanya sedikit lebih mahal.

BACA JUGA : OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan

Belum lagi pengeluaran yang lain yang kadang di luar budget yang telah disiapkan. Mungkin sesekali boleh agendakan untuk buka puasa bersama teman teman, itu tidak akan mengganggu keuangan.

Membuat Kue Lebaran Sendiri

Hampir semua harga kebutuhan pokok setiap bulan Ramadan pasti ada kenaikan. Untuk harga makanan sendiri cukup signifikan kenaikannya. Ini menjadi alasan untuk penjual kue lebaran meningkatkan harga jualnya. Bila uang cukup beli saja, sebab tidak perlu repot. Namun bila budgetnya terbatas bisa buatl kue lebaran sendiri.

Membuat Kue Lebaran Sendiri untuk mengatur keuangan Ramadan

Dengan membuat kue lebaran sendiri bisa lebih hemat. Terkadang kita jadi bisa membuat varian kue lebih dari satu bahan dasar. Ini sedikit lebih melelahkan dan menyita waktu, tapi akan lebih puas dengan hasil yang diharapkan. Bagi yang tidak bisa membuat kue, belajarlah dari internet.

Tahan Berbelanja Berlebihan

Ketika memasuki bulan Ramadan banyak toko memberikan diskon besar besaran. Meski itu sangat menggiurkan namun harus bisa menahan keinginan untuk membeli sesuatu secara berlebihan. Belilah sesuatu yang memang menjadi kebutuhan. Cermat memilih mana yang dibutuhkan dan mana yang diinginkan agar tidak boros. Cobalah fokus dengan kebutuhan utama agar tidak boros.

Komitmen dengan Rencana Keuangan

Komitmen dengan rencana keuangan yang sudah dibuat itu merupakan hal yang penting. Semua rencana akan sia-sia jika tidak mempunyai komitmen untuk menjalankannya. Usahakan rencana tersebut tidak ada yang terlewat. Ini juga dapat melatih dalam mengatur keuangan keluarga.

Nah itu dia cara mengatur belanja saat Ramadhan agar tidak berlebihan. Sehingga kamu bisa belanja tepat sasaran sesuai kebutuhan dan terhindar dari sifat boros. Bijaklah dalam mengatur keuangan. (naraya ayudia)

More Stories

Cover Image for Berkat Akting Antagonis, Followers Lee Yoo Mi Naik 175 Kali Lipat | Beauty Moms

Berkat Akting Antagonis, Followers Lee Yoo Mi Naik 175 Kali Lipat | Beauty Moms

Popularitas Lee Yoo Mi kini perlahan mulai menanjak. Apa yang diraih wanita cantik ini merupakan hal wajar karena aktingnya luar biasa.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Demam Lee Je Hoon? Inilah 6 Drama yang Sukses Dibintanginya | Beauty Moms

Demam Lee Je Hoon? Inilah 6 Drama yang Sukses Dibintanginya | Beauty Moms

Selain Taxi Driver, tahun ini Lee Je Hoon Juga membintangi drama Move To Heaven. Berikut drama sukses yang dibintangi Lee Je Hoon

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for 5 Makanan yang Dihindari Saat Buka Puasa | Beauty Moms

5 Makanan yang Dihindari Saat Buka Puasa | Beauty Moms

Banyak makanan yang harus dihindaAda beberapa makanan yang dihindari saat buka puasa agar tubuh tetap fit dan

ES
Elena Soraya
Cover Image for Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Sama seperti pakaian, musik, dan media, pola pengasuhan orang tua terhadap anak juga memiliki trennya sendiri. Bagaimana tren parenting 2021?

BM
Buna Mirza
Cover Image for 10 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Tak Kalah dengan Wanita Karier | Beauty Moms

10 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Tak Kalah dengan Wanita Karier | Beauty Moms

Bahkan tidak sedikit usaha rumahan yang penghasilannya tidak kalah dengan wanita karier.

TS
Tamara Suci