Tips Menjaga Kesehatan Bibir Saat Puasa | Beauty Moms

Cover Image for Tips Menjaga Kesehatan Bibir Saat Puasa | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Tips Menjaga Kesehatan Bibir Saat Puasa

Saat Ramadan datang, semua umat muslim di dunia wajib melaksanakan ibadah puasa. Ibadah ini tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Pada saat sedang menjalankan ibadah puasa, seseorang harus bisa menjaga hawa nafsu, menjaga pandangan mata serta menjaga hati, pikiran dan perkataan. Kadang saat puasa, bibir akan terasa kering. Berikut tips menjaga kesehatan bibir agar bibir tidak kering dan tetap lembab

Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah puasa seseorang tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada saat puasa maka kita akan merasa dehidrasi yang menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Tidak hanya tenggorokan saja, namun masalah dehidrasi seperti ini juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Tips Menjaga Kesehatan Bibir Selama Berpuasa

Bibir yang kering dan pecah-pecah tentunya sangat tidak nyaman bagi kita ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Bahkan bibir yang pecah-pecah juga bisa menyebabkan rasa perih ketika bibir terkena air. Maka dari itu sangat penting bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk menjaga bibir agar tetep sehat dan lembab. Karena bibir yang sehat dan lembab akan membuat kita merasa lebih nyaman.

Untuk kamu yang sedang bingung perawatan apa yang harus kamu lakukan untuk membuat bibir tidak kering, berikut adalah tips menjaga kesehatan bibir selama berpuasa

1.Perbanyak Minum Air Putih Saat Malam dan Sahur

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa manfaat air putih sangatlah banyak terutama untuk kecaktikan. Dalam hal menjaga kesehatan bibir air putih bisa menjadi solusi yang terbaik. Anjuran minum air putih dalam sehari minimal 8 gelas atau 1,5 liter.

Tips Menjaga Kesehatan Bibir dengan rajin minum air putih

Namun bagaimana saat sedang puasa? Bagi yang sedang puasa bukan berarti tidak bisa minum hingga 1,5 liter. Ketika berpuasa bisa membagi waktu minum pada saat sahur dan buka puasa. Pada buka puasa pun tidak harus sekaligus minum air putih bergelas-gelas. Kamu bisa membaginya saat sebelum makan, setelah makan, setelah melaksanakan solat tarawih dan juga sebelum tidur.

2.Oleskan Madu Secara Rutin

Madu memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, karena berfungsi meningkatkan daya tahan pada tubuh. Madu juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi bibir yang kering.

Tips Menjaga Kesehatan Bibir dengan rajin mengoleskan madu ke bagian bibir

Kandungan yang ada pada madu dapat membuat bibir menjadi lebih lembab dan juga sehat. Untuk cara pengaplikasiannya, kamu cukup oleskan madu sebelum kamu tidur dan juga sebelum melakukan sahur. Mengoleskan madu pada bagian bibir dapat membuat bibir menjadi lebih lembab selama sedang menjalankan ibadah puasa.

3.Rajin Makan Buah dan Sayur

Rajin mengkonsumsi sayur dan buah pada saat puasa sangat baik bagi tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayur dapat melancarakan sistem pencernaan kita.

Rajin Makan Buah dan Sayur-tips menjaga kesehatan bibir

Selain baik untuk proses pencernaan, rajin mengkonsumsi buah dan sayur juga baik untuk menyehatkan bibir selama berpuasa. Berbagai macam kandungan vitamin yang ada, dapat menjaga kelembaban bibir sehingga bibir tidak mudah kering atau bahkan pecah-pecah.

4.Hindari Terlalu Sering Menjilat Bibir

Masih banyak orang yang berpikiran jika menjilat bibir dengan lidah dapat membuat bibir menjadi lembab. Namun faktanya pernyataan itu merupakan pernyataan yang salah.

menhindari menjilat bibir agar tidak kering

Air liur yang terkandung pada lidah sangat tidak baik untuk bibir dan bahkan membuat bibir menjadi lebih kering. Dan apabila kamu terlalu sering menjilati bibir kamu, justru akan mempermudah bibir menjadi cepat pecah-pecah dan terlihat sangat tidak sehat. Maka dari itu hilangkan kebiasaan menjilat bibir mulai dari sekarang.

5.Kurangi Makanan Asin dan Pedas

Pada saat sedang menjalankan ibadah puasa, biasanya kita ingin makan segala jenis makanan mulai dari makanan manis, asin hingga makanan yang pedas.

kurangi makanan makanan pedas dan asin agar bibir tetap sehat

Bagi yang suka jenis makanan asin dan pedas, pastinya saat berbuka ingin memakan jenis makanan asin dan pedas dalam jumlah yang banyak. Namun tahukah kamu jika terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi makanan asin dan pedas dapat menyebabkan bibir kering? Faktanya makanan pedas dan asin dapat membuat bibir menjadi lebih cepat kering, maka dari itu harus bisa mengurangi makan makanan pedas ataupun asin agar kesehatan bibir tetap terjaga.

6.Oleskan Air Mentimun Saat Berbuka

Mentimun ternyata bukan hanya bisa untuk dijadikan sebuah lalapan saja loh beauty moms. Selain nikmat untuk kita makan, ternyata mentimun juga memiliki kandungan yang berfungsi untuk melembabkan bibir yang kering atau mencegah bibir kering.

mengoleskan air mentimun agar bibir menjadi lembab

Caranya yaitu sukup mudah hanya dengan mengiris timun secukupnya, lalu masukan timun ke dalam air dingin. Biarkan beberapa saat, setelah itu kamu bisa mengoleskan air mentimun itu untuk bibir kamu. Kamu bisa lakukan ini setelah kamu selesai berbuka puasa.

7.Melakukan Eksfoliasi Bibir

Banyak yang belum paham bahwa eksfoliasi bibir juga penting untuk merawat bibir agar tidak kering. Ekfoliasi merupakan perawatan sederhana yang bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan. Agar lebih paham perawatan eksfoliasi bibir tidak jauh berbeda dengan perawatan scrub.

rajin svrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati

Cara untuk eksfoliasi bibir sangatlah mudah, cukup siapkan campuran madu dan gula pasir. Oleskan pada bibir dan diamkan beberapa saat. Setelah itu gosok secara perlahan campuran gula pasir dan madu yang sudah dioleskan tadi. Atau bisa juga membeli produk scrub bibir di supermarket. Cara seperti ini dapat membat bibir menjadi lebih lembab karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir yang membuat kering. Kamu bisa lakukan eksfoliasi bibir kamu setelah berbuka puasa atau sebelum tidur.

8.Kurangi Minuman Berkafein

Bagi sebagian orang minum minuman yang mengandung kafein sudah menjadi yang yang biasa. Namun pada saat puasa sangat tidak dianjurkan untuk minum minuman yang mengandung kafein.

kurangi minuman kopi agar bibir tidak kering

Minum kopi saat sahur dan juga berbuka tidak baik dan dapat membuat kulit menjadi kering. Hal ini berpengaruh juga pada kesehatan bibir saat berpuasa. Maka dari itu, untuk kamu yang suka minum kopi coba untuk kurangi mengkonsumsi kopi saat berpuasa. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari bibir yang tidak sehat akibat kering dan pecah-pecah.

9.Rajin Menggunakan Lip Balm

Semua wanita pastinya sudah mengetahui manfaat dari menggunakan lip balm. Lip balm memang dibuat khusus untuk merawat bibir dan menghindari bibir yang kering..

rajin menggunakan lip balm agar bibir tetap lembab selama puasa

Kandungan pada lip balm sangat bagus untuk membuat bibir tetap lembab dan sehat. Berbagai macam produk lip balm memiliki kandungan madu, vitamin E, cocoa butter dan berbagai macam kandungan alami lainnya yang sangat bagus untuk menjaga kelembaban bibir agar lebih sehat. Pada saat berpuasa, kamu bisa mengaplikasikan lip balm pada bibir setiap saat.

10.Kurangi Menggunakan Lipstik dan Liptint

Seperti yang kita tahu, bahwa liptik matte kini sedang populer dan diminati semua wanita. Karena hasilnya yang matte dan menempel pada bibir bertahan cukup lama, membuat jenis lipstik ini disukai banyak orang. Tidak hanya lipstik matte, liptint juga populer untuk kalangan remaja.

hindari pemakaian lipstik saat puasa

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya lipstik matte dan liptint dapat membuat bibir menjadi kering? Bahkan terlalu sering menggunakan lisptik dan liptint pada saat puasa, dapat membuat bibir menjadi rusak akibat pecah-pecah. Tidak ada salahnya menggunakan lipstik dan liptint pada saat sedang puasa, namun kurangi pemakaiannya agar bibir tidak kering. Untuk para wanita bisa juga mengganti lipstik dengan lip balm yang berwarna, karena lip balm lebih sehat untuk membuat bibir tetap lembab saat puasa.

Nah itulah tips untuk kamu dalam menjada kesehatan bibir pada saat sedang menjalankan ibadah puasa. Lakukan secara rutin setelah berbuka puasa dan saat sahur agar pada saat puasa seharian bibir tetap lembab. Jangan lupa untuk selalu rajin minum air putih agar bibir menjadi lebih sehat dan lembab beauty moms! (Emeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Beberapa judul film horor di tahun 2022 bakal memicu adrenalin agar kecanduan menonton. Masyarakat Indonesia sangat menyukai genre tersebut.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Bandana Atta Halilintar Akhirnya Terjual Rp 2 Miliar, Untuk Rumah Penghafal Alquran | Beauty Moms

Bandana Atta Halilintar Akhirnya Terjual Rp 2 Miliar, Untuk Rumah Penghafal Alquran | Beauty Moms

Beberapa waktu lalu, Atta Halilintar melelang bandananya melalui instagram pribadinya . Bandana itu ditawar dengan harga fantastis.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Peluang Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga | Beauty Moms

Peluang Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga | Beauty Moms

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga yaitu bisnis online. Usaha tersebut memang mudah dilakukan untuk ibu rumah tangga.

ES
Elena Soraya
Cover Image for Tips Tidak Jadi Pelakor Meski sudah Terlanjur Mencintai Pria Beristri | Beauty Moms

Tips Tidak Jadi Pelakor Meski sudah Terlanjur Mencintai Pria Beristri | Beauty Moms

Tentu akan merepotkan, bila sudah terlalu cinta ternyata yang dicintai sudah beristri. Wah, bisa menyandang status pelakor. Tips Tidak Jadi Pelakor

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for Malas Dirayu dan Digosipin di Medsos, Ini 7 Cara Wanita Harus Bersikap Cuek | Beauty Moms

Malas Dirayu dan Digosipin di Medsos, Ini 7 Cara Wanita Harus Bersikap Cuek | Beauty Moms

Tak ada salahnya sebagai wanita, kamu bersikap cuek dan tidak terllau mengikuti arus pertemanan di media sosial yang bisa membahayakanmu.

BM
Buna Mirza