Ragam Kue Kering untuk Lebaran yang Mudah Dibuat Sendiri | Beauty Moms

Cover Image for Ragam Kue Kering untuk Lebaran yang Mudah Dibuat Sendiri | Beauty Moms
ES
Elmeira Sabrina

Ragam Kue Kering untuk Lebaran yang Mudah Dibuat Sendiri

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, datanglah hari Raya Idul Fitri. Pada hari raya ini umat muslim bersilaturahmi dengan keluarga, teman dan tetangga dengan penuh bahagia. Melengkapi kebahagiaan itu tentu dengan menyambut tamu dengan beragam hidangan khas lebaran seperti ketupat, opor dan juga berbagai macam kue kue kering yang bisa dibuat sendiri.

Untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang bersilaturahmi, maka tuan rumah akan menyediakan berbagai macam makanan untuk dihidangkan kepada tamu yang datang. Salah satu makanan yang biasanya ada pada saat lebaran adalah kue kering.

Macam-Macam Kombinasi Kue Kering yang mudah Dibuat Sendiri

Ada banyak jenis kue kering yang menjadi ciri khas hari Raya Idul Fitri. Kue kering ini bisa dibeli di toko, namun untuk memaksimalkan rasanya bisa membuatnya sendiri. Berikut beberapa kue kering yang bisa dibuat sendiri di rumah dan dengan rasa yang lebih enak karena sesuai dengan seleramu:

1.Nastar

Siapa si yang tidak tahu kue kering yang satu ini? Kue nastar adalah kue kering yang selalu ada pada hari Raya Idul Fitri. Nastar seolah-olah sudah menjadi khas kue lebaran. Bentuk dari kue ini seperti kubah yang berdiameter kurang lebih 2 cm.

kue nastar sebagai Kombinasi Kue Kering Yang Bisa Dibuat Sendiri

Kue Nastar

Kue Nastar berisi selai nanas. Selai ini membuat raanya semakin lezat. Pada bagian atas kue nastar ini ada taburan keju atau cengkeh. Nastar menjadi kue kering yang cukup awet dan bisa bertahan hingga 2 bulan apabila tersimpan dengan rapat.

Acap kali kue nastar ini menjadi kue favorit semua orang pada hari Raya Idul Fitri. Tapi tahukan jika kue nastar bukan hanya untuk hari Raya Idul Fitri? Faktanya pada hari Raya Imlek kue ini juga menjadi simbol kemakmuran.

2.Kastengel

Selain kue nastar, kue kastengel ini juga menjadi ciri khas hidangan saat hari Raya Idul Fitri. Kue kastengel terbuat dari campuran keju parut sehingga rasa keju pada kue ini sangat kuat. Tidak hanya tercampur pada adonannya, bagian atas kue kastengel ini juga memiliki taburan keju yang banyak.

kue kastengel kue khas lebaran

Bagi yang suka sekali dengan keju, kue kering kastengel ini sangat cocok untuk kamu. Karena hampir 70% kue ini terbuat dari keju. Kue kering ini juga bisa bertahan cukup lama kurang lebih sampai 3 bulan. kue kastengel menjadi kombinasi kue kering yang bisa dibuat sendiri

3.Putri Salju

Tidak jauh berbeda dengan kue kering kastengel, kue kering putri salju ini juga terbuat dari campuran parutan keju. Namun meskipun sama-sama terbuat dari campuran keju, rasa dari kue putri salju ini cukup berbeda dengan kastengel. Dan yang lebih membedakan lagi yaitu pada kue kering putri salju ini memiliki taburan gula halus yang melimpah.

kue purti salju sebagai Kombinasi Kue Kering Yang Bisa Dibuat Sendiri

Taburan gula halus inilah yang menjadi alasan kue ini bernama putri salju. Bentuk kue putri salju ini menyerupai bentuk kacang mete atau bulan sabit. Karena adonannya terbuat dari campuran keju parut dan diselimuti oleh gula halus, maka rasa kue ini gurih dan manis dalam satu waktu yang bersamaan. Apabila kue kering putri salju ini diletakan pada tomples, tampilannya akan terlihat lebih cantik dan terkesan mewah.

4.Lidah Kucing

Mungkin banyak yang belum mengetahui kue kering yang satu ini, karena memang tidak banyak orang yang menyediakan kue kering ini untuk tamu. Lidah kucing menjadi jenis kue kering yang mudah untuk kamu buat sendiri.

lidah kucing sebagai kue khas lebaran

Dalam bahasa Belanda kue lidah kucing ini terkenal dengan sebutan Katte Tong dengan rasa yang sangat lezat. Rasa lidah kucing ini sangat renyah dan tidak membosankan untuk terus kita konsumsi.

5.Kue Semprit

Kue semprit adalah jenis kue kue kering yang berbentuk seperti kelopak bunga dan pada bagian tengah kue ini ada choco chips yang membuat terlihat semakin cantik. Rasa kue ini gurih dan juga renyah, namun tetap lembut ketika dikunyah.

kue semprit sebagai kue khas lebaran

Ada dua varian dari kue semprit ini, yaitu kue semprit dengan rasa coklat dan original. Mungkin banyak orang yang tahu bentuk dari kue ini, namun tidak sedikit juga orang-orang yang tidak tahu nama dari kue ini. Kue semprit ini juga menjadi kue kering yang wajib ada pada hari Raya Idul Fitri. Selain rasanya yang enak, kue ini juga mudah untuk kamu buat sendiri.

6.Kue Sagu

Pastinya hampir semua orang tahu kue sagu ini. Kue sagu menjadi salah satu kue kering yang cukup populer. Rasanya yang sangat gurih namun tetap lembut, membuat kue ini tidak membosankan. Kue sagu kini sudah cukup bervariasi. Tidak hanya ada rasa original, ada juga kue sagu dengan campuran keju.

kue sagu

Kue sagu dengan campuran keju inilah yang menjadi favorit semua orang. Karena rasa manis dari kue sagu dan rasa gurih pada keju, membuat rasa kue ini sempurna. Kue sagu juga menjadi kue kering yang bisa kita buat sendiri. Kita bisa membuat varian kue sagu sesuai dengan kesukaan kita.

7.Kue Kacang

Untuk yang suka dengan kacang, kue kering yang satu ini cocok untuk kamu. Biasanya pada hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang menyediakan kue kacang karena memang rasanya yang enak dan mudah untuk dibuat sendiri.

kue kacang

Kue kacang ini terbuat dari campuran kacang tanah. Rasa dari kue ini yaitu manis dan gurih. Rasa ini lah yang membuat semua orang suka dengan kue kacang.

8.Kue Coklat

Bagi yang sibuk, namun tetap ingin membuat kue kering untuk hari Raya Idul Fitri, maka kue coklat ini bisa menjadi pilihannya. Kue coklat ini menjadi salah satu kue kering yang sangat mudah untuk dibuat. Karena hanya tinggal mencampurkan lelehan coklat ke varian coco crunch ataupun kacang mete.

kue coklat

Agar terlihat lebih menarik lagi, bisa juga menaburkan springkel pada bagian atas kue. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga akan sangat menyukai kue kering yang satu ini.

9.Pastel Kering

pastel kering

Pada saat hari Raya Idul Fitri pastinya akan sering melihat jenis kue kering yang satu ini. Pastel kering makanan yang selalu ada pada saat hari Raya Idul Fitri. Ukurannya yang mini membuat kita ingin terus menerus memakannya.

Pastel kering ini berisi abon kering yang sangat lezat. Varian rasa abonnya pun tidak harus abon sapi, namun menggunakan abon ayam juga lezat. Rasanya yang sangat renyah dan gurih membuat pastel kering ini menjadi favorit banyak orang. Pastel kering ini bisa kamu buat sendiri, karena memang tidak terlalu susah.

10.Cheese Stik

Cheese stik merupakan makanan asin yang tidak membosankan. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya. Adonan cheese stik ini hampir sama dengan membuat adonan pastel.

cheese stik

Rasanya pun hampir sama dengan pastel, namun untuk cheese stik ini lebih gurih, karena pada adonan ada tambahan parutan kejunya. Agar rasanya lebih enak, bisa juga cocol dengan saos. Cheese stik menjadi kombinasi kue kering yang bisa dibuat sendiri.

11.Wafer Sembunyi

Kue kering yang satu ini menjadi keu kering yang populer pada masanya, untuk sekarang kue kering ini sudah jarang ada orang yang membuatnya. Meskipun begitu, kue kering wafer sembunyi ini tetap menjadi favorit semua orang.

kue wafer sembunyi

Dikatakan wafer sembunyi karena ada wafer yang tertutup lapisan adonan kue. Rasa kue ini juga sangat lezat karena gurih dan manis dalam waktu yang bersamaan. Wafer yang tersembunyi ini juga membuat kue menjadi lebih nikmat.

BACA : 10 Tradisi Idul Fitri yang Tetap Dilestarikan

Itulah macam-macam kue kering yang biasa kita temukan pada hari Raya Idul Fitri. Jenis kue tersebut juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah dengan berbagai macam variasi yang sesuai dengan keinginan. Namun pada hari Raya Idul Fitri bukan makanannya yang terpenting, tetapi momen bersilaturahmi dan kumpul keluarga yang harus tetap dilestarikan agar kerukunan bisa terjaga ya beauty moms! (Elmeira Sabrina)

More Stories

Cover Image for Ingin Prediksi Wajah Bayi Berikut 4 Aplikasi yang Populer | Beauty Moms

Ingin Prediksi Wajah Bayi Berikut 4 Aplikasi yang Populer | Beauty Moms

Media sosial belakangan ini ramai dengan aplikasi prediksi wajah bayi. Apalagi setelah sejumlah selebriti mengunggahnya dalam media sosial

KA
Kusnia Argana
Cover Image for 15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

Beragan aplikasi filter wajah terkini untuk editing wajah dan vidio menjadi lebih cantik seketika. 1.Snow 2.FaceApp 3.SnapChat...

LV
Lobelia Vira