Tips Menjaga Rambut Sehat Alami | Beauty Moms

Cover Image for Tips Menjaga Rambut Sehat Alami | Beauty Moms
ES
Elena Soraya

Tips Menjaga Rambut Sehat Alami

Menjaga rambut agar sehat alami, menjadi keharusan bagi setiap wanita yang menginginkan rambutnya indah. Rambut sehat dan indah akan menunjang penampilan dan rasa percaya diri. Tentu tidak asyik saat sedang meeting ataupun ngobrol bareng dengan komunitas, garuk-garuk kepala karena kepala gatal dan berketombe. Untuk memiliki rambut sehat butuh perawatan rutin. Bisa perawatan sendiri maupun ke salon kecantikan secara berkala. Mengetahui ciri rambut sehat dan cara merawatnya tentu akan mampu menghindari kerusakan rambut. Apa ciri rambut sehat alami itu, yuk simak tips berikut :

Rambut Sehat Saat Diraba akan Terasa Halus

Ketika rambut terasa halus saat disisir ini menandakan rambut tersebut sehat. Selain itu ujungnya tidak bercabang dan saat tangan menyentuhnya pada sela-sela rambut terasa lembut.

tips-menjaga-rambut-sehat-alami-Rambut Sehat Saat Diraba akan Terasa Halus

Ketiga ciri itu menunjukan bahwa kutikula rambut sehat dan kelembapan terjaga. Kutikula yang terjaga memudahkan cahaya masuk ke rambut sehingga membuat rambut terlihat lebih bersinar.

Tidak Mudah Rontok

Pada dasarnya rambut rontok itu normal. Karena manusia akan kehilangan 50-100 helai rambut dalam sehari. Jika rambut rontok melebihi 100 helai rambut bisa dikatakan tidak termasuk dalam ciri rambut sehat.

Tidak Mudah Rontok-beautymom.id

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh folikel rambut yang melemah. Itu terjadi karena berbagai faktor. Semisal karena stres, sakit, atau karena terlalu sering mewarnai rambut.

Rambut rontok sifatnya bisa sementara ataupun permanen. Jangan biarkan rambut terus rontok sebab akan menyebabkan kebotakan.

Tidak Mudah Patah

Rambut yang mudah patah biasanya karena kutikula rambut rusak sehingga menjadi rapuh dan mudah patah. Salah satu ciri-cirinya adalah rambut bercabang pada ujungnya.

Tidak Mudah Patah

Untuk mengetahui rambutmu mudah patah atau tidak adalah dengan cara menariknya pelan. Jika dengan tenaga sedikit saja ada yang rontok atau patah, itu artinya rambutmu rapuh.

Kulit Kepala Sehat

Kulit kepala merupakan tempat menempelnya akar rambut. Jika kulit kepala bermasalah maka kesehatan rambut juga akan terganggu.

Kulit Kepala Sehat

Kulit kepala yang sehat biasanya bebas dari masalah sepeti kering, ketombe, hingga infeksi jamur. Maka dari itu kita harus menjaga kulit kepala agar terhindar dari masalah tersebut dengan menjaga kebersihan rambut dan memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut.

Tidak Kusut

Rambut yang kusut menjadi hal yang melelahkan karena rambut sulit untuk diatur. Pada sebagian orang rambut kusut menjadi salah satu tanda bahwa rambut kurang sehat.

Tidak Kusut

Tepi kutikula mengelupas dari batang rambut akan menyebabkan gesekan. Pada jumlah banyak menyebabkan rambut kusut.

BACA JUGA : Jenis Rambut Keriting dan Pilih Perawatan yang Sesuai

Cara mengatasinya dengan memberi nutrisi pada rambut , salah satunya memakai kondisioner setelah keramas karena membuat rambut menjadi lebih halus.

Tips Rambut Sehat Alami

Melakukan perawatan rutin pada rambut akan membuat rambut sehat. Perawatan ini dilakukan dari dalam tubuh maupun merawat pada kulit kepala dan bagian rambut. Merawat rambut dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, kaya serat dan makanan yang mengandung vitamin. Sedangkan perawatan secara eksternal bisa dilakukan sebagai berikut:

Menggunakan Masker dan Vitamin Rambut

Ternyata rambut juga memerlukan perawatan agar terlihat sehat. Penggunaan masker rambut dapat memberikan nutrisi dengan baik. Memberikan vitamin agar rambut menjadi lebih sehat.

Menggunakan Masker dan Vitamin Rambut

Ketika akan menggunakan masker rambut hendaknya memahami dulu kandungan yang terdapat dalam masker, karena setiap rambut memiliki tipe yang berbeda-beda. Terdapat bahan masker alami seperti madu, lidah buaya hingga pisang.

Gunakan Kondisioner untuk Merawat Agar Rambut Tetap Sehat

Penggunaan kondisioner setelah keramas membuat rambut menjadi halus dan menjadi mudah diatur. Memilih kondisioner juga harus sesuai kebutuhan dan jenis rambut.

Tips Rambut Sehat dengan memakai kondisioner

Ada ragam jenis kondisioner. Pra kondisioner adalah kondisioner yang dipakai sebelum keramas. Kondisioner jenis ini cukup bagus untuk membantu memulihkan rambut rusak karena treatmen tertentu atau terpapar sinar matahari terlalu lama.

Jenis kedua adalah formula kondisioner dan shampo. Ini merupakan kondisioner yang bercampur dengan shampo. Kondisioner jenis kedua ini tidak disarankan untuk merawat rambut yang sudah terlanjur rusak. Sebab hasilnya tidak maksimal. Namun cukup bagus untuk perawatan harian pada rambut sehat. Yang terakhir adalah post kondisioner, merupakan kondisioner yang dipakai pasca keramas.

Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Tips Rambut Sehat dengan menghindari paparan sinar matahari terlalu lama

Sinar matahari dan polusi ternyata bisa merusak rambut dan membuat rambut menjadi bercabang. Hendaknya ketika ingin keluar dalam jangka waktu lama ada baiknya memakai topi agar menjaga rambut tidka rusak. Bisa juga menggunakan sunscreen khusus rambut.

Potong Rambut Secara Rutin

Memotong rambut secara rutin setiap 6-8 minggu dapat membuat rambut menjadi sehat. Persoalan umum memiliki rambut panjang adalah ujung rambut kering karena tidak mendapat nutrisi sebaik pangkal rambut.

Tips Rambut Sehat dengan Potong Rambut Secara Rutin

Cukup memotong rambut 1-2 cm atau sesuai dengan kebutuhanmu. Memotong rambut secara rutin dapat membuat rambut menjadi sehat dan mecegah rambut bercabang.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas dapat mengurangi minyak alami yang terkandung dalam rambut. Minyak yang terdapat dalam rambut berguna untuk menutrisi rambut dan pertumbuhannya. Sebaiknya keramas setiap 2 hari sekali.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Itulah beberapa tips merawat rambut agar sehat. Selalu lakukan perawatan secara rutin, semoga bermanfaat. ( Elena Soraya)

More Stories

Cover Image for BLACKPINK Menerima Penghargaan Daesang Sejak Debut Pertamanya di 2016

BLACKPINK Menerima Penghargaan Daesang Sejak Debut Pertamanya di 2016

Girlband BLACKPINK akhirnya menerima penghargaan Daesang di 2022 Seoul Success Awards, Senin 21 November 2022.

KA
Kusnia Argana
Cover Image for Berikut 7 Lip Product Beserta Fungsinya | Beauty Moms

Berikut 7 Lip Product Beserta Fungsinya | Beauty Moms

Memang cukup sulit membedakan berbagai macam lip product. Namun, tak usah bingung. Kali ini Beautymom telah merangkum 7 lip product beserta fungsinya..

LV
Lobelia Vira
Cover Image for 31 Ide Kencan Sederhana yang Menyenangkan | Beauty Moms

31 Ide Kencan Sederhana yang Menyenangkan | Beauty Moms

Jika tertarik pada kencan sederhana yang mudah dan menyenangkan cobalah salah satu ide sederhana berikut ini, mulai nonton hingga piknik,

KR
Karidha Rani
Cover Image for Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Anak-anak yang merasakan kehadiran ayah akan jadi anak yang bahagia. Apalagi saat ayahnya mau mengajak bermain dan bercerita.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Membeli Rumah Usai Menikah, Minimal Pertimbangkan 4 Hal Berikut | Beauty Moms

Membeli Rumah Usai Menikah, Minimal Pertimbangkan 4 Hal Berikut | Beauty Moms

Bertahun-tahun ikut mertua tentu bisa mengganggu kehidupan rumah tangga. Maka tidak ada salahnya merencanakan membeli rumah usai menikah.

KR
Karidha Rani