Amalan-amalan Wanita Haid Saat Bulan Puasa | Beauty Moms

Cover Image for Amalan-amalan Wanita Haid Saat Bulan Puasa | Beauty Moms
ES
Elena Soraya

Amalan-amalan Wanita Haid Saat Bulan Puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan umat muslim di seluruh dunia. Saat bulan ramadan orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Banyak hal yang dilakukan oleh umat muslim seperti puasa, sholat tarawih, membaca Al Quran dan bersedekah. Setiap kegiatan yang bernilai posistif akan akan mendapatkan keberkahan dan pahala. Tapi hal ini berbeda dengan wanita, ada beberapa amalan yang tidak bisa dilakukan saat haid. Datang bulan memang dialami oleh wanita setiap satu bulan sekali. Ketika wanita sedang haid memang tidak bisa melaksanakan seperti salat, puasa dan membaca Al Quran.

Jangan berpikiran wanita yang sedang haid hanya diam saja dan tidak melakukan sesuatu. Sayang jika di bulan ramadan tidak melakukan apa-apa padahal banyak amalan yang bisa dilakukan. Ternyata terdapat masih banyak amalan wanita haid saat berpuasa.

Wanita yang sedang haid tetap bisa menjalankan amalan agar mendapatkan pahala dan kegiatan tersebut juga bernilai positif. Inilah beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang mengalami haid

Berzikir Masih Bisa Diamalkan oleh Wanita Haid saat Bulan Puasa

Amalan ini memang sering dilakukan apalagi untuk wanita yang sedang haid. Saat bulan ramadan wanita haid dapat melakukan amalan ini untuk selalu mengingat kepada Allah. Dalam hadist riwayat Imam Bukhari menyebut bahwa Rasululloh pernah bersabda

berzikir-amalan yang boleh dilakukan wanita haid saat puasa

“Perumpamaan antara orang yang berdzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup dan yang mati”.

Dzikir yang dapat dilakukan dengan mengucap tahmid, tasbih, takbir, tahlil dan yang lainnya.
Berdzikir sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh wanita yang sedang haid saja, tetapi semua umat muslim boleh berzikir.

Membaca Sholawat Menjadi Amalan yang Mudah Dilaksanakan Wanita Saat Haid

Amalan yang dapat dilakukan wanita haid yang bersholawat. Bersholawat dapat dilakukan oleh umat muslim siapapun apalagi wanita yang sedang haid dapat melaksanakanya.

sholawat-amalan wanita saat haid puasa

Bersholawat adalah bukti cinta manusia kepada sang pencipta Allah Swt dan Rasululloh Saw. Shalawat adalah sebab turunnya rahmat, pengampunan dan pahala berlipat ganda dari Allah Swt. Shalawat juga bisa dilakukan kapan pun.

Mendengarkan Lantunan Al Qur’an

Mendengarkan lantunan Al Quran merupakan amalan wanita haid saat bulan puasa. Walaupun tidak bisa membaca Al Quran dikarenakan sedang haid tetapi bisa diganti dengan mendengarkan ayat suci Al-Qur’an. Kamu bisa mencari murrotal diinternet dengan mudah.

mendengarkan lantunan al qur'an-amalan wanita haid saat puasa

Ketika sedang mengerjakan sesuatu dapat diputar lantunan ayat Al-Qur’an. Dengan mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an hati akan terasa tenang dan dekat dengan Allah Swt. Ketika sering mendengarkan lantunan ayat Al Quran lama kelamaan akan hafal ayat Al Quran.

Bersedekah Salah Satu Amalan Wanita Haid saat Bulan Puasa

Selanjutnya amalan yang dapat dilakukan oleh wanita haid saat bulan puasa adalah bersedekah. Ketika bersedekah pada bulan ramadan pastinya akan mendapatkan pahala yang besar tidak hanya bulan Ramadhan hari-hari biasa juga mendapatkan pahala.

bersedekah-amalan wanita haid saat berpuasa

Bersedekah juga amalan yang mudah dilakukan dengan pahala yang besar. Sedekah bisa dilakukan dengan memberi santunan kepada anak yatim, memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan bantuan sampai tersenyum juga termasuk dalam menebarkan kebaikan. Rasulullah juga menyerukan agar bersedekah dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim “Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyak istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka.”(HR.Muslim).

Mendengarkan Ceramah

Mendengarkan ceramah amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Banyak ceramah yang bisa diakses bisa melalui televisi, radio, internet atau yang lainnya.

mendengarkan ceramah

Ketika sore hari hari sudah menyiapkan makanan berbuka masih ada waktu bisa digunakan untuk mendengarkan ceramah. Pada saat ini banyak tema ceramah yang menarik apalagi yang dikhususkan untuk wanita. Apalagi pada saat ini banyak para dai-dai muda yang pembawaannya sesuai dengan kaum milenial. Jadi ketika mendengar ceramahnya tidak akan membosankan. Dengan mendengarkan ceramah juga dapat mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah Swt. Juga dapat menambah ilmu tentang keislaman. Ilmu yang kita dapatkan dalam ceramah juga bisa diamalkan dalam kegiatan sehari-hari, dan juga bisa untuk saling mengingatkan antar saudara sesama muslim.

Menyiapkan Sahur dan Berbuka Puasa

Orang yang sedang haid dapat melakukan amalan saat bulan puasa dengan menyiapkan makanan sahur dan berbuka untuk orang yang sedang berpuasa.

menyiapkan sahur dan berbuka

Menyiapkan makanan sahur dan berbuka dan memberi makanan orang berpuasa menjadi salah satu amalan penuh yang dapat dilakukan oleh wanita haid saat bulan puasa. Bahkan nilainya setara dengan orang yang berpuasa. Kita bisa membantu untuk memasak atau yang lainnya.

Berdoa

Saat dalam keadaan haid wanita diperbolehkan untuk berdoa. Amalan ini bisa dilakukan saat bulan ramadan dimanapun dan kapanpun.

berdoa

Berdoa adalah bentuk ikhtiar dan cara manusia agar lebih dekat dengan penciptanya Allah Swt. Wanita haid boleh berdoa, meminta kepada Allah Swt dan mendekatkan diri kepada Nya. Dalam keadan haid wanita dibolehkan membaca doa apapun karena tidak termasuk dalam larangan saat haid. Saat haid wanita bisa mengamalkan doa harian seperti Al-Matsurat. Al-Matsurat yaitu kumpulan doa harian yang diamalkan oleh Rosulolloh.

Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu bisa dilakukan oleh siapapun. Namun pada saat bulan puasa menuntut ilmu merupakan amalan yang bisa dilakukan oleh wanita haid.

menuntut ilmu

Menuntut ilmu juga tidak memandang usia, kondisi, latar belakang dan waktu. Belajar menuntut ilmu bisa menambah pengetahuan, banyak ilmu yang bisa dipelajari ilmu agama, pengetahuan umum dan sebagainya. Dengan menuntut ilmu agama bisa mendekatkan diri kepada Allah Swt. Imam Muslim mencatat hadist tentang keutamaan orang yang sedang mencari ilmu, “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah Swt menunjukan jalan menuju surga baginya.”(HR.Muslim). Mencari ilmu bisa dilakukan dengan membaca buku, mengikuti kajian atau yang lainya.

Silaturahmi

silaturahmi

Bersilaturahmi amalan yang bisa dilakukan oleh wanita haid saat bulan puasa selanjutnya. Silaturahmi merupakan amalan yang mudah untuk dilakukan. Bisa bersilaturahmi dengan saudara, teman, atau tetangga.

Silaturahmi juga bisa menambah keakraban satu sama lain. Yang tadinya dengan tetangga sebelah kurang akrab atau belum terlalu mengenal dengan adanya silaturahmi menjadi akrab. Ternyata silaturahmi juga bisa menambah pahala dan juga membuka pintu rezeki sesama umat. Dalam silaturahmi juga dapat melakukan kegiatan sosial bersama.

Membaca Asmaul Husna

membaca dan mengamalkan asmaul husna bisa menjadi amalan wanita haid saat puasa

Membaca asmaul husna merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Dengan membaca asmaul husna kita bisa tau nama-nama Allah dan menjadikan kita lebih mengingat Allah. Dengan membaca asmaul husna juga dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt. Apalagi di bulan ramadhan yang penuh dengan keberkahan.

Baca juga : Memilih Menikah di Bulan Syawal, Berikut 5 Keistimewaannya

Banyak amalan yang bisa dilaksanakan oleh wanita yang sedang haid. Selain untuk mendapatkan ilmu juga dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Semoga dengan adanya ilmu tentang amalan tersebut dapat menambah wawasan dan istiqomah dalam melakukannya. Amalan tersebut sebaiknya tidak hanya dilakukan pada bulan ramadhan saja tetapi pada bulan diluar ramadan. semoga lancar dalam melaksnakannya.

More Stories

Cover Image for Bisakah Seorang Pemula Merintis Bisnis Tanpa Modal? Ini Lima Cara Mudahnya | Beauty Moms

Bisakah Seorang Pemula Merintis Bisnis Tanpa Modal? Ini Lima Cara Mudahnya | Beauty Moms

Memulai bisnis tanpa modal usaha di zaman digital bukan mustahil lagi. Yang penting memiliki keahlian yang mumpuni.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Jungkook BTS Buat Restoran Chipotle Ubah Nama dan Header Mereka di Twitter menjadi Chicotle | Beauty Moms

Jungkook BTS Buat Restoran Chipotle Ubah Nama dan Header Mereka di Twitter menjadi Chicotle | Beauty Moms

celoteh Jungkook BTS mempunyai pengaruh besar, mereka mampu membuat Restoran Chipotle ubah nama dan header mereka di Twitter menjadi Chicotle

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Cara Merawat Sepatu Wanita Berdasarkan Bahannya | Beauty Moms

Cara Merawat Sepatu Wanita Berdasarkan Bahannya | Beauty Moms

sepatu menjadi salah satu fashion yang sering dikoleksi oleh wanita. Namun kebanyakan wanita belum mengetahui cara merawat sepatu yang baik.

ES
Elena Soraya
Cover Image for OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan | Beauty Moms

OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan | Beauty Moms

Banyak muslimah mencari oufit kerja untuk bulan ramadhan. Tren OOTD busana muslimah untuk kerja saat ramadhan berikut dapat menjadi referensi.

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Apakah Temanku Sudah Menganggap Aku Toxic dan Menjauhiku, Mungkin Karena 10 Sifat ini | Beauty Moms

Apakah Temanku Sudah Menganggap Aku Toxic dan Menjauhiku, Mungkin Karena 10 Sifat ini | Beauty Moms

Teman yang baik akan memberikan kontribusi positif di kehidupan kita. Berbeda dengan teman yang dianggap toxic, akan merusak kebahagiaan

NA
Naraya Ayudia