10 Makanan Berprotein untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | Beauty Moms

Cover Image for 10 Makanan Berprotein untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | Beauty Moms
LV
Lobelia Vira

10 Makanan Berprotein untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Beragam cara pun dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari rutin berolahraga sampai mengontrol pola makan. Tapi, hasilnya terkadang nihil. Tubuh malah lemas dan kekurangan nutrisi. Mengkonsumsi makanan berprotein dapat menjadi solusinya. Nah ini 10 makanan berprotein untuk membantu menurunkan berat badan.

Riset membuktikan, makanan berprotein tinggi terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Otak memberikan sinyal penanda rasa lapar dan tubuh mengeluarkan hormon ghirelin sebagai hormon rasa lapar. Ketika mengkonsumsi protein, tubuh akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mengurangi memproduksi hormon tersebut.

Selain itu, mengkonsumsi makanan berprotein juga membantu menambah massa otot sehingga sangat dianjurkan bagi yang suka berolahraga untuk membentuk tubuh. Walaupun banyak sekali manfaatnya namun harus pas mengkonsumsinya.

Baca juga :7 Cara Alami untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Kebutuhan protein bagi setiap orang berbeda. Cara untuk menghitung berapa banyak protein yang kita butuhkan adalah dengan mengkalikan berat badan kita dengan 0.8 gram. Berikut adalah 10 makan berprotein yang baik untuk menurunkan berat badan.

1. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang sering disajikan dalam bentuk cemilan. Salain rasanya enak dan gurih, ternyata kacang memiliki kandungan protein yang bagus dan memiliki manfaat membantu menurunkan berat badan.

kacang kaya protein dan membantu menurunkan berat badan

Mengandung protein nabati, mengkonsumsi kacang dapat menjaga kadar kolestrol tubuh. Asam amino yang terkandung dalam kacang dapat membakar lemak.

Dalam 100 gram kacang-kacangan mengandung sekitar 21 gram protein. Mengolahnya pun cukup mudah, kita dapat merebusnya atau menjadikannya sup bersama sayur-sayuran.

2. Telur

Kandungan protein dalam satu butir telur sekitar 13 gram. Telur mengandung zat besi, Vitamin D, Vitamin A, Vitamin B dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh, memperkuat tulang serta gigi. Telur juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Telur kaya protein membantu menurunkan berat badan

Selain itu, kandungan protein kompleks pada telur juga dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapat olahan telur yang lezat dan sehat, kita dapat merebusnya atau menggorengnya dengan matang untuk membunuh bakteri salmonela.

3. Dada Ayam Tanpa Kulit

Banyak orang menjadikan dada ayam sebagai makan alternatif untuk menurunkan berat badan. Dada ayam mengandung sekitar 31 gram protein. Itu dihitung tiap 100 gram dada ayam. Selain proten, dada ayam juga mengandung fosfor yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan mempertahankan massa otot.

dada ayam membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi protein yang terdapat pada dada ayam juga membantu mengurangi osteoporosis, loh. Untuk mendapatkan protein yang baik pada dada ayam, pilihlah yang tidak terdapat lemak dan kulit.

4. Greek Yoghurt

Greek yougurt membantu dalam penurunan berat badan

Perbedaan greek yoghurt dengan yoghurt biasa terletak pada teksturnya. Greek yoghurt bertekstur lebih kental dan padat. Jenis yoghurt ini tergolong rendah laktosa sehingga aman bagi pengidap intoleransi lakotosa.

Mengandung dua kali lebih banyak protein dari yoghurt pada umumnya, greek yoghurt dapat dikombinasikan bersama potongan buah, sayur atau granola.

5. Oat

oat baik untuk membantu dalam penurunan berat badan

Untuk menurunkan berat badan, banyak ahli gizi merekomendasikan mengganti sarapan pagi dengan oat. Oat merupakan makanan mengandung gandum yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Mengkonsumsi oat dapat membatu melancarkan metabolisme agar tidak terjadi penimbunan lemak.

Karbohidrat kompleks yang terdapat dalam satu mangkung oat mampu mengatur nafsu makan serta menstabilkan gula darah. Oat banyak sekali kita dapati di mini market terdekat dengan harga yang cukup murah.

Untuk mendapatkan satu mangkuk oat tidaklah sulit. Cukup tuangkan beberapa sendok oat sesuai kebutuhan. Lalu tambahkan air hangat dan susu sudah jadi oat yang nikmat. Cara lainnya dapat mengkombinasikan oat dengan buah-buahan dan greek yoghurt. Komibinasi ini selain kaya serat, juga kaya protein yang mampu membantu menurunkan berat badan.

6. Almond

almond mengandung protein membantu menurunkan berat badan

Memiliki rasa renyah dan gurih, almond banyak kita temukan sebagai taburan pada es krim, campuran kue atau sebagai kudapan. Selain itu, ternyata almond juga kaya akan protein dan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Sifatnya yang membuat kenyang lebih lama dapat membantu menurunkan berat badan.

Berdasakan penelitian, mengkosumsi almond sebagai makanan diet mampu membantu menurunkan berat badan. Setiap satu ons almond megandung 5 gram protein dan sudah mampu mengurangi rasa lapar. Cara ini lebih efektif dari pada mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat komplek.

7. Daging Sapi

danging sapi membantu dalam penurunan berat badan

Seperti dada ayam, danging sapi tanpa lemak juga menjadi menu bagus bagi seseorang yang sedang menurunkan berat badan. Danging sapi tanpa lemak memiliki protein tinggi dan rendah kalori.

Kandungan protein yang terdapat dalam daging sapi juga membatu dalam memproduksi jaringan baru yang terdapat pada otot. Setiap 100 gram danging sapi mengandung sekitar 25 gram protein baik.

Cara membuat olahan danging sapi sebagai menu diet yaitu dengan menjadikannya sup atau dipanggang sesuai selera.

8. Brokoli

mengkonsumsi brokoli berprotein membantu menurunkan berat badan

Sebagai protein nabati, sayuran hijau ini dapat memberi nutrisi kepada tubuh yang sedang diet menurunkan berat badan. Brokoli kaya nutris ini mengandung serat yang tinggi. Serat ini membantu melancarkan pencernaa dan mengatur gula darah sehingga tubuh tidak cepat merasa lapar.

Dalam 100 gram brokoli mengandung sekitar 2,5 gram serat dan 2,8 gram protein. Sehingga baik untuk tubuh yang sedang melakukan diet sehat.

Cara untuk mengolah brokoli menjadi makanan sehat dan lezat adalah dengan merebusnya dan makan bersama greek yoghurt atau menumisnya bersama campuran dada ayam. Jadilah masakan yang lezat dan kaya serat serta kaya protein.

9. Ikan Tuna

Tuna berprotein membantu dalam penurunan berat badan

Mengkonsumsi ikan tuna merupakan solusi untuk mengurangi angka timbangan. Selain harganya relatif terjangkau, tuna juga dapat kita temukan di pasar atau pusat perbelanjaan.

Tuna juga merupakan sumber nutrisi seperti omega-3, EPA, niasin, asam folat, Vitamin A dan B12. Mengkonsumsi ikan tuna dapat meningkatkan hormon tiriod yang membantu dalam pembakaran lemak tubuh dan menurunkan berta badan.

Cara mengolah ikan tuna antara lain dengan mengukusnya, menjadi isian kol gulung dan telur atau menumisnya bersama brokoli.

10. Kentang

kentang merupakan makan berprotein membantu dalam penurunan berat badan

Kentang mengandung proteinase inhibitor sebagai senyawa yang mampu mengatur nafsu makan pada tubuh. Oleh karena itu, tubuh dapat menahan rasa lapar lebih lama.

Kandungan korbohidratnya memberi energi untuk aktivitas yang padat. Selain itu serat pada kentang juga dapat mengatur asupan makanan dan baik untuk pencernaan.

Tak hanya itu, kentang juga memiliki rasa yang manis sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan penurun berat badan mulai dari sup, dikukus bersama brokoli atau sebagai kudapan.

Cara mengkonsumsi 10 makanan berprotein untuk membantu menurunkan berat badan ini, bisa dijadwal. Sehingga dalam sepekan menunya beragam agar tidak cepat bosan. (lobelia vira)

More Stories

Cover Image for Taylor Swift Sang Peraih Grammy Award Ini Dijadikan Mata Kuliah di New York University | Beauty Moms

Taylor Swift Sang Peraih Grammy Award Ini Dijadikan Mata Kuliah di New York University | Beauty Moms

Kampus New York University menetapkan Taylor Swift menjadi mata kuliah. Ini sebagai dedikasi terhadapnya sebagai penyanyi sekaligus penulis

KR
Karidha Rani
Cover Image for Single Lupa Nama Ingat Rasa Ceritakan Kisah Cinta di Kehidupan Malam Jakarta | Beauty Moms

Single Lupa Nama Ingat Rasa Ceritakan Kisah Cinta di Kehidupan Malam Jakarta | Beauty Moms

Musikus musikus Okin dan sahabatnya, untuk menuangkannya dalam lagu yang merupakan single debut mereka berjudul Lupa Nama Ungat Rasa.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Boyband BTS Ternyata Juga Berjiwa Sosial, Berikut Ini Beberapa Perannya | Beauty Moms

Boyband BTS Ternyata Juga Berjiwa Sosial, Berikut Ini Beberapa Perannya | Beauty Moms

boyband BTS salah satu grup musik asal Korea Selatan yang mendunia dan selalu melakukan kegiatan kemanusian dan sosial untuk membantu sesama

ES
Elmeira Sabrina
Cover Image for Tanda Suami Sayang Istri | Beauty Moms

Tanda Suami Sayang Istri | Beauty Moms

Rasa bisa muncul karena perasaan saling menyayangi. Seiring waktu rasa sayang suami istri terus terjaga, tidak ada tanda-tanda berkurang.

KR
Karidha Rani
Cover Image for Anak Sudah Siap Makan, Ini Lima Poin Penting MPASI Rumahan ala WHO | Beauty Moms

Anak Sudah Siap Makan, Ini Lima Poin Penting MPASI Rumahan ala WHO | Beauty Moms

Tren yang berkembang sekarang adalah membuat MPASI sesuai dengan rekomendasi WHO dan UNICEF yakni makanan rumahan yang berkualitas, menggunakan bahan lokal dan alami serta dibuat sendiri.

BM
Buna Mirza