Beauty

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Sejak dulu madu sudah terkenal dengan segudang khasiat luar biasa bagi banyak orang. Madu berasal dari lebah madu yang mengumpulkan nektar atau sari tanaman berbunga kemudian menyimpannya pada sarang lebah. Sampai waktu tertentu, madu dapat dipanen dan diolah untuk dikonsumsi masyarakat. Selain kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh dan menjaga stamina, madu juga memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan.

Biasanya orang-orang menjadikan madu sebagai bahan pemanis untuk olahan makanan seperti pancake atau olesan roti. Bisa juga mencampurkannya pada minuman seperti jamu atau teh hangat.  Selain mendapatkan rasa manis pada madu  tubuh juga akan mendapatkan nutrisinya. Tak sedikit juga orang yang langsung mengkonsumsi madu tanpa tambahan apapun.

Dalam dunia kecantikan, madu memiliki peran penting untuk meregenerasi kulit karena memiliki sifat antibakteri dan kaya antioksidan. Manfaat luar biasa dari madu ini memang tak perlu diragukan lagi. Tak heran banyak brand skincare atau kosemetik yang menjadikan madu sebagai formula utamanya.

Mungkin banyak dari sobat Beautymom bingung jika harus memilih produk perawatan kulit yang tepat. Nah, sobat Beautymom bisa loh membuat resep kecantikaan sendiri berbahan dasar madu di rumah.

Yuk, simak manfaat luar biasa madu untuk kecantikan dan cara tepat mengaplikasikannya.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

1. Mengatasi dan Menyamarkan Bekas Jerawat

Jerawat tentu sangat menggangu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Nah, madu bisa loh menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk kecantikan madu memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit. Baik itu jerawat baru atau jerawat meradang.  Sifat anti inflamasinya juga mempercepat proses penyembuhan jerawat serta mengurangi kemerahan pada kulit.

Ada banyak cara mengaplikasikan madu untuk mengatasi permasalahan jerawat salah satunya dengan menjadikannya masker wajah dan pembersih wajah.

Mesker Madu Dengan Kunyit Untuk Jerawat

Siapa coba yang tidak mengenal kunyit dengan sejuta manfaatnya? Dalam dunia kecantikan, kunyit sering dijadiikan masker wajah untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. Paduan madu dan kunyit menjadi kombinasi sempurna yang banyak orang percaya mampu menenangkan kulit berjerawat. Cara membuat masker dengan campuran madu dan kunyit ternyata mudah loh, begini caranya:

  1. Cuci bersih beberapa buah kunyit kemudian haluskan dan masukan dalam sebuah mangkuk kecil. Sobat Beautymom  juga dapat mengganti rempah kunyit dengan kunyit bubuk agar lebih praktis sebanyak setengah sendok teh
  2. Setelah itu, tambahkan satu sendok madu ke dalam mangkuk tersebut
  3. Aduh hingga keduanya tercapur rata dan menjadi sekental pasta
  4. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit
  5. Setelah masker mengering, bilas wajah dengan air hangat.

Mengaplikasikan Pembersih Wajah Dari Madu

Selain mengkombinasikan madu dengan rempah kunyit, madu juga dapat menjadi pembersih wajah yang efektif loh. Berikut cara membuat pembersih wajah dari madu:

1. Pilihlah madu alami dan murni yang belum tercampur dengan zat apapun

2. Ambilah ½ sendok teh madu dan tuangkan pada telapak tangan

3. Balurkan madu yang sudah dituangkan pada telapak tangan tadi ke wajah.   Kemudian, pijat wajah secara perlahan

4. Setelah itu, bilaslah wajah hingga bersih

5. Lakukan hal serupa pada pagi dan malam hari setelah membersihkan makeup.

2. Mengatasi Minyak Berlebih

Manfaat madu untuk kecantikan selanjutanya adalah mengatasi minyak berlebih pada kulit. Kulit berminyak terjadi karena kelenjar minyak pada kulit memproduksi sebum berlebihan. Banyaknya aktivitas juga mempengaruhi produksi sebum. Meski sebenarnya sebum memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Namun jika terlalu berlebihan akan menyebabkan  kulit kusam, pori-pori tersumbat bahkan jerawat.

Nah, selain menggunakan berbagai produk perawatan kulit berminyak, tak ada salahnya mencoba perawatan dengan masker alami dari madu.

Mangaplikasikan Madu dan Oatmeal Untuk Mengatasi Minyak

Selain enak dijadikan makanan, oatmeal juga bagus untuk kecantikan terutama untuk tipe kulit berminyak. Masker oatmeal terkenal dapat menyerap sebum berlebih pada wajah dan mengangkat sel kulit mati. Campuran madu sendiri berperan merelaksasi kulit. Yuk simak cara mengaplikasikan masker alami dari madu berikut untuk menuntaskan masalah kulit berminyak:

1. Seduhlah satu sendok makan oatmeal tawar

2. Tambhakan 1-2 sendok teh madu alami

2. Aduk hingga tercampur rata dan diamkan pada suhu ruang

3. Aplikasikan pada wajah secara perlahan dan diamkan selama 10-15 menit

4. Setelah masker mengering, bilas wajah dengan air hangat

5. Gunakan secara rutin 2 kali seminggu atau saat dibutuhkan.

3. Melembabkan Bibir Kering

Memiliki bibir kering memang tidak nyaman. Terkadang karena sudah terlalu kering, kulit bibir akan mengelupas dan menghasilkan rasa perih. Bibir kering sendiri memiliki penyebab yang sangat bervariasi, seperti kebiasaan menggigit bibir, alergi atau infeksi.

Apakah sobat Beautymom salah satu orang yang memiliki bibir kering? Jika iya, tak ada salahnya merawat bibir kering dengan bahan alami seperti madu. Yuk simak tips beberapa berikut:

Mengaplikasikan Madu Untuk Bibir Kering

Ternyata cara mengembalikan kelembapan bibir kering itu mudah sekali, loh. Hanya dengan menggunakan madu, permasalahan bibir kering langsung sirna. Ini dia caranya:

1. Tuangkan dua sampai tiga tetes madu pada ujung jari tangan

2. Kemudian, oleskan pada belah bibir bergantian

 3. Diamkan semalaman dan lakukan secara rutin untuk bibir tetap sehat.

Mengaplikasikan Masker Madu dan Gula

Sobat Beautymom bisa menggunakan campuran madu dan gula untuk eksfoliasi bibir supaya bibir lebih lembab, sehat dan cerah. Namun, perlu diperhatikan jika kulit bibirmu terlalu kering hingga sering berdarah, sebaiknya lakukan perawatan masker bibir dengan madu saja tanpa gula.  Berikut adalah cara membuatnya:

1. Campukan satu sendok teh madu dan satu  sendok teh gula pasir kemudian aduk hingga rada

2. Aplikasikan capuran tersebut pada bibir dan pijat perlahan selama 30 detik

3. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih

4. Untuk hadis optimal, lakukan selama dua kali dalam seminngu, ya.

4. Mencerahkan Kulit Kusam

Setelah berkegiatan sehari-hari terpapar polusi dan terik matahari menyebabkan kulit menjadi kusam. Untuk mengembalikan kulit wajah cerah berseri tentu memerlukan usaha maksimal. Namun ketika ingin mencoba berbagai produk skincare kulit sering tidak cocok. Nah, ternyata mencerahkan kulit kusam itu tidak sulit. Cukup dengan bahan alami seperti muda yang kaya antokasidan dan Vitamin C yang terpercaya dapat mencerahkan kulit.

Mengaplikasikan Masker Madu dan Susu

Tahu tidak, selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, susu juga mampu membantu merawat kulit kusam, loh. Terlebih lagi jika mengkombinasikan susu dengan madu menjadi masker. Kandunagn nutrisi pada keduanya mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit secara optimal. Lalu , bagaimana cara mengaplikasikannya?

1. Campukan tiga sedok makan susu bubuk dan satu sendok makan madu dalam wadah mangkuk dan aduk hingga rata

2. Setelah itu balurkan masker madu dan susu ke kulit wajah atau tubuh sambil memijat-mijat perlahan

3. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih

4. Untuk hasil maksimal lakukan kegitan tersebut secara rutin, satu atau dua kali seminggu.

Mengaplikasikan Masker Madu dan Bengkoang

Selain menggunakan susu bubuk, bengkoang dapat menjadi alternatif untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin C yang ada di dalam bengkoang membantu mencerahkan melanin kulit. Olehkarena itu tips mengaplikasikan masker madu dan bengkuang itu tak boleh terlewat. Yuk simak cara membuatnya.

1. Parutlah bengkoang yang telah dikupas hingga halus

2. Kemudian peras bengkoang yang telah halus hingga megeluarkan air

3. Setelah itu diamkan air perasan bengkoang hingga mengendap

4. Setelah mengendap, campurkan air endapan bengkoang dengan 3 sendok makan madu dan aduk hingga rata

5. Aplikasikan ke wajah dan tunggu 10-15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 6 Manfaat Minuman Herbal Yang Membantu Bikin Langsing

5. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Sering bertambahnya usia, kerutan dan garis halus makin nampak pada wajah. Belum lagi dengan flek hitam yang sulit sekali dimusnahkan. Kulit juga akan kehilangan elastisitasnya. Tanda-tanda penuaan seperti ini memang tak bisa terelakan, namun bukan berarti tidak dapat mengatasinya ya. Salah satu cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini adalah dengan menggunakan masker madu alami. Vitamin dan antiokasidan pada madu membantu memperbaiki sel kulit wajah dan juga meregenerasi kulit.

Mengaplikasikan Masker Madu dan Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C untuk mengatasi flek htam dan elastisias kulit. Banyak sekali produk kecantikan yang memanfaatkan lemon sebagai bahan utama dari produknya. Kini sobat Beautymom dapat membuat sendiri perawatan  wajah menggunakan lemon  dengan campuran madu. Zat polifenol dan flavonoid membantu atasi kerusakan kolagen pada kulit. Langsng saja kita cari tahu bagaimana cara membuat masker lemon dengan madu, yuk.

1. Peras satu buah lemon ke dalam wadah

2. Campukan dengan madu, minyak zaytun dan gula. Kemudian aduk hingga rata

3. Lalu, aplikasikan pada wajah selama 10 menit dan pijat-pijat memutar secara perlahan

4. Bilas dengan air bersih

5. Gunakan perawatan ini secara rutin 1-2 kali dalam seminggu.

6. Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Manfaat madu dalam dunia kecantikan selanjutnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Madu tidak hanya sebatas sebagai pemanis atau pelengkap makanan saja tetapi juga untuk mengobati luka, baik luka sayatan atau luka bakar. Kandungan nitrogen monoksida dan hidrogen peroksida mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Nilai pH yang rendah pada madu sekitar 3,2 hingga 4,5 pH juga berfungsi untuk mencegah terbentuknya enzim prostate. Enzim ini akan bekerja memecah protein sehingga luka menjadi sulit sembuh.

Mengaplikasikan Madu Untuk Menyembuhkan Luka

Madu dapat menjadi obat pertolongan pertama saat kulit terluka. Namun tidak semua luka dapat diobati hanya dengan madu. Luka yang dapat diobati dengan madu seperti luka lecet, luka potong, luka bakar rendah atau luka yang tidak terlalu dalam. Berikut adalah cara mengaplikasikan madu untuk menyembuhkan luka:

1. Bersihkan tangan terlebih dahulu dengan air bersih dan sabun. Juga membersihkan luka sehingga tidak ada kotoran

2. Ambil madu secukupnya dan oleskan pada kapas, lalu tempelkan kapas tersebut pada area yang terluka

3. Tutup kapas tadi dengan perban dan kencangkan ujungnya dengan plaster

4. Jangan lupa untuk mengganti perban secara rutin satu hari sekali.

7. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang sering bermasalah dengan berat badan? Bila sobat Beautymom salah satunya, mulai saat ini ubah kebiasaan mengkonsumsi gula dengan mengkonsumsi madu. Walau sama-sama memberikan rasa manis, madu tidak seperti gula rafinasi. Jika gula rafinasi menambah lemak dan kalori, justru madu akan menyeimbangkannya dan membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan. Cocok untuk orang yang sedang dalam proses diet sehat.

Mengkonsumsi Madu Untuk Menurunkan Berat Badan

Ada beragam cara untuk mengkonsumsi madu. Namun asupannya harus dibatasi sesuai kebutuhan untuk mendapat hasil yang optimal. Berikut macam-macam acar untuk mengkonsumsi madu:

Pada Minuman:

1. Mencampur madu, lemon dan air hangat kemudian meminumnya saat perut kosong di pagi hari.

2. Manambahkan madu pada susu skim sebelum berolah raga. Terbukti akan meningkatkan energi.

3. Menambahkan madu pada jus buah sebagai pengganti gula

Pada Makanan:

1. Oleskan madu pada roti gandum rendah kalori untuk sarapan atau makan malam.

2. Menambahkan madu ke dalam semangkuk oatmeal yang kaya akan serat.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kecantikan dan cara mengaplikasikannya. Mudah sekali bukan? Dengan mengaplikasikan madu secara rutin pada bagian yang dibutuhkan kulit akan menjadi lebih terawat.  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Share
Lobelia Vira

Recent Posts

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket

Dari tahun ke tahun, style fashion selalu berubah terutama untuk style fashion wanita. Dibandingkan dengan…

3 minggu ago

7 Cara Ampuh Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih bahagia

Secara tidak sadar aktifitas yang kita lakukan setiap hari memiliki potensi menyebabkan stres. Kondisi ini…

3 bulan ago

Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui Tentang Isabela Merced dari Sweet Girl Netflix

Karirnya cemerlang di jagat sinema internasional, beberapa fakta menarik berikut adalah tentang Isabela Merced bintang…

3 bulan ago

Ketahui 5 Love Language Ini Supaya Hubungan Makin Mesra

Perasan jatuh cinta bisa tumbuh pada siapa saja tanpa pandang bulu. Rasa cinta kepada pasangan…

3 bulan ago

Jangan Salah Langkah! Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Untuk itu perawatannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan…

4 bulan ago

Tidak Hanya Bermodal Tampang, Ini Deretan Aktor Korea Multitalenta

Drama Korea memang selalu saja menarik untuk diikuti. Selain ceritanya yang menarik, setiap drama juga…

4 bulan ago