Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet dengan Bahan Alami | Beauty Moms

Cover Image for Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet dengan Bahan Alami | Beauty Moms
TS
Tamara Suci

Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet dengan Bahan Alami

Adaptasi kebiasaan baru setahun terakhir membuat banyak orang punya waktu luang di rumah. Bagi wanita, ada yang mencoba hal baru untuk merawat dan memanjakan diri. Salah satunya dengan bereksperimen dengan berbagai warna, cat rambut. Ada yang melalui proses bleaching ada pula yang melewatkan proses bleaching. Kebetulan pula berbagai produsen cat rambut mengakomodir keduanya. Mereka meluncurkan beragam produk yang sesuai untuk warna rambut wanita Indonesia. Bila sudah mewarnai, maka bagaimana cara mempertahankan warna cat rambut agar lebih awet. Beauty Moms akan mengulasnya kali ini.

Mayoritas wanita Asia memiliki rambut hitam. Pada proses pewarnaan rambut, bila menginginkan warna yang lebih cerah, lebih hidup, sebaiknya melalui proses bleaching. Pada proses bleaching ini, beauty moms merekomendasikan memakai jasa salon profesional di kotamu guna menekan seminim mungkin kerusakan rambut.

Bila sudah melalui proses bleaching, bisa bereksperimen sendiri mewarnai rambut dengan warna kesukaanmu. Yang perlu diperhatikan baca dengan seksama petunjuk dalam kemasan produk tersebut. Jangan terlewati satu pun.

Mewarnai Rambut Bila Tanpa Bleaching

Bila tidak ingin melalui proses bleaching, saat ini pun sudah banyak produk pewarna rambut yang disesuaikan untuk rambut hitam. Hanya saja warnanya akan terlihat samar, terutama kala di ruangan. Warna akan terlihat jelas di bawah cahaya ruangan yang terang, atau pun di bawah sinar matahari.

Bila sudah mewarnai, berikut cara mempertahankan warna rambut agar lebih awet :

1. Usai Dibilas, Jangan Keramas Selama 72 Jam untuk Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet

Pasca mewarnai rambut akan ada proses bilas atau keramas. Setelah rambut dikeringkan, untuk mempertahankan warna cat pada rambut jangan keramas sebelum 72 jam atau sekitar 3 hari dari waktu pewarnaan rambut. Hal ini bertujuan untuk lebih meresapkan kandungan zat pewarna pada rambut.

Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet-jangan keramas

Setelah 72 jam terlewati, barulah diperbolehkan keramas. Beauty Moms bisa memilih produk shampo khusus untuk rambut yang diwarnai. Selain itu, jangan lupakan memakai conditioner untuk memberi nutrisi pada rambut supaya mudah untuk mengaturnya.

2. Hindari Paparan Sinar UV

Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet-jangan terpapar sinar UV

Paparan sinar UV terlalu lama dapat merusak kulit tubuh. Begitupun dengan rambut yang kita miliki. Untuk mempertahankan warna cat rambut, sebisa mungkin hindari paparan sinar UV. Gunakan payung ketika sedang berjalan di siang hari yang terik.

3. Kopi Sebagai Bahan Alami

Selain nikmat untuk diminum dan dapat menghilangkan kantuk, ternyata kopi juga bermanfaat untuk mempertahankan warna cat pada rambut. Karena kopi mengandung kafein yang menjaga supaya rambut tidak mudah rontok.

Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet-kopi Sebagai Bahan Alami

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengubah kopi menjadi masker rambut. Masker rambut pembuatannya sangat mudah menggunakan bahan – bahan yang sudah ada di rumah. Campurkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu kuning telur. Aduk menjadi satu hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pada rambut sembari pijat – pijat kulit kepala. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bersihkan segera dengan air bersih dan shampo.

Kandungan pada kuning telur kaya vitamin, zat besi, natrium dan protein yang dapat mencegah serta memulihkan kerusakan pada rambut. Selain itu, kuning telur juga menjaga rambut agar tidak kusam setelah proses pewarnaan.

4. Minyak Zaitun Memberi Antioksidan

Semua orang pastinya sudah mengetahui keajaiban dan khasiat dari minyak zaitun. Diantaranya dapat mempertahankan warna cat pada rambut. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun berfungsi untuk memberi vitamin A dan vitamin E yang baik untuk kesehatan rambut.

Mempertahankan Warna Cat Rambut Lebih Awet-Minyak Zaitun untuk anti oksidan

Di pasaran, sudah banyak yang memproduksi produk perawatan rambut yang mengandung minyak zaitun di dalamnya.

BACA JUGA : Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Agar Lebih Aman dan Mudah Perhatikan 9 Langkah Berikut

Pilihlah produk yang berkualitas baik supaya tidak merusak rambut. Produk yang baik biasanya yang memiliki merk terkenal atau mereknya sering kita dengar.

5. Menu Diet untuk Menjaga dari Dalam Tubuh

Bahan – bahan untuk mempertahankan warna cat rambut tidak selalu harus dioleskan pada rambut. Dari dalam tubuh pun perlu perawatan untuk tetap menjaga rambut.

Menu Diet untuk Menjaga dari Dalam Tubuh

Menu diet dapat menjadi salah satu pilihannya. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat – zat yang dibutuhkan oleh kesehatan rambut. Beberapa menu di bawah ini dapat moms pilih sesuai dengan kebutuhan:

  • Yoghurt. Seperti yang sudah kita ketahui, kandungan pada yoghurt memiliki bakteri baik yang dapat memperlancar kinerja usus atau sistem pencernaan. Namun selain itu, khasiat lainnya dari yoghurt yaitu dapat mencegah penipisan rambut setelah proses pewarnaan.

  • Bayam. Segudang manfaat dari bayam dapat menyehatkan tubuh kita. Karena bayam mengandung vitamin K serta magnesium di dalamnya. Selain untuk mencegah anemia, manfaat bayam yaitu juga dapat mencegah rambut rapuh pasca pewarnaan.

  • Wortel. Sayuran yang banyak mengandung vitamin A ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Namun selain itu, khasiat dari wortel juga bisa untuk mengkilaukan rambut. Bagus ya jika memiliki rambut yang berwarna dan berkilau?

  • Pisang. Yang satu ini, di dalamnya mengandung banyak vitamin dan serat untuk kesehatan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi pisang, rambut juga akan memiliki sistem pertahanan yang kuat dan tidak mudah rontok setelah proses pewarnaan.

6. Madu untuk Rambut

Rambut yang telah diwarnai akan kehilangan zat – zat alami dari dalam rambut. Beauty mom dapat menggunakan madu untuk mengembalikannya. Madu banyak terjual di pasaran, bahkan beberapa produk perawatan rambut sudah ada yang mencampurkan madu dalam komposisinya.

Menu Diet untuk Menjaga dari Dalam Tubuh-Madu untuk rambut

Madu mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan rambut. Dengan menjadikan madu sebagai masker rambut, rambut akan ternutrisi kandungan vitamin, mineral, protein, dan antioksidan dari madu.

7. Cuka Apel untuk Mempertahankan Warna Cat Rambut

Sebagian orang mungkin masih belum mengetahui manfaat dan kegunaan dari cuka apel. Cuka Apel yaitu fermentasi dari buah apel yang sudah dihancurkan. Ada yang memanfaatkannya untuk kesehatan jantung, mengatasi gangguan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, hingga untuk perawatan rambut.

Cuka Apel untuk Mempertahankan Warna Cat Rambut

Biasanya setelah proses pewarnaa, rambut akan menjadi kaku karena zat – zat kimia pada bahan pewarna. Dalam perawatan rambut, cuka apel berkhasiat untuk membuat rambut menjadi lebih halus.

Basahi seluruh bagian rambut dan kepala. Kemudian oleskan campuran cuka apel, air suling, dan minyak esensial pada tiap helai. Lakukan seperti sedang berkeramas. Pastikan semua rambut sudah teroleskan cuka apel dengan baik.

Tunggu selama beberapa saat sekitar 15 menit. Gunakan penutup kepala supaya rambut tidak berantakan. Setelah itu, bilas rambut dan kepala dengan air bersih.

Penggunaan cuka apel tidak boleh berlebihan karena nantinya dapat menyebabkan efek samping. Gunakan sesuai aturan pada label kemasan. Hati – hati dalam penyimpanannya.

Itulah beberapa cara yang mudah dan alami untuk mempertahankan warna cat rambut. Keberhasilannya tergantung seberapa rajin kita mengaplikasikannya. Semoga bermanfaat ya moms. (Tamara Suci)

More Stories

Cover Image for Serial Animasi Pip Pop, Tontonan Seru untuk Batita | Beauty Moms

Serial Animasi Pip Pop, Tontonan Seru untuk Batita | Beauty Moms

dokter Oky Pratama bersama dengan OPRA Entertainment membuat serial animasi dengan nama Pip Pop untuk batita.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Beberapa judul film horor di tahun 2022 bakal memicu adrenalin agar kecanduan menonton. Masyarakat Indonesia sangat menyukai genre tersebut.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket | Beauty Moms

Style Fashion Wanita dengan Rok Plisket | Beauty Moms

Style Fashion Wanita dengan rok plisket yang membuat penampilan wanita menjadi lebih menarik karena mudah untuk di mix and match dengan atasan

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for Objek Wisata Baru di Dataran Tinggi Dieng Bernuansa Savana | Beauty Moms

Objek Wisata Baru di Dataran Tinggi Dieng Bernuansa Savana | Beauty Moms

Pesona Dieng tak ada habisnya. Banyak objek wisata baru yang belum diketahui oleh banyak orang. Berikut wisata Dieng bernuansa savana

KZ
Keisha Zain
Cover Image for Drama Korea Tayang Juni 2021 | Beauty Moms

Drama Korea Tayang Juni 2021 | Beauty Moms

Bulan Juni 2021 ini, ada Drama Korea terbaru yang akan tayang. Dramanya pun bertabur bintang dan genre. Beautymom sudah merangkumkannya

NA
Naraya Ayudia