Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta | Beauty Moms

Cover Image for Ide Hiasan Cupcake yang Bikin Jatuh Cinta | Beauty Moms
BM
Buna Mirza

Cupcake, adalah kue yang memanjakan mata. Meski tampil mungil, hiasan cupcake yang cantik sangat menggoda lidah untuk mencicipi. Tidak heran, jika ide hiasan cupcake terus berkembang mengikuti tren peminatnya. Orang tidak sekedar menyukai rasanya yang manis, namun juga kemasannya yang memiliki daya pikat magis. Semakin dikemas apik, semakin membuat penggemarnya jatuh cinta.

Lalu sebenarnya apa sih cupcake itu? Cupcake adalah kue dengan ukuran kecil dan dilapisi kertas pembungkus. Di Indonesia cupcake juga dikenal sebagai kue cangkir. Cupcake memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis.

Varian rasa cupcake kini sangat beragam begitu juga dengan topingnya. Toping merupakan hiasan yang ada di atas Cupcake. Jenisnya beragam , mulai dari whipped cream, saus cokelat, saus stroberi, serpihan kacang almond dan sebagainya.

BACA : Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

Sejarah Cupcake

Kehadiran cupcake pertama kali terlihat di tahun 1828. Gambaran cupcake muncul dalam buku karangan Eliza Leslie ‘Seventy-five Receipts for Pastry, Cakes, and Sweetmeats’. Cupcake tampak dibuat menggunakan cangkir sebagai alat untuk mengukur bahan-bahannya. Untuk memanggang cupkae masih menggunakan tungku. Dengan alat sederhana tersebut, tentu butuh waktu lama untuk mematangkan cupcake. Agar mempersingkat waktu,kue tidak dipanggang dengan loyang besar melainkan dicetak pada cangkir.

cupcake-1

Saat itu, resep yang digunakan ketika membuat cupcake benar-benar menggunakan takaran cangkir. Misalnya 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung, dan 4 buah butir telur, 1 cangkir susu, 1 sendok teh baking powder. Resep itu dibuat agar mudah diingat.

Popularitas cupcake sempat menurun sekitar tahun 1950-an. Kue ini dianggap sebagai jajanan anak-anak biasa. Tetapi sekarang, cupcake kembali fenomenal, termasuk di Indonesia. Orang semakin kreatif dalam membuat resep dasar adonan dan hiasan cupcake. Bahkan, cupcake kini kerap dipilih menggantikan kue tart dalam ukuran besar dan bertingkat.

Hampir segala acara cocok untuk menghadirkan cupcake sebagai menu sajiannya. Apakah itu acara ulang tahun, wisuda, pesta pernikahan, rapat atau sekedar cemilan di sore hari akan memiliki nuansa ceria dengan tampilan cupcake yang memesona.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menghias Cupcake

Sebelum menuangkan ide hiasan cupcake, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini. Tampilan yang sempurna tentu hal yang paling didambakan pelanggan kan?

cupcake-2

  1. Pandai-pandai berimajinasi saat menghias cupcake. Semisal memilih menghias cupcake dengan fondant. Lalu persembahkan untuk sang kekasih hati, dijamin luluh deh.
  2. Selain fondant juga bisa berkreasi dengan pasta gula yang banyak dijual di toko-toko kue. Hiasan cupcake dengan pasta gula bisa membuat tampilan cupcake semakin menawan.
  3. Menghias cupcake dengan butter cream juga merupakan ide brilliant lho. Butter cream sanggup membuat tampilan cupcake yang tak kalah indah.
  4. Saat menghias, kperhatikan komposisi warna cupkace agar serasi dan harmonis sesuai dengan tema dan dekorasi ruangan yang kamu usung.
  5. Sebelum membuat dekorasi pada cupcake, sebaiknya tentukan dulu temanya. Cupcake untuk acara wisuda tentu beda dengan cupcake saat melamar pujaan hati.
  6. Memodifikasi cupcake dengan platic icing bisa dibilang susah-susah gampang. Solusinya, bisa menggambar pola 2D atau 3D lebih dulu. Baru setelah itu mulai menuangkan kreasi.
  7. Agar semakin menggugah selera makan, piring yang digunakan untuk meletakkan cupcake dihias juga ya.
  8. Saat memutuskan untuk menghias cupcake dengan hiasan 3D, gambar polanya dari bagian atas baru kemudian dilanjutkan ke bawah supaya lebih mudah.
  9. Sumber inspirasi membuat cupcake banyak macamnya, seperti pernak-pernik pesta pernikahan. Ini akan lebih memudahkan menyesuaikan cupcake yang dibuat.
  10. Jangan lupa, kalau hiasan yang kamu pilih adalah fondant, simpan cupcake itu ke dalam tempat yang kering dan tidak lembap.

BACA JUGA : Kenali Macam-macam Ramen Jepang

Berbagai Ide Hiasan Cupcake yang Menarik

Kreativitas pembuatan kue memang tidak pernah berhenti. Begitu juga dengan cupcake. Kue tersebut bisa dibentuk dan dihias dengan banyak cara sehingga menarik perhatian penggemarnya. Buat yang penasaran, simak yuk ide hiasan cupcake yang lezat dan unik berikut ini.

1. Ide Hiasan Cupcake dari Cokelat

Penggemar cokelat tidak mungkin melawatkan cupcake yang satu ini. Cita rasa cokelat yang kental dan memberi nuansa nyaman di hati, membuat cupcake cokelat jadi pilihan favorit.

cupcake-3

Kamu bisa membuat cupcake cokelat dengan adonan campuran yang terbuat dari unsur cokelat untuk kuenya maupun buttercream cokelat sebagai hiasannya. Agar lebih cantik, kamu juga bisa menaburkan choco chip maupun cokelat crispy. Wah kebayang deh sensasi lezatnya .

2. Red Velvet Cupcake

Kalau rasa cokelat dan vanila sudah sangat familiar di lidah, bisa mencoba membawa nuansa baru dalam adonan cupcake, yaitu red velvet. Banyak resep red velvet cupcake yang bertebaran di media sosial.

cupcake-4

Red Velvet Cupcake

tinggal pilih yang paling pas buat pelangganmu. Salah satu resep yang bisa kamu coba adalah memadukan rasa asam dari lemon buttercream dengan manisnya cake cokelat. Untuk aromanya kamu bisa pilih aroma butter milky.

3. Cupcake Rose Bouquet

Momen-momen romantis pasti butuh camilan yang nuansanya sama. Sungguh kejutan manis yang bisa kamu suguhkan dengan membawa cupcake rose bouqet di hadapan pasangan, keluarga, sahabat, maupun kerabat.

cupcake-5

Cara membuat cupcake yang satu ini sangat mudah. Sama seperti membuat cupcake pada umumnya. Bedanya adalah hiasan buttercream yang diletakkan di atas cupcake. Untuk membuat bentuk hiasan rose (mawar), kamu hanya perlu mengaplikasikan buttercream dengan warna yang cantik seperti pink dan merah. Kamu juga harus menggunakan spuit khusus untuk buttercream yang bisa membentuk bunga rose. Kamu juga bisa merangkai cupcake bunga rose menjadi bentuk bouquet yang sangat cantik.

3. Cupcake Buah

Walaupun judulnya kue, tetap bisa dikreasikan agar membawa nuansa segar. Masukan unsur buah-buahan sehingga “wajah” kuenya menjadi lebih menarik.

cupcake-6

Gunakan aneka buah berukuran mungil seperti blueberry, raspberry, strawberry dan cherry sebagai hiasan. Tata buah tersebut di atas buttercream yang lembut. Agar rasanya lebih sempurna, padukan dengan buttercream yang memiliki aroma butter vanilla.

4. Alphabet Cupcake

Ide hiasan cupcake selanjutnya adalah alphabet cupcake. Cara membuatnya juga mudah. Kamu hanya membutuhkan cetakan alphabet untuk membentuk fondant menjadi huruf-huruf sesuai keinginan.

cupcake-7

Selanjutnya diletakkan di atas cupcake. Jika bahan fondant tidak tersedia, bisa diganti dengan buttercream yang dibentuk huruf. Agar tak monoton, hias dengan ornamen-ornamen lain sehingga tampak meriah dan semakin menarik.

5. Cupcake Karakter Kartun

Hampir semua kalangan menyukai kartun, tak terbatas anak kecil saja. Desain kartun yang manis tentu bisa menarik hati pelanggan. Karakter kartun ini bisa dimanfaatkan sebagai hiasan cupcake yang lucu.

cupcake-8

Bahan yang dibutuhkan antara lain whip cream, buttercream, cream cheese, frosting, dan fondant plastic icing. Memang untuk cupcake jenis ini, dibutuhkan kreativitas, ketelitian, dan kesabaran karena hiasannya harus dibentuk semirip mungkin dengan karakter kartun yang ada.

Itu dia beberapa ide hiasan cupcake yang bisa kamu jadikan peluang untuk mengembangkan bisnis di dunia cake and bakery. Jangan sekedar bermain di rasa ya, tampilan, ketahanan kue dan aroma cupcake yang menggugah selera juga harus jadi perhatian utama. (buna mirza)

Baca Juga : Tutorial Arabian Makeup Look Mudah Wajib Coba

Coba: Kalkulator Hitung Tanggal Jadian

More Stories

Cover Image for Salut, 10 Idol Kpop ini Sukses Menjalani Bisnis | Beauty Moms

Salut, 10 Idol Kpop ini Sukses Menjalani Bisnis | Beauty Moms

Tidak hanya bekerja di dunia Entertainment, Idol Kpop juga banyak yang menggeluti bisnis. Inilah Idol Kpop yang sukses mendirikan bisnis sendiri :

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan | Beauty Moms

OOTD Busana Muslimah Untuk Kerja Saat Ramadhan | Beauty Moms

Banyak muslimah mencari oufit kerja untuk bulan ramadhan. Tren OOTD busana muslimah untuk kerja saat ramadhan berikut dapat menjadi referensi.

LV
Lobelia Vira
Cover Image for Tren Kuliner 2021 yang Akan Berkembang Sebagai Peluang Bisnis | Beauty Moms

Tren Kuliner 2021 yang Akan Berkembang Sebagai Peluang Bisnis | Beauty Moms

tren kuliner di tahun 2021 akan terus berkembang dan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Bisnis kuliner modalnya kecil tapi untung besar.

BM
Buna Mirza
Cover Image for Drama Korea Tayang Februari 2022 | Beauty Moms

Drama Korea Tayang Februari 2022 | Beauty Moms

Pada bulan Februari 2022 sederet drama Korea akan tayang. Di bintangi banyak aktor populer dan banyak genre siap menemani hari-hari kalian

NA
Naraya Ayudia