Tutorial Model Hijab Mudah Untuk Lebaran | Beauty Moms

Cover Image for Tutorial Model Hijab Mudah Untuk Lebaran | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

Tutorial Model Hijab Mudah Untuk Lebaran

Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Pada hari kemenangan ini, umat Islam mengenakan pakai terbaiknya dan berkumpul bersama keluarga.

Untuk wanita, tidak cuma pakaian dan makeup saja yang menjadi perhatian saat hari raya, tetapi model hijab juga penting. Bagi yang sedang mencari model hijab yang pas, tutorial model hijab mudah berikut dapat memberi referansi hijab saat lebaran.

Meski kita merayakan lebaran di rumah saja, tidak ada salahnya tampil modis dan all out. Siapa tahu kan, mantan datang kerumah mengajak silaturahmi. Oleh karena itu, model hijab yang mudah dan anti ribet dapat menjadi pilihan. Selain membuat nyaman saat melaksanakan salat Ied, mengenakan hijab anti ribet juga memberi kenyaman saat bersilaturahmi bertemu bersama keluarga dan kerabat.

Meski terbilang mudah, bukan berarti model hijab anti ribet itu old school alias kuno dan tidak bervariasi ya girls. Zaman sekarang, banyak sekali model hijab yang dapat menjadi contoh. Kita dapat menyesuaikan model hijab dengan style kita sendiri.

Saat lebaran ingin tampil dengan hijab simpel saja, bisa. Ingin tampil glamour, bisa. Ingin tampil manis, simpel tapi tetap elegan? Juga bisa. Nah, baiknya yuk kita intip tutorial model hijab untuk lebaran yang tentunya mudah berikut.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengenakan Hijab

Hijab merupakan fashion item yang memiliki tren berbeda setiap tahunnya. Apalagi saat lebaran tiba, tidak sedikit wanita yang bingung harus mengenakan model hijab seperti apa. Sebelum lanjut ke tutorial hijab mudah untuk lebaran. Baiknya perhatikan beberapa hal penting berikut supaya penampilan makin kece.

1. Pakai Scrunchie Supaya Hijab Lebih Bervolume

Untuk yang belum tahu apa itu scrunchie. Scrunchie merupakan salah satu aksesoris rambut seperti ikat rambut namun bentuknya lebih besar dan memiliki beragam warna. Kebanyakan wanita memilih scrunchie, karena selain sebagai ikat rambut scruncie juga dapat memeberikan volume kepada rambut. Terlebih bagi wanita yang mengenakan hijab.

Pakai scrunchie supaya hijab lebih bervolume.

Unuk wanita berhijab, mengenakan scrunchie sudah seperti sebuah keharusan. Jika mengenakan ikat rambut biasa, terkadang sering merasa ikatannya terlalu kencang. Atau jika mengenakan helm, ikatan rambut akan tertekan dan membuat kepala pusing.

Berbeda dengan scruchie yang elastis, ringan dan mudah membentuknya. Meggunakan scruncie ini sangat cocok jika kamu memiliki rambut tipis dan ingin memberikan volume saat mengenakan hijab. Namun, jika merasa tampilanmu sudah oke dan tidak ingin terlalu berlebihan, pilihlah schruncie dengan ukuran yanng lebih mini.

2. Jangan Lupa Kenakan Ciput

Selanjutnya, pasti sudah tidak asing dengan ciput atau inner hijab. Ciput memiliki fungsi untuk menjaga rambut supaya tidak keluar saat mengenakan hijab. Selain itu, ciput juga dapat membuat tampilan hijab lebih rapih dan tidak mudah berantakan.

kenakan inner - tutorial model hijab untuk lebaran.

Dalam dunia fashion, ciput tidak hanya sebatas sebagai inner hijab. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai aksesoris. Ciput memiliki berbagai macam model dan bahan, kita tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.

Ada beberapa wanita yang enggan memakai ciput. Alasannya membuat kepala pusing karena terlalu ketat dan ribet. Untuk itu, pilihlah ciput yang nyaman saat dipakai. Macam-macam ciput yang dapat kamu pilih antara lain ciput ninja, cipit bandana, ciput rajut, ciput berbahan jersey dan masih banyak lagi.

3. Jarum Pentul atau Peniti?

Memakai jarum pentul atau peniti merupakan hal yang biasa muslimah lakukan saat megkreasikan hijab nya. Jarum pentul maupun peniti, memiliki fungsi yang sama, agar praktis saat memakai hijab.

jarum penyuk supaya hijab u tidak geser.

Hanya saja peniti memiliki lebih banyak variasi dari pada jarum pentul. Namun, jarum pentul juga memiliki kelebihan yaitu dapat merawat hijab mu dari terbentuknya lubang karena batangnya yang lebih tipis dari pada peniti.

Jika masih pemula, baiknya menggunakan peniti karena lebih aman dan tidak perlu takut dagumu tertusuk. Saat menggunakan peniti, perhatikan juga kerapatan penitinya karena mudah kendur.

Dan jika kamu sudah terbiasa, akan lebih rapi menggunakan jarum pentul saat mengkreasikan hijab. Tetap harus berhati-hati sebab ujung dari jarum pentuk cukup tajam.

Baca juga: Kombinasi Jilbab Untuk Baju Berwarna Pink

Tutorial Hijab Mudah untuk Lebaran

Setelah memperhatikan beberapa hal penting di atas. Pasti penasarankan seperti apa tutorial model hijab mudah untuk lebaran yang bikin stylemu makin kece. Yuk kita simak lebih lanjut

1. Tutorial hijab sya’i simpel tapi tetap stylish

Saat merayakan Idul Fitri, sebagian wanita memilih untuk tampil dengan gaya hijab minimalis. Selain karena modelnya yang simpel, gaya hijab seperti ini juga dapat memaksimalkan kegiatan selama hari raya. Terlebih lagi, dengan gaya hijab yang simpel kita dapat memadankan berbagai macam model pakaian dan aksesoris.

tutorial model hijab mudah lebaran untuk tampil syar'i

Instagram: @denaahaura

Bagi yang menyukai penampilan syar’i dan fleksibel, pilihlah hijab segi empat dengan bahan paris atau poly catton. Kedua bahan tersebut terkenal sejuk dan tidak bikin gerah. Model hijab dari Dena Haura ini dapat menjadi referensi tampil cantikmu. Berikut tutorialnya:

  1. Pertama pastikan kamu sudah megenakan inner hijab. Karena bahan paris dan poly catton sedikit tembus pandang. Ada baiknya mengenakan inner ciput ninja supaya menutupi bagian leher.
  2. Lalu, lipatlah secara diagonal hijab segi empat menjadi dua bagian sampai membentuk segitiga
  3. Setelah menjadi bentuk segitiga, kemudian pasangkan pada kepala.
  4. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang dari pada bagian kiri.
  5. Sematkan jarum pentul atau peniti pada bagian hijab di bawah leher.
  6. Ambil bagian yang lebih panjang tadi dan silangkan ke belakang kepala.
  7. Sematkan lagi dengan jarum pentul. Dapat juga memilih peniti berbagai bentuk sebagai aksesoris.
  8. Pada bagian yang lebih pendek tadi. Kamu dapat membentangkannya ke dalam bagian pundak sebelah kanan dan menyematkan jarum pentul atau bros cantik.

2.Tutorial Pasmina Hijab Anti Ribet-ribet

Setelah tutorial hijab segi empat simpel. Sekarang saatnya beralih ke tutorial pasmina anti ribet-ribet. Pasmina merupakan hijab berbentuk persegi panjang, biasanya pasmina memiliki ukuran 175 x 75 cm sampai 200 x 75 cm jika ingin lebih panjang.

pasmina anti ribet cocok untuk lebaran.

Instagram:@diantyy.a

Banyak wanita memilih mengenakan pasmina karena bentuknya panjang dari pada hijab segi empat sehingga dapat mengkreasikannya dengan berbagai model.

Tetapi tidak sedikit juga wanita yang kesulitan mengenakan pasmina. Nah untuk itu, tutorial kali ini cocok untuk wanita yang ingin mencoba mengenakan pasmina anti ribet-ribet saat lebaran nanti.

  1. Pastikan kamu sudah mengenakan inner hijab yang nyaman
  2. Kemudian, bentangkan hijab pasmina dan letakan di atas kepala
  3. Pastikan bagian kanan lebih panjang dari bagian kiri
  4. Sematkan jarum pentul pada hijab bagian bawah dagu agar pasmina tidak geser
  5. Selampirkan salah satu bagian hijab yang panjang pada pundak sebelah kiri

3. Tutorial Hijab Turban

Beberapa waktu lalu sempat hits banget nih style hijab turban. Bagi yang ingin tampil beda saat lebaran nanti, bisa banget mencoba style hijab khas timur tengah ini.

turban style juga cocok untuk lebran.

Instagram:@nabilrach

Memakai hijab model turban sangat fashionable dan bisa dipakai pada berbagai acara termasuk saat hari raya. Model hijab turban juga tidak memerlukan jarum pentul atau peniti loh.

Kira-kira bagaimana ya tutorial hijab turban yang mudah? Tidak perlu khawatir, perhatikan langkah-langkah berikut ya:

  1. Kenakan inner hijab seperti ciput ninja. Namun jika kamu mengenakan busana dengan kerah turtle neck bisa mengenakan inner yang lebih pendek. Bisa pula memilih inner yang memiliki cepolan.
  2. Setelah itu, kenakan kain hijab untuk menutupi kepala dan atur supaya bagian kanan lebih panjang dari bagian kiri.
  3. Kemudian, mengikat kedua bagian tersebut pada belakang kepala supaya tampilan hijabmu lebih kuat dan tidak mudah goyang.
  4. Ambilah sisi yang lebih panjang dan silangkan di atas kepala ke sebelah kiri dan menyelipkannya pada ikatan di bawahnya.
  5. Tambahkan anting sebagai aksesoris agar penampilanmu lebih stuning

Mudah sekali bukan?

4. Tutorial Hijab Patern untuk Look yang Manis

Selain model hijab, ternyata motif dan warna hijab juga menjadi perhatian saat hari raya nanti. Untuk mendapatkan look yang manis, kamu dapat memilih variasi hijab dengan warna-warna cerah dan motif bunga atau bentuk abstrak.

tutorial model hijab petern cantik untuk lebaran

Instagram:@refinahabilia

Maka dari itu tak ada salahnya mencoba salah satu model hijab dari selebgram Refina Habilia berikut:

  1. Pilih salah satu hijab petern yang menjadi favoritmu dan melipatnya secara diagoal
  2. Kemudian, pakailah hijab tadi ke atas kepala dan pastikan bagian kanan lebih panjang dari bagian kiri
  3. Setelah itu, menyematkan jarum pentul pada bagian bawah dagu
  4. Pada bagian yang lebih panjang tadi, lilitkan pada lehermu sekali putaran di mulai dari arah kiri ke sebelah kanan
  5. Lalu, menggabungkan bagian yang lebih pendek dengan bagian yang lebih panjang dengan cara mengikatnya ke sebelah kanan

5. Tutorial Pasmina Modern Dijamin Makin Kece

Sebenarnya banyak sekali tutorial pasmina yang dapat kita coba. Salah satunya adalah style pasmina modern. Banyak wanita mengenakan model pasmina seperti ini untuk berkegiatan sehari-hari karena nyaman dan tidak pernah ketinggalan jaman. Walau model ini cocok untuk daily namun tetap worth it kok mengenakannya saat lebaran.

pasmina modern sangat mudah untuk dikenakan

Instagram:@nabilahcil

Kita juga dapat memilih berbagai variasi bahan hijab seperti ceruti baby doll, bahan diamond, crinkel maupun bahan plisket. Supaya style lebaran mu tetap kece, bisa banget tiru style ini dan padankan dengan busana lebaranmu.

  1. Pertama, kamu dapat mengenakan inner atau ciput yang nyaman
  2. Kemudian pasangkan hijab pada kepala dan pastikan bagian kanan lebih panjang dari bagian kiri
  3. Sematkan jarum pentul pada bagian bawah dagu
  4. Silangkan bagian hijab yang lebih panjang ke belakang kepalamu

6. Tutorial Hijab Pasmina Kreasi

Dengan pasmina kita dapat mengkreasikan berbagai macam model hijab sesuai keinginan. Jika tertarik, mungkin dapat mencoba kreasi hijab satu ini karena tidak membutuhkan waktu lama untuk menatanya.

pasmina kreasi sangat cantik dan nyaman

Instagram:@aghniapunjabi

Selain itu model hijab pasmina kreasi dapat dengan mudah dipadukan dengan style busana lebaran apapun. Terutama untuk yang memlih style busana lebaran dengan setelan celana.

Untuk tutorial model hijab mudah lebaran berikut, baiknya memilih hijab dengan bahan ceruty babydoll karena lebih flowy jika mengenakannya.

  • Kenakan ciput ninja sebagai inner
  • Kemudian, memasaknkan hijab di kepalamu dan pastikan sisi hijab kanan lebih panjang dari sisi kiri
  • Ambil dua sisi kain hijab dekat dagu dan memindahkannya ke belakang kepala, sematkan peniti supaya tidak geser
  • Tarik bagain hijab yang lebih panjang ke dalam leher bagian kiri
  • Terakhir, sematkan jarum pentul kecil pada dua sisi lipatan hijab dekat kepalamu

Untuk mempermanis hasil akhir dari tutorial model hijab mudah untuk lebaran dapat menambahkan aksesoris seperti jepitan untuk hijab, kalung atau scarf. Mengenakan aksesoris untuk hijab juga mesti menyesuaikannya dengan style busana lebaran supaya penampilanmu tetap anggun dan eye catching.

Nah, itulah beberapa tutorial hijab mudah untuk lebaran yang dapat menjadi refensimu. Mudah dan cantik bukan? Jika sudah mencoba beberapa model hijab di atas, jangan lupa share ceritamu di kolom komentar ya.

See you!!

More Stories

Cover Image for Demam Lee Je Hoon? Inilah 6 Drama yang Sukses Dibintanginya | Beauty Moms

Demam Lee Je Hoon? Inilah 6 Drama yang Sukses Dibintanginya | Beauty Moms

Selain Taxi Driver, tahun ini Lee Je Hoon Juga membintangi drama Move To Heaven. Berikut drama sukses yang dibintangi Lee Je Hoon

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Tips Memakai Lipstik Warna Mencolok | Beauty Moms

Tips Memakai Lipstik Warna Mencolok | Beauty Moms

Lipstik warna mencolok selalu menjadi perhatian. Tak ada salahnya sesekali mencoba tips mengenakan lipstik warna mencolok untuk tampil autentik. Berikut...

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Kombinasi Jilbab Untuk Baju Berwarna Pink | Beauty Moms

Kombinasi Jilbab Untuk Baju Berwarna Pink | Beauty Moms

tips memilih kombinasi jilbab untuk warna pakaian yang berwarna pink agar terlihat lebih fashionabel dan membuat fashion terlihat serasi

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for Membeli Rumah Usai Menikah, Minimal Pertimbangkan 4 Hal Berikut | Beauty Moms

Membeli Rumah Usai Menikah, Minimal Pertimbangkan 4 Hal Berikut | Beauty Moms

Bertahun-tahun ikut mertua tentu bisa mengganggu kehidupan rumah tangga. Maka tidak ada salahnya merencanakan membeli rumah usai menikah.

KR
Karidha Rani
Cover Image for Golongan Darah O, Biasanya Romantis dan Penyayang dalam Percintaan | Beauty Moms

Golongan Darah O, Biasanya Romantis dan Penyayang dalam Percintaan | Beauty Moms

Menilai kepribadian seseorang biasanya dilakukan melalui astrologi. Namun belakangan berkembang penelitian yang menilai kepribadian seseorang dari golongan darah, termasuk dalam urusan percintaan.

ES
Elmeira Sabrina