7 Kesalahan Menggunakan Sunblock | Beauty Moms

Cover Image for 7 Kesalahan Menggunakan Sunblock | Beauty Moms
ES
Elena Soraya

7 Kesalahan Menggunakan Sunblock

Menjaga kulit agar tetap sehat adalah hal penting. Teruntuk bagi wanita yang sering beraktivitas di luar ruangan. Apalagi kita hidup di Indonesia yang beriklim tropis. Kulit bisa terkena paparan sinar matahari sepanjang hari. Banyak masalah bisa timbul akibat terkena paparan sinar UV, seperti flek hitam hingga kanker. Menggunakan sunblock menjadi salah satu cara agar kulit tetap sehat. Tetapi masih banyak masyarakat yang kurang paham tentang penggunaan sunblock yang baik dan benar. Berikut ini adalah kesalahan dalam menggunakan sunblock

Salah Memilih Sunblock Menjadi Kesalahan yang Jamak Terjadi

Kesalahan yang pertama yaitu salah memilih sunblock. Ketika membeli sunblock, pertama harus memahami kandungan yang terdapat di dalamnya. Karena setiap jenis sunblock memiliki kandungan yang berbeda-beda.

salah memilih sunblock-7 kesalahan dalam menggunakan sunblock

Kandungan SPF dalam sunblock bervariasi mulai dari 15 sampai 100. Biasanya standar untuk Asia, cukup menggunakan sunblock yang memiliki SPF 30 broad spectrum untuk melindungi kulit dari ultraviolet A (aging) dan ultraviolet B (burn).

Selanjutnya harus memahami jenis sunblock yang sesuai dengan kulit kita. Jika asal memilih akan menyebabkan iritasi pada kulit. Apabila memiliki jenis yang kering bisa menggunakan sunblock yang berbentuk krim atau lotion. Sedangkan kulit yang berminyak dan berjerawat menggunakan water base.

Menggunakan Sunblock Namun Tidak Merata

Selanjutnya kesalahan menggunakan sunblock berikutnya yaitu pemkaian tidak merata pada kulit wajah dan tangan. Agar badan tidak belang saat melakukan aktivitas luar ruangan sebaiknya aplikasikan sunblock dengan benar dan merata.

menggunakan sunblock tidak merata-7 Kesalahan Dalam Menggunakan Sunblock

Memakai sunblock yang benar adalah harus rata ke seluruh tubuh. Jika tidak merata hasilnya akan kurang optimal. Jangan lupa mengoleskan bagian-bagian kecil badan agar tidak belang seperti jari-jari kaki, bagian bawah kaki, belakang leher, kelopak mata dan wajah.

Untuk bagian wajah gunakan sunblock yang dikhususkan untuk wajah. Sunblock untuk wajah lebih sensitif, dapat melindungi wajah dari iritasi dan tidak memicu jerawat. Terdapat satu hal lagi yang jangan terlewatkan yaitu bibir. Untuk bagian tubuh ini juga harus dilindungi tapi jangan menggunakan sunblock untuk badan. Gunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF agar melindungi bibir dari paparan matahari.

Menggunakan Sunblock Spray Tanpa Mengoleskan

Sunblock jenis ini memang diminati banyak masyarakat karena terbilang cukup simple. Karena tinggal disemprotkan saja.

menggunakan sunblock spray tanpa mengoleskan

Karena terlihat cukup simple banyak kesalahan yang sering terjadi yaitu hanya disemprotkan saja tanpa menggosokan ke permukaan kulit secara merata. Menggosok spray secara merata dimaksudkan agar meratakan kandungan SPF ke permukaan kulit.

Terlalu Lama di Luar Ruangan

Mungkin pada orang awam memakai sunblock hanya cukup sekali sehari. Ternyata sunblock hanya bekerja sekitar 2 sampai 3 jam pada saat d iluar ruangan. Walaupun pada label tertera bahwa penggunaan sunblock bisa bertahan sampai 5 jam.

Terlalu Lama di Luar Ruangan

Jangan berpikiran walau sudah menggunakan SPF tinggi kulit akan aman dari paparan sinar matahari. Sinar matahari terik dan lama akan tetap membuat kulit beresiko terbakar. Nah maka dari itu ketika berkegiatan diluar ruangan sebaiknya lakukan touch up lebih sering agar menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Tidak Memakai Sunblock Saat di Ruangan

Ternyata saat beraktivitas di dalam ruangan pun membutuhkan sunblok. Saat di dalam ruangan pastinya terdapat sinar matahari walaupun hanya sedikit melalui celah ventilasi atau jendela.

tidak menggunakan sunblock saat didalam ruangan

Namun berbeda jika ruangan tersebut tertutup akan tidak terkena sinar UV, namun terkena cahaya dari komputer, lighting dan smartphone yang dapat membuat kulit menjadi kusam. Sinar UV juga dapat menembus kaca mobil dan biasanya hanya mengenai sisi tubuh. Jadi tetap gunakan sunblock meskipun beraktivitas dalam ruangan.

Mencampur Sunblock dengan Skincare Lain

Mencampur sunblock dengan skincare banyak dilakukan oleh kaum wanita. Kebanyakan dari wanita mencampurkan sunblock dengan pelembab atau foundation.

BACA : 5 Cara Merapikan Alis Mudah Untuk Pemula

Hal tersebut ternyata beresiko karena tidak mengetahui takaran tepat saat mengaplikasikan ke wajah. Selain itu, mencampur sunblock dengan skincare dapat membuat kandungan SPF hilang.

mencampur sunblock dengan skincare lain

Ini harus dihindari agar kulitmu tetap sehat dan terhindar dari efek yang terjadi dari akibat tersebut. Ternyata kamu tetap bisa menggunakan skincare setelah penggunaan sunblock di wajah mengering, setelahnya bisa menggunakan make up atau skincare lain.

Memakai sunblock terlalu sedikit

Ternyata penggunaan sunblock secara banyak dan sedikit dapat mempengaruhi seberapa besar perlindungan yang dapat diberikan terhadap kulit. Sebagian wanita mengoleskan sunblock hanya sedikit karena tidak mau kulit menjadi lengket dan juga agar menjadi lebih hemat. Rata-rata memakai secara tipis saja.

memakai sunblock terlalu sedikit

Padahal pada saat ini terdapat pilihan tabir surya yang nyaman dipakai, tanpa ada rasa lengket yang berlebihan. Mulai sekarang oleskan sunblocksecukupnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan begitu akan melindungi kulit dari paparan sinar UV dan terhindar dari beragam masalah kulit lainnya.

Dari ulasan tersebut kita dapat mengetahui pentingnya penggunaan sunblock bagi kulit. Maka dari itu kita harus menjaga agar tetap sehat. Semoga informasi diatas dapat membantu dalam penggunaan sunblock yang baik dan benar.

More Stories

Cover Image for Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Beberapa judul film horor di tahun 2022 bakal memicu adrenalin agar kecanduan menonton. Masyarakat Indonesia sangat menyukai genre tersebut.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ingin Awet Muda, Minum Teh Hijau Secara Teratur | Beauty Moms

Ingin Awet Muda, Minum Teh Hijau Secara Teratur | Beauty Moms

salah satu cara terbaik untuk menghambat penuaan, yaitu minum green tea, atau teh hijau secara teratur. Tek hijau ini kaya nutrisi

KR
Karidha Rani
Cover Image for 15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

Beragan aplikasi filter wajah terkini untuk editing wajah dan vidio menjadi lebih cantik seketika. 1.Snow 2.FaceApp 3.SnapChat...

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Traveling dengan Balita, Ini yang Harus Dipersiapkan | Beauty Moms

Traveling dengan Balita, Ini yang Harus Dipersiapkan | Beauty Moms

Liburan bersama keluarga selalu menyenangkan. Tapi, ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika melakukan traveling dengan balita.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Tutorial Model Hijab Mudah Untuk Lebaran | Beauty Moms

Tutorial Model Hijab Mudah Untuk Lebaran | Beauty Moms

Penampilan hijab yang cantik saat lebaran banyak menjadi pilihan. Nah, tutorial model hijab mudah untuk lebaran berikut dapat menjadi referensi mu.

LV
Lobelia Vira