Mewarnai Rambut Lakukan Uji Alergi dan Langkah Berikut Agar Aman | Beauty Moms

Cover Image for Mewarnai Rambut Lakukan Uji Alergi dan Langkah Berikut Agar Aman | Beauty Moms
TS
Tamara Suci

Mewarnai Rambut Lakukan Uji Alergi dan Langkah Berikut Agar Aman

Mewarnai rambut lazim dilakukan oleh para wanita guna menunjang penampilan. Meskipun produk di pasaran sudah melalui uji kadar aman, namun demikian saat mewarnai rambut harus memperhatikan petunjuk pemakaian guna menghindari kerusakan rambut. Ada beberapa orang yang juga memiliki alergi terhadap bahan pewarna rambut. Untuk itu sebelum mewarnai rambut perlu melakukan uji alergi agar aman.

Langkah Sederhana Namun Jangan Diabaikan

Para pemilik salon profesional biasanya akan menanyakan kepada pelanggannya apakah pelanggannya tersebut alergi terhadap pewarna rambut atau tidak. Sebab kebanyakan pewarna rambut mengandung zat yang memiliki reaksi pada kulit dan dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Semisal mengandung Paraphenylenediamine (PPD).

Jika menwarnai rambut secara mandiri di rumah, uji alergi ini tetap harus dilakukan. Tidak enak bukan, bila selesai mewarnai rambut kulit merah ruam-ruam karena muncul alergi. Bahkan dalam setiap produk pewarna rambut kenamaan, uji alergi ini selalu disertakan di petunjuk di dalam kemasan.

Cara Uji Alergi saat Mewarnai Rambut

Meskipun sudah ingin mengecat rambut, namun tahap ini jangan diabaikan. Ini merupakan tahap yang paling penting untuk mengetahui alergi terhadap produk cat rambut atau tidak. Untuk mengeceknya, caranya mudah sekali.

Mewarnai Rambut Lakukan Uji Alergi dan Langkah Berikut Agar Aman

Setelah bahan – bahan pewarna rambut tercampur dan siap untuk mengaplikasikan pada rambut, jangan buru – buru untuk melakukannya. Oleskan sedikit bahan pada kulit yang tidak terlihat, seperti di belakang telinga. Tunggu sekitar 24 jam.

Jika terlihat reaksi merah pada kulit, maka jangan pernah mewarnai rambut. Lebih baik mencegah daripada timbul masalah yang lebih serius jika tetap melanjutkan proses pewarnaan.

Bila Sudah Memastikan Tidak Alergi, Tahap Selanjutnya Pilih Produk Cat Rambut Berkualitas

Bila sudah memastikan tidak memiliki alergi pada cat rambut, maka tahap selanjutnya adalah memilih produk yang terjamin kualitasnya. Salah satu ciri produk cat rambut yang berkualitas yaitu, mereknya terdaftar di BPOM dan merknya familiar di pasaran.

Mewarnai Rambut Lakukan Uji Alergi dan memilih produk berkualitas agar aman

Produk cat rambut yang berkualitas akan lebih terjaga keamanannya. Jangan tergiur dengan produk yang memiliki harga murah. Kandungan dalam produk yang berharga murah belum tentu aman untuk rambut dan kulit kepala kita. Bisa saja malah menyebabkan kerusakan pada rambut dan iritasi pada kulit kepala.

Baca Juga:

Jika ingin mewarnai rambut sendiri di rumah, lakukan hal yang sama dalam pemilihan produknya. Ingat, harga juga membawa kualitas yang setara.

3. Perhatikan Kandungan dalam Produk

Kandungan dalam produk cat rambut bermacam – macam. Telitilah dalam membaca komposisinya. Jika produk cat rambut lihat mengandung bahan yang tidak cocok untuk rambut dan kulit kepalamu, pilih produk yang lainnya.

Mewarnai rambut alergi Perhatikan Kandungan dalam Produk

Konsultasikan pada yang lebih ahli dalam bidang perawatan rambut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang disarankan.

Merawat Rambut Sebelum Proses Pewarnaan

Hal yang paling perlu dilakukan sebelum mewarnai rambut yaitu dengan rajin merawatnya. Rambut yang sehat akan memberi hasil yang baik juga. Perawatan rambut dapat dilakukan dengan rajin berkeramas, pemberian vitamin, serum, dan conditioner untuk rambut. Perlu dicatat, 48 Jam sebelum proses pewarnaan biarkan rambut apa adanya. Ini bertujuan untuk mendapatkan zat – zat alami yang diproduksi oleh rambut itu sendiri.

mewarnai rambut alergi - Merawat Rambut Sebelum Proses Pewarnaan

Merawat rambut tidak hanya dilakukan saat akan mewarnai rambut saja. Pastinya ada kepuasan tersendiri jika memiliki rambut yang sehat dan terawat. Perawatan rambut juga tidak selalu mahal. Bisa dimulai dengan menggunakan bahan – bahan alami yang keberadaannya di sekitar kita.

Selain bahan alami, rambut juga memerlukan sentuhan untuk memanjakannya. Seperti pijit – pijit ringan di bagian kepala, rajin menyisir rambut, dan menata rambut dengan rapi.

Pada beberapa salon saat ini juga menyediakan jasa perawatan rambut. Banyak pilihan menu yang jasa perawatan rambut berikan. Seperti creambath, hair mask, hair tonic, hair mist, hair sunscreen, hair vitamin, dan sebagainya.

Mempersiapkan Produk Perawatan Pasca Pewarnaan

Saat semua proses pewarnaan berjalan lancar, belum tentu pasca pewarnaan memberikan hasil yang sempurna. Maka dari itu persiapkan produk perawatan pasca pewarnaaan rambut untuk tetap menjaga rambut dan kulit kepala.

Mempersiapkan Produk Perawatan Pasca Pewarnaan

Produk perawatan pasca pewarnaan rambut yang dapat disiapkan yaitu shampo dan conditioner khusus untuk rambut diwarnai. Selain itu juga moms memerlukan masker protein untuk kesehatan rambut. Atau bisa juga menambahkan dengan produk lain yang disarankan oleh ahlinya.

Perhatikan Langkah Sebelum dan Setelah Proses Pewarnaan

Langkah – langkah yang harus dilakukan sebelum mewarnai rambut sangat penting untuk diperhatikan. Ikuti petunjuk penggunaan produk cat rambut. Karena produk satu dengan produk yang lain bisa saja berbeda petunjuk penggunaannya.

Perhatikan Langkah Sebelum dan Setelah Proses Pewarnaan

Dalam produk cat rambut, biasanya sudah tersedia label tata cara penggunaannya. Selain itu, perhatikan juga langkah – langkah yang sudah tertulis di artikel ini untuk tetap menjaga rambut dan kulit kepalamu.

Persiapkan pula alat pelindung diri (APD) untuk melindungi kulit tangan. Gunakan sarung tangan saat akan mencampurkan bahan – bahan pewarna rambut. Pada sebagian orang, jika kulit mereka terkena bahan pewarna rambut maka kulitnya akan menjadi kering, bahkan iritasi. Segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika sudah memakai APD, tidak perlu mengkhawatirkan hal itu.

Selanjutnya jangan berhenti begitu saja setelah proses pewarnaan rambut selesai. Karena rambut masih butuh perawatan, seperti yang sudah tertulis pada poin sebelumnya. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya!

7. Berhenti Mewarnai Rambut Saat Tidak Cocok

Jangan memaksakan keinginan jika produk memang tidak cocok untuk kamu gunakan. Solusinya dapat dengan memilih produk yang lain, dengan tidak meninggalkan langkah – langkah yang sama seperti percobaan selanjutnya.

Berhenti Mewarnai Rambut

Jika tetap tidak sesuai harapan, konsultasikan pada yang lebih ahli dalam bidangnya. Atau barangkali kamu tidak ditakdirkan untuk memiliki rambut yang berwarna – warni. Tidak usah sedih, rambut alami yang kamu miliki juga tidak kalah indah dengan rambut yang berwarna lainnya.

Kamu tetap terlihat cantik bagaimanapun keadaan yang ada. Asal percaya dengan diri sendiri, dan tidak terpaku dengan yang orang lain miliki. (Tamara Suci)

More Stories

Cover Image for Mini Album TXT ‘The Name Chapter : Temptation’ Cetak Rekor Baru

Mini Album TXT ‘The Name Chapter : Temptation’ Cetak Rekor Baru

Mini album TXT, grup pop asal Korea Selatan yang berjudul The Name Chapter : Temptation telah mencetak rekor baru.

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Song Jong Ki Mengumumkan Pernikahan dengan Katy Louise Saunders dan Akan Segera Menggelar Resepsi | Beauty Moms

Song Jong Ki Mengumumkan Pernikahan dengan Katy Louise Saunders dan Akan Segera Menggelar Resepsi | Beauty Moms

Song Jong Ki melalui fancafe resminya berbagi kebahagiaan dengan mengumumkan berita pernikahan dirinya dengan Katy Louise Saunders

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Melihat Kehidupan Gamer dalam Film Cinta Warung Sebelah | Beauty Moms

Melihat Kehidupan Gamer dalam Film Cinta Warung Sebelah | Beauty Moms

MAXtream yang bakal menayangkan drama komedi berbumbu cinta yakni film Cinta Warung Sebelah, pada 14 Februari 2022.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Selebgram Maria Vania Suka yang Gede | Beauty Moms

Selebgram Maria Vania Suka yang Gede | Beauty Moms

selebgram maria vania suka rumah yang gede seperti milik billy syahputra. Dia kagum dengan rumah tersebut.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Model Baju Seragam Lebaran Keluarga 2021 | Beauty Moms

Model Baju Seragam Lebaran Keluarga 2021 | Beauty Moms

Menyiapkan baju untuk lebaran menjadi salah satu kebiasaan umat muslim Indonesia. Sebagian besar turut menyiapkan seragam untuk keluarga.

TS
Tamara Suci