Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan, Nomer 6 Paling Mengejutkan | Beauty Moms

Cover Image for Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan, Nomer 6 Paling Mengejutkan | Beauty Moms
BM
Buna Mirza

Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan, Nomer 6 Paling Mengejutkan

TELUR puyuh, manfaatnya apa sih? Apa yang terlintas dipikiran Moms saat mendengar kata telur puyuh? Banyak masyarakat yang menghindari lauk hewani yang satu ini karena diduga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Memang, mengkonsumsi segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak disarankan. Begitu juga dengan telur burung ini. Kandungan lemak dan proteinnya yang tinggi bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Namun, di balik itu semua, telur tetap menjadi salah satu menu favorit di rumah. Selain mudah didapat, juga mudah mengolahnya menjadi berbagai macam varian masakan. Jika bosan dengan telur ayam dan bebek, Moms bisa menggantinya dengan telur puyuh. Nutrisi yang terkandung dalam telur puyuh tidak main-main lho.

Bentuknya yang kecil mungil, ternyata menyimpan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk menggenjot sistem kekebalan tubuh manusia. Jika Moms dan keluarga merupakan Gym-Goers, telur puyuh bisa masuk ke dalam diet berbasis protein.

Telur puyuh hanya punya 2 persen protein ekstra dari telur standar. Jadi lebih sesuai bagi siapa saja yang ingin mengontrol berat badannya.

Baca Juga : Ingin Awet Muda, Minum Teh Hijau Secara Teratur

Ada lagi. Moms sedikit mengalami stres mental dan penyakit pernapasan? Mengkonsumi telur puyuh bisa membantu mengatasinya. Yang jelas, jika dikonsumsi secara tepat, telur puyuh akan meningkatkan kesehatan secara umum dan perkembangan tulang.

Moms penasaran dengan seberapa banyak manfaat telur puyuh bagi kesehatan dan kecantikan? Ini dia penjelasannya, seperti dikutip laman Conserve-energy-future.com.

1. Telur Puyuh Meningkatkan Metabolisme

Pencernaan yang sehat, berat badan yang ideal lahir dari metabolisme tubuh yang sehat juga. Tapi, karena pola atau kebiasaan makan kita yang buruk, membuat segalanya kacau.

telur puyuh meningkatkan metabolisme

https://pixabay.com/id/photos/telur-burung-puyuh-produk-makanan-2409471/

Jangan khawatir Moms, dengan menambahkan telur puyuh ke dalam makanan, bisa meningkatkan kualitas proses pencernaan. Karena telur puyuh memiliki kandungan vitamin B yang bisa mempercepat metabolisme tubuh.

Mulai sekarang, yuk, ubah pola makan kita agar metabolisme tubuh lebih prima. Metabolisme yang tinggi membuat kalori terbakar lebih cepat. Hal itu berefek pada penurunan berat badan.

2. Telur Puyuh Meningkatkan Kekuatan Tulang

Moms yang sudah memiliki buah hati, pasti ingin putra-putrinya memiliki kekuatan tulang yang tahan lama. Anak-anak membutuhkan asam amino, seperti lysine untuk tulangnya. Nah, kandungan ini ada dalam telur puyuh. Mengkonsumsi telur puyuh bisa memenuhi kebutuhan seng dan kalium.

Tak hanya itu, risiko osteoporosis atau penyakit pelemahan tulang juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi telur puyuh. Hebat ya!

3. Mempercepat Pemulihan

Cuaca ekstrim, hujan angin lalu panas tiba-tiba belakangan ini bikin rentan penyakit ya Moms. Banyak sekali kasus flu atau pilek yang membuat fasilitas kesehatan penuh dengan orang-orang yang mengantri dokter.

telur puyuh mempercepat pemulihan

https://pixabay.com/id/photos/masker-masker-operasi-virus-4898571/

Nah, supaya tubuh yang sakit pemulihannya lebih cepat, disarankan memasukkan telur puyuh ke dalam makanan Anda. Khusus untuk penyakit flu biasanya pemulihannya tidak akan lama. Telur puyuh memiliki senyawa mineral, antioksidan, dan vitamin akan membantu dalam kecepatan proses pemulihan. Sel-sel yang rusak proses regenerasinya terbantu oleh senyawa yang ada dalam telur puyuh.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Kecantikan Serta Cara Mengaplikasikannya

Bagi Moms yang memiliki luka kecil, antioksidan dalam telur puyuh juga bermanfaat untuk membantu penyembuhannya. Senyawa dalam telur puyuh mampu mencegah infeksi dan radikal bebas.

4. Telur Puyuh Bermanfaat Bagi Sistem Pernapasan

Sistem pernafasan kita bisa rusak akibat polusi udara dan stres. Sudah banyak ditemukan anak-anak dan dewasa yang menderita asma dan bronkitis.

Lalu adakah cara mengatasi maupun mencegah agar radikal bebas penyebab gangguan sistem pernafasan? Ada moms. Lagi-lagi antioksidan yang terdapat di telur puyuh bisa menjaga sistem pernafasan lebih sehat.

5. Menjaga Kadar Gula Reguler dalam Darah dengan Telur Puyuh

Yang manis dan berlemak memang enak ya Moms? Tak heran jika sebagian besar makanan kita banyak berbasis gula dan lemak. KOnsumsi gula dan lemak yang berlebihan bisa membuat kadar gula dalam darah tidak stabil.

Akibatnya bisa serius, selain sulit menurunkan berat badan,sistem pencernaan akan terganggu. Untuk mengatasinya, telur puyuh terbukti efisien mengatur kadar gula dalam darah. Sebab, indeks glikemik telur puyuh tergolong rendah.

Sebuah Studi menunjukkan, asam amino dari telur puyuh bisa membantu pasien diabetes mengatasi disfungsi.

6. Membantu Meredakan Depresi

Tekanan hidup, beban kerja, dan aneka masalah sering datang menghampiri. Tak jarang membuat kita lelah, stres lalu berujung depresi. Tapi kita masih bisa berikhtiar dengan mengkonsumsi telur puyuh untuk melawannya. Jangan salah, telur puyuh kaya antidepresan.

telur puyuh membantu meredakan depresi

https://pixabay.com/id/photos/putus-asa-sedih-murung-kaki-tangan-2293377/

Telur puyuh ternyata memiliki senyawa yang bisa membatasi efek depresi yang disebut hormon P. Senyawa tersebut ditemukan dengan kadar cukup tinggi dalam telur puyuh. Moms yang sudah memasuki masa-masa menopause, bisa mencoba mengkonsumsi telur puyuh sebagai bentuk perlawanan terhadap sindrom menopause. Semoga stresnya dapat berkurang. (buna mirza)

More Stories

Cover Image for Belum Resmi Cerai, Nindy Ayunda Sudah Punya Kekasih Baru | Beauty Moms

Belum Resmi Cerai, Nindy Ayunda Sudah Punya Kekasih Baru | Beauty Moms

Kasus perceraian penyanyi Nindy Ayunda dan Askara Parasady Harsono ternyata masih berlanjut di persidangan.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Seniman Rias Pengantin Papan Atas Jazirah Arab Ini Bisa Jadi Referensi Ide Make Up Pernikahmu | Beauty Moms

Seniman Rias Pengantin Papan Atas Jazirah Arab Ini Bisa Jadi Referensi Ide Make Up Pernikahmu | Beauty Moms

Berikut adalah karya-karya make up memukau besutan beberapa penata rias Arab ternama yang dapat dijadikan inspirasi riasan pengantin

FK
Fairy Kent
Cover Image for Ingin Putus Hubungan, Hindari 10 Cara Keji Ini | Beauty Moms

Ingin Putus Hubungan, Hindari 10 Cara Keji Ini | Beauty Moms

Banyak faktor yang membuat cinta berakhir, hingga pasangan pada akhirnya terpaksa putus hubungan. Tapi jangan pakai 10 cara keji ini.

BM
Buna Mirza
Cover Image for 7 Pasangan Selebriti Indonesia yang Menginspirasi dan Kemesraannya Bikin Iri! | Beauty Moms

7 Pasangan Selebriti Indonesia yang Menginspirasi dan Kemesraannya Bikin Iri! | Beauty Moms

Pasangan selebriti seringkali menginspirasi khalayak. Selain karena kemesraan mereka, banyak pula hal baik yang dapat dijadikan inspirasi.

TS
Tamara Suci