Mendesain Ruangan Rumah Minimalis | Beauty Moms

Cover Image for Mendesain Ruangan Rumah Minimalis | Beauty Moms
KR
Karidha Rani

Masyarakat urban yang hidup di perkotaan, cenderung memilih rumah minimalis. Lalu bagaimana agar bisa mendesain ruangan secara maksimal pada rumah minimalis?

Rumah tidak harus besar, namun bisa memiliki fungsi dan manfaat sempurna. Rumah minimalis biasanya berukuran 6 x 11 m2, atau 7 x 13 m2. Dengan luas bangunan standar 36 m2 atau 45 m2.

minimalis-1.png

Photo-by-unsplash

Rumah dengan tipe tersebut, memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, car port, taman, dan dapur.

Jika membeli rumah standar, atau sesuai tipe awal, tentu harus menambah bangunan. Seperti pagar, kanopi, dan dapur. Bila memiliki angaran yang cukup, bisa pula menambah kamar di lantai dua.

BACA : Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

Nah, bagaimana kita bisa memanfaatkan space yang tersedia agar rumah lebih nyaman. Maka perlu desain yang tepat agar fungsi ruang bisa maksimal.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang jenis dan konsep desain interior, lebih baik mengupas dulu cara memaksimalkan space rumah.

minimalis-2.png

Maksimalkan Carport dan Taman

Carport dan taman pada bagian depan rumah bisa dibuat lebih longgar. Setelah terpasang kanopi dan terlindung dari panas dan hujan, area taman bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu.

Taman bisa dibuat lebih kecil, memanjang. Agar selaras, bagian tanah bisa ditanami rumput Jepang. Sedang untuk bunga bunga tertentu bisa didisplai dengan cara menggantungnya.

Setelah memperluas teras langkah selanjutnya menambah kursi. Sehingga tamu bisa dilayani di ruang depan.

Tambahkan bunga di sisi pojok, agar terlihat lebih asri dan natural. Agar malam hari lebih terang dan bisa untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang, maka pasang lampu depan lebih terang.

minimalis-3.png

Ruang depan biasanya identik dengan sandal dan sepatu yang berserakan. Agar lebih rapi bisa menambah satu lemari kecil untuk tempat sandal. Jika desain fasad rumah memungkinkan, tempat sandal dan sepatu bisa ditaruh di pojok dengan menambah panel dan partisi.

Dengan memaksimalkan ruang depan maka banyak pula kegiatan yang bisa dilakukan, selain kumpul kumpul, bisa pula untuk kegiatan hobimu.

Selanjutnya pilihlah warna yang cocok dan tambahkan ornamen untuk memperindah ruang depan.

Ruang Tengah untuk Ruang Keluarga

Agar ruang keluarga lebih maksimal maka perlu menyeting ruang dengan perabot yang tepat. Misal sofa bisa model memanjang. Ada pula desain sofa yang bisa dilipat sekaligus berfungsi sebagai tempat tidur.

Selanjutnya, pembatas ruang keluarga dan kamar tidur, bisa memanfaatkan partisi panel dan rangka besi holo.

minimalis-4.png

Agar tidak perlu dua buah televisi, maka TV tamu bisa dipasang dengan model pasangan yang tidak paten. Misal bisa diputar, sehingga tetap bisa nonton TV di ruang tamu atau kamar tidur. Kamu tinggal putar posisi, sesuai yang kamu inginkan.

Sediakan partisi untuk hiasan, misal keramik kecil. Sediakan pula partisi untuk majalah atau buku.

Tambahkan lampu lampu kecil di sudut ruangan. Lampu ini juga berfungsi jika lampu utama dimatikan, ruangan tetap memiliki cahaya dan tidak gelap gulita.

Konsep Meja Bar Antara Dapur dan Ruang Tamu

Antara dapur dan ruang tamu selama ini terpisah dengan tembok. Kamu bisa membuat ruangan agar lebih longgar.

Beberapa perumahan telah menerapkan konsep ini. Biasanya untuk rumah tipe 70. Dapur biasanya berada di posisi samping. Selain memiliki akses keluar, dapur ini juga dekat dengan ruang tamu.

minimalis-5.png

Untuk rumah tipe 36 dengan posisi dapur di belakang, tetap bisa menerapkan konsep ini. Dengan membuat dapur dan ruang tamu terbuka maka bisa dengan mudah menyuguhkan hidangan kepada keluarga atau tamu.

Interior Simpel dan Multi Fungsi Untuk Kamar Anak

Kamar anak bisa didesain sedemikian rupa agar kebutuhan anak bisa terfasilitasi. Beberapa perabot yang pasti dibutuhkan antara lain tempat baju, meja dan kursi belajar.

minimalis-6.png

Biasanya lemari bisa dilipat pada bagian pintu. Jika ingin belajar pintu lemari bisa dibuka dan disetting untuk meja. Sedangkan tempat tidur bisa dibuat berundak atau berbentuk dipan tinggi.

BACA JUGA : Kenali Macam-macam Ramen Jepang

Meja belajar juga bisa dibuat lipatan pada sisi tembok. Jika sudah selesai, papan bisa kembali dilipat sehingga ruang tetap longgar.

Ruang Terbuka di Bagian Belakang

Pada bangunan dapur bisa menyisakan lahan seluas 2x 3 meter untuk void atau ruang terbuka. Ruang ini selain berfungsi untuk sirkulasi udara, juga berfungsi untuk pencahayaan. Selain itu Void bisa dibuat atap terbuka, atau atap tertutup tetapi menggunakan atap kanopi bening, sehingga cahaya tetap masuk. Agar terdapat sirkulasi udara, maka buatlah celah yang memadai.

Void ini juga bisa berfungsi sebagai tempat mengeringkan atau menjemur pakaian. Bahkan jika perlu void ini bisa dimanfaatkan untuk area small barbaque. ( Karidha Rani)

Baca Juga : Tutorial Arabian Makeup Look Mudah Wajib Coba

Coba: Kalkulator Hitung Tanggal Jadian

More Stories

Cover Image for Review Episode Pertama Forecasting Love and Weather yang dibintangi Song Kang dan Park Min Young | Beauty Moms

Review Episode Pertama Forecasting Love and Weather yang dibintangi Song Kang dan Park Min Young | Beauty Moms

Drama Forecasting Love and Weather pada episode pertama meraih rating yang cukup menjanjikan dengan hasil 4,5 persen.

NA
Naraya Ayudia
Cover Image for Cara Merawat Sepatu Wanita Berdasarkan Bahannya | Beauty Moms

Cara Merawat Sepatu Wanita Berdasarkan Bahannya | Beauty Moms

sepatu menjadi salah satu fashion yang sering dikoleksi oleh wanita. Namun kebanyakan wanita belum mengetahui cara merawat sepatu yang baik.

ES
Elena Soraya
Cover Image for Memilih Menikah di Bulan Syawal, Berikut 5 Keistimewaannya | Beauty Moms

Memilih Menikah di Bulan Syawal, Berikut 5 Keistimewaannya | Beauty Moms

Setiap pasangan yang mau menikah berhak memilih hari pernikahannya sesuai pertimbangan kedua belah keluarga. Ada yang menikah di bulan Syawal

TS
Tamara Suci
Cover Image for Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Bahagianya Anak Kala Ayah Mengajak Bermain dan Bercerita | Beauty Moms

Anak-anak yang merasakan kehadiran ayah akan jadi anak yang bahagia. Apalagi saat ayahnya mau mengajak bermain dan bercerita.

BM
Buna Mirza
Cover Image for 10 Teknik Mewarnai Rambut Kekinian yang Dapat Kamu Coba | Beauty Moms

10 Teknik Mewarnai Rambut Kekinian yang Dapat Kamu Coba | Beauty Moms

Nah, Sebelum mencoba mewarnai rambut baiknya kamu memahami terlebih dahulu beberapa teknik mewarnai rambut kekinian yang dapat kamu coba.

LV
Lobelia Vira