Aneka Minuman Rempah yang Bisa Dibuat di Rumah | Beauty Moms

Cover Image for Aneka Minuman Rempah yang Bisa Dibuat di Rumah | Beauty Moms
BM
Buna Mirza

Indonesia memiliki beragam kekayaan kuliner, salah satunya aneka minuman rempah. Saking banyaknya, minuman tradisional negeri kita jika dihitung dari Sabang sampai Merauke bisa berangka ribuan. Apalagi minuman khas tersebut, selain berkhasiat, menyegarkan juga nikmat diminum di segala musim.

Dari namanya saja, minuman rempah tentu terbuat dari bahan herbal yang memiliki banyak manfaat. Selain bisa menghangatkan badan, minuman tersebut juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga stamina tetap terjaga. Sering mengkonsumsi minuman tradisional akan membuat tubuh lebih fit dan tidak gampang sakit.

Rasa Aneka Minuman Rempah yang Otentik

Bicara soal rasa, minuman tradisional Indonesia memiliki rasa yang unik yang berasal dari rempah-rempah sebagai bahan utama pembuatannya. Paduan dari rempah-rempah tersebut diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa nikmat dan juga khasiat yang baik untuk tubuh.

recipe-1.png

Yang paling penting, cita rasanya tentu khas Indonesia. Meski saat ini ada beberapa produk jamu instan buatan kita yang sudah diekspor ke luar negeri, namun rasa yang otentik hanya bisa kamu dapatkan di negeri sendiri.

BACA JUGA : Kenali Macam-macam Ramen Jepang

Berikut Aneka Minuman Rempah dan Cara Membuatnya

Pembuatan aneka minuman rempah ternyata tidak ribet. Hanya perlu takaran dari bahan yang tepat agar rasa yang didapat menjadi pas dan nikmat. Bahannya pun mudah ditemukan dan cara pembuatannya tidak begitu sulit. Kamu bisa membelinya dengan harga yang terjangkau lalu membuatnya sendiri di rumah.

1. Wedang Jahe

Aneka minuman rempah yang pertama dan wajib dicoba dalah wedang jahe. Wedang jahe paling tepat dikonsumsi ketika masuk musim penghujan dan cuaca dingin. Wedang jahe bisa menghangatkan tubuh dan membuat kamu bisa terhindar dari masuk angin dan flu.

recipe-2.png

Cara membuatnya di rumah cukup mudah. Siapkan 100 gram Jahe, 2 batang serai, 220 gram gula merah, 2 lembar daun pandan serta 1 liter air. Selanjutnya, rebus air, masukkan jahe, serai dan pandan untuk direbus bersama-sama. Tunggu sekitar 30 menit, angkat dan campurkan dengan gula merah atau susu untuk rasa yang lebih enak.

2. Bajigur

Bajigur memiliki juga kandungan jahe. Sama seperti wedang jahe, bajigur mampu memberi rasa nikmat sekaligus hangat di tubuh kamu. Bajigur paling nikmat diminum ketika hangat serta dalam cuaca yang dingin. Minuman asal Sunda ini mampu mengatasi berbagai jenis penyakit seperti masuk angin, demam hingga sakit perut.

recipe-3.png

iStockphoto.com

Kamu bisa membuat sendiri Bajigur di rumah. Langkah-langkahnya yang pertama adalah, siapkan 1000 ml santan, 150 gram gula merah, 50 gram jahe, 2 lembar daun pandan, 5 cm kayumanis dan 2 sendok kopi bubuk. Kemudian, bakar jahe, kupas kulitnya dan memarkan (bisa digeprek menggunakan ulekan). Campurkan santan, jahe, daun pandan dan kayu manis ke dalam api, lalu aduk merata.

Saat membuat bajigur harus diaduk secara merata dengan api yang tidak terlalu besar. Saat aroma wanginya sudah mulai menyeruak, masukkan kopi bubuk dan gula merah, aduk hingga larut. Setelah beberapa menit, bajigur yang kamu inginkan sudah siap disajikan.

3. Bir Pletok Salah Satu Daftar Aneka Minuman Rempah

Walaupun namanya bir pletok, namun minuman rempah yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol.

recipe-4.png

Sebaliknya, bir pletok mengandung bahan alami dan rempah-rempah yang baik untuk tubuh. Lalu kenapa dinamakan bir ya? Dulu, saat Jakarta masih bernama Batavia, Belanda datang ke Batavia dengan membawa sejenis minuman memabukkan yang disebut Bir. Tujuan Belanda membawa minuman itu adalah untuk menghangatkan badan saat Batavia sedang musim dingin.

Masyarakat Betawi yang sangat penasaran dengan rasa bir tersebut akhirnya membuat minuman yang dikemas dalam bentuk minuman botol mirip bir yang dibawa orang Belanda. Tapi isi ramuannya beda yaitu jahe, gula, selasih dan jenis akar-akaran dan rempah-rempah lainnya. Minuman itu lalu diberi nama bir pletok dan memiliki rasa yang sedikit pedas dan hangat.

Baca Juga : Tutorial Arabian Makeup Look Mudah Wajib Coba

Cara membuat minuman rempah bir pletok cukup mudah. Pertama kamu perlu menyiapkan siapkan 2 liter air, 5 cm kayumanis, 3 biji kapulaga, 5 batang sere, 25 gram kayu secang, 350 gram jahe, 6 butir cengkih, 1/2 butir buah pala, garam secukupnya dan 500 gram gula pasir. Lalu, memarkan jahe, cengkih, serai dan pala agar rasa dan aromanya bisa keluar.

Selanjutnya didihkan air, masukkan jahe dan gula, dan aduk rata. Langkah selanjutnya, masukkan kayu secang, cengkih, kayumanis, kapulaga dan pala. Tambahkan batang serai lalu aduk sekira 1 jam sampai aroma rempahnya terasa. Terakhir, saring dan sajikan. Agar aromanya lebih tajam, simpan dulu 1 malam sebelum disajikan.

4. Bandrek

Aneka minuman rempah lainnya adalah bandrek. Bandrek adalah minuman berbahan jahe dan berbagai rempah-rempah lainnya yang berkhasiat bagi tubuh.

recipe-5.png

Buat kamu yang sedang selera melihat makanan, minuman ini dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan, juga meredakan badan pegal-pegal.

Cara membuatnya di rumah sangat mudah. Sediakan 200 gram gula merah, 100 gram jahe bakar yang sudah dimemarkan, 5 cm kayu manis, 5 butir cengkeh, 1/2 sendok garam, juga air. Kamu perlu merebus air bersama daun pandan, gula merah, jahe, kayumanis, cengkeh dan garam. Lalu, aduk sampai beraroma yang khas dan kuat.
Jangan lupa, sajikan bersama susu agar rasanya lebih nikmat.

5. Susu Telur Madu Jahe Salah Satu Aneka Minuman Rempah

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah STMJ. Nama STMJ berasal dari campuran Susu, Telur, Madu dan Jahe.

recipe-6.png

Kamu bisa mencoba meraciknya sendiri di rumah dengan menyiapkan 1 sachet susu kental manis warna putih, siapkan juga 1 ruas jahe yang sudah dimemarkan, 2 butir cengkeh, 2 butir kapulaga, 5 sendok madu dan 1 butir telur ayam kampung. Tapi sisihkan dulu putih telurnya.

Selanjutnya kamu harus mencampur madu dan telur dalam satu gelas dan aduk merata. Segera rebus air, masukkan cengkeh, kapulaga, susu kental dan jahe, biarkan selama 10 menit. Setelah aromanya tercium kuat, masukkan campuran telur dan madu tadi. Sajikan STMJ saat masih panas.

6. Aneka Minuman Rempah Wedang Ronde

Aneka minuman rempah yang cukup populer lainnya adalah wedang ronde. Wedang ronde terdiri dari campuran bola-bola kecil dari tepung ketan berisi kacang. Bola-bola tersebut dalam bahasa Jawa disebut Ronde.

recipe-7.png

Cara membuat ronde sangatlah mudah, yaitu menggunakan tepung ketan yang diulen dengan air hangat. Adonan tersebut lalu dibulat-bulat seukuran kelereng lalu rebus di air. Tunggu hingga mengapung. Ronde tersebut lalu taburi dengan kacang goreng di dalam mangkuk.

Sedang untuk kuah ronde, kamu bisa menyiapkan gula, sereh, jahe yang dipadukan dalam satu panci, lalu rebus sampai mendidih dan aduk merata. Masukkan air ke dalam mangkuk yang berisi ronde tadi, dan siap disajikan.

8. Wedang Uwuh

Wedang uwuh kerap digunakan dalam pengobatan tradisional. Uwuh dalam Bahasa Jawa mempunyai arti sampah. Tapi bukan sampah beneran lho.

recipe-8.png

Wedang uwuh terdiri dari berbagai macam rempah. Jadi, penampilannya setelah diseduh atau direbus dengan air akan terlihat berantakan, sehingga menyerupai sampah rempah.

Wedang uwuh sudah dikenal punya banyak manfaat untuk tubuh. Penyakit yang bisa diringankan dengan mengkonsumsi wedang uwuh antara lain batuk, masuk angin, perut kembung, dan pegal linu. Bahan-bahan untuk membuat wedang uwuh juga sangat mudah didapat. Bila ingin membuat minuman wedang uwuh dalam ukuran banyak, semua bahan cukup direbus. Kalau cuma ingin segelas, kamu bisa menyeduhnya dengan air mendidih.

Hasil rebusan wedang uwuh akan berwarna coklat kemerahan yang berasal dari warna secang di dalamnya. Kamu juga akan mencium harum dari kayu manis. Rasanya yang hangat, pedas dan manis akan sanggup menyegarkan badanmu.

Ingin membuatnya sendiri di rumah? Ikuti resep ini. Pertama, bakar jahe, lalu digeprek hingga pipih. Lalu masukan jahe dalam rebusan air hingga sarinya keluar. Selanjutnya, tambahkan cengkeh, pala, secang, kayu manis, dan gula batu. Rebus bahan tersebut selama 15 menit.

Ketika seduhan sudah berwarna merah, angkat dan tuangkan dalam gelas. Wedang uwuh bisa dihidangkan dengan cara disaring tapi bisa juga tidak. Beberapa orang lebih suka membiarkan bahan rempahnya dituang ke dalam gelas. Minuman bisa awet selama 3 – 5 hari jika disimpan di dalam kulkas. Wedang uwuh juga bisa disajikan panas maupun dingin dengan menambahkan es batu.

Baca Juga : Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta

9. Wedang Secang

Minuman herbal yang satu ini berbahan baku kayu secang. Agar mendapatkan khasiat dan aroma yang lebih dahsyat biasanya wedang secang direbus bersama jahe, kapulaga, serai, daun pandan, kayu manis. Kalau sedang merasa tidak fit, wedang secang bisa membantumu menambah stamina tubuh.

recipe-9.png

Cita rasa wedang secang adalah manis dan sedikit pedas dari jahe. Karena memiliki banyak kandungan rempah dan jahe, wedang secang mampu menghangatkan tenggorokan walaupun dikonsumsi dingin.

Untuk membuat wedang secang di rumah kamu perlu menyiapkan bahan sebagai berikut. Untuk 5 liter air, dibutuhkan 50gm secang, lalu gula pasir 1/4 kilo, 2 batang serai, daun pandan, kapulaga 20 hingga 30 gram, jahe 40 hingga 50 gram dan kayu manis.

Setelah air mendidih masukkan semua komponen wedang secang dan kecilkan api. Rebus selama 45 menit. Disarankan untuk tidak merebus lebih dari 45 menit karena nutrisi dari tanaman tersebut bisa hilang. Minuman ini bisa tahan lima hari di dalam kulkas dan dapat dipanaskan kembali. Namun sebaiknya segera dikonsumsi langsung setelah dimasak.

Wow, ternyata banyak sekali aneka minuman rempah yang sangat mudah kita buat di rumah ya. Yuk mulai sekarang, jaga kondisimu dari serangan penyakit dengan minuman tradisonal berkhasiat sekaligus nikmat. (buna mirza)

BACA JUGA : Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

Coba: Kalkulator Hitung Tanggal Jadian

More Stories

Cover Image for 20 Film yang Tayang di Bioskop Tahun 2023, Berikut Sinopsis dan Tanggal Rilisnya | Beauty Moms

20 Film yang Tayang di Bioskop Tahun 2023, Berikut Sinopsis dan Tanggal Rilisnya | Beauty Moms

Film yang tayang di bioskop tahun 2023 sudah banyak dinantikan. Film yang tayang di bioskop ini adalah produksi dalam negeri maupun Hollywood

BM
Buna Mirza
Cover Image for Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Empat Film Horor di Tahun 2022 yang Bikin Bulu Kuduk Merinding | Beauty Moms

Beberapa judul film horor di tahun 2022 bakal memicu adrenalin agar kecanduan menonton. Masyarakat Indonesia sangat menyukai genre tersebut.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Pintu Maaf untuk Ayu Thalia Sudah Tertutup | Beauty Moms

Pintu Maaf untuk Ayu Thalia Sudah Tertutup | Beauty Moms

Ayu Thalia merupakan tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik atas laporan Nicholas Sean. Anak Ahok itu, sudah menutup pintu maafnya.

BM
Buna Mirza
Cover Image for 15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

15 Aplikasi Filter Wajah Terkini Membuat Cantik Tanpa Treatment | Beauty Moms

Beragan aplikasi filter wajah terkini untuk editing wajah dan vidio menjadi lebih cantik seketika. 1.Snow 2.FaceApp 3.SnapChat...

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Tidak Hanya Bermodal Tampang, Ini Deretan Aktor Korea Multitalenta | Beauty Moms

Tidak Hanya Bermodal Tampang, Ini Deretan Aktor Korea Multitalenta | Beauty Moms

Beberapa aktor Korea Selatan harus multitalenta guna menunjang karirnya di dunia hiburan seperti menyanyi, musik, pembawa, tidak cuma tampang

NA
Naraya Ayudia