5 Cara Merapikan Alis Mudah Untuk Pemula | Beauty Moms

Cover Image for 5 Cara Merapikan Alis Mudah Untuk Pemula | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

5 Cara Merapikan Alis Mudah Untuk Pemula

Membuat penampilan terlihat sempurna sebenarnya cukup kompleks. Banyak sekali detail yang memerlukan perhatian khusus untuk menunjang style agar lebih maksimal. Seperti mengaplikasikan make up, gaya berbusana dan aksesori cantik sebagai pendukung. Pada tampilan make up saja, agar terlihat lebih mempesona sudah banyak hal yang perlu diperhatikan. Seperti memilih warna lipstick sampai merapikan bagian alis. Merapikan alis sebenarnya tidak sulit, bahkan terbilang mudah sekalipun untuk pemula. Ada cara-cara mudah untuk merapikan alis untuk pemula dengan cara sederhana tidak butuh waktu lama.

Merapikan alis sudah menjadi tren kecantikan sejak dulu.Para wanita melakukan hal tersebut supaya wajahnya lebih fresh dan terawat. Bentuk alis yang rapi akan memberikan kesan indah pada mata. Pepatah lama mengatakan, jatuh cinta berawal dari mata lalu turun ke hati, jadi tidak ada alasan untuk tidak memperhatikan keindahan mata terutama pada bagian alis.

Walaupun terbilang cukup mudah, merapikan alis untuk pemula juga memerlukan ketelatenan ya gils. Salah-salah, bukan alis indah terawat yang didapat justru malah sebaliknya. Coba bayangkan saat stylemu sudah oke, make upmu sudah on point tetapi alismu berantakan terlalu lebat atau terlalu tipis pasti “engga banget” deh.

Nah, berikut adalah manfaat merapikan alis dalam dunia kecantikan.

Merapikan Alis Memberikan Memberikan Kesan Wajah Terawat

Selain untuk memberikan kesan mata serta wajah indah, mencukup alis untuk pemula juga memiliki beragam manfaat loh. Yuk simak penjelasan berikut :

1. Memberikan Bentuk Alis yang Seimbang

Sering merasa tidak percaya diri karena bentuk alis kanan dan kiri terlihat berbeda? Solusinya adalah merapikan alis dengan cara mencukur bulu panjang yang tumbuh pada area alis. Untuk pemula yang baru pertama kali ingin merapikan alis, baiknya menguasai tata cara mencukur alis dasar dengan baik terlebih dahulu.

Untuk merawat alis yang telah rapi supaya tetap sehat, adalah dengan mengoleskan minyak kemiri

Dengan begitu bentuk alis akan terlihat lebih rapi serta simetris dengan wajah. Riasan yang sudah stay on di wajah pun akan lebih sempurna. Untuk mendapat hasil maksimal, tak ada salahnya merapikan alis di salon kecantikan atau oleh professional.

Untuk merawat alis yang telah rapi supaya tetap sehat, salah satu caranya dengan mengoleskan minyak kemiri secara rutin. Minyak kemiri mampu menjaga ketebalan alis dan merangsang pertumbuhannya.

2. Memperlihatkan Sisi Mata yang Indah

Mata merupakan sumber penglihatan, seseorang dapat merasakan jatuh cinta hanya memalui tatapan mata. Oleh sebab itu, banyak wanita berlomba-lomba memperindah bagian matanya. Peralatan makeup mata pun sangat beragam mulai dari eye shadow, eye liner sampai mascara. Hal yang jangan sampai terlewat adalah alis mata.

Merapikan alis untuk pemula supaya mampu meperlihatkan mata indah

Alis mata tidak rapi dengan bulu alis yang tak beraturan tentu sangat menggangu keindahan mata. Langkah utama untuk mengembalikan keindahannya dengan mecukur bulu-bulu tersebut. dengan begitu matamu dapat memancarkan keindahan.

Selain itu, bentuk mata yang kurang proposional juga dapat kita samarkan dengan dengan bentuk alis. Jika jarak antara mata terlalu jauh, buatlah bentuk alis memanjang yang berdekatan pada kedua ujungnya. Jadi tak ada lagi kata insekyur karena bentuk mata.

3. Mempertegas Bentuk Wajah Lebih Menawan

Ternyata bentuk alis juga menentukan tampilan wajah. Bentuk alis yang sempurna dapat membingkai bentuk wajah secara keseluruhan. Bagi wanita yang memiliki alis tebal dapat mencukurnya secara berkala supaya dapat memiliki bentuk alis sesuai keinginan.

Bentuk alis yang sempurna ternyata dapat membingkai bentuk wajah secara keseluruhan

Sedangkan bagi wanita pemilik alis tipis, dapat menebalkannya secara alami dengan minyak kemiri atau lidah buaya. Menebalkan alis dengan membentuknya dengan pensil alis menjadi alternatif yang efektif untuk mendapatkan tampilan alis tebal.

Lalu, bagaimana alis dapat mempertegas bentuk wajah ya? Begini, jika memiliki bentuk wajah oval bentuk alis line shape menjadi pilihan yang sesuai. Bentuk alis shape line seperti ini membuat wajah terlihat lebih muda.

Ada lagi alis celurit, bentuknya menukik ke atas dan sedikit menurun dengan garis yang panjang. Memang bentuk alis celurit tidak terlihat natural, tetapi dapat memberikan efek dramatis pada wajah.

Baca Juga : Menyelaraskan Lipstik Dengan Warna Hijab Agar Tampil Mempsona

Teknik Merapikan Alis dengan Mudah, Pemula Wajib Mencobanya

Mencukur atau merapikan alis sebenarnya memiliki beberapa cara serta tahapan yang berbeda

Tanpa disadari salah satu hal terpenting pada bagian wajah adalah alis. Mencukur atau merapikan alis sebenarnya memiliki beberapa cara serta tahapan yang berbeda-beda.

1. Cara Merapikan Alis dengan Teknik Trimming

Trimming atau mencukur merupakan teknik merapikan alis paling mudah untuk pemula supaya mendapatkan bentuk alis idaman. Walaupun mudah, melakukannya juga perlu perhitungan agar mendapatkan alis yang proporsional.

Trimming merupakan teknik mencukur alis paling mudah untuk pemula

Hal pertama yaitu mengompres alis dengan air hangat, ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit bagian alis sehingga alis mudah terpangkas. Jangan lupa juga untuk membersihkan alis sebelumnya, supaya tidak ada bakteri atau kotoran yang masuk ke dalam pori-pori penyebab jerawat.

Setelah itu, membingkai alis dengan menentukan tiga titik utama menggunakan pensil alis secara tipis. Cara ini memudahkanmu supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses mencukur dan untuk mengetahui batasan dalam mencukur alis.

Mulailah menyikat alis dengan sisir khusus secara perlahan dari ujung dalam ke ujung luar untuk mengetahui bagian yang perlu dicukur. Jika terlalu takut untuk mencukurnya, oleskankan gel rambut atau pelembap sehingga bulu-bulu alis yang terlalu panjang mudah terlihat. Untuk menipiskan alis, gunakan gunting kecil khusus.

Setelah menipiskan sedikit bulu alis, kemudian perhatikan bingkai alis yang telah dibuat sebelumnya. Cukurlah secara perlahan pada bagian luar bingkai, pastikan supaya alis terbentuk rapi sesuai dengan bingkai alis. Untuk menghindari kemerahan akibat mencukur alis, oleskan aloe vera.

2. Threading Alis Memberikan Tampilan Lebih Rapi dan Presisi

Banyak wanita menggandrungi trend mencukur alis dengan teknik threading karena memiliki beragam kelebihan dengan hasil memuaskan. Berbeda dengan teknik mencukur alis lainnya, threading alis dapat memberikan hasil lebih presisi karena menggunakan benang yang sekaligus berfungsi seperti penggaris.

threading alis dapat memberikan hasil lebih presisi

Pada prosesnya, teknik threading menggunakan benang sebagai alat untuk merapikan alis dangan mencabut folikel bulu-bulu pada alis.

Tak perlu khawatir jika memiliki kulit sensitif dan mudah memerah. Teknik ini menjadi rekomendasi sebab prosesnya yang cepat dan lembut sehingga mengurangi rasa sakit.

Kita dapat menemukan threading alis pada salon kecantikan, pastikan yang melakukan teknik ini adalah para ahli dalam bidang kecantikan .

Cara mencukur alis menggunakan teknik threading sendiri terbilang cukup aman untuk pemula. Teknik ini menggunkan dua buah benang yang masing-masing benang dililitkan pada bagian bulu alis dan kemudian menggerakannya sampai tercabut sempurna.

3. Sebelum Waxing Alis, Pertimbangkan Hal Berikut

Waxing merupakan proses mencabut bulu menggunakan cairan lilin. Yaitu dengan cara mengoleskan cairan lilin pada bulu-bulu tubuh lalu menutupnya dengan waxing strap kemudian mencabutnya berlawanan arah dari arah tumbuhnya bulu. Teknik ini sangat efektif untuk menghilangkan bulu hingga ke akarnya dan mencegahnya tumbuh dengan cepat.

Waxing merupakan proses mencabut bulu menggunakan cairan lilin

Metode waxing alis pada prosesnya juga tak jauh berbeda dengan waxing pada umunya. Mencukur alis menggunakan metode wax untuk pemula awalnya terasa mengerikan. Selama memiliki pengetahuan yang cukup, kita dapat melakukannya dengan baik. Namun, jika merasa khawatir hasilnya tidak memuaskan kunjungilah salon kecantikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sebelum melakukan waxing alis, terlebih dahulu harus membersihkan alis dengan air hangat untuk membukan folikel pori-pori. Setalah itu oleskan lilin khusus waxing alis pada bagian atas luar alis dan bawah alis kemudian menutupnya dengan waxing stap. Bulu alis yang tercabut akan menempel pada waxing strap.

Waxing alis menjadi rekomendasi sempurna bagi yang memiliki alis lebat dan panjang. Intensitas melakukan waxing alis tergantung dari ketebalan alis seseorang. Oleh karena itu dalam proses waxing membutuhkan kesabaran. Proses waxing alis tidak dianjurkan untuk penderita kulit sensitif dan berjerawat.

4. Merapikan Alis Menggunakan Pinset (Tweezing)

Sebelum mencabut bulu-bulu alis dengan pinset, terlebih dahulu membasuhnya dengan air atau mengoleskan pelembap dan mendiamkannya beberapa saat. Ini berguna untuk membuka pori-pori sehingga mampu mengurangi rasa sakit akibat mencabut bulu alis menggunakan pinset.

untuk pemula dapat merapikan alis dengan pinset

Jangan lupa untuk menyisir alis ke arah atas menggunakan spoolie untuk mempermudah mengidentifikasi bulu-bulu alis yang panjang. Memilih pinset yang tepat juga menjadi hal yang penting untuk kenyamanan. Pinset yang memiliki ujung miring dan tumpul lebih mudah menggunakannya dan tidak melukai kulit.

Mencukur atau merapikan alis menggunakan pinset dapat menjadi pilihan bagi pemula yang masih kesulitan menggunakan pisau cukur khusus alis.

5. Sulam Alis (Microblading)

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan teknik sulam alis demi mendapatkan bentuk alis idaman. Sulam alis tentu berbeda dengan tattoo alis ya girls, di mana tattoo alis menggunakan tinta permanen dan bulu alis akan dicukur habis. Berbeda dengan sulam alis yang menggunakan pigmen warna semi permanen dan menghasilkan bentuk natural karena bulu-bulu alis tidak dipangkas habis.

sulam alis ternyata mampu membuat alis lebih rapi

Sulam alis dengan teknik microblading yaitu mengisi bagian kosong pada alis dengan pigmen warna yang membentuk serat-serat bulu asli. Teknik ini mampu menghasilkan bulu-bulu yang seakan timbul menjadi terlihat lebih alami dan rapi.

Ada beberapa teknik microblading mulai dari microblading 2D, 4D dan 6D tentu saja memiliki hasil yang berbeda pula. Pada microblading 2D, bulu alis akan ditambahkan sesuai kebutuhan. Microblading 4D, bulu alis buatan akan dibuat seakan akan timbul. Sedangkan microblading 6D, akan menambahkan efek bayangan pada bulu alis buatan, efek inli membuat alis lebih hidup.

Dari penjelasan tersebut, teknik mana yang menjadi pilihanmu? Tentu saja, dari beragam teknik dan metode memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Untuk itu baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada para ahli kecantikan agar mendapatkan alis indah dan rapi sesuai impian.

Komen ceritamu di bawah ya..

See you!!!

More Stories

Cover Image for 9 Film Bioskop yang Tayang Desember 2022, Dari Komedi Hingga Horor | Beauty Moms

9 Film Bioskop yang Tayang Desember 2022, Dari Komedi Hingga Horor | Beauty Moms

Akhir tahun ini, Moms bakal ditemani 9 film bioskop yang tayang Desember 2022. Dari komedi hingga horor semua ada.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Belum Resmi Cerai, Nindy Ayunda Sudah Punya Kekasih Baru | Beauty Moms

Belum Resmi Cerai, Nindy Ayunda Sudah Punya Kekasih Baru | Beauty Moms

Kasus perceraian penyanyi Nindy Ayunda dan Askara Parasady Harsono ternyata masih berlanjut di persidangan.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Diduga Nikah 24 Kali, Vicky Prasetyo Masuk Daftar Hitam KUA? | Beauty Moms

Diduga Nikah 24 Kali, Vicky Prasetyo Masuk Daftar Hitam KUA? | Beauty Moms

Presenter itu diduga sudah menikah 24 kali hingga masuk daftar hitam Kantor Urusan Agama (KUA).

BM
Buna Mirza
Cover Image for Style Fashion Ikonik Dalam Berbagai Macam Film | Beauty Moms

Style Fashion Ikonik Dalam Berbagai Macam Film | Beauty Moms

style fashion ikonik pada film yang diingat para penonton dan menjadi ciri khas dari tokoh dan karakter tersebut dalam film

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for 7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia | Beauty Moms

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia | Beauty Moms

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari berpotensi menyebabkan stres. Cara ampuh untuk mengatasi stres adalah dengan....

LV
Lobelia Vira