Rambut Kering Mengganggu? Berikut Tips Merawatnya | Beauty Moms

Cover Image for Rambut Kering Mengganggu? Berikut Tips Merawatnya | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Rambut Kering Mengganggu? Berikut Tips Merawatnya

Banyak wanita yang memperhatikan secara detail cara berpakaiannya agar lebih menarik. Selain pakaian, tatanan rambut yang rapi juga menjadi nilai plus dalam memperindah penampilannya. Namun bagaimana jika mahkota perempuan ini mengalami kerusakan seperti rambut kering, kusam dan bercabang? Tentunya akan sangat mengganggu dan membuat tampilan tidak terlihat menarik lagi.

Banyak wanita yang menganggap kesehatan rambut sangat penting. Mereka menjaga agar rambutnya tidak rusak. Bagi wanita yang aktif dan suka jalan-jalan pasti kerap merasakan rambut terkena debu dan polusi. Ini membuat rambut menjadi berantakan, kusut dan terlihat sangat kusam. Jika rambut kering seperti ini akan lebih susah untuk mengaturnya menjadi lebih rapi. Untuk kamu yang memiliki permasalahan yang sama tentang rambut, berikut adalah tips yang bisa membuat rambut kembali normal

Tips Merawat Rambut Kering

Ada beberapa ciri-ciri rambut kering yang sering wanita rasakan. Rambut yang kering biasanya lebih mudah patah dan rontok.

Ujung rambut yang bercabang juga menjadi ciri-ciri dari rambut rontok. Hal ini karena rambut yang kering membuat tekstur rambut menjadi mudah pecah dan rusak. Jika ujung rambut sudah bercabang, maka artinya rambut sudah masuk kategori rusak parah.
Untuk mencegah dan mengatasi kerusakan yang parah seperti itu, lakukan tips berikut :

1.Hindari Keramas Setiap Hari

Keramas adalah perawatan yang paling mudah dilakukan, namun terlalu sering keramas juga dapat membuat rambut menjadi rusak. Terlalu sering keramas membuat rambut kering. Penyebabnya minyak alami pada rambut menghilang. Maka dari itu keramas sewajarnya saja setiap 2 hari sekali atau seminggu 2 kali.

Rambut Kering Mengganggu Berikut Tips Merawatnya

2.Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat

Jika rambut sedang mengalami kerusakan seperti kering dan kusam, maka perhatikan kandungan yang ada pada shampo dan kondisoner. Hindari shampo yang mengandung Sodium Laurlyl Sulfate (SLS). Shampo dengan kandungan SLS dapat memberikan banyak busa yang membuat rambut menjadi lebih kering. Jika ingin menggunakan kondisioner, maka pilihlah kondisioner yang memiliki kandungan vitamin E karena berfungsi untuk melembutkan rambut.

sampo dan kondisioner

3.Gunakan Masker Rambut

Rajin menggunakan masker rambut dapat membuat rambut menjadi lebih terawat. Ada banyak sekali manfaat dari masker seperti melembutkan, menutrisi, menjaga dari kerusakan dan lain sebagainya.

masker rambut

Jika rambut kamu kering maka harus rajin gunakan masker rambut entah itu masker dengan bahan alami atau bukan. Gunakan masker secara rutin setiap 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4.Membatasi Pemakaian Hair Styling

Seperti yang kita ketahui jika hair styling mengelarkan suhu yang panas dan suhu panas ini dapat membuat rambut menjadi kering. Oleh karena itu hindari pemakaian hair styling terlalu sering.

hair styling

Jika tetap ingin memakai hair styling, maka gunakanlah terlebih dahulu vitamin E agar setelah menggunakan hair styling menjadi tidak terlalu kering.

5.Gunakan Pelindungan Rambut

Menggunakan pelindung kepala sama halnya dengan melindungi rambut. Saat jalan-jalan di bawah terik matahari ataupun di luar rumah dalam jangka waktu lama gunakan topi agar rambut tidak langsung terpapar dari sinar matahari.

Rambut Kering Mengganggu Berikut Tips Merawatnya

Pada saat berenang gunakan juga pelindung kepala agar rambut tidak terkena langsung air kolam yang mengandung klorin. Klorin yang ada pada kolam renang dapat menyembabkan rambut menjadi sangat kusam.

6.Konsumsi Makanan Sehat

Tidak hanya menggunakan perawatan langsung untuk rambut, namun mengkonsumsi makanan yang sehat juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Perbanyak makan buah, sayur dan ikan salmon agar rambut mendapat perawatan dari dalam juga.

Itulah 6 tips yang bisa beauty moms berikan untuk mencegah dan memperbaiki rambut kering. Dalam pemilihan jenis shampo dan kondisioner menjadi tips yang paling penting. Karena faktanya setiap shampo dan kondisioner memiliki kandungan yang berbeda sehingga fungsinya pun berbeda. Maka dari itu sebelum membeli shampo atau kondisioner bacalah kandungan yang biasanya terletak pada belakang kemasan ya beauty moms. (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Jungkook BTS Buat Restoran Chipotle Ubah Nama dan Header Mereka di Twitter menjadi Chicotle | Beauty Moms

Jungkook BTS Buat Restoran Chipotle Ubah Nama dan Header Mereka di Twitter menjadi Chicotle | Beauty Moms

celoteh Jungkook BTS mempunyai pengaruh besar, mereka mampu membuat Restoran Chipotle ubah nama dan header mereka di Twitter menjadi Chicotle

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Fakta Menarik Lee Do Hyun yang Menyabet Best New Actor di Baeksang Arts Awards 2021 | Beauty Moms

Fakta Menarik Lee Do Hyun yang Menyabet Best New Actor di Baeksang Arts Awards 2021 | Beauty Moms

Lee Do Hyun aktor pendatang baru, tapi kualitas aktingnya bagus. Dia mendapat Baeksang Arts Awards tahun 2021. Ini fakta menarik tentang Lee Do Hyun.

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Mempertahankan Badan Tetap Energik Saat Puasa | Beauty Moms

Mempertahankan Badan Tetap Energik Saat Puasa | Beauty Moms

Jika lewat 10 hari pertama badan masih lemas ada pola makan yang perlu diperhatikan. Tips ini menjaga agar badan tetap energik saat puasa

ES
Elena Soraya
Cover Image for Cara Merawat Rambut Ikal | Beauty Moms

Cara Merawat Rambut Ikal | Beauty Moms

Merawat rambut ikal tidak sulit, tergantung dari diri kita sendiri. Rambut jenis ini harus mempertahankan kelembapanagar tidak mudah kering.

ES
Elena Soraya
Cover Image for 10 Aktor Ganteng Korea Ini Bisa Bikin Wanita Terpesona | Beauty Moms

10 Aktor Ganteng Korea Ini Bisa Bikin Wanita Terpesona | Beauty Moms

Dunia Hiburan Korea memang selalu menarik untuk diikuti. Hampir sebagian besar aktor Korea drama, visualnya sangat mengesankan.

NA
Naraya Ayudia