Jangan Salah, Inilah 5 Perbedaan Jatuh Cinta Dan Mencintai | Beauty Moms

Cover Image for Jangan Salah, Inilah 5 Perbedaan Jatuh Cinta Dan Mencintai | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Apabila berbicara tentang cinta erat kaitannya dengan rasa kebahagiaan, cemburu, komitmen, pernikahan dan rasa sayang terhadap seseorang. Suka dan sayang terhadap seseorang merupakan hal yang wajar dan normal. Rasa suka terhadap seseorang biasanya mulai tumbuh sejak remaja atau pada masa pubertas. Pada saat remaja rasa sayang biasanya berbanding lurus dengan rasa ingin memiliki. Dari rasa memiliki inilah kemudian orang tersebut akan merasakan jatuh cinta dan mencintai seseorang. Tapi tahukah jika jatuh cinta dan mencintai merupakan perasaan yang berbeda? Dan apakah kamu sudah mengetahui apa perbedaan jatuh cinta dan mencintai?

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang menganggap jatuh cinta dan mencintai itu merupakan perasaan yang sama. Namun faktanya antara jatuh cinta dan mencintai adalah dua hal yang berbeda. Dan masih banyak juga orang yang belum mengetahui perbedaan dari kedua perasaan tersebut. Jika masih belum mengetahui atau bahkan bingung bagaimana cara membedakan kedua perasaan tersebut, tepat membaca artikel ini.

Perbedaan Jatuh Cinta dan Mencintai

Kamu sedang menyukai seseorang? Ingin menjalin hubungan serius dengan orang tersebut? Atau hanya ingin bermain-main saja dengan perasaannya? Untuk meyakinkan perasaanmu terhadap orang tersebut maka harus memahami terlebih dahulu perasaan yang dirasakan tersebut. Dan bila kamu wanita lalu merasa ada pria yang sedang mendekati namun belum yakin dengan keseriusannya maka perlu memahami perasaan dan tujuan dari pria itu.

Agar tidak terkesan bermain-main ataupun merasa dipermainkan oleh seseorang, maka harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan dari jatuh cinta dan mencintai, seperti berikut ini :

1.Seseorang Menjadi Sebuah Pilihan

Hal pertama yang membedakan antara jatuh cinta dengan mencintai yaitu dimana seseorang itu kamu jadikan sebuah pilihan. Apabila kamu merasakan perasaan seperti ini terhadap seseorang, artinya kamu sedang jatuh cinta terhadap orang tersebut. Karena menurut kamu tidak ada seseorang yang pantas untuk kamu pilih selain dia, sehingga terkadang kamu memaksakan perasaanmu tersebut kepada orang yang kamu suka.

couple-6.png

Lalu bagaimana dengan rasa mencintai? Perasaan mencintai merupakan sebuah perasaan yang kita bagikan ke semua orang. Artinya ada dorongan dari dalam diri kita untuk menjaga suatu hubungan tersebut dan menjaga ikatan yang sudah terikat tanpa paksaan. Perasaan mencintai ini sudah ada pada diri kita terhadap orangtua ataupun pada pasangan suami istri.

2.Cara Memprioritaskan Seseorang

Pada saat kita mencintai seseorang maka kita akan memprioritaskan orang tersebut dalam urutan pertama dan kita menyadari akan pentingnya hal tersebut. Perasaan seperti ini tumbuh secara alami terhadap orang yang kita sayang seperti orang tua, saudara, sahabat atau bahkan pasangan kita karena ingin memberikan yang terbaik untuk mereka.

couple-7.png

Apabila memiliki perasaan jatuh cinta terhadap seseorang, maka tanpa kita sadari ada dorongan tersendiri dari dalam diri kita untuk melakukan sebuah pengorbanan. Pada saat kita jatuh cinta kepada seseorang, kita rela melakukan sesuatu untuk membantu orang yang kita cintai mendapatkan apa yang dia inginkan. Dalam melakukan hal ini, kita tidak mengharapkan suatu timbal balik selama orang yang kita cintai merasa senang dengan apa yang telah kita lakukan untuk dia, maka kita akan merasa bahagia juga.

3.Mencintai untuk Selamanya

Dalam kehidupan kita akan bertemu banyak orang yang belum tentu baik dan belum tentu selalu ada. Perasaan mencintai ditujukan kepada seseorang yang tetap selalu ada meskipun keadaan kita sedang buruk. Mereka akan mendukung kita dan selalu bersama kita. Perasaan mencintai ini memang ditujukan kepada keluarga, karena keluarga yang akan selalu ada dan menemani kita saat susah dan perasaan ini tidak mudah hilang.

couple-8.png

Berbeda dengan perasaan jatuh cinta yang sering kali menghilang dengan tiba-tiba. Karena orang yang jatuh cinta biasanya menyukai seseorang karena sesuatu. Artinya rasa cinta tersebut bukan sebuah perasaan yang tulus. Jika hal yang membuat tertarik tersebut sudah hilang, maka perasaan jatuh cinta pun akan ikut menghilang.

4.Tingkatan Emosi Kepada Seseorang

Pada saat orang merasa jatuh cinta terhadap orang lain, maka ada emosi yang menggebu dalam dirinya. Dimana kita akan mengharapkan seseorang itu merasakan perasaan yang sama dengan kita dan kita menginginkan seseorang itu menjadi milik kita. Saat jatuh cinta kita juga akan merasakan resah apabila tidak berada di dekatnya.

couple-9.png

Jika perasaan mencintai, biasanya tidak mengedepankan emosi. Dimana kita akan lebih sering memikirkannya dan tidak memaksakan perasaan tersebut ke seseorang. Orang yang memiliki perasaan mencintai biasanya dia akan lebih sering mendoakan yang terbaik untuk orang tersebut.

5.Perhatian Kepada Seseorang

Sikap perhatian kepada seseorang merupakan hal yang wajar. Pada saat kita merasa mencintai seseorang, maka kita akan memperhatikan orang tersebut secara detail hingga hal yang sangat sepele. Tidak hanya memberikan sebuah perhatian, namun pada saat kita memiliki perasaan mencintai terhadap seseorang, kita akan menceritakan segala sesuatu termasuk pembahasan tentang masa depan.

couple-10.png

Bagaimana dengan jatuh cinta? Saat seseorang sedang merasa jatuh cinta, maka akan memberikan perhatian juga kepada orang yang dicintainya tersebut. Namun yang membedakan dari perasaan mencintai yaitu saat jatuh cinta kita tidak begitu menunjukan rasa perhatian tersebut kepada orang yang kita suka.

BACA JUGA : Tanda Suami Sayang Istri

Itulah 5 perbedaan antara mencintai dan jatuh cinta. Kesimpulannya yaitu ketika seorang sedang jatuh cinta, belum tentu orang tersebut memiliki rasa mencintai. Namun apabila kita sudah mencintai seseorang, artinya kita juga sudah jatuh cinta terhadap orang tersebut.

Terkadang saat seseorang jatuh cinta mereka akan berusaha menjadikan orang itu miliknya dan melakukan segala cara agar orang tersebut menyukainya balik. Tetapi jika sudah mencintai, tidak memilikinya pun tidak menjadi masalah, meskipun tetap berusaha untuk mendekatinya namun tidak berambisi dan memaksakan kehendak terhadap orang tersebut. (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Hadapi Ujian Akhir Semester, Ini Lima Tips Dampingi Anak Belajar | Beauty Moms

Hadapi Ujian Akhir Semester, Ini Lima Tips Dampingi Anak Belajar | Beauty Moms

Ujian akhir semester sebentar lagi berlangsung. Biasanya ujian semester akan dilakukan pada akhir November atau awal Desember.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra | Beauty Moms

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra | Beauty Moms

Ada banyak sekali cara mengekspresikan rasa cinta. Yuk, ketahui love language berikut supaya hubungan dan pasangan makin mesra setiap saat

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami | Beauty Moms

Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami | Beauty Moms

tips mencegah rambut rontok dengan cara alami agar rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat dan penampilan menjadi tidak terganggu

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami | Beauty Moms

Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami | Beauty Moms

macam-macam bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut agar lebih sehat, berkilau dan terhindar dari kerusakan rambut

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Lima Tren Parenting di Tahun 2021 yang Makin Berkembang | Beauty Moms

Sama seperti pakaian, musik, dan media, pola pengasuhan orang tua terhadap anak juga memiliki trennya sendiri. Bagaimana tren parenting 2021?

BM
Buna Mirza