10 Pilihan Makanan untuk Sahur Ala Korea | Beauty Moms

Cover Image for 10 Pilihan Makanan untuk Sahur Ala Korea | Beauty Moms
NA
Naraya Ayudia

10 Pilihan Makanan untuk Sahur Ala Korea

Lagi bosan dengan menu sahur yang itu- itu saja? Bagaimana kalo mencoba menu baru? Untuk yang lagi bosan dengan menu sahur yang biasa. Tidak ada salahnya mencoba menu baru. Selain dapat mengembalikan semangat untuk sahur, juga bisa mendapatkan sensasi yang berbeda dengan menu yang baru. Kali ini Beauty Moms akan merekomendasikan makanan untuk sahur ala negeri gingseng , Korea Selatan.

Ternyata banyak loh makanan Korea Selatan yang cocok buat menu sahur. Meski resepnya sederhana, namun cukup bergizi untuk menemani ibadah puasa dengan keluarga.
Ini beberapa makanan Korea Selatan yang bisa dijadikan menu baru untuk sahur selama Bulan Ramadan :

1. Kimbap Makanan untuk Sahur Ala Korea dengan Gizi Seimbang

Makanan ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga murah. Terbuat dari Nasi, rumput laut kering, wortel, timun, telur dan masih banyak bahan lainnya.

Kimbap-makanan sahur korea

Pembuatan kimbab juga dapat disesuikan dengan keinginan kita. Karena bahan dasarnya berupa nasi dan rumput laut kering. Sedangkan isiannya tergantung selera masing-masing. Ini salah satu menu Korea yang gizinya seimbang, karena selain karbohidrat dari nasi, kita juga bisa mendapatkan protein dari telur, dan vitamin dari sayurnya. Selain enak, juga tidak membuat kita boros jika di santap selama bulan Ramadan.

2. Bibimbap Nasi dengan Lauk Lima Warna

Memiliki perpaduan warna yang cantik pada penyajiannya, mungkin sebagian orang mengira ini adalah makanan mahal. Padahal bibimbap adalah makanan sederhana dengan bahan- bahan yang mudah di dapat. Konon penyajiannya juga harus terdiri dari 5 warna dasar.

Bibimbap-makanan sahur korea

Membuat Bibimbap terbilang cukup unik, karena sebelum mencampurnya, semua bahan ditata dengan sangat rapi. Bahannya terdiri dari nasi yang dimasukan wadah terlebih dahulu, kemudian di atasnya dikasih bahan terdiri wortel, lobak, sayur , jamur, telur dan masih banyak yang lainnya. Dihidangkan panas panas cocok menghangatkan waktu sahur kamu.

3. Bokkeumbap

Bokkeumbap adalah jenis makanan yang sama dengan nasi goreng. Dalam penyajiannya bokkeumbap biasanya memiki bahan dasar yang berbeda beda. Juga terdapat topping seperti telur goreng, biji wijen dan daun bawang cincang.

Bokkeumbap-makanan sahur korea

Makanan ini sangat mudah disiapkan dan murah, bahkan menjadi salah satu hidangan favorit Korea Selatan. Selain itu bahan tambahannya bisa disesuaikan selera masing. Bokkeumbap juga sangat cocok dihidangkan dengan kimchi.

4. Ramyeon

Bagi pecinta drama tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Ramyeon sangat sering muncul di drama atau acara veriety show di Korea Selatan. Sekarang saja sudah banyak sekali kedai makanan Korea, di Indonesia.

Ramyeon-makanna sahur korea

Tentunya ramyeon menjadi salah satu andalan menunya. Banyak pula supermarket yang sudah menyediakannya makanan satu ini. Disajikan dengan kuah pedas dengan berbagai rasa, ini sangat cocok sekali buat menu sahur kamu. Tetapi jangan terlalu sering ya memakan menu ini, dan sebaiknya tetap ada makanan pendamping lain agar puasa kita tetap terjaga.

5. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah makanan sejenis mi saus pasta kedelai hitam. Masakan ini salah satu hidangan yang populer di Korea Selatan. Jajangmyeon begitu digemari oleh masyarakat Korea.

Jajangmyeon

Sama halnya dengan Kimchi, jajangmyeon juga menjadi kuliner identitas bagi orang Korea. Bahan utama Jajangmyeon yaitu mi dan saus pasta kedelai hitam. Sedangkan untuk bahan pelengkapnya, kamu bisa tambahkan daging, berbagai sayuran seperti wortel, daun bawang, kentang, dan bisa juga mengkombinasikan bahan yang lain sesui selera.

6. Japchae

Japchae adalah masakan Korea yang terbuat dari sohun, yang dicampur dengan berbagai sayuran dan daging sapi. Makanan ini berfungsi sebagai lauk, seperti halnya capcai Indonesia, dimakan bersama nasi. Bahan yang digunakan seperti sayuran, wortel, jamur, paprika, bawang bombay, yang nantinya di tumis secara terpisah.

Japchae

Sedangkan daging ditumis bersama bawang putih, kecap asin gula pasir dan minyak wijen. Kemudian campur sohun, dan bahan yang sudah di tumis dalam satu wadah. Mudah bukan pembuatannya, bahannya juga sangat simpel dan mudah didapat. Cobalah sekali kali buat variasi menu

7. Sundubujjigae

Sundubujjigae adalah sup tahu pedas ala Korea. Ini juga merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Korea. Sundubujjigae memiliki cita rasa yang pedas. Biasa disajikan dalam keadaan panas, cocok sekali dinikmati dalam udara dingin atau saat hujan turun.

Sundubujjigae

Untuk menu sahur tentunya ini sangat cocok. Bahan utamanya yaitu tahu sutera ( tofu ) di campur dengan kaldu sapi atau ikan pedas. Bahan tambahannya pun sangat lengkap seperti daging ayam atau sapi, telur, jamur, kerang, udang, dan berbagai seafood lainnya.

8. Jjamppong

Jjamppong

Jjamppong adalah sebuah mi kuah pedas Korea yang dicampur dengan makanan laut. Bisa juga di sebut mi sup seafood karena menggunakan berbagai seafood untuk campuran supnya.Jjamppong biasanya berwarna merah karena menggunakan pasta kas Korea yaitu gochujang. Selain seafood, ada berbagai campuran sayur di dalamnya seperti jamur enoki, kimchi, sawi putih, tauge dan daun bawang. Sup mie dengan campuran seafood dan sayur ini sangat baik untuk menu sahur kamu. Karena gizinya yang lengkap, membuat energi kamu semakin baik untuk menjalankan ibadah puasa.

9. Bulgogi

Bulgogi adalah olahan daging khas Korea. Sama halnya dengan Japchae, bulgogi juga harus di makan bersama nasi dan makanan pendamping lain. Bulgogi terbuat daging sapi yang dimasak dengan minyak wijen, kecap asin, madu , bawang putih dan gula.

Bulgogi

BACA JUGA : 10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan

Rasanya cenderung manis. Umumnya daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan. Ini makanan yang sangat praktis untuk diolah, sehingga cocok saat sahur dengan waktu yang terbatas. Bahan dan bumbu untuk membuat bulgogi pun sangat mudah di dapat.

10. Dakgangjeong

Buat kamu yang bosan dengan olahan ayam khas Indonesia. Bagaimana kalo mencoba membuat olahan ayam khas Korea yaitu dakgangjeong. Dakgangjeong adalah ayam yang digoreng renyah, dibalut dengan bumbu lalu ditaburi kacang tanah dan wijen.

Dakgangjeong-makanan sahur korea

Ayam goreng ini mempunyai cita rasa yang pedas dan manis yang bikin nagih. Biasanya disajikan dengan dua cara, original tanpa bumbu atau sudah ditaburi bumbu. Untuk menu sahur sendiri, tetap harus disajikan dengan makanan pendamping lain agar energi kamu tetap terpenuhi.

Itulah 10 makanan ala Korea yang bisa jadi referensi menu sahur. Jika ingin ibadah puasa lancar dan sehat, berikan asupan sahur dengan gizi yang cukup. Jadi jangan malas untuk menyiapkan makanan sahur yang bergizi demi kesehatan dan kelancaran puasa kamu. Berkreasilah dengan menu sahur tanpa harus mengurangi nilai gizinya. (naraya ayudia)

More Stories

Cover Image for Tips Memakai Lipstik Sesuai Dengan Bentuk Bibir | Beauty Moms

Tips Memakai Lipstik Sesuai Dengan Bentuk Bibir | Beauty Moms

tips memakai lipstik sesuai dengan bentuk bibir agar bibir terlihat lebih sempurna pada saat memakai lipstik dan penampilan semakin menarik

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for 10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan | Beauty Moms

10 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk 10 Hari Pertama Ramadan | Beauty Moms

asupan gizi dari makan sahur adalah hal penting saat berpuasa. beautymom akan menyajikan menu sahur praktis dan sehat untuk 10 hari pertama

BM
Buna Mirza
Cover Image for Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Anak-anak yang merasakan kehadiran ayah akan jadi anak yang bahagia. Apalagi saat ayahnya mau mengajak bermain dan bercerita.

BM
Buna Mirza